Sudah tahukah Anda apa investasi untuk freelancer yang terbaik? Jika masih belum tahu, berikut beberapa pilihan untuk anda.

Dalam artikel Finansialku kali ini, akan dibahas tuntas apa saja sih investasi untuk freelancer yang menguntungkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pentingnya Investasi untuk Seorang Freelancer

Menjadi freelancer saat ini bukan merupakan sesuatu hal yang baru. Bahkan ada yang full time menjadi freelancer dengan mengambil pekerjaan di beberapa tempat.

Salah satu keuntungan dari freelancer adalah waktu yang fleksibel. Namun, salah satu kerugiannya adalah pendapatan tidak menentu sehingga perlu melakukan investasi untuk freelancer.

 

5 Jenis Investasi Ini Akan Menguntungkan Freelancer di Tahun 2020

Investasi ini dimaksudkan agar freelancer dapat mempersiapkan masa depannya dengan lebih baik. Ada beragam jenis investasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Di antaranya sebagai berikut.

 

#1 Reksa dana

Investasi ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai berinvestasi. Jenis investasi ini menggunakan Manajer investasi (MI) untuk pengelolaan uangnya.

Jadi, Anda hanya perlu menyerahkan uang ke MI dan dan nantinya MI tersebutlah yang akan menempatkan uang itu.

5 Pilihan Investasi Untuk Freelancer yang Menguntungkan 2020 02-1n

[Baca Juga: Mandiri Investasi Meluncurkan Reksa Dana Pasar Uang]

 

Ada beberapa jenis reksa dana dan salah satunya adalah reksa dana pasar uang.

Jenis reksa dana ini memiliki risiko yang rendah namun keuntungan yang diperoleh juga rendah. Jika ingin lebih besar hasilnya bisa menggunakan reksa dana saham.

 

#2 Emas

Investasi ini paling mudah dilakukan. Ada investasi emas yang menggunakan perantara untuk penyimpanan dan pengelolaan, namun Anda juga bisa menyimpannya sendiri.

Investasi ini mudah untuk diperjualbelikan dan tahan inflasi.

Ada beberapa jenis emas, seperti batangan atau perhiasan. Namun, agar Anda mendapatkan keuntungan investasi emas jenis apapun, perhatikan waktu jual dan beli.

Beli saat harga emas sedang menurun dan jual saat harga emas sedang tinggi.

 

#3 Dolar

Perkembangan dolar yang fluktuatif, apalagi saat nilainya meningkat, akan sangat menguntungkan untuk Anda. Mekanisme investasi ini seperti emas, yaitu membeli saat harga dolar turun dan menjual ketika harga dollar meningkat.

Hal yang harus anda ketahui adalah investasi ini memiliki keuntungan yang kecil.

Harganya bisa saja turun karena kondisi dollar yang kusut, basah, sobek bahkan berjamur. Sehingga jika Anda memilih instrumen investasi ini, Anda harus menyimpannya dengan baik.

 

#4 Deposito

Deposito atau yang biasanya disebut dengan tabungan berjangka juga termasuk salah satu investasi dengan keuntungan yang rendah. Anda harus menyimpan uang dengan jumlah tertentu di bank.

Bedanya kalau tabungan, Anda dapat mengambil uang pada waktu Anda ingin mengambil. Sementara deposito, Anda harus menunggu hingga waktu yang ditentukan. Misalnya satu tahun kemudian.

Sebenarnya Anda juga bisa mengambil uangnya kapan saja, yang membedakan adalah Anda akan dikenai dana penalti.

Sehingga jenis tabungan atau investasi ini cocok untuk keperluan investasi jangka pendek atau untuk keperluan tertentu seperti biaya sekolah.

 

#5 Saham

Investasi ini sekarang sudah marak di Indonesia terutama di kalangan anak muda. Berbeda dengan 4 jenis investasi lainnya, investasi saham ini memiliki risiko yang tinggi. Sehingga keuntungan yang akan diperoleh juga tinggi.

Investasi untuk freelance ini kurang cocok untuk jangka pendek dan lebih cocok dipergunakan untuk jangka panjang. Anda memilih reksa dana saham atau langsung bermain saham secara langsung.

Risiko bermain saham langsung lebih besar dari pada jika menggunakan reksa dana saham.

Untuk Anda yang ingin berinvestasi saham, Anda harus menyiapkan modal lebih dahulu misalnya Rp10 juta. Lalu pilih broker yang sesuai. Jangan lupa untuk melakukan trading agar Anda mendapatkan hasil saham yang sesuai.

 

Pentingnya Mempelajari Plus Minus Masing-Masing Investasi

Itulah 5 jenis investasi untuk freelancer yang menguntungkan di tahun 2020. Pilih investasi sesuai dengan kemampuan Anda.

Jangan lupa untuk setidaknya mengerti mengenai sistem investasi tersebut sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan baik untuk jangka pendek atau pun jangka panjang.

 

Setelah membaca artikel di atas, manakah jenis investasi yang paling menarik? Cobalah investasi tersebut dan ajak juga rekan sesama freelancer untuk membaca artikel diatas. Selamat berinvestasi!

 

Sumber Gambar:

  • Kredit 01 – http://bit.ly/2Nx1yRP
  • Kredit 02 – http://bit.ly/370GuL5
  • Kredit 03 – http://bit.ly/3ab03SW