Menurut Anda: Apakah benar karena PHK, Tarik Dana Jaminan Hari Tua? Perencana Keuangan Independen akan membagi sebuah kejadian nyata, banyak orang tarik dana jaminan hari tua, karen PHK.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Karena PHK, Tarik Dana Jaminan Hari Tua

Finansialku mengutip sumber dari Harian Kontan, Senin 10 Agustus 2015, tulisan dari Tendi Mahadi, Dina Farisah dan Agus Triyono dengan judul: Rame-Rame Tarik Dana Jaminan Hari Tua1.

Artikel ini sengaja kami angkat untuk memberi tahu, ternyata banyak orang Indoensia yang belum begitu bijak mengelola keuangan. Jaminan Hari Tua (JHT) adalah dana yang seharusnya dikelola dan digunakan untuk nanti saat hari tua (pensiun).

Jaminan hari tua yang dimaksud terkait dengan program yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Berdasarkan hasil liputan tim Kontan, orang-orang mengatakan tidak ada pilihan lain, para pekerja tarik dana jaminan hari tua karena alasan PHK dan tidak ada uang.Karena PHK, Tarik Dana Jaminan Hari Tua - Kartu Anggota BPJS Ketenagakerjaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Menurut Anda, apakah benar langkah yang dilakukan oleh para pekerja karena phk, tarik dana jaminan hari tua? tuliskan komentar Anda di kolom komentar ya, terima kasih.

Mengutip harian Kontan, Direktur BPJS Ketenagakerjaan Herdy Trisanto mengatakan tren prencairan dana jaminan hari tua oleh para peserta saat ini terjadi hampir di semua wilayah Indonesia. Informasi tersebut dilengkapi oleh Abdul Cholik, Kepala Divisi Komunikasi BPJS Ketenagakerjaan yang mengatakan jumlah penarikan terbanyak terjadi di daerah Jakarta dan Tangerang.

Herdy Trisanto mengatakan bahwa meski banyak peserta yang mencairkan dana dalam waktu hampir bersamaan, kondisi tersebut tidak mengganggu arus kas (cash flow) dana jaminan hari tua BPJS Ketengakerjaan, karena porsi dana yang dapat diambil pekerja hanya 10%. Sisa dana sebesar 90% masih dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

 

Pendapat Finansialku

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cenderung melambat memang berdampak kepada PHK di beberapa perusahaan. Jelas perusahaan berusaha untuk menekan biaya, pada saat ekonomi sedang tidak berjalan baik.

Banyak orang langsung stress dan tertekan karena kehilangan pekerjaan dan mulai menjadi panik. Terlebih jika orang tersebut sudah berkeluarga, memiliki utang dan cicilan. Bagaimana cara menyiasati PHK?

Karena PHK, Tarik Dana Jaminan Hari Tua - Dana Darurat untuk Menyiasati PHK - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Sebaiknya kita memiliki Dana Darurat (Emergency Fund atau Rain Day Fund). Dana darurat  dapat kita gunakan pada saat-saat darurat, seperti saat PHK. Finansialku sangat tidak menyarankan Anda tarik dana jaminan hari tua atau tabungan dana hari tua untuk kebutuhan mendadak. Setiap investasi ada pos untuk tujuan masing-masing.

Jadi intinya Anda harus memiliki dana darurat untuk kebutuhan-kebutuhan seperti PHK, atap rumah bocor, ada anggota keluarga yang meninggal, sakit atau kondisi-kondisi darurat.

 

Apakah Bapak/Ibu sudah memiliki dana darurat untuk mengantisipasi kondisi-kondisi seperti PHK?

 

 

Sumber Berita:

  • Tendi Mahadi, Dina Farisah dan Agus Triyono. Senin 10 Agustus 2015. Rame-Rame Tarik Dana Jaminan Hari Tua. Harian Bisnis dan Investasi Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Anggota BPJS Ketenagakerjaan – http://goo.gl/YS7tCg
  • Get Fired – http://goo.gl/PDNYqc

 

Download E-Book: Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an? (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang