CEO Amazon Jeff Bezos jadi orang terkaya pertama di dunia yang memiliki kekayaan di atas US$200 miliar atau setara Rp 2.920 triliun.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

CEO Amazon, Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Di Dunia

Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos mencatatkan namanya sebagai orang terkaya pertama di dunia yang memiliki kekayaan di atas US$ 200 miliar atau setara Rp 2.920 triliun.

Melansir CNBC Indonesia, pada penutupan perdagangan pasar saham Rabu (26/08) kemarin harta Jeff Bezos melonjak di atas US$ 202 miliar.

Harta pria berusia 56 tahun ini melebihi kekayaan orang terkaya di dunia, Bill Gates yang saat ini tercatat sebesar US$ 116 miliar.

Bahkan, dengan menyesuaikan tingkat inflasi, Forbes meyakini kekayaan Bezos adalah yang terbesar yang pernah terkumpul seorang individu.

Mundur ke belakang, Bezos juga sempat mencatatkan sejarah dunia pada 2018 ketika kekayaan pribadinya naik di atas US$ 150 miliar. Dirinya berhasil menjadi orang terkaya di dunia pertama kali pada 2017.

Kekayaan pribadinya itu sebagian besar bersumber dari saham Amazon. Kekayaannya telah meroket dalam beberapa tahun terakhir seiring meningkatnya harga saham perusahaan yang dia dirikan itu.

Rekor tertinggi harga saham perusahaan terjadi pada bulan April. Hal itu disebabkan oleh melonjaknya transaksi konsumen di Amazon.

Atas meningkatnya harga saham tersebut memberikan investor keuntungan lebih dari 86% sepanjang tahun ini.

Kata-kata Bijak Jeff Bezos 08 - Finansialku

[Baca Juga: Selamat! Shopee Jadi E-commerce yang Paling Banyak Dikunjungi!]

 

Pada hari Rabu, Amazon bernilai lebih dari US$ 1,7 triliun (Rp 24.926 triliun) menjadikannya perusahaan paling berharga kedua di AS, di bawah Apple.

Salah satu berkahnya adalah dengan adanya pandemi sehingga orang-orang beralih ke pengecer online untuk kebutuhan seperti masker wajah dan pembersih tangan, serta memesan bahan makanan.

Selain itu, diketahui, Bezos juga memiliki Washington Post, perusahaan kedirgantaraan Blue Origin, dan investasi swasta lainnya. Jika saja ia tak bercerai pada tahun lalu, kekayaannya bakal jauh melampaui hartanya kini.

Pada tahun lalu, Bezos memberikan 25 persen dari kepemilikan sahamnya di Amazon yang setara dengan US$ 63 miliar kepada mantan istrinya, Mackenzie Scott.

Meski begitu, bukan Bezos seorang yang menikmati lonjakan saham perusahaan teknologi, Mark Zuckerberg dari Facebook pada Selasa lalu juga bergabung sebagai centibillionaire baru.

Total hartanya tercatat sebesar US$ 103,1 miliar dengan tambahan US$3,4 miliar kekayaan dalam satu hari, dari kenaikan saham Facebook.

Lonjakan itu berlanjut pada Rabu (26/08) kemarin, Zuckerberg memperoleh tambahan US$ 6 miliar yang menjadikan total kekayaannya sekarang US$ 109,1 miliar.

Bergabung dengan Bezos, Gates, dan Zuckerberg yang baru dinobatkan adalah ketua LVMH Bernard Arnault, yang pertama kali bergabung dengan jajaran 12 tokoh tahun lalu.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Meski kekayaan bersihnya merosot menjadi sekitar US$ 80 miliar pada puncak pandemi virus corona pada Maret, Arnault merebut kembali gelar centibillionaire pada bulan Mei dan hari ini kekayaannya bernilai sekitar US$ 115 miliar. Ini membuatnya menjadi orang terkaya ketiga di dunia.

Melansir CNN Indonesia, Bezos menyumbangkan 7.548 saham Amazon yang setara sekitar US$ 26 juta untuk organisasi nirlaba yang dirahasiakan. Pada penutupan pasar saham kemarin, harta Bezos bernilai US$ 205 miliar.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel ini? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Trio Hamdani. 27 Agustus 2020. Jeff Bezos Jadi Orang Pertama yang Punya Harta di Atas Rp 2.900 T. Detik.com – https://bit.ly/2YCTAfu
  • Roy Franedya. 27 Agutus 2020. Sah! Jeff Bezos Orang Terkaya Pertama Berharta Rp2.920 T. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3hBn4BN
  • Fajria Anindya Utami. 27 Agustus 2020. Jeff Bezos Jadi Orang Pertama di Dunia Berharta Rp2.971 Triliun. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/3gup51r
  • Redaksi. 27 Agustus 2020. Jeff Bezos, Orang Pertama dengan Kekayaan di Atas $ 200 Miliar. Investor.id – https://bit.ly/2YAiagL
  • Redaksi. 27 Agustus 2020. Berharta Rp2.920 T, Jeff Bezos Pecahkan Rekor Orang Terkaya. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2FYJHCd