Kegiatan ekonomi sering sekali kita temui dalam keseharian, tapi apa saja jenis kegiatan ekonomi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan individu maupun kelompok untuk memperoleh barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan hidupnya dengan saling mempertukarkan atau menukarnya dengan mata uang.

Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang dilakukan manusia demi memperoleh barang atau jasa. Sederhananya, kegiatan ini dilakukan manusia untuk mencapai kemakmuran dalam hidupnya.

Banyak macam kegiatan ekonomi dan semuanya diukur menurut uang yang dihasilkan dalam transaksi. Macam kegiatan ekonomi adalah aktivitas produksi, menjual, atau membeli suatu produk dan jasa.

 Business Dictionary menyebutkan, kegiatan ekonomi diartikan sebagai tindakan yang melibatkan proses produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa pada semua tingkatan dalam masyarakat.

Dari beberapa pengertian tersebut, kamu bisa menyimpulkan bahwa kegiatan ekonomi merupakan serangkaian tindakan yang mampu menghasilkan, memperdagangkan, dan mendistribusikan produk atau jasa dengan melibatkan transaksi moneter.

 

Jenis Kegiatan Ekonomi

Mengacu kepada pengertian di atas, secara umum jenis kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga, yaitu:

 

#1 Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi adalah aktivitas yang mampu menghasilkan suatu produk barang atau jasa. Kegiatan ini bertujuan agar barang atau jasa yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Terdapat beberapa jenis barang yang dihasilkan dari kegiatan produksi ini, di antaranya adalah barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Petani menanam padi, merawat tanamannya dengan memberi pupuk, memanen padi. Kemudian mengolah gabah menjadi beras merupakan kegiatan produksi. Pengrajin meja dan kursi mengolah kayu menjadi kursi sekolah juga merupakan produksi.

Kegiatan produksi tidak hanya memproduksi barang saja. Tetapi juga jasa. Guru, penerjemah, dosen, jaksa merupakan contoh kegiatan produksi jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi juga disebut sebagai produsen.

Jenis Kegiatan Ekonomi, Contoh dan Para Pelakunya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Dampak Krisis Ekonomi Global Terhadap Berbagai Sektor]

 

#2 Kegiatan Distribusi

Jenis kegiatan ekonomi yang kedua adalah distribusi. Kegiatan distribusi dapat didefinisikan sebagai sebuah aktivitas menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen.

Tujuan dari aktivitas ini adalah supaya barang atau jasa tersebut dapat tersebar luas ke masyarakat yang membutuhkan.

Selain melakukan fungsi penyebaran, distributor juga bertugas memastikan agar produk dapat diterima konsumen dengan baik.

Barang dan jasa yang diproduksi harus diantarkan ke pasar atau ke penggunanya. Beras hasil olahan petani di desa harus dibawa ke kota untuk diolah oleh penduduk kota. Demikian pula udang hasil tangkapan nelayan pastinya harus diantar ke pasar.

Beberapa aktivitas dari kegiatan distribusi ini biasanya meliputi pembelian dari produsen, pengangkutan barang, pengemasan, penjualan ke pedagang atau grosir, penyimpanan, standardisasi kualitas barang, klasifikasi barang, promosi barang, dan penyaluran barang.

Orang, kelompok atau lembaga yang melakukan distribusi disebut sebagai distributor. Kegiatan distribusi juga termasuk mengelola gudang sementara tempat barang dari produsen sebelum diantar ke penggunanya.

 

#3 Kegiatan Konsumsi

Konsumsi merupakan jenis kegiatan ekonomi untuk mengurangi nilai suatu guna barang atau jasa. Misalnya, beras hasil produksi petani dibeli oleh sebuah keluarga dan diolah menjadi nasi. Maka hasil produksi berkurang melalui konsumsi keluarga tersebut.

Kegiatan konsumsi juga merupakan aktivitas penggunaan barang atau jasa yang dihasilkan produsen. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Pelakunya berupa individu, kelompok maupun lembaga yang melakukan kegiatan konsumsi disebut sebagai konsumen. Konsumen meliputi rumah tangga, pemerintah, dan perusahaan industri.

Jenis Kegiatan Ekonomi, Contoh dan Para Pelakunya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Seperti Apa Prediksi Ekonomi  Indonesia Tahun 2021 di Mata Para Ahli?]

 

Kegiatan ekonomi juga dibagi menjadi:

  1. Kegiatan Ekonomi Primer

Aktivitas ekonomi primer berkaitan langsung dengan bahan baku, misalnya produk dari pertanian, kehutanan, sumber daya alam lainnya.

  1. Kegiatan Ekonomi Sekunder

Kegiatan ekonomi sekunder merupakan aktivitas yang meliputi industri dan manufaktur, contohnya pemrosesan dan konstruksi

  1. Kegiatan Ekonomi Tersier

Kegiatan ini menyangkut layanan dan jasa yang diberikan oleh orang kepada orang lain.

  1. Kegiatan Ekonomi Kuarter

Kegiatan ekonomi kuarter juga biasa dikenal dengan sektor pengetahuan

 

Usaha Bidang Ekonomi

Sumber daya alam apabila dikelola dalam kegiatan ekonomi dapat digolongkan ke dalam jenis usaha antara lain sebagai berikut:

  1. Usaha Agraris, yang bergerak dalam pengelolaan usaha tanah seperti pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan dan lain-lain. Dalam pengelolaannya, usaha ini berkaitan dengan keadaan alam seperti iklim, cuaca, keadaan tanah, air dan sebagainya.
  2. Usaha Ekstraktif, yang kegiatannya mengolah dan mengelola penggalian, mengambil, mengumpulkan kekayaan dari alam yang telah tersedia, seperti pertambangan, pembuatan garam, serta budidaya mutiara.
  3. Usaha Industri, merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang yang siap untuk dikonsumsi. Bahan-bahan mentah didapatkan dari sumber daya alam yang ada.
  4. Usaha Jasa, seperti jasa angkutan, pergudangan, keuangan, dan lain-lain.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Contoh Kegiatan Ekonomi

Sebenarnya, ada banyak contoh kegiatan ekonomi yang bisa diambil dari kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh kegiatan ekonomi yang diambil dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

 

#1 Perdagangan

Salah satu kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah berdagang atau melakukan proses transaksi jual beli. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapat keuntungan semaksimal mungkin.

Saat ini perdagangan seringkali dianggap sebagai salah satu bisnis potensial dan menguntungkan di Indonesia. Banyaknya jenis perdagangan di Indonesia membuat banyak produk yang mengalami inovasi.

Tentunya hal ini mempunyai keuntungan sendiri bagi setiap orang yang melakukan transaksi.

Jenis Kegiatan Ekonomi, Contoh dan Para Pelakunya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Komoditi Pertanian dan Pengaruhnya Pada Ekonomi Indonesia]

 

#2 Jasa

Jasa merupakan salah satu contoh kegiatan ekonomi yang mampu memberikan pelayanan kepada setiap orang yang membutuhkan.

Ada banyak sekali bisnis yang bergerak di bidang jasa, sebut saja jasa transportasi, jasa pengiriman barang, jasa ojek online, dan lain-lain.

 

#3 Perindustrian

Perindustrian merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang juga banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Ruang lingkup perindustrian di Indonesia cukup luas dalam mengolah produk mentah menjadi produk jadi.

Dalam dunia perindustrian, memiliki teknologi canggih menjadi hal penting untuk mengolah hasil produksi. Olahan produk tersebut bertujuan untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan manusia.

 

#4 Pertambangan

Indonesia mempunyai sumber daya yang sangat beragam. Maka tak heran, pertambangan dijadikan sebagai salah satu kegiatan ekonomi yang banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat.

Kegiatan pertambangan dapat dianggap sebagai salah satu cara untuk meraup kekayaan yang mempunyai nilai guna tinggi. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis pertambangan, sebut saja emas, batu bara, minyak dan lain sebagainya.

Jenis Kegiatan Ekonomi, Contoh dan Para Pelakunya 04 - Finansialku

[Baca Juga: Penjelasan Sistem Ekonomi Pancasila, Cuma Ada Di Indonesia!]

 

Pelaku Kegiatan Ekonomi

Ada beberapa peran yang bisa dimainkan oleh para pelaku kegiatan ekonomi. Peran-peran itu antara lain adalah:

#1 Produsen

Produsen merupakan sebuah organisasi yang dibentuk dan dikembangkan oleh seseorang atau sekelompok orang yang bertujuan menghasilkan berbagai produk barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

 

#2 Distributor

Distributor adalah sekelompok orang atau individu yang berperan sebagai perantara bagi produsen dan konsumen. Distributor menawarkan barang atau jasa dari produsen untuk digunakan konsumen yang membutuhkan.

 

#3 Konsumen

Konsumen adalah sekelompok masyarakat atau individu yang melakukan kegiatan konsumsi barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen.

Dengan memahami konsep pelaku ekonomi, maka kamu dapat memahami peranmu dan peran orang di sekitarmu dalam kegiatan ekonomi.

Kondisi ini akan mempermudah kamu untuk mengambil keputusan terbaik dalam melakukan kegiatan ekonomi. 

 

Nah Sobat Finansialku, itulah penjelasan mengenai jenis kegiatan ekonomi beserta contoh dan para pelakunya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda mengenai kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lain, ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Ari Welianto. 19 Maret 2020. Jenis Jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat. Kompas.com – http://bit.ly/3n3Ej0G
  • Admin. 3 Kegiatan Ekonomi: Penjelasan Produksi, Distribusi, dan Konsumsi. Indomaritim.id – http://bit.ly/380VgED
  • Uji Agung Santosa. 23 Desember 2020. 3 Macam Kegiatan Ekonomi, Contoh dan Para Pelakunya. Review.bukalapak.com – http://bit.ly/2X2tOQp

 

Sumber Gambar:

  • Ekonomi 1 – http://bit.ly/2XvjjoX
  • Ekonomi 2 – http://bit.ly/2MYwflp
  • Ekonomi 3 – http://bit.ly/38BMtte