Siapa sih yang gak tau sate? Yup, kuliner Nusantara yang terkenal di dunia ini memang selalu jadi favorit banyak orang. Kira-kira sudah berapa jenis sate yang pernah kamu cicipi?

Artikel kali ini, Finansialku akan mengajak kamu berwisata kuliner, mengenal berbagai jenis sate sebagai bagian dari kuliner Nusantara. Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pecinta Kuliner Nusantara? Yuk Cicipi 10+ Jenis Sate di Indonesia

Berbicara tentang Indonesia memang tidak akan ada habisnya, kaya dengan keindahan alamnya, keramahan masyarakatnya, dan tentunya kekayaan ragam kulinernya.

Kuliner asli Indonesia selalu memiliki keunikan tersendiri bahkan rasanya yang berciri khas menjadi favorit banyak orang, tidak hanya masyarakat dalam negeri tapi mancanegara juga lho.

Salah satu yang paling digemari adalah sate.

Melansir laman Grid.ID (Minggu, 24/3/2019), makanan yang terbuat dari daging dan ditusuk ini menjadi salah satu makanan favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Menariknya, survei dari World’s 50 Most Delicious Foods pun menempatkan sate di urutan ke-14 sebagai makanan terlezat di dunia. Whooaaaa keren kan?

Sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayatinya, maka sate di Indonesia pun memiliki berbagai macam jenisnya lho. Kira-kira sudah berapa jenis sate yang pernah kamu cicipi?

Yuk, kita mulai berwisata kuliner dan mengenal jenis sate di Indonesia!

 

#1 Sate Madura

Sate yang cukup terkenal karena banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia adalah Sate Madura. Umumnya sate madura ini menjual sate ayam dan sate kambing dengan bumbu khasnya, yaitu kuah kacang yang gurih.

Jenis Sate Warisan Kuliner Nusantara 02 Sate Madura - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Mengatur Keuangan Orang yang Hobi Kuliner Supaya Keuangan Sehat?]

 

Sate ini banyak difavoritkan oleh masyarakat, dan paling cocok dinikmati dengan lontong atau nasi panas ditambahkan potongan cabai dan bawang merah. Uhhh, mantaaappp….!!

 

#2 Sate Padang

Suka dengan kuah kuning kental yang gurih? Nah, sate padang sepertinya patut kamu cicipi.

Kuliner yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini biasanya terbuat dari daging, lidah, dan jeroan sapi yang ditusuk dan diberi bumbu sebelum dibakar.

Buat kamu pecinta makanan pedas, sate padang ini biasa disajikan dengan keripik balado khas Padang yang bercita rasa gurih dan pedas.

 

#3 Sate Klathak

Nah buat masyarakat Yogyakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan sate klathak. Sate yang terbuat dari daging kambing ini memang menjadi makanan khas dari kota keraton.

By the way, kenapa sih namanya klathak? Ternyata selidik punya selidik, nama klathak ini berasal dari bunyi sate pada saat dibakar di atas arang.

Rasa yang ditawarkannya adalah kenyal, gurih, dan tentunya manis dong seperti makanan khas Yogyakarta pada umumnya.

 

#4 Sate Maranggi

Siapa nih yang belum pernah mencicipi sate maranggi? Duh, sayang banget deh kalo belum mencobanya.

Sate maranggi merupakan kuliner khas Purwakarta, karena cita rasanya yang lezat, maka sate ini menjadi salah satu dari 8 jajanan kaki lima paling favorit dalam World Street Congress, di Filipina.

Jenis Sate Warisan Kuliner Nusantara 03 Sate Maranggi - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia Ini Wajib Kamu Cicipi]

 

Sate ini biasanya dibumbui dengan bumbu rempah yang disajikan dengan potongan tomat dan irisan cabai.

 

#5 Sate Ragey

Manado juga punya kuliner sate yang dikenal dengan nama sate ragey. Sate ini biasanya terbuat dari daging babi, dan sering ada di setiap acara di Sulawesi Utara.

Nah, buat yang penasaran, kenapa sih namanya sate ragey? Ragey itu memiliki arti besar, yang tampak pada pemotongan daging dengan ukuran besar pula.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#6 Sate Lilit

Sekarang kita terbang yuk ke Bali. Berbeda dengan Manado, maka Bali pun punya kuliner khasnya yaitu sate lilit. Sate ini biasanya terbuat dari daging babi, ayam, kambing, atau ikan.

Jenis Sate Warisan Kuliner Nusantara 04 Sate Lilit - Finansialku

[Baca Juga: Wahai Pecinta Makanan Enak: Tips Wisata Kuliner on Budget]

 

Jika sate pada umumnya adalah daging yang dipotong-potong dan ditusuk, lain halnya dengan sate lilit.

Sate ini merupakan daging cincang dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, dan bumbu lainnya kemudian dililitkan pada batang serai.

Selain digemari masyarakat Bali, sate ini juga menjadi makanan favorit turis mancanegara yang berkunjung ke Bali.

 

#7 Sate Taichan

Sate taichan ibarat sate zaman now karena beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.

Ciri khas sate taichan adalah sate daging ayam yang dibakar tanpa bumbu kecap maupun kacang.

Bahkan karena masyarakat Indonesia pun terkenal dengan jiwa inovatifnya, saat ini banyak yang berinovasi dengan menyajikan sate taichan goreng. Sate taichan hanya disajikan dengan sambal, garam, dan perasan jeruk nipis.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#8 Sate Buntel

Sate buntel adalah makanan khas dari Kota Surakarta yang terbuat dari daging kambing cincang dibungkus lemak kambing sebelum di tusuk dan dibakar.

Sate buntel ini jadi favoritnya Presiden Joko Widodo lho ketika beliau pulang ke kampung halaman.

Makanan bercita rasa manis ini ternyata punya dua tempat penjual yang sangat populer, yaitu Sate Buntel Haji Bejo, langganan Presiden Jokowi dan sate kambing Mbok Galak.

 

#9 Sate Loso

Pemalang juga gak mau kalah dong, karena kota di Jawa Tengah ini mempunyai kuliner khasnya, yaitu sate loso.

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate loso awalnya terbuat dari daging kerbau atau daging sapi yang dimasak bacem (campuran bumbu rempah, gula merah, kecap) kemudian baru dibakar.

Selain dari bahan dasarnya, sate loso biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi urat, tulang muda, dan tauge.

 

#10 Sate Kerang

Seperti namanya, sate kerang ini memang terbuat dari daging kerang, dan biasa dijumpai di kota Surabaya dan Sidoarjo.

Uniknya, sate ini dibuat dengan cara merebus kereng dengan bumbu hingga matang dan baru ditusuk.

Meski bahan dasarnya berbeda dengan sate pada umumnya, tapi penyajian sate kerang hampir sama karena menggunakan lontong, kecap, dan sambal.

Jenis Sate Warisan Kuliner Nusantara 05 Sate Kerang - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Anda yang Masih Pemula dan Belum Pernah Berbisnis Kuliner]

 

#11 Sate Makassar

Sama seperti namanya, sate ini sudah jelas dong merupakan makanan khas Kota Makassar. Sate Makassar biasanya terbuat dari jeroan sapi atau kambing yang dibumbui dengan saus belimbing.

Hal ini juga yang membuat sate makassar memiliki cita rasa yang unik, yaitu asam dan sedikit pedas yang khas.

Jika sate pada umumnya disajikan dengan saus, sate makassar tidak disajikan dengan saus atau kuah apapun. Pemberian bumbu hanya dilakukan pada saat sate masih mentah.

 

#12 Sate Ambal

Sate ambal berasal dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Sate ini terbuat dari daging ayam yang disajikan dengan kuah sate encer berwarna kuning kecokelatan mirip dengan sate padang, namun cita rasanya berbeda.

Uniknya lagi, kuah sate ambal dibuat dengan tambahan tempe rebus yang dihancurkan hingga halus.

 

Jelajahi Kuliner Nusantara

Tee….Sate…….

Gimana nih, dari 12 sate yang dijelaskan diatas sudah berapa jenis sate yang pernah kamu cicipi? Which one do you like?

Pastinya berbagai jenis sate mempunyai ciri khasnya dan jadi favorit kamu ya.

Nah kalo kamu berkunjung ke daerah-daerah tersebut, jangan hanya mengunjungi tempat wisata tapi jelajahi juga kuliner khasnya salah satunya sate.

Selamat berwisata kuliner…

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah kamu punya referensi sate lainnya yang jadi kuliner khas Nusantara? Jangan lupa untuk share di kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Novita Desy Prasetyowati. 13 September 2018. Mengenal 12 Jenis Sate yang Khas Nusantara, Makanan Terenak di Dunia! Grid.id- https://goo.gl/gjSBsM

 

Sumber Gambar:

  • Kuliner Nusantara Sate – https://bit.ly/2KmNISP
  • Kuliner Nusantara Sate Madura – https://bit.ly/2D4haqI
  • Kuliner Nusantara Sate Maranggi – https://bit.ly/2U8CiSm
  • Kuliner Nusantara Sate Lilit – https://bit.ly/2D5tsyV
  • Kuliner Nusantara Sate Kerang – https://bit.ly/2UsWMtO