Banyak yang mengatakan bahwa “Diamond is a woman’s bestfriend”. Namun bukan berarti Anda rela merogoh kocek sedalam-dalamnya hanya untuk sebuah cincin tunangan. Cincin tunangan merupakan sebuah simbol, bukan investasi atau bukan juga kebutuhan hidup. Oleh karena itu, berapa biaya yang pantas dikeluarkan untuk sebuah cincin tunangan? Mari kita bahas bersama biaya yang sebaiknya dikeluarkan untuk sebuah cincin tunangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tentukan Sendiri Biaya Cincin Tunangan Anda

Aturan yang banyak beredar adalah nilai cincin tunangan seharusnya setara dengan dua atau bahkan tiga bulan gaji. Tetapi bagaimana kemudian Anda membiayai kebutuhan hidup Anda selama dua atau tiga bulan tersebut? Jangan biarkan orang lain menentukan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk cincin tunangan Anda. Tentukan sendiri biaya yang sanggup Anda keluarkan sesuai dengan kemampuan Anda, dan jangan mengikuti aturan yang tidak berdasar. Pertimbangkan pendapatan dan kebutuhan Anda, untuk mengetahui berapa banyak uang yang dapat Anda sisihkan setiap bulannya dan jangan memaksakan untuk membayar lebih dari itu. Finansialku akan membantu Anda dalam menentukan berapa biaya yang sebaiknya Anda siapkan untuk cincin tunangan.

Berapa Biaya yang Seharusnya Dikeluarkan untuk Sebuah Cincin Tunangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengelola Uang Pertanggungan dari Pasangan yang Meninggal Dunia?]

 

Berharga Bukan Berarti Mahal

Seperti telah disebutkan sebelumnya, cincin tunangan merupakan sebuah simbol yang menandai awal perjalanan Anda dan pasangan menuju jenjang selanjutnya. Memang betul bahwa cincin tunangan sangatlah bermakna, terutama bagi perempuan sehingga bukan berarti Anda dapat membeli cincin tunangan secara sembarangan. Namun yang dituju adalah makna dari cincin tersebut, seberapa berharganya arti cincin itu bagi pasangan Anda, bukan seberapa mahal cincin tersebut. Pasangan Anda belum tentu senang jika Anda membelikannya berlian terbesar yang bisa Anda bayar, namun melihat Anda kesulitan hidup dua bulan mendatang. Ia mungkin lebih menghargai usaha Anda jika Anda mencarikannya cincin yang memiliki makna yang penting baginya, seperti contohnya jika Anda memberikan cincin warisan turun temurun di keluarganya, atau cincin yang sederhana namun dirancang secara khusus baginya.

 

Aturan Dua Bulan Gaji untuk Sebuah Cincin Tunangan

Mungkin aturan ini dapat berlaku pada zaman kakek nenek Anda, dimana mencari uang lebih mudah dibandingkan sekarang. Namun di zaman modern ini, akan sulit menyisihkan dua bulan gaji, terutama bagi Anda yang baru memulai karier atau baru mulai bekerja. Aturan ini sudah terlalu kuno untuk dijalani di masa kini. Dengan upah pekerjaan yang masih kecil, bukan berarti Anda harus menunda pernikahan Anda hingga gaji Anda selama dua bulan cukup besar untuk membeli cincin tunangan, namun tentukan nilai cincin tunangan yang sesuai dengan pendapatan Anda.

5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan 1 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Obrolan Keuangan yang Wajib Dibicarakan Bersama Pasangan]

 

Meminjam Uang untuk Membeli Cincin Tunangan

Jika ternyata gaji Anda sudah habis untuk kebutuhan hidup dan Anda tidak bisa mengalokasikan sebagian untuk membeli cincin tunangan, haruskah Anda meminjam uang demi sebuah cincin tunangan yang spektakuler? Ingatlah bahwa setelah menikah nanti, apapun yang menjadi milik Anda akan menjadi milik pasangan Anda. Begitu juga halnya dengan utang, Anda tentunya tidak ingin berbagi beban utang di masa awal pernikahan Anda bukan? Janganlah memulai perjalanan berkeluarga Anda dengan utang. Jika memang Anda terpaksa berutang, pertimbangkanlah untuk membatasi jumlahnya agar dapat dilunasi sebelum hari pernikahan Anda.

 

Berapa Harga Cincin Tunangan yang Tepat?

Setelah beberapa pembahasan tadi, maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah, senilai yang Anda kira pantas dan mampu Anda bayar. Perkirakan berapa banyak uang yang dapat Anda alokasikan dan menurut Anda pantas untuk diterima oleh pasangan Anda. Pasangan Anda akan menghargai usaha dan keputusan Anda, daripada saat Anda memberitahukan bahwa Anda berutang demi membeli cincin tersebut.

cari-pasangan-yang-mencintai-anda-bukan-mencintai-uang-anda-saja-mark-chen-finansialku

[Baca Juga: Cari Pasangan Yang Mencintai Anda, Bukan Mencintai Uang Anda Saja]

 

Bagaimana Cara Berhemat dalam Membeli Cincin Tunangan?

Selain menentukan nilai yang sesuai untuk cincin tunangan, perlu diingat juga bahwa Anda bisa mencari beberapa alternatif untuk menghemat sedikit uang dalam membeli cincin tunangan ini. Alternatif pertama adalah bandingkan harga dari beberapa merek yang Anda incar. Harga pada satu tempat dan tempat lain bisa berbeda hingga 40%.

Alternatif kedua adalah, cek spesifikasi cincin yang ingin Anda beli. Cincin berlian memiliki banyak faktor yang dapat mempengaruhi harganya, sebagai, yaitu:

  1. Warna dari berlian (semakin jernih atau tidak berwarna berlian tersebut, maka harganya semakin mahal)
  2. Jenis potongan berlian (semakin unik dan akurat potongan berlian maka semakin mahal harganya)
  3. Seberapa besar karat berlian (semakin besar karat berlian maka semakin mahal)
  4. Kejernihan berlian (semakin jernih berlian maka semakin mahal).

sebelum-menikah-tanyakan-5-hal-keuangan-ini-ke-pasangan-anda

[Baca Juga: Sebelum Menikah, Tanyakan 5 Hal Keuangan Ini ke Pasangan Anda]

 

Cincin Tunangan Hanya Awal, Bukan Akhir

Jadikanlah momen pertunangan Anda sebagai sebuah memori berharga dimana Anda dan pasangan memulai perjalanan pernikahan, bukan sebagai akhir hubungan Anda karena lilitan utang yang Anda bebankan kepada pasangan Anda. Tentukan biaya cincin tunangan Anda sendiri sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda, dan jangan biarkan orang lain mempengaruhi Anda. Karena Anda akan menanggung risiko keputusan Anda bersama dengan pasangan Anda nantinya, bukan dengan orang lain.

 

Berapa nilai cincin tunangan yang tepat menurut Anda? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • David Weliver. 20 Oktober 2016. How Much Should You Spend On An Engagement Ring? Moneyunder30.com – https://goo.gl/pJbHZa

 

Sumber Gambar:

  • Couple – https://goo.gl/1guvb6
  • Engagement Rings – https://goo.gl/nluWdb dan https://goo.gl/H4Ldvg

 

 

Download E-Book Panduan Investasi Emas Untuk Pemula (GRATIS)

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang