Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia?

Apa saja jenis batu akik termahal di dunia? Pertanyaan ini tentunya sangat menarik terutama bagi penggemar batu cincin atau batu akik. Pada artikel ini, tim Finansialku akan memberikan daftar batu akik termahal di dunia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Batu Akik

Negara Indonesia termasuk negara yang sangat luas dan terdiri dari ribuan pulau. Negara Indonesia pun berada di atas lingkaran api atau lava, atau juga dikenal dengan nama ‘Ring of Fire’ dan dari proses alam tersebut, terbentuklah bebatuan alam yang langka. Batu alam ini atau yang dikenal di Indonesia dengan nama batu akik, adalah batu yang terbentuk karena proses alam.

Gemstone atau batu akik harganya sangat beragam, semakin unik, berkualitas, langka dan indah sebuah batu, harganya pun akan meningkat. Kualitas sebuah batu dinilai dari tingkat kekerasannya (dihitung berdasarkan skala Mohs) sedangkan keindahan sebuah batu dinilai dari warna dan pancarannya.

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi di Batu Akik?]

 

Batu Akik Termahal di Dunia

Penggemar batu akik tentunya sangat banyak di dunia, ada yang hanya ingin dijadikan koleksi, ada pula yang dijadikan perhiasan untuk aksesori seperti cincin, kalung atau gelang. Di antara banyaknya batu akik yang beredar di dunia, berikut adalah 10 jenis batu akik yang paling mahal di seluruh dunia:

 

Jenis 1: Batu Akik Jadeite

Batu Jadeite tidak sama dengan batu giok walaupun biasanya mempunyai warna yang serupa yaitu berwarna hijau gelap atau terang. Batu ini dipercaya memberikan keberuntungan. Termasuk salah satu batu akik yang sangat langka dan sangat sulit ditemukan. Tidak heran harga tertingginya mencapai kurang lebih US$9,3 juta (Rp123,69 miliar).

 

Jenis 2: Batu Akik Berlian Merah

Sama halnya dengan Jadeite, berlian merah termasuk batu perhiasan yang sangat langka dan sulit ditemukan. Salah satu ciri khas dari batu ini adalah warna merah layaknya merah darah dan kilau yang sangat terang. Setiap satuan karatnya, berlian merah dijual dengan harga jutaan dolar AS.

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Suka Koleksi Lego, Pengaturan Keuangannya Bagaimana?]

 

Jenis 3: Batu Akik Serendibite

Selanjutnya, batu yang satu ini juga tidak kalah mahal. Batu Serendibite ini juga termasuk batu perhiasan yang langka dan dijual dengan harga mencapai US$2,5 juta (Rp33,25 miliar). Serendibite hanya dapat ditemukan di 2 negara di dunia, Sri Lanka dan Burma (Myanmar). Tingkat kekerasan Serendibite mencapai 6,5 Mohs sampai 7 Mohs. Serendibite mengundang banyak minat karena keunikan dari warnanya, sekilas batu ini terlihat berwarna hitam, namun ketika disinari oleh cahaya, batu ini memancarkan warna hijau kekuningan, hijau kebiruan hingga warna ungu.

 

Jenis 4: Batu Akik Garnet

Batu Akik Garnet memiliki warna yang beragam, ada yang hitam ada pula yang berwarna warni seperti oranye, pink, merah, kuning, cokelat. Walaupun terdapat banyak pilihan, batu akik Garnet tetap saja termasuk batu akik yang langka dan salah satu jenis batu Garnet yang paling langka yaitu Blue Garnet, harganya pun dapat mencapai US$1,5 juta (Rp19,95 miliar). Blue Garnet pertama kali ditemukan pada tahun 1990 di Bekily, Madagaskar.

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Hidup dan Cara Menghabiskan Uang ala Miliarder Dunia]

 

Jenis 5: Batu Akik Painite

Batu ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti Inggris di negara Myanmar di tahun 1950-an. Batu ini per karatnya dijual dengan harga US$60 ribu (Rp798 juta). Kelangkaan Painite terbukti dari jumlah batu yang hanya ada tiga di dunia, walaupun begitu, banyak yang berpendapat bahwa Painite masih banyak terdapat di lapisan tanah Myanmar, tempat pertama kali Painite ditemukan.

 

Jenis 6: Batu Akik Gradidierite

Tingginya harga batu akik yang satu ini dikarenakan batu ini tergolong sangat langka. Batu ini pertama kali ditemukan di Pulau Madagaskar Selatan, Afrika di tahun 1992 oleh seorang yang bernama Alfred Grandider. Oleh karena itu, nama batu akik ini disamakan dengan nama penemunya.

Ciri khas batu akik ini adalah kilau jernih seperti batu berlian tetapi perbedaannya, di batu Gradidierite terdapat warna kebiruan. Setiap karatnya, batu akik ini berharga US$50 ribu (Rp665 juta).

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Barang Koleksi Termasuk Instrumen Investasi?]

 

Jenis 7: Batu Akik Musgravite

Pertama kali ditemukan di tahun 1967 dan harganya sekitar US$35 ribu (Rp465,5 juta). Dinamakan Musgravite karena ditemukan di daerah Musgrave, Australia. Selain di Australia, Musgravite juga ditemukan di Greenland dan Madagaskar.

 

Jenis 8: Batu Akik Red Beryl Emerald

Red Beryl Emerald pertama kali ditemukan di Meksiko dan pegunungan Utah. Setiap karatnya batu ini dijual dengan harga US$10 ribu (Rp133 juta). Red Beryl Emerald termasuk dalam golongan batu Beryl, sering disebut sebagai ‘Red Emerald’ atau ‘Zamrud Merah’.

 

Jenis 9: Batu Akik Black Opal

Tidak hanya termahal di dunia, Black Opal juga termasuk batu akik yang termahal di Indonesia dan banyak sekali penggemarnya dari Indonesia. Kabarnya, kualitas terbaik batu opal adalah dari Australia dan batu opal yang paling terkenal adalah Black Opal, harganya mencapai US$2.500 (Rp33,25 juta).

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 06 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Koleksi Sepatu? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatur Keuangan Anda]

 

Hati-hati dengan Penipuan

Banyaknya peminat batu akik dan kurangnya pengetahuan konsumen, membuat maraknya penipuan mengatasnamakan batu akik. Anda harus senantiasa berhati-hati dalam membeli batu akik, apalagi yang harganya tidak murah. Anda harus selalu memeriksa keaslian sertifikat dan kredibilitas penjual agar tidak mudah tertipu.

 

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar batu akik dan memiliki koleksi batu akik? Berikan pengalaman dan tips Anda dalam memilih dan merawat batu akik agar keindahannya dapat selalu terjaga.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 April 2016. Wahh!!…Inilah 6 Batu Mulia dengan Harga Paling Fantastis di Dunia! Ayosebarkan.com – https://goo.gl/78SxDv
  • Abdi Maulana. 6 Juni 2015. Ketahuilah Istimewanya Batu Serendibite. Majalahbatu.com – https://goo.gl/AhjmXF
  • Admin. Batu Akik Termahal di Dunia. Batu-akik.co – https://goo.gl/ikud84
  • Hanum Larasati. 2 Oktober 2014. Red Beryl Emerald yang Langka dan Termahal. https://goo.gl/SwsQjf

 

Sumber Gambar:

  • Batu Akik – https://goo.gl/FQ03rY dan https://goo.gl/KFfj9g
  • Batu Akik Berlian Merah – https://goo.gl/x4H7FJ
  • Batu Akik Garnet – https://goo.gl/V3AURh
  • Batu Akik Gradidierite – https://goo.gl/3KRqMy
  • Batu Akik Black Opal – https://goo.gl/ZQXU77

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-11-09T11:59:29+00:00 June 3rd, 2017|Categories: Hobi, Lifestyle|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download