Reksa Dana Campuran (RDC) Principal Balanced Strategic Plus memiliki kinerja di atas benchmark dan indeks RDC dalam jangka pendek.

Namun, belum bisa mengungguli untuk periode jangka panjang. Kira-kira bagaimana kinerjanya? Simak penjelasannya berikut ini!

 

Profil Reksa Dana Campuran Principal Balanced Strategic Plus

Berikut ini penjelasan mengenai Reksa Dana Campuran (RDC) Principal Balanced Strategic Plus.

(Update: 04 Mei 2022)

 

Profil Asset Management dan Bank Kustodian

Manajer Investasi reksa dana Principal Balanced Strategic Plus adalah PT Principal Asset Management. Sedangkan bank kustodiannya adalah Deutsche Bank A.G.Profil Asset Management dan Bank Kustodian

Berikut ini adalah penjelasan perusahaan asset management dan bank kustodian RDC Principal Balanced Strategic Plus.

 

PT Principal Asset Management

PT Principal Asset Management (sebelumnya dikenal sebagai PT CIMB-Principal Asset Management), merupakan perusahaan patungan antara Principal Financial Group®, anggota dari FORTUNE 500® dan layanan keuangan global yang terdaftar di Nasdaq, dengan CIMB Group Holdings Berhad, salah satu group perbankan dunia yang terkemuka di Asia Tenggara.

Principal menawarkan berbagai solusi untuk membantu masyarakat dan perusahaan dalam membangun, melindungi dan memajukan kesejahteraan finansial mereka.

principal logo

 

Melalui pengelolaan dana investor dan keahlian Principal dalam mengelola aset. Dengan ide-ide inovatif dan solusi nyata, Principal membantu seluruh investor memperoleh kemajuan dalam hal pemenuhan kebutuhan keuangan di masa mendatang.

PT Principal Asset Management telah memperoleh izin usaha dari otoritas Pasar Modal sebagai Manajer Investasi berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: KEP-05/PM/MI/1997 tertanggal 7 Mei 1997.

Berdasarkan data Ipotfund.com (per tanggal 04 Mei 2022) PT Principal Asset Management termasuk dalam 20 besar manajer investasi di Indonesia.

Berdasarkan total AUM (Asset Under Management) dengan jumlah dana kelolaan sebesar Rp 5,717 triliun.

Principal Asset Management dikelola oleh Alexander Sri Agung sebagai Direktur Utama serta Mauldy Rauf Makmur, Rudi Hermanto Sagala, dan Priyanto Soedarsono sebagai Direktur.

 

Bank Kustodian Deutsche Bank A.G.

Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta telah memiliki persetujuan sebagai Kustodian di bidang pasar modal berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-07/PM/1994 tanggal 19 Januari 1994.

Oleh karenanya Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta telah memberikan pelayanan jasa kustodian sejak tahun 1994 dan fund administration services yaitu jasa administrasi dan kustodian dana sejak tahun 1996.

Deutsche Bank AG. Cabang Jakarta

 

Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta merupakan bank kustodian pertama yang memberikan jasa fund administration services untuk produk reksa dana pertama yang diluncurkan pada tahun 1996, yaitu reksa dana tertutup.

Selanjutnya, Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta menjadi pionir dan secara konsisten memberikan layanan fund administration services untuk produk reksa dana dan produk lainnya untuk pasar domestik.

Antara lain produk asuransi (unit linked fund), dana pensiun, discretionary fund, syariah fund dan sebagainya.

 

Kinerja RDC Principal Balanced Strategic Plus

Analisis yang kami lakukan dengan cara membandingkan return dengan risikonya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait analisis return dan risiko, Sobat Finansialku bisa nonton video berikut ini.

 

Anda juga bisa bergabung di grup belajar reksa dana Finansialku atau pelajari detail lainnya seputar investasi reksa dana melalui ebook gratis dari Finansialku.

Ebook GRATIS, Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana

Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - PC
Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - HP

 

Analisis Return

Data NAV (Net Asset Value), return, total AUM (Asset Under Management), di update pada tanggal 04 Mei 2022.  

NAV Principal

NAV Principal Balanced Strategic Plus.
Sumber: IPOTFund tanggal 04 Mei 2022

 

Berikut ini analisis return dan risiko produk Principal Balanced Strategic Plus.


Return
Principal Balanced Strategic Plus

 

Jumlah dana kelolaan RDC Principal Balanced Strategic Plus mengalami trend penurunan sepanjang tahun 2022.

Dari Rp 9,37 miliar pada Januari 2022, ke Rp 9,22 miliar pada Februari 2022, dan kemudian menjadi Rp 9,14 miliar pada Maret 2022.

AUM Principal

Asset Under Management (AUM) Principal Balanced Strategic Plus.
Sumber: IPOTFund tanggal 04 Mei 2022

 

Analisis Risiko

Berikut beberapa pendekatan analisis risiko Principal Balanced Strategic Plus.

  • Trend sharpe ratio sedang mengalami penurunan, berarti dalam jangka pendek reksa dana Principal Balanced Strategic Plus masih belum menguntungkan.
  • Hi-Lo 100%, artinya sekarang ini harga Principal Balanced Strategic Plus berada di harga tertingginya.
  • Ddown dalam 1 tahun 6,28%, artinya terjadi penurunan harga NAV/unit sebesar 6,28% dari titik tertinggi ke titik terendah dalam 1 tahun terakhir.

 

Penilaian Eskternal

Principal Balanced Strategic Plus mendapatkan penilaian eksternal.

Pasardana (memberikan nilai 3 dari 5)

bintang 3

 

Berita Terkait RDC Principal Balanced Strategic Plus

Lebih dari 50% dana kelolaan reksa dana Principal Balanced Strategic Plus ditempatkan di saham.

Sedangkan sisanya dialokasikan di obligasi dan pasar uang.

 

Cara Penggunaan

RDC Principal Balanced Strategic Plus memiliki kinerja rata-rata yang cukup baik dalam jangka waktu pendek.

Jika dibandingkan dengan benchmark-nya (50% JCI dan 50% 5YB) maka RDC ini memiliki kinerja yang rata-rata masih diatas benchmark-nya untuk jangka waktu yang lebih pendek (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan YTD (Year to Date)).

Namun, pada periode 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun, kinerja reksa dana ini masih dibawah benchmark-nya.

kinerja 2

Kinerja Reksa Dana Principal Balanced Strategic Plus.
Sumber: Fund Fact Sheet bulan Maret 2022

 

Sedangkan jika RDC Principal Balanced Strategic Plus dibandingkan dengan indeks reksa dana campuran (balanced fund index), maka kinerja reksa dana ini masih lebih unggul dari indeks reksa dana campurannya di jangka waktu yang lebih pendek seperti 1 hari, 1 bulan, dan 1 tahun.

Sedangkan untuk jangka waktu yang lebih panjang seperti 3 tahun dan 5 tahun maka kinerjanya masih di bawah indeks reksa dana campuran.

indeks rdc

Indeks Reksa Dana Campuran.
Sumber: Bareksa tanggal 04 Mei 2022

 

Perbandingan return

Cara Pembelian

Anda dapat melakukan pembelian RDC Principal Balanced Strategic Plus di bank dan/atau Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) online.

Anda juga dapat membeli reksa dana ini di Aplikasi Finansialku. Untuk informasi lebih lanjut silakan download Aplikasi Finansialku.

 

Download Aplikasi Finansialku Di Sini Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Manfaatkan kode voucher WEBTAHUNAN dan dapatkan potongan Rp 50 ribu berlangganan aplikasi Finansialku premium tahunan untuk penggunaan aplikasi lebih maksimal.

Aplikasi Finansialku bisa membantu Anda berkonsultasi dengan Certified Financial Planner mengenai keuangan, termasuk menentukan investasi seperti apa yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Booking jadwal konsultasinya melalui Whatsapp Finansialku, sekarang!

 

Sobat Finansialku, apakah Anda tertarik menjadikan reksa dana ini untuk tujuan keuangan jangka pendek?

Yuk, share jawabannya di kolom komentar, ya. Anda juga bisa tulis pertanyaan jika ada hal yang ingin didiskusikan. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Link terkait:

  • Principal.co.id
  • Bareksa.com- https://bit.ly/3LWdSr1, https://bit.ly/3wkAN8S
  • Indopremier.com – https://bit.ly/3slGvpF, https://bit.ly/3PinEWu
  • Pasardana.id- https://bit.ly/3P7AwOP