Rahasia menciptakan kesetiaan konsumen (consumer loyalty): Langganan adalah salah satu kelompok konsumen yang diincar oleh seluruh perusahaan.

Artikel ini akan memberikan Anda 4 rahasia dan cara untuk mengubah seluruh konsumen Anda untuk menjadi langganan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kesetiaan Konsumen (Consumer Loyalty)

Kesetiaan konsumen atau consumer loyalty adalah sebuah target yang diinginkan oleh setiap perusahaan. Bayangkan perusahaan besar seperti Samsung, Apple hingga merek desainer mewah seperti Louis Vuitton dan sebagainya.

Kesetiaan Konsumen (Consumer Loyalty) 02 Apple - Finansialku

[Baca Juga: 98% Berhasil! Lakukan Tips Sukses Membangun Bisnis ala Orang Jepang]

 

Mereka memiliki basis konsumen yang setia yang selalu menunggu keluarnya produk baru dan rela menghabiskan waktu untuk mengantre berjam-jam hanya untuk mendapatkannya.

Tentu hal tersebut terdengar menyenangkan, akan tetapi apakah semudah itu mendapatkan consumer’s loyalty?

Apa yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan kesetiaan konsumen dan meningkatkannya?

 

4 Rahasia Menciptakan Kesetiaan Konsumen

Di bawah ini adalah 4 rahasia yang dapat Anda lakukan untuk dapat menciptakan kesetiaan konsumen.

 

#1 Bentuk Basis Fans Mulai dari Internal Perusahaan

Suatu barang akan mampu terjual lebih banyak apabila penjual barang tersebut percaya dengan kualitas dan kemampuan produk tersebut.

Mengikuti kata-kata ini dan mengadaptasikannya ke dalam perusahaan Anda, maka Anda harus mampu membuat para pekerja dan karyawan untuk menyenangi produk yang merupakan bagian dari usaha mereka.

Salah satu rahasianya adalah memberikan afirmasi kepada mereka bahwa setiap individu di dalam perusahaan Anda merupakan bagian yang penting dan apa yang mereka lakukan penting untuk perusahaan.

Walaupun terdengar mudah, tetapi sebenarnya banyak pemilik bisnis yang terlalu fokus kepada konsumen sehingga menelantarkan nilai penting bagi pekerjanya.

Apakah budaya di dalam perusahaan Anda sudah cukup menyenangkan bagi karyawan Anda?

Lakukan 10 Jenis Investasi Terbaik Bagi Karyawan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Inilah 7 Cara Membuat Karyawan Semakin Loyal Terhadap Perusahaan]

 

Tujuannya bukan hanya untuk mereka datang bekerja setiap hari, tetapi untuk membuat mereka semangat dan menyenangi pekerjaan mereka.

Selain hal sederhana tersebut, Anda pun dapat menghadiahi liburan bersama atau pelatihan gratis.

Dengan basis internal yang kuat dan karyawan Anda menyenangi perusahaan Anda, tentu mendapatkan kesetiaan konsumen akan menjadi lebih mudah.

Kerja yang sebetulnya dilakukan oleh 1 orang dapat dilakukan oleh banyak orang yang menjadi penggemar perusahaan Anda.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#2 Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Seorang konsumen akan setia kepada Anda apabila Anda dapat memenuhi segala kebutuhan yang mereka ingini.

Sederhananya, mereka akan membeli barang yang mereka butuhkan sekaligus dari penjual yang telah mereka percayai. Di sini, Anda harus bertanya, apa yang dibutuhkan oleh konsumen Anda?

Bukan konsumen yang belum membeli barang Anda, tetapi konsumen yang telah membeli barang Anda karena Anda ingin mereka setia terhadap Anda.

Kondisi Perusahaan yang Kurang Apresiatif Kepada Karyawan Akan Merugikan Perusahaan Anda 03 Finansialku

[Baca Juga: 5+ Pelajaran Berharga dari Film Other People’s Money (1991) Tentang Bisnis]

 

Adakah kebutuhan yang harus Anda penuhi agar mereka selalu mengingat Anda ketika membutuhkan sesuatu? Apa yang mereka butuhkan dan apa yang dapat Anda berikan?

Sebagai contoh sederhana, Anda berjualan kompor. Seorang konsumen yang datang membeli kompor, mungkin juga membutuhkan peralatan masak bahkan gas dan lain sebagainya.

Dengan berusaha memenuhi segala kebutuhan yang konsumen perlukan, Anda akan dengan mudah mendapatkan kesetiaan konsumen.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Tawarkan Nilai dan Kualitas

Bagaimana Anda dapat membuat seorang konsumen loyal kepada Anda jika memang barang Anda tidak berkualitas? Tentu kedua hal tersebut saling berhubungan satu sama lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan kesetiaan konsumen, maka sudah saatnya Anda menawarkan nilai yang sebenarnya. Produksilah barang yang memang berkualitas, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen tetapi juga membuat mereka nyaman.

Yang sering terlupa adalah kontribusi yang perusahaan Anda berikan untuk masyarakat. Konsumen akan melihat sebuah perusahaan sebagai sebuah entitas dan badan yang patut berkontribusi untuk lingkungan.

Jenis Program Kesejahteraan Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Manfaatkan Media Sosial untuk Pelayanan Konsumen yang Lebih Baik]

 

Jika sebuah perusahaan dinilai buruk, maka tentu saja tidak akan ada konsumen yang ingin membeli atau mendukung perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan nilai melalui cara belanja yang mudah dan praktis. Jika seorang konsumen harus menempuh jarak jauh atau mendapatkan perlakuan kurang hormat dari sales Anda, tentu mereka tidak akan kembali berbelanja.

Dengan pengalaman belanja yang nyaman dan baik, mereka tidak akan berpikir untuk menghabiskan uang mereka untuk tempat lain.

Kualitas tidak hanya dari produk tetapi juga jasa serta pengalaman yang Anda berikan kepada konsumen Anda. Kualitas juga datang dari setiap individu yang bekerja di perusahaan serta setiap bagian dari perusahaan Anda.

 

#4 Jangan Berhenti Berinovasi

Inovasi adalah pintu untuk mendapatkan perhatian masyarakat dan unggul di dalam kompetisi dengan lawan Anda. Walaupun Anda telah melakukan ketiga tips di atas dengan baik, tetapi lawan Anda pasti juga dapat melakukan hal yang sama.

Agar unggul di dalam kompetisi bukan hanya bergantung pada kualitas produk, karena kompetitor Anda akan mengejar kualitas tersebut. Untuk unggul, Anda harus mampu belajar lebih cepat dari lawan Anda.

Belajar untuk menjadi lebih baik, belajar memperbaiki kesalahan dan belajar untuk mengenal konsumen Anda.

Etos Kerja yang Dicari Bos 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Beginilah Cara Meningkatkan Hubungan Dengan Milenial]

 

Berpikir kritis, terbuka untuk perubahan yang positif, mendengar kritik dan saran dari konsumen dan seluruh bagian dari perusahaan adalah ciri-ciri perusahaan yang akan berhasil mendapatkan kesetiaan konsumennya.

Belajarlah dari cara Apple, sebuah perusahaan teknologi, yang mana setiap saat sebuah produk baru dirilis, konsumen akan rela untuk mengantre agar mendapatkan produk tersebut.

Ketika Anda berhasil membuat produk Anda menjadi bagian dari gaya hidup konsumen, maka Anda akan berhasil membuat mereka setia kepada Anda.

Selain itu, inovasi juga dilakukan tidak hanya dari segi produk, tetapi juga keuntungan yang didapatkan oleh konsumen. Dengan produk yang sama dan perlakuan yang sama, pasti seorang konsumen akan memilih perusahaan yang memberikan bonus lebih banyak.

Contohnya, Anda dapat menggunakan consumer loyalty program yang mana, konsumen dapat mengumpulkan poin dengan berbelanja di tempat Anda. Poin ini kemudian dapat ditukar atau dikonversikan menjadi uang tunai yang dapat digunakan sebagai potongan harga.

Dengan menawarkan program seperti ini, konsumen akan merasa bahwa mereka mendapatkan keuntungan lain selain produk yang mereka gunakan.

 

Dukung Konsumen Anda untuk Menjadi Setia

Jadilah sebuah perusahaan yang mendukung para konsumennya untuk menjadi setia. Berikanlah nilai dan kualitas di setiap bagian dari produk Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda.

Dengan cara ini, mereka akan sulit melupakan pengalaman yang tidak ada bandingannya.

 

Apakah Anda pernah loyal kepada sebuah merek tertentu? Apa yang membuat Anda berhenti atau terus menggunakan merek tersebut?

Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini dan bagikan artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. How To Create Customer Loyalty. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/kNs7SZ

 

Sumber Gambar:

  • Kesetiaan Konsumen (Consumer Loyalty) – https://goo.gl/M8EJUX
  • Kesetiaan Konsumen (Consumer Loyalty) Apple – https://goo.gl/y999J7