Bagaimana Cara Mencari Peluang Kerja Online yang Benar?

Cari kerja itu sebetulnya tidak sulit lho seperti cerita orang banyak. Bagaimana caranya mencari peluang kerja online dengan persaingan global pada zaman digital saat ini?

Simak tips dan juga ulasan mencari peluang kerja online dan cari ladang pekerjaan Anda melalui beberapa situs pencari kerja melalui rubrik berikut ini.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Persaingan Kerja di Era Digital ini Semakin Ketat

Sebetulnya ada banyak peluang terbuka lebar bagi para calon pelamar.

Secara personalitas, berikut ini nilai-nilai positif yang dapat Anda gali dalam diri Anda sehingga dapat diterima bekerja terutama mencari kerja secara online.

 

#1 Tetap Semangat dan Optimis

Tips pertama ini memang menjadi dasar bagi Anda para pencari peluang kerja termasuk cari kerja online.

Walaupun Anda memiliki kemampuan yang mumpuni tapi Anda tidak memiliki semangat dan selalu pesimis dalam berpikir, tentu akan mempengaruhi kinerja Anda.

Semangat dan optimis dengan pikiran positif akan membawa sugesti positif juga pada hidup kita.

Coba saja, Anda hilangkan pikiran negatif dalam benak Anda dan selalu tanamkan kata-kata motivasi positif yang Anda ucapkan dan Anda pikirkan. Ini akan mendukung Anda untuk mencari peluang kerja.

 

#2 Fokus Pada Target yang Ingin Dicapai

Tetapkan satu tujuan yang ingin Anda capai dalam bidang pekerjaan yang ingin Anda lakukan.

Anda perlu menjabarkan target dari posisi atau jabatan pekerjaan, suasana kerja hingga besaran gaji yang ingin Anda hasilkan dari pekerjaan Anda.

Bukan artinya tidak boleh lebih dari 1 pekerjaan yang Anda pikirkan, namun jika Anda memiliki lebih dari 1 target, ini bisa membuat Anda tidak fokus dan bercabang.

 

#3 Buat Perencanaan

Ketika akan melamar pekerjaan, ada banyak hal yang perlu Anda siapkan.

Diantaranya, seperti dokumen lamaran pekerjaan yang harus Anda siapkan seperti Curriculum Vitae.

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

Anda perlu membuatnya begitu menarik perhatian bagian HRD dari perusahaan yang Anda tuju.

Selain itu, rencanakan untuk mengetahui lebih lanjut perusahaan tempat Anda akan bekerja. Ketahui visi misi dan tujuan dari pekerjaan tersebut dan prospek perkembangannya.

Anda tentu tidak mau bekerja di perusahaan yang memiliki reputasi menurun dan bahkan tak lama Anda masuk malahan bangkrut.

Selain itu, cari tahu informasi mengenai pertanyaan yang biasa diajukan dalam wawancara pekerjaan.

 

#4 Bangun Image Diri yang Positif

Ketika wawancara, Anda perlu terlihat optimis, bersemangat dan memiliki daya tarik sebagai karyawan yang akan memberi dampak positif bagi perusahaan melalui etos kerja yang baik.

Jangan sampai Anda terlihat lemah dan pesimis dan tidak bersemangat.

Bagaimana Cara Mencari Peluang Kerja Online yang Benar 02 Positif - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Ceritakan hal-hal positif dan kegiatan positif yang Anda sedang lakukan atau pengalaman aktivitas positif yang membuat orang tertarik mendengarnya.

Itulah sebabnya, di poin sebelumnya Anda perlu mempersiapkan diri dengan berbagai perencanaan agar Anda siap menghadapi wawancara.

Latih kemampuan Anda di bidang lainnya juga, seperti berbahasa asing dan juga soft skill seperti berkomunikasi dengan efektif. Ini bisa membantu Anda mendapatkan peluang kerja yang lebih besar.

 

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan mendownload ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#5 Bangun Relasi

Relasi dalam dunia kerja sangatlah berperan besar dan akan menjadi dewi fortuna bagi Anda yang memiliki relasi luas dan mampu menjaga relasi itu dengan baik.

Ada banyak pengalaman orang yang tidak mengajukan lamaran, tetapi karena adanya relasi atau pertemanan, seseorang bisa mendapatkan peluang kerja.

Salah satu contoh, jika Anda adalah seorang web designer secara freelance dan Anda menjalin relasi dengan banyak orang, ada kalanya salah satu teman Anda akan merekomendasikan jasa Anda pada orang lain yang menjadi kenalannya.

Motivasi Kerja Apa Yang Sebenarnya Karyawan Inginkan 03 Kerja Sama Tim - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

Seorang tukang bangunan bernama Benny (bukan nama sebenarnya), ia sebenarnya adalah tukang bangunan biasa, namun yang membuatnya tidak biasa, selain karena ketekunan, keuletan serta kerajinannya dalam bekerja, disamping ia menjalin relasi dengan banyak orang.

Dari seorang tukang bangunan biasa, ia dikenal orang dan banyak orang mengenal hasil kerjanya yang baik.

Ini membuatnya sukses dan menjadikannya salah satu mandor tukang borongan, bahkan ia mampu merintis sebuah toko bahan materialnya sendiri. Usahanya dalam bidang pertukangan naik bukan?

 

 

Yes! Lamaran Kerja Diterima

Melamar saja belum cukup. Anda bisa mengajukan lebih dari 100 surat lamaran, dan melamar di berbagai perusahaan, namun apakah Anda yakin akan diterima?

Ingat, ada begitu banyak calon pelamar kerja dan persaingan akan sangat begitu ketat.

Berikut ini beberapa tips agar surat lamaran pekerjaan Anda diterima.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Lamaran Kerja Sesuai Bidang Keahlian Anda

Dunia kerja bukanlah dunia bermain.

Ada banyak orang yang beranggapan, “Asal nyangkut, yang penting masukin dulu lamarannya, siapa tahu keterima.”

Prinsip ini salah besar sehingga banyak juga yang mengirimkan lamaran ke perusahaan A dengan kop tujuan kepada perusahaan B karena lupa diganti.

Dalam melamar pekerjaan, sebetulnya apapun latar belakang pendidikan atau ijazah Anda, asalkan kemampuan dan skill serta keahliannya sesuai, Anda pasti akan diterima.

 

#2 Cantumkan Posisi Pekerjaan

Pihak perusahaan biasanya akan mengiklankan lowongan kerja yang dibutuhkan di perusahaan.

Jika memang perusahaan yang bersangkutan membutuhkan bagian marketing, operator mesin, atau programmer, jika memang bagian itu adalah keahlian Anda, maka Anda bisa memasukkan lamaran Anda.

9 Cara Menghadapi Wawancara Kerja Menggunakan Psikologi. Buktikan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Pihak HRD tidak memiliki waktu untuk mengecek keseluruhan CV Anda dan menempatkan Anda sesuai bidang yang Anda inginkan. Mereka hanya mencari sesuai dengan lowongan yang mereka tawarkan.

 

#3 Buat Curriculum Vitae yang Menarik

CV atau Curriculum Vitae adalah gambaran tentang diri Anda. Di dalamnya tercantum riwayat hidup, riwayat pendidikan, daftar kemampuan atau skill yang Anda kuasai, dan juga berbagai pengalaman yang telah Anda dapatkan.

Anda bisa mencantumkan berbagai penghargaan yang Anda terima atau pelatihan dan seminar yang pernah Anda ikuti. Ini bisa menambah nilai lebih bagi diri Anda sebagai penilaian tersendiri dari pihak perusahaan yang kelak akan mewawancarai Anda.

Anda bisa membuat CV yang Menarik dari salah satu artikel Finansialku.

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume

Free Download Curriculum Vitae (CV) atau Resume yang Memikat para HRD 2 - Finansialku

[[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field10"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field11"]],"and"],[[["field8","equal_to","Bapak"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field12"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Karyawan"]],[["show_fields","field13"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Entrepreneur"]],[["show_fields","field14"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Mahasiswa"]],[["show_fields","field16"]],"and"],[[["field8","equal_to","Ibu"],["field9","equal_to","Ibu Rumah Tangga"]],[["show_fields","field17"]],"and"]]
1 Step 1
namatrue
Telepon
Kotatrue
Apa tujuan keuangan Bapak ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Bapak, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswa, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu ? (silakan pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Apa tujuan keuangan Ibu, sebagai seorang entrepreneur (silakan pilih satu)?Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Sebagai Mahasiswi, apa prioritas tujuan keuangan Anda saat ini (pilih satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Bunda, apa tujuan keuangan Anda? (silakan pilih salah satu)Silakan pilih tujuan keuangan yang ingin Anda wujudkan bersama pasangan atau keluarga. Finansialku.com akan membantu memberikan tips artikel dan solusi untuk membantu mewujudkan tujuan keuangan Anda. Silakan pilih (boleh lebih dari satu)
Previous
Next

 

#4 Miliki Skill Komunikasi yang Baik dan Sopan

Tak jarang para calon pelamar yang gagal saat wawancara, walaupun ia memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Apa yang membuatnya gagal?

Tidak hanya kemampuan, keahlian dan juga intelektual, skill berkomunikasi yang baik dan sopan sangat diperlukan.

Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan, Khususnya Masalah Keuangan 01 Finansialku

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

 

Saat wawancara, seseorang bisa cenderung terlalu percaya diri dan bisa dinilai terlalu sombong atau bahkan kebalikannya. Mereka terlalu rendah diri sehingga perusahaan tidak menilai layak bagi calon pelamar untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Tatap mata orang yang sedang berbicara atau sedang mewawancarai Anda. Selain itu, jangan sekali-kali memotong pembicaraan dari lawan bicara.

Latihlah soft skill Anda terutama dalam berkomunikasi dan juga bersosialisasi dengan orang lain.

 

Daftar Situs Pencari Kerja Online

Berikut ini daftar situs pencari kerja online yang bisa Anda akses dan mencari pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian Anda.

  1. Jobstreet.com
  2. Loker. we.id
  3. Jora Indonesia
  4. Kompas Karier
  5. JOBSCDC
  6. Jobfinder.co.id
  7. Karir.com
  8. Joblike
  9. OLX
  10. Jobplanet
  11. Jobs.id
  12. Jogjakarir
  13. Dsb

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Yusron Arif. 12 Maret 2017. Tips Mencari Kerja Online & 12 Situs Lowongan Kerja Online Terbaik. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/8rcUKd

 

Sumber Gambar:

  • Cari Peluang Kerja Online – https://goo.gl/uiBDWi
  • Image Diri yang Positif – https://goo.gl/TtY1hU

 

Summary
Bagaimana Cara Mencari Peluang Kerja Online yang Benar?
Article Name
Bagaimana Cara Mencari Peluang Kerja Online yang Benar?
Description
Cari kerja itu sebetulnya tidak sulit lho seperti cerita orang banyak. Bagaimana caranya mencari peluang kerja online dengan persaingan?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment