Kamu memiliki kemampuan bagus dan passion dalam komunikasi publik? Beranikan diri untuk bekerja sebagai public relations di berbagai organisasi dan perusahaan!

Dengan artikel Finansialku berikut, pastikan job desc-nya bisa kamu ketahui dulu sebelum terjun di dunia public relations atau humas.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Memahami Pengertian Public Relations di Perusahaan Sebelum Menyelami Pekerjaannya

Ilmu tentang komunikasi publik memang perlu dilakukan bagi semua orang yang berminat untuk bekerja di bidang public relations atau PR di perusahaan.

Tetapi, tidak hanya itu kemampuan yang dibutuhkan, strategi pendekatan ke berbagai lapisan dan golongan masyarakat juga harus dimiliki.

Jika kamu sangat berminat di bidang ini, sebaiknya harus terlebih dulu mengerti definisi pekerjaan di bidang PR beserta fungsi dan perannya.

Public relations atau yang disingkat PR adalah pekerjaan yang ditangani oleh satu atau dua orang secara ahli dalam mengurus segala keperluan yang menyangkut hubungan baik perusahaan dengan masyarakat atau pihak luar.

Mereka harus memastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan memiliki citra yang baik di berbagai pihak, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah sekitar perusahaan.

Selain untuk menjalin kerjasama, hubungan baik yang perlu dilakukan oleh perusahaan dengan perantara PR berguna untuk meminimalisasi konflik dengan masyarakat yang bisa saja terjadi, serta demi keberlanjutan perusahaan.

Apa Kamu Udah Tahu Job Desc Public Relations atau Humas 02 Public Relations 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Job Desk Direktur Pemasaran, Manajer Pemasaran, dan Koordinator Pemasaran]

 

Mengapa Public Relations atau Humas Sangat Dibutuhkan di Perusahaan?

Banyak masyarakat yang belum mengerti tentang keberadaan dan pentingnya posisi public relations di sebuah perusahaan.

Bahkan tidak seluruh perusahaan yang mempekerjakan seseorang untuk mengambil bagian sebagai public relations, sehingga banyak dari mereka yang sering mengalami konflik dengan warga di sekitar tempat didirikannya perusahaan.

Sedangkan, warga atau masyarakat sekitar juga tidak mengerti tentang pentingnya peran public relations.

Tetapi public relations memiliki peran yang hampir sama dengan CSR (Corporate Social Responsibility).

Perannya ialah melakukan pendekatan kepada masyarakat dan memahami berbagai kebutuhan yang harus dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat. Agar citranya tetap baik, serta tidak mengalami kemandekan kerja.

Apa Kamu Udah Tahu Job Desc Public Relations atau Humas 03 Public Relations 3 - Finansialku

[Baca Juga: Prospek Dunia Kerja 2019, Inilah 5 Jenis Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan]

 

Public relations berfungsi seperti sebuah penghubung yang menjembatani antara perusahaan dan masyarakat secara luas.

Hal itu dilakukan melalui berbagai proses komunikasi, baik secara langsung face to face dengan pihak yang bersangkutan maupun secara tidak langsung, atau online melalui media sosial dan pers.

Selain itu, PR harus meningkatkan nilai dan citra perusahaan di khalayak luas dengan mengelola persepsi serta entitas merek atau produk yang dijual oleh perusahaan.

Peningkatan tersebut juga bisa dilakukan dengan cara promosi melalui pemasaran dan pengiklanan untuk meningkatkan penjualan dan popularitas produk.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Persentase Peluang Kerja Sebagai Humas atau Public Relations

Saat ini tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menduduki posisi PR telah meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan yang menginginkan mutu dan citranya benar-benar terjamin.

Selain itu, pekerjaan di bidang ini termasuk di posisi yang penting sehingga pendapatan karyawan PR lebih tinggi jika dibandingkan dengan tenaga produksi.

Keberlangsungan hidup produk perusahaan juga sangat dipengaruhi oleh kinerja PR sehingga kepentingan tersebut menjadi pilihan yang diminati banyak generasi muda.

Khususnya para lulusan pelajar dari berbagai tingkat pendidikan yang sudah memiliki pengalaman magang di bidang PR perusahaan terkenal.

Apa Kamu Udah Tahu Job Desc Public Relations atau Humas 04 Public Relations 4 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Jenis Pekerjaan Dengan Gaji Tertinggi di Indonesia]

 

Job Desc yang Perlu Dilakukan Oleh Public Relations di Perusahaan

Jika kamu telah menetapkan pilihan untuk bekerja di bidang public relations, maka bacalah banyak informasi tentang berbagai tugas kerja PR di perusahaan.

Karena, posisi ini tidak bisa diduduki oleh sembarang orang, setiap yang menginginkan pekerjaan tersebut harus benar-benar ahli di bidangnya.

Keahlian yang dibutuhkan secara khusus yakni di bidang komunikasi, namun bukan berarti orang yang pandai bicara selalu bisa menduduki pekerjaan ini.

Karena kemampuan komunikasi yang dimaksud khususnya dalam hal menjalin relasi secara luas dengan khalayak, memiliki kemampuan menulis dengan baik, serta mampu menganalisis kebutuhan perusahaan dalam menjamin popularitas produk dan citranya.

Berikut job desc public relations di perusahaan yang perlu kamu pahami sebelum benar-benar menyelami dunia kerja dengan sistem tersebut di dalamnya.

 

Job Desc Public Relation 1: Peran Public Relations Secara Objektif

Job desc public relations yang pertama yaitu melakukan pengembangan strategi khususnya pada jaringan komunikasi media, mencari penempatan yang berkualitas lewat media cetak, siaran, atau secara online untuk meningkatkan mutu perusahaan.

Seorang PR juga dituntut untuk bisa membangun koneksi dengan pihak yang menguntungkan seperti media, jurnalis terpopuler, atau bahkan melalui cara tradisional, yakni dengan tokoh-tokoh ternama di masyarakat sekitar.

Sebagai PR, kamu harus bisa memastikan bahwa tujuan utama PR untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Bukan hanya itu, kamu juga harus dapat mengidentifikasi dan menganalisis siklus populer yang biasa tersiarkan melalui berita, serta area dominan yang banyak diminati oleh konsumen.

 

Job Desc Public Relation 2: Memahami Kompetisi dalam Lapangan Bisnis

Bisa memahami lapangan bisnis secara kompetitif juga menjadi tanggung jawab seorang PR lho! Kamu harus dapat mengetahui ancaman atau risiko utama yang bisa saja menghambat kemajuan citra merek atau produk perusahaan.

Serta mampu menghasilkan solusi atas segala ancaman tersebut dengan memperkuat jaringan media.

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Job Desc 3: Tugas Bulanan dan Harian PR di Perusahaan

Apa saja sih tugas bulanan serta harian seorang PR? Jawabannya adalah melakukan evaluasi dan penetapan rencana strategi hubungan masyarakat.

Lalu, kamu juga dituntut untuk aktif terlibat dengan divisi atau departemen pemasaran dengan tujuan memastikan bahwa kampanye yang dilakukan PR telah diselaraskan dengan seluruh tujuan strategis perusahaan

Karena terlibat dalam semua tujuan strategis, maka harus dibangun rencana yang relevan untuk menumbuhkan peluang bisnis baru.

Hal ini akan membuat tetap menjalin hubungan erat dengan berbagai media yang ada dan tersebar luas di khalayak, lakukan siaran baik melalui cara yang tradisional maupun modern secara online agar citra produk semakin meningkat luas.

 

Job Desc 4: Mengembangkan Ide Inovatif Strategi Perusahaan

Bukan hanya berhubungan dengan kondisi interpersonal perusahaan, tetapi seorang PR juga harus kaya ide yang berkaitan dengan kemajuan strategi perusahaan.

Miliki ide-ide atau inovasi terbaru untuk melakukan promosi, terkait dengan pengembangan konsep merek atau produk, serta konten sosial agar minat masyarakat terhadap berbagai produk perusahaan semakin naik.

Agar tidak mati ide, tulis berbagai tema siaran pers dan media secara tepat waktu untuk mengarahkan tim media sosial, agar mereka dapat berkomunikasi secara teratur dan proaktif.

Pastikan kamu bisa membangun strategi krisis, agar bisa menangani hal yang mengancam terjadinya kebangkrutan perusahaan.

Dengan demikian, diharapkan kamu mampu menangani berbagai permintaan yang muncul dari segala arah, termasuk khalayak umum secara langsung, serta yang berasal dari dunia maya atau media sosial.

Saat ini, kamu juga bisa dengan mudah menangani masalah keuanganmu dengan mengaturnya melalui Aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku bisa kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Catat Poin Pentingnya, Serta Pelajari Untuk Diterapkan Kemudian

Ulasan tentang job desc public relations yang merupakan bagian penting dari perusahaan tersebut bisa dipahami dengan baik di sini. Karena penjelasan tersebut cukup detail dan jelas.

Oleh karena itu kamu harus benar-benar menjalankan tugas dengan baik seperti yang disebutkan di atas agar memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Dengan begitu, pekerjaan impianmu untuk berada di posisi PR akan segera terwujud.

Selain pekerjaan, tentunya kamu juga ingin tujuan keuanganmu tercapai bukan?

Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20-an di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuanganmu bisa tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20-an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Jika informasi tugas kerja PR sudah kamu pahami dengan jelas maka yang perlu dilakukan selanjutnya yakni menyebarkan bacaan ini kepada rekan-rekan, khususnya yang memiliki minat pekerjaan sama seperti kamu di bidang PR.

Meskipun bidang minat sama dan lokasi kerja berbeda tetapi jangan putuskan koneksi yang sudah terjalin sebelumnya.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. How to Write a Public relations Job description. Business.linkedin.com – https://goo.gl/nYnNEu

 

Sumber gambar:

  • Public Relations 1 – https://goo.gl/2BiraV
  • Public Relations 2 – https://goo.gl/f7G4xH
  • Public Relations 3 – https://goo.gl/jtyBb9
  • Public Relations 4 – https://goo.gl/mJTzh1