Apakah hal-hal yang perlu diketahui tentang jaminan pensiun? Lalu, seperti apa prosedur yang harus dijalankan?

Agar tidak kebingungan saat pensiun nanti, baca dulu yuk artikel Finansialku ini sampai akhir.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Jaminan Pensiun untuk Para Pekerja

Sudahkah kamu mempersiapkan dana pensiun untuk bekal di hari tua? Kebanyakan pekerja jarang memperhatikan tunjangan masa tua untuk keberlangsungan hidup.

Selama ini, mereka hanya fokus menabung atau berinvestasi demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Padahal dana pensiun menjadi hal penting yang harus dipikirkan dari sekarang, terutama di usia produktif.

Pasalnya, kamu bisa memulai lebih cepat dan merancang masa depan lebih baik. Semua rencana di hari tua bisa diwujudkan tanpa halangan sama sekali. Itulah yang sangat penting dari manfaat  pensiun sendiri.

 

Poin Penting dari Jaminan Pensiun yang Perlu Diketahui

Tak cuma rencana masa tua, dana pensiun pun akan menjamin kehidupanmu di masa sulit, seperti kematian kepala keluarga atau cacat permanen.

Menilik persoalan ini, BPJS sebenarnya telah menetapkan jaminan pensiun yang wajib ditaati oleh semua pekerja.

Biar kamu tak terlalu bingung dengan dana pensiun, berikut beberapa poin penting yang harus diketahui.

 

#1 Pengertian

Sesuai ketentuan pemerintah, jaminan pensiun merupakan jaminan sosial yang dibayarkan secara berkala kepada ahli waris. Pembayaran jaminan dilakukan ketika seseorang memasuki usia pensiun, meninggal, atau mengalami cacat permanen.

Jaminan Pensiun Semua Hal yang HARUS Kamu TAHU 02

[Baca Juga: Apa Itu Dana Pensiun Syariah? Cek Jawabannya Di Sini!]

 

Program ini bisa dibilang sebagai pengganti dari menurun atau hilangnya penghasilan. Tujuannya tentu untuk mempertahankan kesejahteraan hidup sebuah keluarga.

 

#2 Peserta

Pemberlakuan dana pensiun sesuai aturan yang berlaku. Para pesertanya berasal dari para pekerja dari sebuah perusahaan, instansi pemerintah, maupun perseorangan. Batas usia para peserta maksimal 1 bulan dari masa pensiun. Ketetapan usia pensiun sudah sangat jelas, yakni 57 tahun dan maksimal 65 tahun.

 

#3 Penanggung Jawab

Untuk mendapatkan dana pensiun, para peserta tentu harus membayar iuran rutin. Iuran inilah yang akan dikelola oleh negara dan nantinya diserahkan kepada ahli waris.

Jaminan Pensiun Semua Hal yang HARUS Kamu TAHU 03

[Baca Juga: Ini Lho Cara Mengetahui Besaran Dana Pensiun Anda]

 

Penanggung jawab dari iuran sendiri dibagi merata, yakni 2% dari pemberi kerja (perusahaan maupun instansi) dan 1% dibayarkan peserta. Nominal iuran ditentukan dari perhitungan gaji pokok serta tunjangan yang didapat.

 

#4 Masa Pembayaran

Perusahaan wajib membayarkan iuran pensiun pada tanggal 15 setiap bulannya. Jika perusahaan lalai atau terlambat menepati tagihan, maka dikenakan denda sebesar 2%.

Denda tersebut akan dimasukkan ke dalam tagihan pada bulan selanjutnya. Oleh sebab itu, perusahaan perlu membuat jadwal rutin untuk menghindari telat bayar atau mangkir.

 

#5 Manfaat Pensiun

Berapa nominal jaminan pensiun yang diterima oleh ahli waris? Di sinilah manfaat pensiun perlu diketahui oleh setiap peserta maupun anggota keluarga yang menjadi ahli waris. BPJS Ketenagakerjaan menetapkan beberapa kategori manfaat yang diterima para peserta.

Jaminan Pensiun Semua Hal yang HARUS Kamu TAHU 04

[Baca Juga: Hindari 8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Ini!]

 

Kategori ini dibagi menjadi pensiun hari tua, lumpsum, cacat, orang tua, anak, maupun janda atau duda. Nominal disesuaikan dengan masa iuran serta nilai pengembangan.

 

#6 Perhitungan Dana Pensiun

Bila kamu bertanya-tanya perhitungan manfaat pensiun, lakukan kalkulasi sederhana. Pada tahun pertama, dana pensiun akan dibayarkan sesuai dengan manfaat pensiun.

Jaminan Pensiun Semua Hal yang HARUS Kamu TAHU 05

[Baca Juga: Persiapkan Tabungan Dana Pensiun Anda Untuk Tetap Sejahtera Di Hari Tua]

 

Di tahun selanjutnya, pembayaran masih disesuaikan dengan formula awal namun dikali nilai indeksasi. Nilai manfaat didapat dari perkalian 1% dengan masa iuran dibagi 12 bulan.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Rencanakan Pengelolaan Jaminan Pensiun dari Sekarang

Sangat mudah bukan mengetahui perhitungan dana pensiun? Kamu bisa mengandalkan pensiun untuk masa-masa berat. Tapi pastikan kamu telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mendata keikutsertaan.

Di samping itu, lakukan pembaharuan data setiap waktu, seperti kelahiran anak atau status pernikahan. Dengan begini, pembayaran jaminan jauh lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi penerima atau ahli waris.

Download aplikasi Google Play dan Play Store untuk merencanakan dana pensiunmu!

 

Apakah kamu mendapatkan gambaran untuk merencanakan masa pensiun dari sekarang? Karena informasi di atas sangat bermanfaat, yuk bagikan artikel di atas pada teman-teman yang membutuhkan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. JaminanPensiun. Gajimu.com – https://bit.ly/2wKZqAg

 

Sumber Gambar:

  • Jaminan Pensiun 01 – https://bit.ly/38GWhPh
  • Jaminan Pensiun 02 – https://bit.ly/2VZmFkK
  • Jaminan Pensiun 03 – https://bit.ly/38Dt6N7
  • Jaminan Pensiun 04 – https://bit.ly/2wLL2rt
  • Jaminan Pensiun 05 – https://bit.ly/2TZ5hd0