Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim

Apa saja investasi untuk pemula bagi para mahasiswa yang memiliki modal minim atau terbatas? Kita tidak dapat memilih masa depan seperti apa yang ingin kita jalani. Kita juga tidak bisa mengkondisikan usaha dan rezeki kita akan tetap stabil selamanya. Masa depan bersifat tidak pasti.

Investasi mendekatkan kenyataan Anda dengan harapan masa depan. Investasi yang baik berbanding lurus dengan keinginan Anda untuk mempunyai rumah, membangun bisnis, menyiapkan masa depan dan pensiun yang tenang. Membuat uang bekerja untuk Anda adalah kebutuhan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menentukan Tujuan dan Perencanaan Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa

Sebelum melangkah dan mengambil keputusan terhadap salah satu jenis investasi, ada baiknya Anda mengevaluasi perencanaan keuangan terlebih dahulu. Sebab, tujuan investasi Anda akan sangat mempengaruhi oleh kepiawaian Anda mengelola keuangan. Anda perlu mengalokasikan uang Anda secara terukur untuk kebutuhan konsumsi, dana cadangan dan investasi.

Memang setiap orang mempunyai tujuan investasi yang berbeda-beda. Mungkin Anda berinvestasi supaya berkecukupan secara finansial pada masa tua nanti. Sedangkan teman Anda mungkin melakukan investasi untuk biaya menikah setelah lulus kuliah. Dan sepupu Anda berencana menggunakan investasi untuk membangun rumah. Tujuan yang berbeda tentunya membutuhkan perencanaan yang berbeda pula.

Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa agar Sukses Keuangan]

 

Anda bisa membagi perencanaan investasi berdasarkan klasifikasi jangka waktu:

 

#1 Investasi Jangka Pendek

Investasi ini dilakukan untuk jangka waktu kurang dari 3 tahun. Investor biasanya berencana menggunakan uang hasil investasi dalam waktu dekat, untuk membeli mobil, liburan atau menikah. Jika memilih kategori ini, Anda bisa trading saham, derivatif, obligasi, atau menjadi investor saham dengan holding period pendek.

 

#2 Investasi Jangka Menengah

Investasi dengan jangka waktu 3-5 tahun. Investasi jangka menengah bisa dimanfaatkan oleh para investor untuk menyiapkan dana yang akan digunakan pada tiga sampai lima tahun, untuk membangun rumah, mendirikan bisnis, atau sebagai modal untuk investasi selanjutnya. Anda bisa memilih investasi saham dan properti.

 

#3 Investasi Jangka Panjang

Investasi dengan jangka waktu di atas 5 tahun, biasanya dilakukan oleh para investor yang sedang menyiapkan dana pensiun atau menyiapkan dana pendidikan anak. Investasi seperti emas, saham, obligasi, properti, dan reksa dana, cocok untuk para investor jangka panjang.

Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja]

 

Untuk mempermudah Anda dalam menentukan perencanaan keuangan Anda. Finansialku juga memberikan aplikasi yang membantu Anda untuk melihat perencanaan keuangan Anda dimulai dari sedini mungkin. Anda dapat melihat berapa yang perlu Anda investasikan untuk kebutuhan Anda di masa akan datang. Silakan daftar di sini untuk menggunakan aplikasi Finansialku atau juga Anda dapat download aplikasi di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis investor berdasarkan klasifikasi rentang waktu investasi, Anda bisa menentukan masuk kategori mana, sesuai dengan tujuan investasi yang ingin Anda raih. Namun, perlu diingat bahwa semakin pendek jangka waktu investasi, dibutuhkan imbal hasil yang lebih besar, dengan konsekuensi risiko pun lebih tinggi.

 

Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim

Sering orang mengatakan bahwa bisnis atau investasi membutuhkan intuisi di atas segala-galanya. Orang menyebutnya dengan intuisi bisnis. Tetapi sebenarnya intuisi bisnis atau intuisi investasi merupakan hasil dari perpaduan antara kerja keras dan penggunaan akal sehat yang ketat.

Jika Anda bergerak serampangan dan tidak mencatat dengan baik pembelajaran yang Anda alami, Anda tidak akan pernah sampai pada intuisi bisnis tersebut. Gunakanlah akal sehat dalam berbisnis. Akal sehat dalam melakukan langkah-langkah investasi tentu saja merupakan langkah-langkah sederhana yang membutuhkan kedisiplinan, dibanding impian-impian yang tidak logis atau mengada-ada.

Selain 8 Foto Wisuda Anti Mainstream, Kamu juga Perlu Tahu Hal ini Sebelum Masuk Dunia Kerja

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Berinvestasi sama dengan mengalokasikan uang Anda untuk berkembang secara maksimal melalui berbagai instrumen. Ada banyak pilihan investasi mulai dari saham, properti, surat utang, reksa dana, logam mulia dan berbagai macam lainnya.

Berinvestasilah pada sesuatu yang benar-benar Anda pahami. Kecuali Anda bersedia belajar terlebih dahulu, memahaminya seluk beluk secara detail, dari peluang sampai risikonya.

Berikut ini investasi untuk pemula yang tidak memerlukan modal besar dan ramah di kantong, yaitu:

 

#1 Deposito

Deposito adalah instrumen keuangan yang cocok bagi semua usia yang ingin berinvestasi di produk keuangan dengan risiko rendah. Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang di bank dengan sistem setoran dan juga penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Berbeda dengan tabungan yang biasanya yang bisa Anda akses kapanpun, deposito akan mengenakan sejumlah potongan atau penalti pada tabungan Anda apabila Anda memaksa untuk mengambilnya sebelum jatuh waktunya.

Kelebihan utama dari memiliki deposito adalah tingkat suku bunga bank yang diberikan lebih besar daripada produk tabungan biasa. Saat ini, suku bunga yang ditawarkan yakni berkisar pada angka 5% hingga 8%, namun suku bunga tersebut belum dipotong pajak sebesar 20%.

Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito]

 

Selain terlindung dari risiko fluktuasi pasar, deposito di Indonesia juga dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jadi, apabila bank tempat nasabah menyimpan uang mengalami kebangkrutan, maka lembaga tersebut akan menjamin dana setiap nasabah hingga Rp2 miliar dengan suku bunga maksimal 7,5% di setiap bank, dengan catatan bank yang Anda gunakan terdaftar dalam LPS.

Memang deposito bentuk investasi yang paling aman diantara yang lainnya, namun sebagai gantinya imbal hasil yang diberikan dari deposito tergolong rendah atau paling rendah diantara bentuk investasi lainnya. Selain itu, bunga deposito bisa menjadi tidak ada artinya ketika terjadi inflasi yang tinggi. Dan juga tidak ada cara apapun yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai investasi.

 

#2 Investasi Reksa Dana

Instrumen investasi ini sangat cocok untuk investor pemula yang modalnya kecil dan masih belum bisa menghitung risiko investasinya sendiri. Anda sudah bisa membuka akun reksa dana dengan modal Rp100.000.

Dalam skema investasi reksa dana akan ada Manajer Investasi (MI) yang mengatur ke mana uang Anda akan diinvestasikan. Manajer Investasilah yang bertugas untuk membaca sentimen pasar, menghitung risiko investasi dan mengatur strategi investasi yang berpotensi menghasilkan keuntungan sebesar mungkin.

Jangan Bingung Memilih Reksa Dana, Pilih yang Sesuai Tujuan Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kiat Memilih Reksa Dana Terbaik]

 

Dengan investasi di reksa dana, sebenarnya risiko investasi Anda disebar ke berbagai produk/instrumen, sehingga akan menurunkan risiko jauh lebih rendah. Besaran imbal hasil pun mengikuti produk reksa dana yang dipilih.

Reksa dana merupakan instrumen investasi ideal, dimana seorang dengan dana terbatas namun bisa melakukan diversifikasi pada banyak perusahaan, bahkan pada lebih dari satu instrumen investasi seperti pada reksa dana campuran.

Salah satu yang paling penting jika ingin mencoba skema investasi ini, pastikan Anda memilih manajer investasi yang kredibel. Sebab manajer investasilah yang akan jadi penentu berhasil atau tidaknya investasi Anda.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang reksa dana, Anda dapat download ebook dengan gratis yang Finansialku.com berikan untuk Anda.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#3 Investasi Logam Mulia/Emas

Salah satu opsi terbaik dalam investasi modal kecil adalah menempatkan dana kita dengan membeli/berinvestasi di logam mulia/emas. Emas adalah instrumen investasi yang nilainya relatif stabil dari waktu ke waktu, membeli emas pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Ada beberapa jenis atau bentuk investasi logam mulia/emas ini, seperti emas perhiasan, emas batangan, koin dinar dan lain sebagainya.

Untuk memulai investasi emas, Anda dapat memulainya dengan satuan yang terkecil. Lalu, seiring berjalannya waktu, gunakanlah berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya adalah keuntungan klasik yakni menjualnya saat harga pasar sedang tinggi. Keuntungan tersebut kemudian dapat digunakan untuk menambah investasi Anda.

Perhiasan Termahal dan Termewah di Dunia, termasuk Gelang Emas 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perhiasan Termahal dan Termewah di Dunia, termasuk Gelang Emas]

 

Anda juga dapat menggadaikan emas tersebut, menggunakan uang gadainya untuk membeli emas lagi. Atau Anda juga bisa “menyimpan” emas yang nilai tukarnya relatif stabil demi kepentingan masa depan.

Keuntungan dari investasi ini adalah margin kerugiannya yang kecil. Namun ini juga bisa jadi kekurangan, harga emas biasanya hanya naik sebesar 2-4% per tahunnya. Angka ini terbilang kecil bila dibandingkan dengan keuntungan yang ditawarkan investasi-investasi yang lain.

Finansialku juga memiliki ebook investasi emas untuk pemula. Jika Anda ingin mempelajari bagaimana investasi emas lebih mendalam, silakan download ebook kami.

Download E-Book Panduan Investasi Emas Untuk Pemula (GRATIS)

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Investasi Peer to Peer Lending

Investasi ini merupakan investasi jenis baru di Indonesia. Berinvestasi peer to peer lending maka artinya Anda akan meminjamkan modal atau uang ke pelaku bisnis atau masyarakat secara umum. Sama seperti obligasi, meminjamkan uang ke pelaku bisnis atau masyarakat umum untuk berbagai keperluan tidak berarti Anda mempunyai kepemilikan atasnya.

Salah satu faktor yang membuat investasi di P2P lending menarik adalah timbal balik yang kompetitif dengan besaran pergerakan harga dari waktu ke waktu lebih rendah. Normalnya, tingkat timbal balik dan risiko P2P lending berada di antara saham dan obligasi negara.

Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending?]

 

Berinvestasi lewat P2P lending juga relatif lebih murah dan terjangkau bagi mahasiswa. Nominal investasi bervariasi antara Rp100.000 sampai dengan Rp1.000.000, dan seringkali tanpa keharusan untuk memelihara portofolio pada nilai minimum tertentu, serta tidak ada minimum fee.

Investasi peer to peer akan memiliki keuntungan dalam jangka pendek, sebab tenor pinjaman yang bisa diinvestasikan hanya berkisar 6 bulan, 12 bulan, 18 hingga 24 bulan. Selain itu, keuntungan yang bisa Anda dapatkan berkisar mulai dari 18% per tahun, dan akan lebih tinggi lagi karena adanya compounding effect.

 

#5 Investasi Forex (Foreign Exchange) atau Valas (Valuta Asing)

Forex merupakan perdagangan untuk berbagai jenis mata uang/komoditas. Melalui cara ini, Anda akan bermain di pasar modal dengan menukarkan uang Anda dengan mata uang asing yang masih punya margin keuntungan paling tinggi. Sebagai contoh, Anda menukarkan Rp1.000.000 Anda dengan US$100. Pada saat nilai tukar dolar terhadap Pound Sterling naik, Anda bisa menukarkan sejumlah dolar Anda dengan Pound Sterling dan mendapatkan keuntungan dari sana. Keuntungan dalam investasi ini sangat ditentukan oleh besarnya uang yang berani Anda keluarkan serta kemampuan Anda membaca kondisi pasar.

Trading forex atau valas bisa dimulai dengan modal tidak terlalu besar, Rp100.000 pun sudah bisa memulainya. Banyak broker trading forex yang menawarkan berbagai kemudahan dalam berinvestasi bersama mereka.

Anda Mau Trading Forex Ketahui Jenis-jenis Transaksi Forex Berikut Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Kelebihan dan Risiko Trading Forex ini Sebelum Memutuskan Memulai Trading]

 

Salah satu yang perlu diingat sebelum berinvestasi di forex, bahwa ini salah satu jenis investasi dengan risiko sangat tinggi. Anda bisa kehilangan modal/uang dalam tempo sekejap jika tidak memiliki ilmunya.

Maka, sebelum benar-benar terjun ke dalam investasi forex atau valas, akan jauh lebih baik jika memahami lebih dahulu secara maksimal tentang trading forex.

 

Investasi Tidak Mengenal Usia

Nilai investasi akan semakin meningkat seiring dengan waktu, maka semakin cepat kita memulainya semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan. Usia muda adalah waktu yang paling tepat untuk mulai mengalokasikan uang dalam skema investasi. Saat belum berkeluarga dan belum ada tanggungan dari cicilan, berarti masih ada nominal yang cukup besar yang bisa dialokasikan dari penghasilan.

 

Sudahkah Anda berinvestasi? Investasi seperti apa yang cocok dengan Anda? Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tim Wesfix. 2015. Investasi itu “Dipraktekin”. Jakarta: PT Gramedia.
  • Nendra Rengganis. 2015. Ini Dia Skema Investasi yang Paling Cocok Dicoba Sama Anak Muda. Hipwee.com – https://goo.gl/LRccxX
  • Portal Investasi. Desember 2016. Ragam Investasi untuk Mahasiswa yang Direkomendasikan. Portalinvestasi.com – https://goo.gl/izQBgQ
  • Caesar Anggara. 2017. Investasi Modal Kecil yang Layak Dicoba Bagi Pemula. Portalinvestasi.com – https://goo.gl/WKrbpi
  • Admin. 23 Maret 2017. 5 Deposito Terbaik di Indonesia. Cermati.com – https://goo.gl/VoDH5A

 

Sumber Gambar:

  • Para Mahasiswa – https://goo.gl/xc8Bdz dan https://goo.gl/1nB7D5

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi emas untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi emas agar untung lebih maksimal?

 

Yuk download gratis e-book (128 halaman) dan jangan sampai ketinggalan informasi terupdate dari kami.

5.021 orang

sudah download