Finansailku ingin menyoroti fenomena yang terjadi ketika Kita membeli barang antara butuh atau ingin? Kebetulan perusahaan iPhone merilis produk teranyar mereka yaitu iPhone 5s, akankah Anda membeli karena butuh atau ingin?

iPhone-5S antara butuh atau ingin

 

iPhone 5S

Bagi Anda yang gemar atau mengikuti perkembangan gadget pasti sudah mendengar berita terbaru dari perusahaan pembuat iPhone. Pada hari Selasa 10 September 2013 waktu Amerika Serikat, iPhone merilis produk barunya yaitu iPhone 5S. Mungkin tidak lama lagi akan ada iPhone 5s di Indonesia, nah apakah Anda akan mengganti ponsel Anda saat ini dengan iPhone 5s? Apakah pertimbangannya, antara butuh atau ingin?

Berikut ini adalah tampilan dari iPhone 5s yang terbaru tentunya dengan iOS 7.

 

Berdasarkan kabar terbaru di dunia maya, iPhone 5C ternyata sudah dapat dipesan di Singapura pada tanggal 13 September 2013. Kira-kira berapa harga dari iPhone 5S dan iPhone 5C?

  • iPhone 5C 16 GB dijual 848 dollar Singapura sekitar Rp 7.8 juta
  • iPhone 5C 32 GB dijual 988 dollar Singapura sekitar  Rp 9 juta
  • iPhone 5S 16 GB dijual 988 dollar Singapura sekitar Rp 9 juta
  • iPhone 5S 32 GB dijual 1148 dollar Singapura sekitar Rp 10.5 juta
  • iPhone 5S 64 GB dijual 1288 dollar Singapura sekitar Rp 11.8 juta

Apple akan mulai memasarkan iPhone 5S dan 5C ke negara-negara lain di seluruh dunia pada 20 September 2013. Perkiraan perusahaan iPhone hingga akhir 2013, kedua iPhone sudah akan tersedia di 100 negara lewat 270 operator seluler.

 

 

Antara Butuh atau Ingin 

Pasti sudah pernah mendengar kan istilah butuh atau ingin? Nah berikut ini ada sebuah poster yang berisi: Untuk menjadi bahagia dalam hidup Anda harus belajar membedakan antara apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda inginkan.

Want_vs_Need_by_rogaziano-antara-butuh-atau-ingin

[Baca juga : Bagaimana Cara Investasi yang Efektif untuk Bayar Uang Muka Rumah?]

 

Kita berbicara dulu apakah definisi atau perbedaan dari Butuh (need) dan Ingin (want).

  • Butuh (need) adalah sesuatu yang HARUS Anda miliki (something you have to have).
  • Ingin (want) adalah sesuatu yang BOLEH atau BISA ANDA miliki (something you would like to have or something nice to have).

Seperti kasus pada ponsel pintar (smart phone), apa yang disebut sebuah butuh atau ingin? Kebutuhan: ponsel untuk komunikasi, browsing, chatting. Keinginan: ponsel dengan fitur yang dibutuhkan plus merk yang mewah.

Apakah Kita tidak boleh memenuhi keinginan (want)? Tentu saja Anda boleh memenuhi keinginan-keinginan Anda, kenapa tidak? Ada orang yang pernah bicara Work Hard, Shop Hard. Hal yang paling penting dan perlu diingat adalah manfaatkan pendapatan Anda untuk memenuhi kebutuhan Anda terlebih dahulu, tidak hanya kebutuhan sekarang yang di depan mata, tetapi juga kebutuhan masa depan. Setelah itu ada kelebihan boleh untuk memenuhi keinginan-keinginan Kita.

Bijak dalam menentukan keinginan dan kebutuhan dapat membantu Kita dalam mengelola kehidupan keuangan Kita. Oleh sebab itu sebelum membeli tentukan apakah Anda butuh atau ingin

 

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku Bagaimana Alokasi Aset yang Pas? Baca
finansialku Tips Pengajuan Kredit Rumah KPR Baca
finansialku Mobil Baru, Kantong Aman, Gimana Caranya? Baca
finansialku Mewujudkan Mimpi dan Tujuan Keuangan Baca
finansialku Rencana Waris Penyelamat Keluarga Baca