Perbedaan Job Desk Direktur Pemasaran, Manajer Pemasaran, dan Koordinator Pemasaran

Anda ingin melamar pekerjaan di bidang marketing atau pemasaran? Sudah tahu apa saja job desk Direktur Pemasaran, Manajer Pemasaran, dan Koordinator Pemasaran?

Ketahui dan pelajari terlebih dahulu perbedaan job desk tiap divisinya.

Jika masih bingung, cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengetahui Pentingnya Pembagian Kerja di Bidang Pemasaran

Marketing atau pemasaran menjadi salah satu bagian penting dari perusahaan yang tujuannya untuk memperluas jaringan dan memperoleh pembeli sebanyak-banyaknya, agar kesuksesan dengan untung besar dapat diperoleh perusahaan.

Hal yang diperlukan pada bidang pemasaran adalah pembagian kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pembagian kerja tersebut memang disesuaikan dengan kapasitas perusahaan dalam memenuhi target penjualan, dan sifatnya sangat penting agar kondisi keuangan perusahaan stabil.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Mengetahui Perbedaan Job Desk Tiap Divisi dalam Bidang Pemasaran

Pekerjaan pegawai dalam suatu perusahaan di bidang pemasaran tentu bukan hal yang mudah, karena bekerja sebagai seorang pemasar harus memiliki kemampuan cerdas untuk memenuhi target penjualan.

Oleh karena itu, pekerjaan pada divisi pemasaran tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu orang saja.

Divisi pemasaran membutuhkan lebih dari satu orang dengan beberapa posisi atau jabatan di salamnya.

Pembagian posisi di bidang pemasaran antara lain, yakni Direktur Pemasaran, Manajer Pemasaran, dan Koordinator Pemasaran.

Job Desk Divisi Pemasaran 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara yang Terbukti Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Kamu]

 

Masing-masing posisi memiliki tugas atau rencana kerja yang berbeda-beda, sehingga jika Anda menginginkan untuk bekerja di bagian pemasaran harus memahami terlebih dahulu pembagian job desk di tiap jabatan para marketer.

Meskipun pekerjaan tiap posisi di bidang pemasaran berbeda-beda, tetapi yang terpenting adalah kemampuan para pekerja di tiap posisi tersebut dapat saling bekerjasama memenuhi target penjualan.

Mereka harus bekerja secara beriringan dan saling berbagi informasi agar tidak terjadi kesalahan saat memasarkan produk. Dengan begitu target atau konsumen menjadi semakin mudah diperoleh dalam cakupan yang luas.

 

Perbedaan Job Desk Direktur Pemasaran, Manajer Pemasaran, dan Koordinator Pemasaran

Sebelum bekerja di salah satu posisi pada divisi pemasaran, carilah informasi terlebih dahulu tentang pekerjaan masing-masing posisinya.

Berikut ini penjelasan singkat mengenai job desk dari setiap posisi, yaitu:

 

Job Desk #1: Direktur Pemasaran

Setiap orang yang bekerja pada bagian ini harus memiliki kemampuan dalam memahami cara menjual suatu produk.

Namun, yang lebih penting mampu memperkenalkan kelebihan perusahaan terutama saat mengunggulkan salah satu produk yang dibawa perusahaan.

Selain itu direktur pemasaran juga mengetahui sistem penyusunan daftar kualifikasi yang baik sesuai dengan tugas dan tujuan utama perusahaan.

Direktur pemasaran juga harus cermat saat mengamati dan mengevaluasi tiap kesalahan pada penulisan atau tata bahasa saat membuat kualifikasi kerja.

Berikut detail job desk yang harus dilakukan oleh direktur pemasaran sebuah perusahaan:

 

Peran Objektif

  • Melakukan kolaborasi dengan tim bisnis perusahaan untuk mendiskusikan berbagai strategi dalam pengembangan dan penerapan sistem pemasaran. Serta bersama-sama melakukan branding produk baru atau yang sudah ada.
  • Mengawasi dan mengembangkan kapasitas departemen pemasaran, harus bertahap dan konsisten dalam mengidentifikasi peluang pendapatan yang dihasilkan dari para klien.
  • Mengidentifikasi dan membuat jadwal kerja jangka pendek dan jangka panjang.
  • Membuat anggaran dan kebutuhan sumber daya, termasuk pengembangan dan pengelolaan anggaran tahunan, seperti proyeksi laba/rugi, pengeluaran dan pertimbangan keuangan lainnya.
  • Memahami matriks kerja pemasaran dan alat pelacakan untuk memfasilitasi penelitian pasar, dan memprediksi serta menganalisis pasar, yang terpenting yakni mampu memahami tren konsumen.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tanggung Jawab Bulanan dan Harian

  • Melakukan kerja sama dengan klien, manajemen, tim kreatif dan konten, serta mitra distribusi dengan tujuan meningkatkan strategi pemasaran secara efektif dan efisien.
  • Menguji dan mengontrol pembuatan desain produk berdasarkan sistem pemasaran strategis, melacak, dan menangani pelaporan hasil analisis, serta memberikan rekomendasi tentang program promosi penjualan.
  • Mengadakan pertemuan rutin dengan manajer untuk berdiskusi tentang penyelesaian dan peninjauan program kerja pemasaran.

TTS Istilah Marketing 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Sukses Memulai Usaha Agribisnis yang Patut Anda Coba]

 

Job Desk #2: Manajer Pemasaran

Kemampuan terpenting yang harus dimiliki manajer pemasaran yakni mempunyai ide dan kesadaran, untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi promosi dengan memperhatikan kebutuhan konsumen, serta meningkatkan keuntungan perusahaan.

Kemudian job desk yang biasa dilakukan oleh manajer pemasaran antara lain:

 

Peran Objektif

  • Mengelola dan mengawasi tim internal, serta pembuatan promosi suatu produk.
  • Mempublikasikan dan mendistribusikan produk ke publik melalui media, iklan, atau media sosial.
  • Menetapkan posisi dan identifikasi target audien, serta mengembangkan rencana pemasaran dengan tujuan secara spesifik.
  • Menganalisis wawasan pelanggan, analisis pasar beserta praktik pemasaran, dan tren konsumen.
  • Membuat dan melaporkan hasil analisis dari berbagai platform, serta mengekstraksi wawasan untuk mengembangkan promosi di masa mendatang.
  • Menjalin kemitraan melalui email dan meningkatkan kinerja pemasaran melalui kerjasama dengan tim pengelola web, dengan tujuan untuk menguji, merancang sekaligus mengembangkan taktik pemasaran.

Tips dan Peranan Email Marketing (Pemasaran Email) untuk Para Vlogger YouTube 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?]

 

Job Desk #3 Koordinator Pemasaran

Bagian koordinator pemasaran atau koordinator sales tentu secara umum banyak diketahui oleh para pekerja.

Koordinator harus memiliki kemampuan kreatif dalam menjalin komunikasi dengan konsumen untuk meningkatkan target penjualan.

Bisa disebut juga sebagai eksekutor strategi pemasaran yang sebelumnya dirancang oleh marketer dan direktur.

Tujuan utamanya untuk fokus dalam memenuhi target penjualan. Job desk koordinator yang harus dipahami seperti yang telah dirangkum sebagai berikut:

 

#1 Mengawasi Penjualan yang Dilakukan Para Sales

Koordinator bertugas mengawasi kinerja para sales dalam mencapai target penjualan yang telah diberikan.

Koordinator juga bertanggung jawab atas pemenuhan target beserta permasalahan anggotanya yang terdiri dari para sales.

 

#2 Mengkoordinasikan Pekerjaan Pemasaran Sesuai Wilayah Pasar

Tugas penting lainnya yakni membagi wilayah pasar sesuai target kemudian dialihkan tugas penjualan untuk dilakukan para sales.

Pekerjaan koordinator di sini juga sangat berisiko ketika job desk yang dipegang berada di lebih dari satu wilayah pasar.

 

#3 Melakukan Penelitian Pasar

Sebelum menentukan dan membagi target pasar untuk dijadikan sebagai promosi dan penjualan, koordinator juga bertugas dalam memahami kondisi pasar terlebih dahulu.

Caranya dengan melakukan penelitian atau survei, biasanya tugas ini juga dibantu oleh beberapa orang di bagian survei lapang.

 

#4 Menulis Laporan Harian

Setelah target penjualan terpenuhi atau hasil analisis pasar didapatkan dengan baik, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menulis laporan harian.

Kemudian diserahkan kepada manajer pemasaran untuk didiskusikan dan ditinjau kembali

 

Memahami Job Desk untuk Penataan Rencana Kerja Lebih Baik

Apabila Anda telah memahami setiap tugas atau job desk dari ketiga divisi pemasaran di atas, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih salah satu bagian yang sesuai dengan kemampuan atau passion Anda.

Cukup fokus pada salah satu divisi saja untuk memperoleh hasil kerja maksimal dan mendapat keuntungan besar.

Persiapkan dengan baik dan semoga berhasil!

 

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada banyak ilmu baru yang diperoleh. Bagikan artikel ini kepada rekan seperjuangan dalam mencari pekerjaan sesuai bidangnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. How to Write a Marketing Manager Job Description. Business.linkedin.com – https://goo.gl/VUyeFY

 

Sumber Gambar:

  • Job Desk Divisi Pemasaran 1 – https://goo.gl/TyLvFS
  • Job Desk Divisi Pemasaran 2 – https://goo.gl/rgmTGH

About the Author:

Shara Nurrahmi, S.Pd
Shara Nurrahmi, S.Pd adalah seorang guru SLB di SMALB Putra Jaya Malang yang aktif membuat konten untuk berbagai website. Harapannya adalah membagikan informasi yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama para penyandang disabilitas untuk mengukir masa depan yang lebih baik.

Leave A Comment