Apa saja bentuk Investasi untuk freelancer? Bila Anda seorang freelancer tentu pertanyaan itu pernah terlintas oleh Anda.

Jika Anda seorang freelancer dan ingin berinvestasi, baca dan ikuti 6 tips investasi dari rubrik Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

6 Tips Investasi Andalan Para Freelancer

Para freelancer pastinya diliputi ketidakpastian. Proyek dan penghasilan yang berfluktuasi adalah beberapa alasannya. Masalahnya, apa Anda punya strategi di masa depan kalau-kalau bayaran proyek Anda terlambat ditransfer?

Investasi bisa jadi cara Anda untuk menyimpan pundi-pundi penghasilan demi masa mendatang. Tidak bisa di pungkiri adalah sulit untuk menyisihkan uang. Apalagi untuk investasi.

Oleh karena itu, mari praktikkan 6 tips investasi bagi para freelancer berikut ini:

 

#1 Minimalisasi Pengeluaran Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur pengeluaran. Kurangilah pengeluaran yang bersifat tidak mendadak. Untuk ini, Anda harus mengetahui perbedaan antara kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).

Ketahuilah mana prioritas Anda. Ketika mendapatkan penghasilan, ada baiknya disisihkan dulu untuk hal-hal yang penting seperti biaya listrik, air, pajak kendaraan, dan sebagainya.

freelancer2

[Baca Juga: 5 Pilihan Investasi Untuk Freelancer yang Menguntungkan 2020]

 

Kebiasaan makan di luar atau nonton bioskop bisa Anda pangkas. Sebagai gantinya, Anda bisa menghemat dengan memasak makanan sendiri di rumah atau menonton film di home cinema. Jangan pula tertipu diskon belanja, ya.

Dengan memangkas pengeluaran yang tidak terlalu mendesak, Anda bisa mengalihkan uangnya untuk membeli beberapa produk investasi.

 

#2 Lakukan Diversifikasi

Jangan menempatkan semua jenis investasi ke dalam satu tempat. Anda harus memiliki beberapa produk investasi yang berbeda. Hal ini untuk mengurangi risiko investasi.

Sebagai contoh, Anda membeli reksadana saham yang berisiko tinggi. Sebarlah investasi Anda ke beberapa produk yang berbeda, seperti emas, deposito atau P2P Lending. Jadi, jika mengalami kerugian di salah satu produk investasi, Anda masih memiliki produk lainnya yang bisa diandalkan.

 

#3 Investasi Pada Bisnis Anda

Jika Anda memiliki bisnis sendiri, jangan sungkan untuk berinvestasi pada bisnis Anda. Salah satu hal yang membuat perusahaan bisa sukses adalah memiliki modal yang cukup kuat.

Modal pun digunakan untuk iklan, pemasaran bisnis, dan perlengkapan operasional yang bisa menunjang pekerjaan.

 

#4 Investasi Pada Usaha Kecil

Untuk Anda yang belum memiliki perusahaan sendiri, berinvestasi pada usaha kecil bisa jadi alternatif. Anda dapat berinvestasi pada waralaba yang telah memiliki sistem yang baik, berinvestasi pada start up, atau memberikan modal pada UKM yang terpercaya.

 

#5 Jangan Melupakan Asuransi

Ketika Anda bekerja kantoran, fasilitas asuransi kesehatan biasanya diberikan. Namun, tidak begitu untuk freelancer. Karena itu, penting sekali memiliki asuransi kesehatan atau asuransi jiwa untuk diri sendiri dan keluarga.

Saat ini, produk asuransi sudah ada yang digabungkan dengan investasi. Namanya unitlink. Anda dapat menabung sekaligus terlindungi dengan asuransi tersebut.

freelancer3

[Baca Juga: 5 Faktor Pendukung Kesejahteraan Freelancer, Kamu Sudah Punya?]

 

Asuransi bermanfaat untuk menutupi biaya rumah sakit atau saat ada musibah terjadi pada kehidupan Anda, Jika tidak ada asuransi, kekayaan Anda akan terkuras habis untuk menutupi biaya rumah sakit. Selain itu, Anda pasti akan berutang sana-sini.

Jika itu terjadi, beban keuangan bisa memberatkan Anda. Bagi seorang freelancer, berutang bisa membuat Anda tertekan dan akhirnya tidak bebas berkreasi. Bagaimana tidak, pikiran akan terus diliputi utang.

 

#6 Ciptakan Sumber Penghasilan Lain

Para freelancer sebaiknya memiliki sumber penghasilan lain. Pasalnya, penghasilan tidak menentu. Mulailah dari apa yang Anda miliki.

Jika memiliki kendaraan, Anda bisa menyewakannya daripada hanya disimpan di garasi.

Jika memiliki ruangan yang tidak terpakai, sulaplah menjadi kamar kostan. Anda bisa menyewakannya pada orang lain. Otomatis, Anda akan mendapatkan penghasilan tiap bulannya.

 

Bekerja Lepas Bukan Berarti Tidak Bisa Berinvestasi

Menjadi freelancer bukan berarti tidak bisa menyisihkan uang. Justru itu tantangannya, butuh mental yang kuat. Jika tidak, bisa-bisa Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga.

Dengan mengunduh aplikasi Finansialku Aplikasi ini dapat membantumu mengelola keuangan dengan baik. sehingga cita-cita untuk berinvestasi dapat terlaksana.

freelancer4

[Baca Juga: Tips Dahsyat Investasi Bagi Freelancer Ibu Rumah Tangga]

 

Terdapat beragam fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti mengatur pengeluaran bulanan, perencanaan keuangan, atau berkonsultasi dengan para pakar finansial.

Aplikasi ini dapat Anda download gratis dengan mengunduhnya di Play Store. Namun, untuk beberapa fitur, Anda perlu berlangganan.

Para freelancer pun memiliki keinginan untuk membeli rumah, kendaraan, liburan, dan sebagainya. Dan aplikasi ini dapat membantu Anda mengelola keuangan demi mewujudkan mimpi tersebut.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Itu dia tips investasi untuk para freelancer yang bisa dicontek. Teman Anda ada yang seorang freelancer? Yuk, share artikel ini. Siapa tahu Anda bisa jadi pahlawan yang membantu memecahkan masalah finansial mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Sintia Astarina. 6 Tips Investasi untuk Freelancer. Koinworks.com – https://bit.ly/3ajeRPu

 

Sumber Gambar:

  • Freelancer 1 – http://bit.ly/2NSdrBP
  • Freelancer 2 – http://bit.ly/37ju55h
  • Freelancer 3 – http://bit.ly/2vafQ4k
  • Freelancer 4 – http://bit.ly/38vMOdP