Apakah saat ini perusahaan Anda sudah memotong sebagian pendapatan Anda untuk investasi untuk pensiun ? Perencana Keuangan Independen Finansialku tertarik untuk berbagi cerita mengenai investasi untuk pensiun di Program JHT BPJS Ketenagakerjaan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Investasi untuk Pensiun

Perkembangan produk keuangan di Indonesia sudah cukup kencang, meskipun jenisnya belum sebanyak di Amerika atau negara maju lainnya. Salah satu instrument investasi untuk pensiun adalah program JHT BPJS Ketenagakerjaan. Itu loh potongan yang Anda bayarkan saat menerima gaji. Menurut Anda apakah investasi untuk pensiun di program JHT BPJS Ketenagakerjaan cukup menguntungkan?

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Indonesia BPJS Ketenagakerjaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Finansialku sangat mendukung program JHT BPJS ketenagakerjaan, karena sedikit banyak hal ini sangat membantu menyiapkan kebutuhan dana hari tua kita.

 

Investasi untuk Pensiun dengan Program JHT – BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu alat / instrument investasi untuk pensiun adalah dengan program Jaminan Hari Tua – BPJS Ketenagakerjaan (dahulu Jamsostek). Mungkin jika Anda saat ini kerja diperusahaan, gaji bulanan Anda sudah dipotong untuk dana pensiun Anda nanti. Keuntungannya Anda ga perlu repot, karena perusahaan tempat Anda bekerja sudah mengaturnya, Anda cukup melihat laporannya saja.

Hal yang perlu diperhatikan jika Anda hanya mengandalkan investasi untuk pensiun dengan program JHT – BPJS Ketenagakerjaan adalah: Apakah dana tersebut sudah cukup untuk kebutuhan pensiun Anda?

Misal gaji seseorang saat ini Rp 3 juta per bulan dan potongan untuk Jaminan Hari Tua, 5,7%. Berdasarkan hasil simulasi, dengan asumsi:

  • Saat ini usia Anda 25 tahun dengan gaji Rp 3 juta/bulan (Rp 36 juta/tahun).
  • Kenaikan gaji kita 10% /tahun
  • Rata-rata hasil investasi adalah 20% /tahun

 

Berikut ini ilustrasi perhitungannya:

Investasi untuk Pensiun di Program JHT BPJS Ketenagakerjaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Disclaimer:

Perhitungan di atas banyak menggunakan asumsi dan disederhanakan, seperti kenaikan pendapatan Anda dan rata-rata hasil investasi. Pada kondisi real rata-rata hasil investasi bisa lebih besar dari 20% atau lebih kecil dari 20%. Untuk perhitungan lebih detil, Anda dapat mengunjungi BPJS Ketenagakerjaan atau menghubunginya di call center: 1500910.

Anggap saja, perhitungan tersebut sudah mewakili, maka pada saat Anda berusia 55 tahun Anda akan memiliki dana sebesar  Rp 5,5M. Wow angka yang besar ya? Uang sebanyak Rp 5,5 M saat ini (tahun 2015) angka yang besar, bagaimana dengan Rp 5,5 M di tahun 2045 (saat nanti Anda pensiun)?

 

Menghitung ROI atau Tingkat Pengembalian Investasi - Bagaimana Strategi Investasi untuk Dana Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Eh ingat uang Rp 5,5M itu ada pajaknya ya. Pajaknya kurang lebih 5% atau sekitar Rp 275 juta. Kalau Anda ingin tahu silahkan cek: Cara Menghitung Pajak Uang Manfaat Pensiun. Jadi bersihnya Anda akan dapat Rp 5,2 M.

Kira-kira uang Rp 5,2 M tersebut mau digunakan untuk apa ya? Paling gampang didepositokan aja, hidup dari bunga deposito. Coba seandainya uang 5,2M tersebut didepositokan, dengan bunga 8% per tahun sebelum pajak (biasanya kalo deposito jumlah besar ada rate khusus). Ow ya bunga deposito adalah 20%, jadi kalau Anda cek bunga deposito 8% sebelum pajak berarti bunga setelah pajaknya adalah 8% x (100% – 20%) = 6,4%.

Anda akan mendapatkan bunga deposito sebesar Rp 334 jutaan per tahun atau Rp 27 jutaan per bulan. Apakah angka ini cukup besar? Ingat jangan bandingin dengan uang sekarang ya!. Coba Anda cek tabel ilustrasi di atas, berapa gaji bulanan Anda saat umur 55 tahun? Rp 52 juta per bulan kan?

Intinya, pendapatan Anda akan berkurang sebanyak kurang lebih 53%. Ini artinya jika Anda tidak memiliki sumber pendapatan lain, Anda harus siap-siap memotong pengeluaran Anda. Otomatis, karena pendapatan Anda sudah berkurang lebih dari 50%.

 

Kesimpulan

Program Investasi untuk Pensiun di JHT BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program persiapan dana hari tua (masa pensiun) yang oke. Jika Anda termasuk peserta di JHT BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat melihat perkembangan uang Anda melalui website.

 

Sumber:

  • Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan – www.BPJSKetenagakerjaan.go.id
  • Dibuat pada 17 November 2014. Mempersiapkan Pensiun : Via DPLK atau Reksa Dana Langsung ? Diakses pada 25 Agustus 2015. URL: Blog Kontan: http://goo.gl/wpML9D

 

Apakah Anda sudah memiliki investasi untuk pensiun di JHT BPJS Ketenagakerjaan? Jika berkenan, silahkan tinggalkan sharing Anda di kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/UuJQmT

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku