Bagaimana jika kartu BPJS hilang atau rusak? Bagaimana prosedur pengurusannya? Apa yang pertama kali harus dilakukan?

Simak step by step prosedurnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Kartu BPJS merupakan salah satu kartu penting yang penting bagi tenaga kerja. Pasalnya, BPJS ketenagakerjaan adalah jaminan yang diberikan kepada pekerja.

Namun, bagaimana jika kartu BPJS ketenagakerjaan hilang? Kartu BPJS Ketenagakerjaan dikeluarkan untuk memudahkan proses administrasi dan sering disimpan di dompet dengan kartu-kartu lainnya.

Prosedur Praktis Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang 02

[Baca Juga: Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan Yang Hilang atau Rusak]

 

Kepesertaan BPJS memang membutuhkan waktu yang lama hingga masa pensiun. Sementara itu kartu BPJS relatif tidak sering digunakan.

Karena hal tersebut, kartu BPJS Ketenagakerjaan sering terabaikan dan berisiko terselip atau hilang entah kemana. Jika hal ini terjadi maka Anda harus segera mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang.

 

Prosedur Mengurus BPJS Ketenagakerjaan Hilang dan Rusak

Jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang, maka Anda harus segera mengurusnya. Jika kartu BPJS hilang dan tidak ditemukan maka:

  1. Anda bisa mengurus kehilangan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan sebisa mungkin membawa fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan atau mengingat nomor kartu tersebut.
  2. Melengkapi laporan dengan surat keterangan kehilangan dari kantor polisi.
  3. Agar pengurusan kartu menjadi lebih mudah, Anda bisa melengkapinya dengan surat pengantar dari HRD.

 

Apabila hal-hal tersebut di atas sudah lengkap. Maka Anda dapat segera mengurus kartu yang hilang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Anda juga dapat mengganti kartu BPJS yang hilang dengan kartu digital yang dapat diurus secara online tanpa perlu antre.

 

Step by Step Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan Baru

Kartu BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk mempersiapkan masa pensiun. Namun, jika kartu tersebut hilang maka pengurusan masa pensiun tersebut akan semakin sulit.

Maka Anda harus mengurus kartu yang hilang tersebut. sehingga kartu Anda dapat segera diperbaharui atau cetak ulang. Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengurus kartu BPJS tersebut.

 

Step 1: Menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Apabila kartu BPJS hilang, maka Anda dapat melakukan pengaduan ke call center BPJS. Layanan Call BPJS ini dapat diakses 24 jam dan akan menampung keluhan serta aduan yang Anda sampaikan.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan data atau informasi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

Step 2: Mempersiapkan Berkas Pendukung

Dalam mengurus kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus mempersiapkan beberapa berkas pendukung yang dapat memudahkan Anda dalam mengurus kartu.

Berkas tersebut antara lain adalah fotokopi kartu BPJS yang hilang dan surat keterangan dari kepolisian.

Apabila berkas tersebut telah lengkap, Anda dapat segera mengurusnya di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Lengkapi laporan tersebut dengan surat pengantar dari HRD agar proses pengurusan menjadi lebih mudah.

 

Step 3: Mengatasi Jika Tidak Ada Fotokopi Kartu BPJS

Kartu BPJS memang relatif tidak sering digunakan jika tidak diperlukan. Sehingga seorang mungkin alpa untuk menyediakan salinannya.

Jika kartu BPJS Anda hilang dan tidak memiliki salinannya, maka Anda bisa menggunakan nomor kartu BPJS untuk mengurus hilangnya kartu tersebut.

Jika tidak mengingat nomor kartu BPJS, Anda dapat menghubungi call center BPJS untuk melakukan pengaduan.

 

Step 4: Membuat Kartu Digital

Saat ini, kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa diganti dengan kartu digital. Cara untuk membuat kartu digital juga sangat mudah karena Anda tidak perlu mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan dan mengantre.

Anda dapat mengurus kartu digital melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Segera Buat yang Baru Jika Kartu BPJS Ketenagakerjaan Hilang atau Rusak

Prosedur untuk mengurus kehilangan kartu BPJS adalah dengan menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa salinan kartu tersebut.

Jika tidak memiliki salinan, setidaknya Anda mengingat betul nomor kartu BPJS yang hilang. Lengkapi dengan surat kepolisian dan pengantar dari HRD agar proses pengurusan menjadi lebih mudah.

 

Setelah membaca artikel di atas, maka jangan lupa step by step pengurusan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Bagikan juga artikel bermanfaat ini pada sesama karyawan agak mereka tidak panik saat kartu BPJS nya hilang, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan 01 – http://bit.ly/358s76n
  • Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan 02 – http://bit.ly/2P9hye5