Apa saja jenis usaha yang dianjurkan Islam dan halal? Anda dapat memasuki beberapa bidang ini untuk meraih keberkahan di bidang ekonomi.

Penasaran apa saja bidang tersebut? Simak ulasan Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Pentingnya Memilih Jenis Usaha yang Dianjurkan Islam

Usaha yang dianjurkan Islam adalah cara orang untuk bekerja dan mendapatkan uang untuk menghidupi kehidupan dan keluarganya secara islami. Berkat pekerjaan tidak hanya berlaku untuk dunia ini, tetapi juga untuk dunia masa depan.

Oleh karena itu, jangan asal memilih bekerja. Jangan pula hanya karena tertarik dengan gaji yang tinggi, tidak jelas apakah halal.

Pilih pekerjaan legal dan ide bisnis halal yang membawa berkah di dunia ini dan seterusnya. Apa pekerjaan terbaik dalam Islam?

 

Syarat Bisnis yang Halal Menurut Islam

Membuka usaha adalah salah satu cara memenuhi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Dalam Islam, seseorang memiliki kewajiban untuk mencari dukungan dengan cara yang legal dan baik.

Syaratnya adalah tidak mencuri, berjudi, merampok, korupsi, dan hal buruk lainnya. Karena melakukan hal tersebut artinya sama dengan melanggar hak orang lain dan menimbulkan kerugian.

Makanan halal bisa didapatkan dengan berbagai cara. Bisa dengan bekerja untuk mendapatkan upah. Anda juga bisa memulai usaha. Dalam Islam, ada jenis usaha yang dianjurkan.

Beberapa di antaranya adalah membuka usaha dagang sendiri. Perdagangan bukan hanya tentang menyediakan barang.

Anda juga dapat memberikan keterampilan atau kemampuan agar bisnis Anda terlibat dalam bentuk layanan. Rasulullah SAW sendiri dikenal dengan keahlian berdagangnya yang luar biasa.

Selain itu nabi sangat dapat dipercaya, sehingga banyak orang selalu menggunakan usahanya untuk melayaninya.

banner -kenali lebih dalam tentang anjuran zakat (1)

 

Macam-macam Bisnis dalam Islam

Setelah memahami tentang beragam syarat dan juga hal-hal penting tentang bisnis dalam Islam, tentu Anda juga harus memahami tentang apa saja bisnis yang menguntungkan tersebut.

Terdapat beberapa bisnis yang menguntungkan menurut Islam. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Sewa Tanah

Perusahaan lain bisa menyewakan perkebunan, sawah, sawah, dan sebagainya pada Anda. Sedangkan Anda dapat menggunakan sistem bagi hasil dalam manajemennya.

Rasulullah SAW menggunakan metode ini. Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, Rasulullah biasa menyewa tanah di Khaibar untuk pengelolaan Yahudi. Hasilnya adalah kesepakatan, setengah untuk Muslim dan setengah untuk Yahudi.

HALAL! Ini Ragam Jenis Usaha yang Dianjurkan Islam 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Pengertian dan Konsep Bisnis Syariah?]

 

#2 Usaha Ternak

Hal ini juga berlaku dalam memelihara hewan. Kelebihannya, harga hewan tidak terpengaruh oleh inflasi, sehingga keuntungan bisa melimpah.

Pekerjaan ini merupakan salah satu jenis jasa bisnis syariah. Bahkan, di zaman Nabi sebelum Rasulullah banyak juga praktik ternak syariah untuk hewan-hewan seperti unta, domba dan sebagainya.

 

#3 Investasi Berwujud Emas

Jika Anda ingin berinvestasi, gunakan emas. Dalam Islam, emas bisa digunakan untuk investasi. Namun, sifat investasi ini bukanlah jangka pendek, melainkan jangka panjang. Cara ini merupakan salah satu contoh usaha islami modal kecil.

 

#4 Investasi Properti

Investasi lain yang juga diperbolehkan oleh Islam adalah properti. Misalnya dengan menyewakan rumah, kos, dan lainnya. Proses investasi properti yang diajarkan Nabi diserahkan kepada orang lain.

Sebagian dari keuntungan ditanggung oleh pemilik dan penyewa, pertama-tama dikurangi biaya operasional. Jenis properti yang Anda pilih bisa berupa pertokoan, ruko, rumah tinggal, maupun rumah kost dan juga rumah kontrakan sesuai dengan banyaknya peminat di pasaran.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#5 Berjualan di Pasar

Dulu, pada zaman Rasulullah kemakmuran masyarakat berasal dari makmurnya pasar. Jika diperluas, maka berjualan di pasar ini bisa dimaksudkan adalah bisnis jual beli yang lebih luas.

Dengan berkembangnya era digital, maka seseorang tidak hanya berjualan di pasar saja. Namun, ada juga yang berjualan secara online dan berjualan di tempat usaha lain.

Intinya, apapun jenis jualannya asalkan yang dijual halal dan bermanfaat dengan akad jual beli yang baik maka sangat dianjurkan. Bahkan, berniaga adalah salah satu pintu rezeki yang juga dijalankan oleh Rasulullah dan para sahabat.

HALAL! Ini Ragam Jenis Usaha yang Dianjurkan Islam 02 - Finansialku

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 83 – Perencanaan Keuangan Syariah Jalan Menuju Barokah dan Mendapat Ridho Allah]

 

#6 Usaha Bidang Pendidikan

Berikutnya adalah usaha bidang pendidikan, di mana tujuannya adalah untuk mencerdaskan anak bangsa. Ya, sejak dulu pekerjaan sebagai guru adalah sebuah profesi mulia dan bahkan dihargai oleh masyarakat.

Di zaman Rasulullah sendiri, para guru dan pengajar mendapat layanan khusus dan tunjangan agar dapat mencukupi kebutuhan mereka. Itu adalah karena guru merupakan penopang para muda mudi untuk bisa belajar dengan maksimal.

Jadi, jika sekarang Anda berniat membuka yayasan sekolah, tempat pendidikan anak jalanan atau bimbingan belajar, tentu sangat cocok dengan konsep ini.

Bahkan, bisa dikatakan selain berkah ilmu Anda juga akan dapat mendulang rupiah dalam jumlah besar.

 

#7 Usaha Travel Umroh dan Haji

Siapa sih umat Islam yang tak ingin ke tanah suci? Karena itulah, jika Anda memiliki usaha travel umroh dan haji, maka hal ini akan sangat berkah karena bisa membantu orang dalam mewujudkan impian ke tanah suci.

Selain itu, Anda juga akan dapat diuntungkan dengan bisa sering jalan-jalan ke objek wisata rohani. Tentu saja, uang yang diperoleh dari hasil keuntungan jasa tersebut juga cukup banyak serta sangat barokah.

HALAL! Ini Ragam Jenis Usaha yang Dianjurkan Islam 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Sistem Waralaba Syariah, Apakah Aman dan Menguntungkan?]

 

Lakukan Bisnis dengan Pendekatan Syariah

Berdasarkan bahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan jenis pekerjaan yang dianjurkan agama Islam adalah berbisnis.

Namun, selama legal dan bermanfaat, bekerja sebagai karyawan, staf, dan sebagainya juga merupakan pekerjaan yang baik.

Penting juga untuk menghindari contoh bisnis haram seperti judi dan penipuan. Keterampilan bekerja dalam Islam juga perlu dipahami agar pekerjaan sehari-hari menjadi lebih bermanfaat di dunia ini dan seterusnya. Aamiin insyaa Allah.

 

Manakah jenis bisnis dan investasi yang paling cocok untuk Anda? Bagikan artikel ini pada orang terdekat agar mereka dapat merencanakan usaha yang menguntungkan dan berkah, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Ahmad Baiquni. 11 Oktober 2019. Ragam Jenis Usaha yang Dianjurkan dalam Islam. Dream.co.id – http://bit.ly/2XyXa9A
  • Redaksi. Jenis Usaha yang Dianjurkan Dalam Islam. Dalamislam.com – http://bit.ly/3nyDH35

 

Sumber Gambar:

  • Usaha 1 – http://bit.ly/3nDddxz
  • Usaha 2 – http://bit.ly/2Kahv1Q
  • Usaha 3 – http://bit.ly/3oDPnTD