Bagaimana cara membuat karyawan betah di kantor? Sebagai seorang pemilik perusahaan, pasti harus ada cara ampuh yang dapat membuat karyawan lebih betah di kantor agar kinerjanya maksimal.

Kali ini Finansialku akan membahas tentang 5 cara sakti membuat karyawan betah di kantor.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Karyawan Untuk Perusahaan

Perusahaan memang menjadi investasi jangka panjang atau aset berharga bagi Anda. tetapi tahukah Anda? Bahwa perusahaan juga memiliki aset penting untuk mendorong kemajuannya, yakni karyawan.

Begitupun karyawan yang membutuhkan perusahaan sebagai salah satu penunjang yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Keduanya saling membutuhkan, oleh karena itu jika Anda memisahkan keduanya tentu akan sangat merugikan. Proses perekrutan karyawan bagi perusahaan di tahap awal pun tidak mudah, baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Perusahaan harus memilih karyawan yang berkualitas dan memiliki loyalitas tinggi demi kemajuan perusahaan.

Sedangkan karyawan dengan kualitas terbaik juga menjalani berbagai langkah yang tidak mudah untuk bisa diterima di perusahaan yang menjadi impiannya.

Dari situ kemudian langkah yang tepat untuk keuntungan bersama adalah saling memberi kenyamanan dan apresiasi.

Perusahaan tentu tidak bisa dijalankan jika tanpa karyawan, namun membuat karyawan betah bekerja di kantor itu tidaklah mudah.

Memiliki perusahaan yang sedang berkembang untuk maju tentu sangat memerlukan bantuan karyawan. Oleh karena itu melakukan tindakan agar karyawan betah bekerja itu sangatlah penting.

Perusahaan merupakan aset yang sangat berharga untuk investasi Anda di masa depan. Tetapi hal tersebut didukung oleh kinerja karyawan yang berperan penting membangun kemajuan perusahaan.

Pekerjaan mereka untuk perusahaan Anda tentu harus diapresiasi meski dalam hal sekecil apapun. Selain itu, Anda juga harus cerdas dalam mengelola aset yang menjadi investasi jangka panjang tersebut.

Hitung dan simpan aset jangka panjang Anda dengan Aplikasi Finansialku dapat membantu mempermudah penyimpanan data aset Anda yang sangat berharga.

Dengan aplikasi tersebut Anda juga bisa memantau perkembangan kemajuan aset Anda. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

2 Alasan Karyawan Tidak Betah Bekerja di Kantor

Banyak faktor yang membuat karyawan tidak merasa nyaman di kantor, dan pada akhirnya menyebabkan karyawan tersebut mengundurkan diri, padahal kinerjanya tergolong bagus.

Oleh karena itu, Anda harus memahami kriteria dan alasan berikut yang menyebabkan karyawan tidak betah bekerja di kantor.

 

Alasan 1: Fasilitas Kurang Memadai

Fasilitas tentu menjadi faktor penting dalam memberikan pengaruh pada kenyamanan para pegawai kantor. Fasilitas penting yang harus terpenuhi adalah kamar mandi bersih dengan tempat ibadah.

Kedua tempat tersebut merupakan tempat pokok yang dibutuhkan para karyawan. Fasilitas tambahan seperti pendingin ruangan dan tempat kerja yang bersih juga mempengaruhi konsentrasi kerja para pegawai.

 

Alasan 2: Gaji Rendah

Jam kerja penuh dalam 8 jam sehari tentu menguras tenaga dan pikiran para karyawan. Pekerjaan tersebut seharusnya mendapatkan apresiasi berupa gaji yang sesuai dengan UMK di tiap wilayah.

Atau berupa bonus dan tunjangan tentu semakin membuat karyawan betah bekerja di kantor.

Apabila gaji yang diterima karyawan jauh dari UMK, setidaknya suasana kekeluargaan yang nyaman di kantor dapat membuat karyawan betah bekerja di kantor. 

Berikan sedikit perhatian pada karyawan melalui komunikasi saat jam istirahat, meminta kritik dan saran pada atasan kerja mereka, dan lain-lain.

 

5 Trik Ampuh Agar Karyawan Merasa Nyaman dan Betah Bekerja di Kantor

Apabila berbagai alasan yang membuat karyawan tidak nyaman bekerja di kantor telah Anda ketahui. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan berbagai cara agar karyawan tetap betah bekerja di kantor.

Apalagi jika terjadi pemogokan kerja karyawan atau bahkan pengunduran diri besar-besaran.

Tentu hal tersebut menjadi ancaman besar bagi perusahaan, maka lakukanlah tips berikut agar karyawan merasa nyaman bekerja di perusahaan Anda.

 

Trik 1: Gunakan Cat yang Tidak Monokrom di Ruang Kantor

Cat monokrom atau hitam putih tentu sangat membosankan dan memberi kesan suram. Karyawan Anda tentu akan mudah tertekan dan stres, serta sulit membangkitkan semangat, karena warna sangat berpengaruh secara psikis.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 02 Karyawan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Setiap Jenis Aset Yang Anda Miliki]

 

Berikan warna-warna cerah dan memberikan semangat seperti warna-warna pastel agar tidak membosankan.

 

Trik 2: Hias Ruang Kerja Menggunakan Tanaman Segar

Tambahkan hiasan berupa tanaman, selain untuk mengurangi karbon dari udara di dalam ruangan, tanaman juga berfungsi menyegarkan pikiran para karyawan.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 03 Karyawan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

 

Hal itu karena tanaman segar bisa menghasilkan oksigen, namun rawat dengan baik tanaman dan berikan tempat yang bisa dijangkau sinar matahari.

 

Trik 3: Tambahkan Fasilitas Kantin Bagi Karyawan

Kebersamaan para karyawan beserta atasan tentu menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kenyamanan kerja di kantor.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 04 Karyawan 4 - Finansialku

[Baca Juga: HRD dan Startup Founder Perlu Tahu Kompensasi dan Benefit untuk Karyawan]

 

Berikan waktu kepada karyawan untuk menghabiskan waktu bersama-sama, termasuk memberikan fasilitas ruang makan bagi para karyawan untuk makan bersama di jam istirahat.

 

Trik 4: Jadwal Fleksibel Namun Efektif

Ide-ide menarik yang dimiliki karyawan kantor Anda tentu muncul di saat-saat tertentu saja. Oleh karena itu, jam kerja yang tidak terlalu mengikat secara ketat akan pekerjaan karyawan lebih optimal.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 05 Karyawan 5 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Penghasilan untuk Millenial? Tanpa Korupsi, Tanpa Klenik dan Tanpa Goreng Gaji]

 

Tetapi jangan terlalu longgar juga, berikan deadline untuk pekerjaan mereka di jam-jam tertentu.

 

Trik 5: Mengizinkan Pelihara Hewan di Perusahaan

Hewan merupakan teman yang paling mampu mengurangi stres dan beban pikiran seseorang. Oleh karena itu, apabila Anda memberikan izin pada karyawan untuk membawa hewan peliharaan mereka tentu sangat bagus.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 06 Karyawan 6 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Tahu Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bagi Karyawan]

 

Namun, akan berbahaya bagi orang-orang tertentu yang memiliki penyakit atau gangguan lain yang disebabkan oleh hewan. 

Maka sebaiknya Anda berikan ruangan khusus untuk menempatkan hewan peliharaan para karyawan. Atau bisa juga hewan tersebut merupakan peliharaan yang dimiliki oleh kantor dan ada pihak yang secara khusus merawatnya.

 

Menyimpan dan Memperhitungkan Aset Perusahaan Jangka Panjang dengan Aplikasi Finansialku

Jurnal untuk membuat daftar dan perhitungan aset seperti pembukuan bagi perusahaan memang sangat penting.

Namun, jika Anda merasa hal tersebut terlalu rumit dilakukan karena administrasi perusahaan telah menghitung banyak hal terkait perusahaan tentunya diperlukan solusi lain.

Aplikasi Finansialku bisa menjadi jalan keluarnya, karena dapat memberikan perhitungan secara jelas dan praktis untuk kebutuhan penyimpanan aset Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasi Finansialku di ponsel pintar Anda. Anda dapat download Aplikasi Finansialku pada link di bawah ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kemudian buat akun dan log in. Apabila Anda sudah memilikinya, maka cukup buka aplikasi tersebut

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 07 Aset - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Pada halaman pertama aplikasi Finansialku yang sudah ter-install dengan benar, pilih fitur “Aset”. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman untuk menambahkan aset yang perlu Anda simpan.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 08 Aset - Finansialku

Fitur Aset Pada Aplikasi Finansialku

 

Pilih simbol “+” pada pojok kanan bawah di layar smartphone Anda untuk menambahkan aset yang akan disimpan dan diprediksi pada waktu yang Anda tentukan nanti.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 09 Aset - Finansialku

Menambahkan Aset

 

Setelah itu secara otomatis aplikasi mengarahkan Anda pada halaman yang berisi berbagai kolom dengan perintah yang harus diisi dengan tepat.

Isi berdasarkan jenis aset dan jumlah nominal yang sedang Anda miliki. Kemudian pilih “simpan” untuk menyimpan aset Anda.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 10 Aset - Finansialku

Fitur Aset Aplikasi Finansialku

 

Dengan begitu Aplikasi Finansialku secara otomatis menyimpannya agar nanti dapat diperiksa dan dihitung kembali jumlahnya.

Apakah Anda sudah merencanakan keuangan Anda dengan baik? Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS agar keuangan Anda dapat terencana dengan baik.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, apa yang Anda rencanakan untuk membuat karyawan betah di kantor? Bagikan ide dan inspirasi Anda dengan mendiskusikan artikel di atas pada teman sesama pebisnis, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 23 Agustus 2018. 5 Trik Sederhana Bikin Karyawan Betah di Kantor. Liputan6.com – https://goo.gl/xwXyFN

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan 1 – https://goo.gl/images/88NzX4
  • Karyawan 2 – https://goo.gl/images/8UmcKf
  • Karyawan 3 – https://goo.gl/images/NqWYhP
  • Karyawan 4 – https://goo.gl/images/ZkuP43
  • Karyawan 5 – https://goo.gl/images/5QuAhF
  • Karyawan 6 – https://goo.gl/images/Ky8eeq