Investasi Waralaba dan Saham menjadi dua jenis investasi yang sedang hangat diperbincangkan. Di antara keduanya, investasi manakah yang lebih menjanjikan?

Simak pembahasannya dalam artikel Finansialku berikut ini, dan tentukan jenis investasi mana yang akan Anda gunakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Saham dan Investasi Waralaba

Beberapa bulan kebelakang semakin banyak saja yang memperbincangkan mengenai investasi saham dan investasi waralaba.

Kedua jenis investasi ini memang menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan, sehingga semakin banyak orang yang memiliki ketertarikan untuk ikut berinvestasi.

Khususnya investasi waralaba, jenis investasi ini sangat menggiurkan para investor pemula karena dianggap memiliki tingkat risiko yang lebih kecil, dan untuk menjalankannya pun termasuk cukup mudah.

Namun pertanyannya, investasi manakah yang paling menjanjikan diantara keduanya?

Untuk mendapat jawaban yang tepat, ada baiknya jika terlebih dahulu kita membahas produknya satu per satu.

 

#1 Bisnis Waralaba

Ketika terjun dalam bisnis waralaba, Anda memiliki kesempatan untuk memainkan berbagai jenis peran, baik itu sebagai investor, pemilik usaha yang menjalankan usaha secara langsung, maupun menjadi pemilik yang mempekerjakan karyawan untuk mengelola jalannya usaha.

Untuk terjun dalam bisnis ini, Anda perlu menyiapkan uang atau modal untuk berinvestasi, yang jumlahnya disesuaikan dengan jenis usaha yang akan Anda lakukan.

Jadi jika jenis bisnis yang dijalankan cukup besar dan membutuhkan modal yang banyak, maka Anda perlu mempersiapkan modal yang banyak pula.

Namun saat ini, ada banyak juga bisnis waralaba yang menawarkan investasi dengan modal murah, diantaranya ialah bisnis waralaba makanan ataupun minuman-minuman kekinian.

Biasanya calon investor cukup menginvestasikan dana sebesar Rp 6 sampai 7 juta untuk bisa mendapat hak waralaba, peralatan untuk menjalankan usaha, pelatihan usaha, bahan baku, dan beberapa fasilitas lainnya.

Bahkan untuk bisnis waralaba minuman, ada pula yang menawarkan dengan harga dibawah Rp 4 juta.

Sangat menarik bukan?

Pahami Sistem Waralaba Syariah, Apakah Aman dan Menguntungkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Membangun Bisnis Waralaba di Tengah Pandemi Menjanjikan?]

 

Dengan modal minimum Anda sudah memiliki kesempatan untuk mendapat keuntungan yang banyak, terlebih kalau Anda dapat mengembangkan bisnis yang Anda bangun itu.

Mengingat saat ini kondisi ekonomi masih belum membaik dan ada banyak pekerja yang terpaksa berhenti dari pekerjaannya, bisnis waralaba makanan dan minuman bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk mendapat penghasilan.

Selain itu, bisnis waralaba makanan dan minuman ini juga bisa menjadi pilihan yang cocok buat anak muda ataupun mahasiswa yang ingin memiliki pengalaman dalam berbisnis, karena modal yang diperlukan tidak terlalu besar, sehingga risiko kerugian masih bisa di manage dengan lebih mudah.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

3 Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur dan Freelancer

 

#2 Investasi Saham

Pada Bursa Efek Indonesia, saham didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, dan investor yang telah menanamkan modal memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, atas aset perusahaan, serta memiliki hak untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

Investasi saham dikenal sebagai produk investasi yang menawarkan keuntungan tinggi dan sangat menjanjikan. Keuntungan tersebut bisa berupa:

  • Dividen, yaitu pembagian keuntungan yang diberikan oleh perusahaan dimana investor tersebut menginvestasikan dananya. Keuntungan ini berasal dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Capital Gain, yaitu keuntungan yang didapat dari adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Keuntungan yang diperoleh investor berasal dari selisih harga beli dan jual saham.

Gaji Ke-13 PNS Cair, Saham Emiten Ritel Diprediksi Bakal Kecipratan! 02

[Baca Juga: Komik: Belajar Investasi Saham Yuk! Ini Lho Tipsnya!]

 

Yes… keuntungan-keuntungan yang bisa Anda peroleh dari investasi saham memang terbilang cukup menggiurkan, mulai dari puluhan persen per tahun, bahkan bisa saja mencapai ratusan persen.

Maka tidak heran mengapa banyak yang menjadi kaya karena investasi saham, seperti Warren Buffett dan yang lainnya.

Namun bukan berarti Anda bisa langsung mengalami hal yang sama saat pertama kali terjun dalam investasi saham, karena berinvestasi saham tidak lah semudah Anda membalikkan telapak tangan.

Anda perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni agar bisa menjadi berhasil, sebab jika tidak demikian maka bisa saja yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu Anda menderita kerugian.

Jadi, memang betul kalau investasi saham sangat menjanjikan, namun risiko kerugiannya juga cukup tinggi.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

9 Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

 

► Investasi Mana yang Lebih Menjanjikan?

Setelah mengetahui model dari dua produk investasi ini, maka tentu saja cukup mudah untuk menemukan jenis investasi yang lebih menjanjikan.

Cara untuk menemukan jawabannya ialah dengan melihat si calon investor.

Jika Anda sebagai calon investor memiliki modal yang cukup serta memiliki kemampuan dalam dunia saham, maka tentu saja investasi saham bisa menjadi pilihan investasi yang tepat bagi Anda, karena Anda dapat meminimalkan risiko yang ada dalam investasi saham.

Namun jika Anda belum memiliki kemampuan yang mumpuni dalam investasi saham, maka tentu risiko untuk mengalami kerugian akan menjadi semakin tinggi.

Demikian juga dengan investasi waralaba!

Anda bisa mendapat keuntungan yang menjanjikan dengan berinvestasi di bisnis waralaba apabila Anda sudah menguasai seluk-beluk bisnisnya, dan bisa menangkap potensi yang dimiliki oleh bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu, bisnis waralaba bisa menjadi pilihan yang sangat tepat apabila Anda memiliki modal yang pas-pasan, dan ingin mendapat hasil dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Pasalnya, investasi saham termasuk investasi jangka panjang sehingga untuk mendapat keuntungan Anda harus berinvestasi selama beberapa tahun.

Sedangkan jika Anda berinvestasi dalam bisnis waralaba, maka jangka waktu yang Anda perlukan untuk mendapat keuntungan bisa saja menjadi lebih singkat.

Sebagai contoh, jika minggu ini Anda mulai menjalankan bisnis waralaba makanan atau minuman dan ternyata memiliki pasar yang cukup ramai sehingga dagangan Anda laku, maka tentu kesempatan Anda untuk mendapat keuntungan dalam waktu yang cukup singkat akan semakin meningkat.

Gaji 2 Juta Beli Saham Bisa Banget! Ini Caranya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Drama Itaewon Class: 4 Hal Di Balik Kesuksesan Park Saeroyi]

 

Jadi, untuk menentukan jenis investasi yang lebih menjanjikan, Anda perlu melihat potensi dan kemampuan yang Anda miliki.

Setiap orang tentunya memiliki jawaban yang berbeda-beda, karena kemampuan yang dimiliki tidaklah sama.

Maka dari itu, tidak ada sebuah ukuran yang pasti untuk menentukan jenis investasi mana yang lebih menjanjikan, karena bisa saja bagi Anda investasi saham adalah produk yang menjanjikan, namun bagi teman Anda investasi waralaba lah yang lebih menjanjikan.

 

Ingin Berhasil dalam Berinvestasi? Ini Tipsnya!!!

Untuk menjadi investor yang sukses tentu Anda perlu memiliki kemampuan dan strategi yang baik, sehingga Anda dapat meminimalisasi risiko investasi Anda.

 

#1 Memiliki Dana Darurat

Terlepas dari ingin berinvestasi waralaba ataupun investasi saham, Anda tidak cukup hanya mempersiapkan modal yang akan Anda gunakan untuk berinvestasi, tetapi juga perlu memiliki dana darurat atau persiapan dana untuk situasi-situasi yang darurat.

Mengapa demikian?

Pertama, jika seandainya Anda menjalankan waralaba dan ternyata belum mampu menghasilkan keuntungan pada bulan-bulan pertama, tentunya untuk mempertahankan bisnis agar tetap berjalan maka Anda perlu terus mengeluarkan dana, baik untuk operasional ataupun untuk menyediakan bahan.

Lalu bagaimana jika Anda sama sekali tidak lagi memiliki dana? Tentunya Anda akan kesusahan untuk mempertahankan bisnis Anda, sehingga risiko untuk gulung tikar menjadi semakin tinggi.

Demikian juga saat investasi saham!

Anggaplah bulan ini Anda menginvestasikan semua dana yang Anda miliki, tetapi kemudian di bulan depan ternyata Anda membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, tentu Anda akan menjadi kebingungan karena tidak memiliki persiapan.

Sedangkan jika Anda mencairkan dana yang telah diinvestasikan, maka belum tentu Anda sudah bisa menerima keuntungan.

Maka dari itu sangat penting untuk memiliki dana darurat, sehingga Anda akan merasa lebih aman kedepannya.

Sebelum Beli Waralaba, Pertimbangkan 10 Hal PENTING Ini Dulu! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Beli Waralaba, Pertimbangkan 10 Hal PENTING Ini Dulu!]

 

Nah… berhubung kita sedang membahas tentang dana darurat, saya ingin memperkenalkan sebuah aplikasi yang sangat efektif untuk digunakan dalam mempersiapkan dana darurat.

Aplikasi yang dimaksud yaitu Aplikasi Finansialku, sebuah aplikasi perencana keuangan yang bisa membantu penggunanya dalam mengatur keuangan, merencanakan keuangan, salah satunya untuk mempersiapkan dana darurat.

Caranya pun sangat, Anda hanya perlu membuka Aplikasi Finansialku dan masuk ke menu Rencana Keuangan. Kemudian dari menu Rencana Keuangan, Anda dapat memilih tanda + yang ada di pojok kanan atas, dan pilih menu Dana Darurat.

Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

Fitur 'Dana Darurat' Rencana Keuangan di Aplikasi Finansialku

Fitur ‘Dana Darurat’ Rencana Keuangan di Aplikasi Finansialku

 

Nantinya, setelah Anda mengisi angka yang diminta maka Aplikasi Finansialku akan menghitung jumlah dana darurat yang Anda butuhkan.

Tidak hanya itu, pada Aplikasi Finansialku Anda juga akan mendapat pengetahuan mengenai cara yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat dan mengatur keuangan, baik melalui artikel ataupun melalui seminar-seminar yang diadakan oleh Finansialku.

So… buat Anda yang tertarik dengan Aplikasi Finansialku, Anda dapat langsung download melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store.

 

#2 Memahami Risiko dengan Baik

Sebelumnya sudah dibahas kalau investasi saham dan investasi di bisnis waralaba memiliki risiko yang cukup tinggi, maka dari itu Anda sebagai seorang investor perlu memiliki pemahaman yang baik.

Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam berbagai jenis situasi yang terjadi, sehingga risiko-risiko yang ada bisa dikendalikan dengan baik.

Banyak investor yang akhirnya gagal dan mengalami kerugian karena tidak mempelajari risiko investasinya terlebih dahulu, dan langsung saja terjun tanpa adanya persiapan tertentu.

Nah… jika Anda tidak ingin mengalami hal yang sama, maka pastikan bahwa Anda paham betul dengan produk yang ingin Anda beli, termasuk risiko yang ada.

 

#3 Sesuai dengan Tujuan Anda

Salah satu tips untuk berhasil dalam berinvestasi ialah dengan menyesuaikan jenis investasi dengan tujuan keuangan Anda.

Pasalnya, tidak semua jenis investasi cocok untuk satu tujuan.

Jadi, seandainya Anda memiliki tujuan keuangan untuk jangka waktu yang panjang, maka Anda perlu memilih produk investasi yang cocok, salah satunya ialah investasi saham.

Nah… berbeda lagi jika tujuan Anda perlu direalisasikan dalam jangka waktu dekat, untuk hal ini Anda perlu mencari produk investasi yang mudah dicairkan.

Hal-hal seperti ini sangat berguna untuk memaksimalkan keuntungan yang dapat Anda peroleh, sekaligus meminimalisasi risiko kerugian yang bisa terjadi.

 

Menjadi Investor yang Handal

Untuk menjadi investor, Anda perlu memiliki kemampuan dan skill yang mumpuni, baik untuk investasi waralaba, terlebih lagi untuk investasi di produk saham.

Sebab jika tidak demikian, maka Anda sama saja dengan seorang penjudi yang sifatnya untung-untungan. Tentu saja hal ini sangat tidak tepat jika Anda ingin berhasil dalam dunia investasi!

Maka dari itu jadilah investor yang handal, agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan investasi Anda.

 

Nah… demikian pembahasan kali ini, dan jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar investasi saham ataupun investasi waralaba, Anda bisa langsung menanyakannya di kolom komentar.

 

 

Sumber Referensi:

  • Giri Hartomo. 29 Juni 2020. Investasi Saham vs Buka Usaha? Belajar dari Drakor Itaewon Class Dulu. Idxchannel.okezone.com – https://bit.ly/3iAMKPn
  • Devayanti Pardi. Apakah Investasi di Bisnis Franchise / Waralaba Menguntungkan? Pertimbangkan Beberapa Faktor Berikut Ini. Koinworks.com – https://bit.ly/3c42lEI