Apakah Anda mau membuat Kartu Kredit BRI? Mari ketahui cara mudah membuat kartu kredit BRI yang cepat disetujui.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kartu Kredit

Di zaman yang sudah semakin maju dan berkembang ini, maka semua orang ingin hidup serba praktis dan mudah untuk melakukan segala sesuatu. Tentunya hal ini sangat ditunjang oleh keberagaman teknologi yang canggih serta beragam fasilitas yang sangat memudahkan Anda.

Kemajuan ini juga dirasakan di dunia perbankan. Sekarang Anda sudah bisa mengakses berbagai fasilitas canggih yang ada di dalam dunia perbankan. Dengan begitu, maka berbagai urusan perbankan dapat lebih mudah untuk diselesaikan.

Selain itu, bank-bank juga berkompetisi untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi untuk nasabahnya. Salah satu halnya adalah dengan menghadirkan kartu kredit.

Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran resmi yang diberikan oleh bank kepada nasabahnya sebagai bentuk fasilitas.

Namun, dalam fasilitas tersebut, bank menerapkan beberapa aturan serta kebijakan untuk mengatur hak dan kewajiban untuk pihak bank dan nasabah.

Terdapat limit sejumlah dana pada setiap kartu kredit. Jumlah limit ini ditentukan oleh pihak bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut.

Dengan begitu, Anda dapat membeli barang seperti tas, baju, sepatu serta penarikan uang di ATM namun dalam batasan jumlah tertentu yang telah ditentukan oleh bank.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 04 Kartu Kredit 4 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana]

 

Karena kartu kredit merupakan fasilitas pembayaran yang diterbitkan oleh bank, maka dapat dipastikan Anda tidak memiliki uang tersendiri di dalam kartu kredit tersebut.

Hal ini berarti, semua tagihan yang ada di dalam kartu kredit tersebut merupakan utang dari Anda kepada pihak bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Dan Anda selaku nasabah memiliki kewajiban untuk membayar tagihan ke pihak bank sebesar uang yang sudah Anda gunakan melalui kartu kredit tersebut.

Jika demikian, bagaimana jika nasabah tidak membayar tagihan tersebut? Untuk mengantisipasi hal ini, bank sudah memiliki beberapa kebijakan untuk layanan mereka.

Salah satunya adalah setiap tunggakan yang tidak dibayar akan dikenakan sejumlah bunga serta biaya-biaya lainnya. Misalnya, biaya keterlambatan pembayaran atau denda.

Hal ini merupakan konsekuensi atas pembayaran tagihan yang tidak penuh serta tidak tepat waktu.

 

Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi cara membuat kartu kredit BRI.

Terdapat 2 cara untuk membuat kartu kredit BRI. Berikut penjelasan lengkap untuk cara membuatnya.

 

#1 Permohonan Secara Online

Untuk pengajuan pembuatan kartu kredit BRI secara online, maka Anda dapat mengunjungi situs resmi BRI di https://britouch.bri.co.id/.

Kemudian, Anda dapat memilih “Apply Kartu” serta memilih kartu kredit yang Anda inginkan. Terdapat beberapa pilihan kartu kredit yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah.

 

  • BRI Easy Card

BRI Easy Card merupakan jenis gabungan dari kartu kredit BRI yakni BRI MasterCard Silver dan BRI MasterCard Gold yang telah berganti nama menjadi BRI Easy Card pada tahun 2017 lalu.

Limit minimum untuk BRI Easy Card adalah Rp5 juta – Rp25 juta. Untuk memiliki BRI Easy Card ini, maka Anda diharuskan untuk memiliki pendapatan minimal sebesar Rp3 juta per bulan.

 

  • BRI Platinum

BRI Platinum adalah kartu kredit yang diberikan kepada nasabah untuk mempermudah pemenuhan gaya hidup pribadi. Pendapatan minimal yang harus dimiliki oleh nasabah yang mau memiliki kartu kredit ini adalah sebesar Rp10 juta per bulan.

 

Cara Mudah Membuat Kartu Kredit BRI 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal untuk Bebas Utang Kartu Kredit]

 

  • BRI JCB Platinum

BRI JCB Platinum adalah kartu kredit yang diberikan kepada nasabah sebagai produk kartu travel dan sport di segmen profesional serta pengusaha.

Lebih khususnya, kartu kredit ini digunakan untuk kegiatan traveling ke destinasi negara Asia. Jika Anda mau memiliki kartu ini, maka Anda harus memiliki pendapatan minimal sebesar Rp7 juta per tahun.

 

  • BRI Wonderful Indonesia

BRI Wonderful Indonesia adalah jenis kartu kredit Co-Branding yang diterbitkan oleh BRI yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Kartu kredit ini diberikan kepada individu yang mau menikmati keindahan alam serta budaya di Indonesia. Untuk mendapatkan kartu ini, maka pendapatan minimal Anda adalah sebesar Rp10 juta per bulan.

 

  • BRI World Access

Kartu kredit ini diterbitkan khusus untuk para traveler yang melakukan perjalanan bisnis baik di dalam maupun luar negeri.

Untuk memiliki kartu kredit ini, maka pendapatan minimal yang harus Anda miliki adalah sebesar Rp30 juta per bulan.

 

  • BRI Touch

Kartu kredit BRI touch adalah kartu kredit tambahan yang diberikan untuk memfasilitasi transaksi online dalam mempermudah gaya hidup pribadi milenial. Pendapatan minimal untuk memiliki kartu kredit ini adalah Rp5 juta per bulan.

 

  • BRI Business Card

Kartu kredit BRI Business Card merupakan kartu kredit BRI yang dipasarkan terbatas kepada nasabah karyawan perusahaan ataupun institusi yang bekerja sama dengan BRI.

 

Cara Mudah Membuat Kartu Kredit BRI 03 - Finansialku

[Baca Juga: Simulasi Kredit dan Mengenal 3 Jenis Bunga Kredit yang Perlu Anda Ketahui]

 

  • BRI Infinite

Kartu kredit BRI Infinite merupakan kartu kredit BRI dengan segmen premium yang dikhususkan untuk nasabah prioritas BRI. Kartu kredit BRI Infinite ini diposisikan sebagai lifestyle card.

 

#2 Permohonan Kartu Kredit BRI Secara Offline

Selain secara online, pembuatan kartu kredit BRI juga dapat dilakukan secara offline.

Permohonan kartu kredit secara offline dapat Anda pilih jika Anda mengalami kebingungan ataupun kesulitan cara membuat kartu kredit BRI secara online.

Selain itu, Anda juga bisa membuat kartu kredit secara online jika Anda merasa cara online kurang memuaskan Anda. Cara offline dapat Anda lakukan dengan langsung mengunjungi kantor BRI terdekat.

Jangan lupa untuk membawa persyaratan yang sudah ditentukan. Lalu, Anda diharuskan untuk menemui customer service (CS).

Berikut beberapa persyaratan yang harus Anda ketahui dan persiapkan ketika Anda mau melakukan pengajuan pembuat kartu kredit.

  • Minimal usia 21 tahun
  • Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi slip gaji yang dilegalisir dengan minimal gaji Rp3 juta per bulan. Jika tidak memiliki slip gaji, maka dapat digantikan dengan surat keterangan penghasilan.
  • Surat Keterangan Penghasilan (SKP) dari kantor tempat Anda bekerja dengan ditandatangani oleh atasan Anda.

 

Setelah semua persyaratan yang diperlukan sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda akan diberikan formulir pengajuan untuk diisi. Lalu, formulir tersebut akan diberikan kepada customer service.

Apakah Bisa Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Jawabannya Bisa! Ini Syaratnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Utang Baik dan Utang Buruk]

 

Dokumen-dokumen yang sudah Anda isi selanjutnya akan dikirim ke kantor BRI pusat.

Lalu, Anda akan diminta untuk menunggu konfirmasi dari pihak bank yang bersangkutan untuk selanjutnya melakukan wawancara terkait dengan data pribadi, nama orang tua, ataupun data pekerjaan.

Dari data yang sudah Anda berikan tadi, maka pihak bank akan melakukan pengecekan ke kantor untuk melakukan konfirmasi mengenai kebenarannya.

Jika semua tahapan sudah berhasil, maka Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pihak bank yang Anda ajukan tersebut diterima atau ditolak.

Oh iya, perlu Anda ketahui bahwa ada bunga kartu kredit ya. Bunga kartu kredit yang dimaksud dapat diartikan sebagai biaya atas penggunaan sejumlah uang yang Anda gunakan di kartu kredit tersebut.

Pada dasarnya bunga kartu kredit BRI adalah sebesar 2,25% per bulan. Bunga ini akan dilipatgandakan dengan nilai transaksi yang belum Anda bayar setelah jatuh tempo.

Selain itu, bunga tersebut juga akan berlaku ketika Anda melakukan penarikan tunai dari ATM bank BRI. Bunga tarik tunai kartu kredit BRI tersebut akan berlaku setelah Anda melakukan tarik tunai.

Tapi, sebenarnya masih ada jenis bunga kartu kredit BRI yang bergantung dengan jenis transaksi yang dipergunakan serta tenor cicilan yang Anda ambil. Untuk jenis transaksi ini adalah cicilan 0% ataupun cicilan bulanan selain 0%.

Dikarenakan ada minimum transaksi yang diberlakukan untuk kisaran Bunga tertentu, maka dapat dikatakan bahwa bunga dari kartu kredit tersebut bisa berbeda-beda.

 

Membuat Kartu Kredit dengan Mudah

Setelah mengetahui cara membuat kartu kredit serta berbagai jenis kartu kredit BRI, maka sekarang Anda sudah dapat membuat kartu kredit BRI. Anda dapat memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk membawa persyaratan pembuatan kartu kredit yang diperlukan. Dan tentunya pergunakan kartu kredit dengan bijak ya.

Supaya Anda lebih bijak dalam mengelola kartu kredit, pinjaman dan utang, maka ada baiknya Anda membaca buku Finansialku. Buku ini merupakan panduan praktis yang bisa Anda praktikkan bersamaan dengan Aplikasi Finansialku.

Buku yang berjudul Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True dibuat oleh perencana keuangan profesional Finansialku, yaitu Melvin Mumpuni.

Selain seorang perencana keuangan, Melvin Mumpuni adalah CEO dan founder Finansialku.com.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

 

Nah, jika Anda sudah tidak sabar untuk mendapatkan bukunya, maka Anda bisa langsung klik tombol berikut ini.

MAU BUKU FINANSIALKU

 

Jadi, cara membuat kartu kredit BRI yang manakah yang akan Anda pilih? Cara online atau offline? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda mengapa Anda memilih cara tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dwi Arianto. 25 Maret 2019. Cara Membuat Kartu Kredit BRI, Lengkap! Alphapay.id – https://bit.ly/30HhPr8

 

Sumber Gambar:

  • Kartu BRI – https://bit.ly/2LU4rf4
  • Kartu BRI Platinum – https://bit.ly/2VrgkvZ
  • Kartu BRI Business Card – https://bit.ly/2OtIiWH

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang