Sebelum Anda beli waralaba, yuk ketahui beberapa hal penting tentang bisnis waralaba yang dibahas di artikel berikut!

Waralaba atau franchise bisa dikatakan bisnis yang cukup populer di Indonesia. Apakah Anda tertarik berkecimpung di bisnis ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menilik Peluang Bisnis Waralaba

Sudah familiarkah Anda dengan bisnis yang satu ini? Waralaba atau dikenal dengan franchise adalah jenis lisensi yang diperoleh dari pemegang waralaba untuk memungkinkan mereka memiliki akses.

Aksesnya mencakup pengetahuan, proses, dan merek (brand) dagang yang dipunyai pemilik waralaba atau perusahaan induk. Kemudian memungkinkan pihak tersebut menjual produk atau layanan jasa dalam bisnis yang dilakukan.

Waralaba telah membuka kesempatan menarik untuk membeli model-model bisnis yang ada, besar harapan dapat meraih kesuksesan bisnis yang sama sesuai rekam jejak yang sudah terbukti sebelumnya.

Sebelum Beli Waralaba, Pertimbangkan 10 Hal PENTING Ini Dulu! 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Strategi Pemasaran Bisnis Waralaba yang Wajib Dilakukan]

 

Di Indonesia sendiri, bisnis waralaba memang cukup merajalela. Bahkan sudah banyak produk lokal yang menjadi franchise dan terbilang sukses. Alhasil, bisnis ini menarik banyak peminat untuk bisa terjun di dalamnya.

Waralaba tidak hanya menguntungkan para pemiliknya saja lho, karena bisnis ini bisa membuka peluang kerja yang luas untuk orang-orang di sekitar kita.

Sehingga semakin banyak waralaba, secara tidak langsung ikut berkontribusi menciptakan lapangan kerja baru bagi banyak orang.

 

Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Beli Waralaba

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini, jangan gegabah dulu dan tergiur keuntungan semata. Anda harus realistis pada sejumlah kemungkinan yang bisa saja terjadi pada bisnis waralaba yang digeluti.

Maka dari itu, sebaiknya Anda pertimbangkan beberapa hal penting berikut ini sebelum membeli bisnis waralaba yang dilansir dari studilmu.com. 

 

#1 Kesiapan Menjalani Semua Prosedur Waralaba

Bisnis waralaba memiliki beberapa prosedur yang harus dijalani seperti memperoleh investasi untuk pembiayaan modal waralaba, menegosiasikan persyaratan sewa dalam waralaba, menemukan lokasi yang tepat, dan sebagainya. Semua hal itu harus dipastikan bahwa Anda siap menjalaninya.

Sebelum Beli Waralaba, Pertimbangkan 10 Hal PENTING Ini Dulu! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Waralaba Halal atau Tidak Menurut Islam? Ini Ulasannya]

 

#2 Kesanggupan Mengikuti Sistem yang Berlaku

Beli bisnis waralaba juga berarti membeli sistem secara keseluruhan karena Anda sedang menjalankan sistem waralaba yang sudah ada dari sebelumnya.

So, pertanyaannya apakah Anda sanggup mengikuti dan menerapkan semua sistem waralaba yang pemilik perusahaan induk tetapkan?

 

#3 Berhati-Hati Menjaga Citra Perusahaan dan Kesadaran Merek

Selain mengikuti sistem yang ada, Anda harus berhati-hati dalam menjaga citra perusahaan dan kesadaran merek (brand) yang sudah terbentuk dari produk dan layanan jasa milik perusahaan induk.

 

#4 Pastikan Menggunakan Modal Bisnis dengan Bijak

Biasanya, bank atau pemberi pinjaman investasi akan jauh lebih percaya dan nyaman untuk membiayai pembelian bisnis waralaba, dibandingkan bisnis yang didirikan secara mandiri.

Terlebih lagi, jika bisnis waralaba yang dipilih memang benar-benar memiliki rekam jejak kesuksesan yang sudah terbukti dan masih sangat populer sampai sekarang.

 

#5 Siapkan Diri Untuk Beradaptasi

Menjadi bisnis dengan waralaba besar bisa membawa kita pada posisi yang bagus. Kita akan menerima banyak dukungan tambahan yang diberikan secara berkelanjutan.

Dalam tahap ini Anda perlu mempersiapkan diri, karena dukungan yang diberikan harus berdampak baik. Artinya, waralaba yang Anda miliki harus berkembang positif.

 

#6 Harus Mampu Berinovasi

Waralaba memang memiliki peluang kesuksesan yang lebih tinggi daripada jenis bisnis lainnya. Tapi, tetap saja Anda harus mencari inovasi dan tidak terpaku dengan sistem yang sudah ada.

Sebelum Beli Waralaba, Pertimbangkan 10 Hal PENTING Ini Dulu! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Jenis Waralaba Makanan Halal Ini Recommended untuk Pemula]

 

#7 Ikut Pelatihan yang Diadakan oleh Perusahaan Induk

Pelatihan menjadi salah satu unsur yang sangat penting dalam dunia waralaba, karena ini bertujuan untuk menjaga keseragaman dari waralaba itu sendiri. Anda harus siap mengikuti pelatihan yang ada.

 

#8 Mau Mengikuti Pola Yang Sudah Ada

Waralaba juga biasanya mengharuskan kita untuk menghabiskan sejumlah uang tertentu untuk pemasaran yang dilakukan secara lokal.

Seringkali perusahaan induk memiliki garis besar atau panduan yang harus diikuti oleh kita, terutama dalam template materi pemasaran (marketing).

 

#9 Wilayah Eksklusif dalam Waralaba

Dalam bisnis waralaba, bisa jadi Anda membeli wilayah eksklusif di mana wilayah tersebut telah dilindungi untuk mendirikan bisnis di bawah perusahaan induk yang kita pilih.

Pertanyaannya apakah Anda siap dengan wilayah eksklusif yang mungkin sudah ditentukan oleh perusahaan induk dan tidak bisa memilih wilayah bisnis sesuai keinginan Anda?

 

#10 Harus Siap Mengembangkan Sistem Waralaba

Jika Anda sukses dalam mendirikan suatu waralaba, step selanjutnya Anda memiliki kesempatan untuk mendirikan waralaba di lokasi lain.

Ini artinya Anda harus bersiap-siap untuk menyisihkan modal untuk mendirikan cabang lain dengan segala keperluannya.

 

Perencanaan Keuangan Pribadi Jadi Syarat Kesuksesan Bisnis Anda

Anda mungkin sering lihat banyak pengusaha waralaba yang sukses tapi ujung-ujungnya gulung tikar. Penyebabnya beragam, kalah bersaing, manajemen yang gagal, dan owner yang tidak bisa mengelola keuangan pribadi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk bisa mengelola keuangan pribadi dan bisnisnya. Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mencatat keuangan pribadi dan bisnis Anda.

Sehingga, Anda bisa mengetahui laporan keuangan anda. Download aplikasinya dan dapatkan promo potongan Rp 50 ribu dengan kode CUAN50 untuk menjadi member premium dan bebas memanfaatkan semua fiturnya.

playstore icon
appstore icon

 

Selain menggunakan aplikasi Finansialku, agar pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis semakin terkendali, Anda bisa mempelajari cara mengelola keuangan pribadi dan bisnis melalui ebook ini.

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Itu sederet informasi yang bisa Anda pelajari sebelum beli waralaba, semoga bermanfaat. Jangan lupa share dan tulis komentar Anda untuk diskusi lebih lanjut!

 

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 10 Pertimbangan Sebelum Membeli Bisnis Waralaba. Studilmu.com- https://bit.ly/32whzOB

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba 1 – https://bit.ly/35dUxii
  • Waralaba 2 – https://bit.ly/324H6z6
  • Waralaba 3 – https://bit.ly/2Zdvl7L