Pernah ada teman yang minta tolong jualkan rumah? Ya, menjual rumah memang gampang-gampang susah. Lalu apakah untung jika menjual rumah lewat agen properti?

Simak artikel berikut selengkapnya..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Lebih Baik Jual Rumah Sendiri Atau Lewat Agen Properti?

Beberapa waktu lalu ada seorang teman lama yang sudah jarang banget kontek, tiba-tiba dia nyapa di DM Instagram dan basa basi tanya kabar segala macam.

Hmmm dalam hati berpikir ini anak pasti ada butuhnya deh tiba-tiba ngabarin, soalnya aneh banget, hampir tiga tahun gak pernah berkomunikasi sama anak ini hehe.

Dan ternyata dia mengemukakan tujuannya kenapa tiba-tiba menghubungi saya lagi, ternyata dia mau minta tolong untuk tawarin rumah orang tuanya yang kebetulan jaraknya gak jauh dari rumah saya.

Mengajukan KPR Murah Bagi Para PNS yang Belum Memiliki Rumah 02 KPR 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Peluang Sektor Properti di Tahun 2019?]

 

Jadi rumah orang tuanya sudah lama kosong, hampir tiga tahun tidak ada yang menempati karena setelah menikah dia membawa orang tuanya ke Jakarta.

Karena tak enak hati, saya iyakan permintaannya untuk mencoba menawarkan rumah tersebut, tapi saya pun sambil memberikan saran coba untuk gunakan jasa agen properti, karena dari segi pasar dan pengalaman mereka lebih tau bagaimana cara menjual rumah.

Tapi apakah menguntungkan jika menjual rumah lewat agen properti?

 

Kelebihan Jual Rumah Lewat Agen Properti

Sebelum ada agen properti, ada istilah makelar tanah atau rumah, tugasnya sama saja membantu kita menjualkan rumah.

Kenapa pakai agen properti? Dari segi pengalaman negosiasi dan menjual rumah, agen properti sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sebetulnya kita juga bisa lho menjual rumah sendiri, dengan catatan kita percaya diri dengan harga yang ditawarkan, tau spesifikasi rumah, dan punya skill negosiasi agar tidak mengalami deadlock ketika tawar menawar harga.

Kredit Rumah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Meski Banyak Hambatan Saat Investasi Properti, Tapi Ada Juga Jalan Keluarnya]

 

Tapi jika tidak ingin repot, cara paling mudah ya lewat agen properti. Saya akan share beberapa keuntungan menjual rumah menggunakan jasa agen properti:

 

#1 Agen Properti Miliki Area Spesialis

Biasanya agen properti profesional memiliki area spesialis tersendiri. Mereka memilih sebuah lokasi untuk memasarkan properti dengan pemahaman lingkungan dan harga yang sangat baik.

Hal seperti ini akan sangat membantu calon pembeli ketika hendak bertanya mengenai keuntungan investasi dan kondisi lingkungan tempat tinggal.

Sementara penjual rumah juga tak perlu lagi melakukan riset karena sudah ada agen yang menjelaskan potensi daerah dimana properti kamu berada.

 

#2 Hemat Waktu dan Fokus pada Penjualan

Seorang agen profesional akan memberikan kamu kelonggaran waktu untuk fokus pada hal-hal yang penting saja.

Jadi kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk memantau calon pembeli atau menerima banyak telepon dari calon pembeli.

Biarkan tugas ini diselesaikan oleh agen sehingga tugas kamu hanya melakukan follow up untuk calon pembeli yang prospektif.

 

#3 Mempercepat Proses Penjualan

Setiap agen memiliki strategi jitu dalam memasarkan properti yang dipercayakan kepadanya. Selain teknik pemasaran yang baik, mereka juga memiliki database dan koneksi yang luas dalam memasarkan properti.

Para agen juga biasanya bertukar informasi jual beli rumah demi mempercepat proses penjualan masing-masing.

 

Kekurangan Jual Rumah Lewat Agen Properti

Eits, selain keuntungan, kamu juga harus hati-hati dengan kemungkinan terburuk yang bisa dialami jika mempercayakan penjualan rumah kepada agen properti.

 

#1 Bayar Komisi

Komisi buat jasa agen properti wajib hukumnya.

Menurut Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti, komisi untuk broker minimal 2 persen. Besarannya bisa dinegosiasikan di awal.

 

#2 Risiko Terkena Tipu

Umumnya agen properti mengurus segala hal seputar jual-beli, termasuk sertifikat. Yang bahaya, agen meminta sertifikat asli lalu malah berbuat gak benar, misalnya menggadaikannya. Jadi, harus selektif memilih agen properti.

Dapat Tanah Warisan Jangan Bahagia Dulu! Cek Cara Menghitung BPHTB Hibah 03 Warisan Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Berbisnis Properti Untuk Pemula yang Mendatangkan Untung!]

 

#3 Terikat

Kalau sejak awal sudah menghubungi broker untuk meminta bantuan menjual rumah, berarti sudah ada ikatan. Apalagi jika broker itu bernaung di bawah perusahaan berbadan hukum.

Artinya, jika ada pembeli yang datang tanpa lewat broker, proses jual-beli tetap melibatkan broker tersebut.

Lalu bagaimana jika kita jual sendiri rumahnya?

 

Keuntungan Jual Rumah Secara Pribadi

Pastinya ada beberapa keuntungan yang didapat ketika kita menjual rumah yang ingin dijual secara pribadi, tidak lewat agen properti.

 

#1 Tidak Harus Membayar Uang komisi

Tanpa agen properti itu berarti proses jual-beli bisa kita lakukan sendiri tanpa mengeluarkan komisi. Angka 2 persen lumayan, meski jasa broker bisa lebih bernilai dibanding komisi yang diberikan.

 

#2 Bisa Ubah Harga Sepihak

Jika pakai broker, kita mesti menghubunginya jika mau merevisi harga. Beda dengan jual sendiri, kita bebas kapan saja mau revisi harga, entah menaikkan atau menurunkan.

 

Kelemahan Jual Rumah Sendiri

Dan kelemahannya jika kamu jual rumah secara sendiri atau pribadi antara lain;

 

#1 Repot Urus Iklan

Jadi tenaga marketing buat rumah sendiri bisa merepotkan. Bisa sih hanya menempel tulisan “DIJUAL” di pagar rumah. Tapi jangkauan akan lebih luas jika pasang iklan di lokasi lain, misalnya forum jual-beli di Internet.

 

#2 Harus Selalu Stand By

Kita mesti siap angkat telepon dari calon pembeli. Entah orang itu benar serius mau beli atau sekadar iseng. Bisa jadi di kala tengah malam telepon bunyi, soalnya kita pasang nomor pribadi itu di tempat umum.

 

#3 Urus Surat-Surat Sendiri

Broker bakal menguruskan segala dokumen jual-beli, termasuk biayanya. Jadi, kita harus siap sibuk urus masalah notaris, bank, dan lain-lain jika jual sendiri.

Melihat perbandingan di atas, masing-masing pilihan jual rumah sendiri atau pakai jasa broker punya kelebihan dan kekurangan. Namun, memakai jasa broker tampak lebih menguntungkan.

 

Semua Ada Konsekuensinya

Sebenarnya ketika kamu berniat menjual rumah, salah satu kunci utamanya adalah sabar. Sama halnya ketika akan membeli rumah, biasanya kita akan mendatangi beberapa rumah yang sedang dijual untuk mencari kecocokan.

Begitupun dengan menjual rumah, tidak jarang kita harus menghadapi beberapa hambatan sampai akhirnya bertemu dengan pembeli yang sesuai.

Ohiya, sudah dijelaskan juga kan gambaran menjual rumah secara sendiri atau menggunakan jasa agen properti.

Semua ada konsekuensinya guys, kalo konteksnya pengen simple dan gak mau ribet, lewat agen properti bisa jadi pilihan yang tepat.

Tapi, jangan lupa dengan risiko yang mungkin terjadi sehingga kamu harus selektif mungkin memilih agen properti yang terpercaya.

Last but not least, sambil di dorong kekuatan doa juga ya supaya kamu lebih mudah dipertemukan dengan pembeli yang sesuai.

Oh iya, kamu juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar kamu bisa mengelola keuangan pribadi dan bisnis kamu dengan lebih baik lagi. Selamat membaca..

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sudahkah kamu memilih cara untuk menjual rumahnya? Sendiri atau lewat agen? Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit pencerahan ya.

Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Februari 2016. Pilih Mana, Jual Sendiri atau Pakai Jasa Broker Rumah?. Moneysmart.id- https://bit.ly/2G397M7
  • Fathia Azkia. 10 Agustus 2018. Keuntungan Jual Beli Rumah Pakai Agen Properti. Liputan6.com- https://bit.ly/2XwyZLg

 

Sumber Gambar:

  • Jual Rumah – http://bit.ly/2SxtaHJ