Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim

Ambil waktu santai Anda sambil terus mengisi diri dengan berbagai informasi melalui kata-kata bijak Carlos Slim.

Carlos Slim adalah orang terkaya di Meksiko yang mengawali pembelian sahamnya pada usia 12 tahun.

Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Mengenal Orang Terkaya di Meksiko – Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu adalah seorang investor miliarder terkenal kelahiran Meksiko dan juga seorang yang berhati dermawan.

Carlos Slim saat ini tercatat memiliki lebih dari 200 bisnis di berbagai industri dan dinobatkan oleh majalah bergengsi Forbes sebagai salah satu dari urutan orang terkaya di dunia selama beberapa tahun berturut-turut.

Sebagai seorang miliarder, ternyata Carlos Slim Helu belajar praktik bisnis dasar dari ayahnya, sejak usia dini, dan bekerja dalam bisnis keluarganya saat ia masih remaja.

Setelah lulus dari perguruan tinggi, Carlos Slim Helu mulai berinvestasi dengan sungguh-sungguh dan setahap demi setahap mulai membangun kerajaan konglomeratnya melalui korporasi multi-industri.

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 02 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Tercatat bahwa Carlos Slim Helu memiliki saham di berbagai perusahaan di Amerika Latin hingga internasional, mulai dari industri, konstruksi dan manufaktur hingga barang kering serta tembakau.

Kepemilikannya yang paling terkenal dan berpengaruh adalah monopoli yang hampir sempurna di pasar ponsel di Meksiko, dimana perusahaan tersebut menyediakan lebih dari 80 persen layanan telepon seluler yang digunakan di negara tersebut.

Sebagian dari kekayaannya yang besar juga digunakan untuk membiayai berbagai proyek filantropi yang berbeda, yang didedikasikan untuk melestarikan lingkungan, menyediakan perawatan kesehatan yang andal dan terjangkau, melestarikan budaya dan seni, dan berbagai usaha bantuan kemanusiaan lainnya.

Carlos Slim Helu juga adalah ketua dari perusahaan induknya, ‘Grupo Carso’.

Namun setelah menjalani operasi jantung, banyak tanggung jawab sehari-hari di perusahaan tersebut yang telah didelegasikan kepada anak-anaknya.

 

Masa Kecil Carlos Slim Helu

Carlos Slim Helu lahir pada tanggal 28 Januari 1940 di Mexico City, Negara Meksiko. Orangtuanya merupakan orang keturunan Lebanon.

Carlos Slim Helu memiliki 5 orang saudara kandung, dimana ayahnya adalah pemilik bisnis barang jadi yang sukses kala itu.

Carlos Slim Helu dan saudara kandungnya diajari bisnis sejak kecil oleh ayah mereka.

Tak segan-segan, Carlos Slim Helu membeli saham di sebuah bank Meksiko pada usia 12 tahun.

Meskipun ayahnya meninggal pada tahun 1953, Carlos Slim Helu terus bekerja dalam bisnis hingga mencapai usia 17 tahun.

Carlos Slim Helu berhasil menamatkan bangku kuliahnya di National Otonom University of Mexico, dengan mengambil jurusan teknik sipil.

Segera setelah lulus, ia langsung terjun ke dunia bisnis, mengikuti jejak ayahnya.

 

Karier Bisnis Carlos Slim Helu

Berbekal pengalaman dari fondasi bisnis yang kuat yang dibangun oleh ayahnya, Carlos Slim Helu kemudian memulai kariernya sendiri sebagai seorang pedagang di Meksiko.

Tak hanya itu saja, ia juga menjadi pialang yang berinvestasi di bisnis perorangan.

Seiring dengan pertumbuhan perekonomian di negaranya, pada tahun 1965, ia mulai melakukan kerja sama dengan perusahaan lain dan juga membeli perusahaan yang bonafide secara langsung.

Pada tahun 1966, ia sudah bisa menghasilkan sekitar US$40 juta (Rp540 miliar).

Meskipun di awal kariernya ia terlihat seperti sedang berinvestasi di banyak bisnis investasi yang berbeda, namun sebetulnya fokus utama dari bisnis yang ia lakukan adalah konstruksi, pertambangan dan real estate, di samping berusaha untuk terus mengakuisisi berbagai bisnis di bidang tersebut.

Selama tahun 1970 an, Carlos Slim Helu terus mengembangkan kerajaannya dengan mendirikan dan membeli perusahaan di berbagai industri.

Pada tahun 1980, dia menyatukan berbagai kepentingannya dengan membentuk perusahaan induk ‘Grupo Galas’, yang menyatukan semua kepemilikannya.

Pada tahun 1982 terjadi krisis di Meksiko. Penurunan harga minyak menyebabkan sebagian besar ekonomi berbasis minyak Meksiko mengalami keruntuhan.

Hal ini berdampak pada nilai mata uang Peso Meksiko menjadi anjlok.

Selama beberapa tahun setelahnya saat masih terasa imbas dari penurunan ekonomi, Carlos Slim Helu meningkatkan usaha akuisisinya dan memperoleh saham besar di cabang perusahaan internasional Meksiko, termasuk 50 persen saham ‘The Hershey Company’.

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Oprah Winfrey Yang Membawa Kesuksesan Bagi Hidup Anda]

 

Pada tahun 1990, nama ‘Grupo Carso’ melejit menjadi perusahaan publik terkenal di seluruh dunia.

Ini juga merupakan tahun dimana Carlos Slim Helu melalui ‘Grupo Carso’ mulai memperluas pengaruhnya pada dunia telekomunikasi telepon yang bekerja sama dengan ‘France Télécom’ dan ‘Southwestern Bell Corporation’ untuk membeli perusahaan telepon ‘Telmex’ dari pemerintah Meksiko.

Setelah berpuluh-puluh tahun membeli banyak perusahaan bertaraf internasional milik orang-orang Meksiko, Carlos Slim Helu mulai berminat untuk menjangkau berbagai perusahaan di luar Amerika Latin.

Dia mengembangkan perusahaan telepon selulernya yang bernama ‘Telmex’, dan juga membeli saham ‘Tracfone’, sebuah perusahaan mobile yang berbasis di Amerika Serikat.

Selama tahun 2000 an, dia terus membangun kerajaannya di Amerika Serikat dan Amerika Latin dengan membeli dan menjual perusahaan serta meningkatkan jangkauan pengaruhnya dalam dunia telepon seluler dan perusahaan tembakaunya yang telah lama berdiri.

Dia juga berinvestasi di banyak perusahaan, termasuk ‘The New York Times Company’, ‘Saks Fifth Avenue’ dan juga maskapai penerbangan ‘Volaris’.

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 04 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Pada tanggal 23 April 2014, Carlos Slim Helu memperoleh kesuksesan pertamanya di Eropa, melalui akuisisi bisnis ‘Telekom Austria’.

Perusahaan Telekom Austria telah mendirikan layanan telepon seluler di tujuh negara Eropa dan Carlos Slim Helu memandangnya sebagai peluang bisnis yang bagus untuk memperlebar jangkauan sayap bisnisnya ke pasar Eropa Tengah dan Timur.

Pada 15 Januari 2015, dia menjadi pemegang saham individual terbesar di ‘The New York Times Company’, dengan kepemilikan sebesar 16,8 persen.

 

Usaha Sosial Carlos Slim Helu

Meskipun menjadi orang terkaya di Meksiko, tak lantas membuatnya menjadi orang yang egois dan tidak mau berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Carlos Slim Helu telah mendirikan tiga yayasan nirlaba, yaitu, Fundación Carlos Slim Helú, Fundación Telmex dan Fundación del Centro Histórico de la Ciudad de México A.C.

Yayasan tersebut bertempat di Mexico City melalui usaha dalam merawat karya seni, pendidikan, dan perawatan kesehatan.

 

Kata-kata Bijak Carlos Slim Helu

Mari simak kata-kata bijak Carlos Slim Helu untuk menemani waktu santai Anda.

 

#1 “All times are good time for those who know how to work and have the tools to do so.”

“Semua waktu adalah saat yang tepat bagi mereka yang tahu cara bekerja dan memiliki alat untuk melakukannya.”

 

#2 “With three work days a week, we would have more time to relax; for quality of life.”

“Dengan tiga hari kerja dalam seminggu, kita memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai; untuk hidup yang semakin berkualitas.”

 

#3 “When we decide to do something, we do it quickly.”

“Ketika kita memutuskan untuk melakukan sesuatu, kita melakukannya dengan cepat.”

 

#4 “You cannot have people in your organization who are pessimists. They take you to mediocrity.”

“Anda tidak dapat memiliki orang-orang yang pesimis di organisasi Anda. Mereka membawa Anda kepada posisi biasa-biasa saja.”

 

#5 “Live the present intensely and fully, do not let the past be a burden, and let the future be an incentive. Each person forges his or her own destiny.”

“Hiduplah dengan penuh semangat, jangan biarkan masa lalu menjadi beban, dan biarkan masa depan menjadi sebuah dorongan untuk Anda. Setiap orang menempa takdirnya sendiri.”

 

#6 “I’ve always said that the better off you are, the more responsibility you have for helping others. Just as I think it’s important to run companies well, with a close eye to the bottom line, I think you have to use your entrepreneurial experience to make corporate philanthropy effective.”

“Saya selalu mengatakan bahwa semakin baik Anda, semakin banyak tanggung jawab yang Anda miliki untuk membantu orang lain. Sama seperti yang saya pikirkan, adalah penting untuk menjalankan perusahaan dengan baik, dengan menutup mata, saya pikir Anda harus menggunakan pengalaman kewirausahaan ​​Anda untuk membuat perusahaan filantropi yang efektif.”

 

#7 “Firm and patient optimism always yields its rewards.”

“Optimisme dan kesabaran perusahaan selalu menghasilkan upahnya.”

 

#8 “Most people try to make a better world for our children when what they should be doing is making better children for our world.”

“Kebanyakan orang mencoba membuat dunia yang lebih baik untuk anak-anak kita ketika apa yang seharusnya mereka lakukan adalah membuat anak-anak yang lebih baik untuk dunia kita.”

 

#9 “Courage taught me no matter how bad a crisis gets… any sound investment will eventually pay off.”

“Keberanian mengajari saya tidak peduli seberapa buruk krisis terjadi … investasi yang masuk akal pada akhirnya akan terbayar.”

 

#10 “Maintain austerity in good times to avoid lay offs in bad times.”

“Lakukan penghematan di saat yang tepat untuk menghindari situasi PHK di masa-masa sulit.”

 

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 05 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

#11 “When there is a crisis, that’s when some are interested in getting out and that’s when we are interested in getting in.”

“Ketika ada krisis, saat itulah ada yang tertarik untuk keluar dan saat itulah kita tertarik untuk masuk.”

 

#12 “Staying occupied displaces preoccupation and problems, and when we face our problems, they disappear.”

“Berusahalah untuk memindahkan kesenangan dan masalah, dan ketika kita menghadapi masalah kita, mereka akan menghilang.”

 

#13 “Well, when I was very young, maybe 12 years, I began to make investments.”

“Nah, ketika saya masih sangat muda, mungkin 12 tahun, saya mulai melakukan investasi.”

 

#14 “Work well done is not only a responsibility to yourselves and society; it is also an emotional need.”

“Kerja dengan baik bukan hanya bertanggung jawab untuk diri sendiri dan masyarakat; Ini juga adalah sebuah kebutuhan emosional.”

 

#15 “When we face our problems, they disappear. So learn from failure and let success be the silent incentive.”

“Ketika kita menghadapi masalah kita, mereka akan menghilang. Jadi belajarlah dari kegagalan dan biarkan kesuksesan menjadi daya dorong Anda.”

 

#16 “Do not allow negative feelings and emotions to control your mind. Emotional harm does not come from others; it is conceived and developed within ourselves.”

“Jangan biarkan perasaan dan emosi negatif mengendalikan pikiran Anda. Kerugian emosional tidak datang dari orang lain; itu dikandung dan dikembangkan di dalam diri kita sendiri.”

 

#17 “Poverty isn’t solved with donations.”

“Kemiskinan tidak dapat dituntaskan hanya dengan sumbangan.”

 

#18 “The truth is, you leave this world with nothing. What you are is a temporary administrator, and you must administer well… the wealth in your care, and generate more. The surplus can be used to do many things for people.”

“Sebenarnya, Anda meninggalkan dunia ini tanpa apa-apa. Anda adalah admin sementara, dan Anda harus mengelola dengan baik … kekayaan ada dalam jangkauan Anda, dan Anda dapat menghasilkan lebih banyak. Kelebihannya bisa digunakan untuk melakukan banyak hal untuk orang lain.”

 

#19 “Money is not a goal. The goal is to make companies grow, develop, be competitive, be in different areas, be efficient to have a great human team inside the company.”

“Uang bukanlah sebuah tujuan. Tujuannya adalah untuk membuat perusahaan bertumbuh, berkembang, bersaing, berada di daerah yang berbeda, menjadi lebih efisien untuk memiliki tim yang hebat di dalam perusahaan.”

 

#20 “Choose the right employees and then set them loose.”

“Pilihlah karyawan yang tepat dan lepaskan mereka.”

 

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 06 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan]

 

#21 “I learned from my father that you continue to invest and reinvest in your business – including during crises.”

“Saya belajar dari ayah saya bahwa Anda terus berinvestasi dan menginvestasikan kembali dalam bisnis Anda – termasuk selama masa krisis.”

 

#22 “Mistakes are normal and human. Make them small, accept them, correct them, and forget them.”

“Kesalahan itu normal dan manusiawi. Jadikan kesalahan tersebut tidak berarti, terima mereka, perbaiki mereka, dan lupakan kesalahan tersebut.”

 

#23 “Competition makes you better, always, always makes you better, even if the competitor wins.”

“Persaingan membuat Anda lebih baik, selalu, selalu membuat Anda lebih baik, bahkan jika pesaing Anda mendapatkan kemenangan.”

 

#24 “Anyone who is not investing now is missing a tremendous opportunity.”

“Siapa pun yang tidak berinvestasi sekarang, ia sedang kehilangan kesempatan yang luar biasa.”

 

#25 “In business, you invest when things are not in good shape. When you invest at these times, you take a better position than your competitors. When there is a recession and your competition does not invest, they are giving you the advantage.”

“Dalam bisnis, Anda berinvestasi bila keadaan tidak dalam keadaan baik. Bila Anda berinvestasi pada saat-saat seperti ini, Anda mengambil posisi yang lebih baik daripada pesaing Anda. Bila ada resesi dan pesaing Anda tidak berinvestasi, mereka memberi Anda keuntungan.”

 

#26 “You cannot live without doing something.”

“Anda tidak bisa hidup tanpa melakukan sesuatu.”

 

#27 “Technology is going to transform people’s lives and society everywhere in the world. I spend most of my time studying new technologies. My main task is to understand what’s going on and try to see where we can fit in.”

“Teknologi akan mentransformasikan kehidupan masyarakat dan siapapun di dunia ini. Saya menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk mempelajari teknologi baru. Tugas utama saya adalah memahami apa yang sedang terjadi dan mencoba melihat ke mana kita bisa menyesuaikan diri.”

 

#28 “It’s important to give a better country to your children, but it is more important to give better children to your country.”

“Penting untuk memberi sebuah negara yang lebih baik kepada anak-anak Anda, tetapi lebih penting mendedikasikan anak yang lebih baik kepada negara Anda.”

 

#29 “When you live for others’ opinions, you are dead. I don’t want to live thinking about how I’ll be remembered.”

“Bila Anda hidup berdasarkan pendapat orang lain, Anda mati. Saya tidak ingin hidup memikirkan bagaimana saya akan diingat.”

 

#30 “I still have my laptop but I haven’t used it. I’m a paper man, not electronic.”

“Saya masih punya laptop tapi saya belum menggunakannya. Saya orang kuno yang menggunakan kertas, bukan menggunakan alat elektronik.”

 

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 07 - Finansialku

[Baca Juga: Simak 50 Kata-kata Bijak Dale Carnegie Yang Membuat Anda Semakin Sukses Dan Bersemangat]

 

#31 “All businesses make mistakes. The trick is to avoid large ones.”

“Semua bisnis melakukan kesalahan. Caranya adalah dengan menghindari (kerugian) yang besar.”

 

#32 “When you are convinced what to do and what you need to do, it’s not hard to do that.”

“Bila Anda yakin apa yang harus dilakukan dan apa yang perlu Anda lakukan, tidak sulit untuk melakukannya.”

 

#33 “The biggest things in life are not materials.”

“Hal terbesar dalam hidup bukanlah materi.”

 

#34 “Inertia is in our minds always.”

“Kelembaman (menolak perubahan) selalu ada dalam pikiran kita.”

 

#35 “If you are in business, you are not enjoying. You are working.”

“Jika Anda tidak menikmati dalam usaha bisnis yang Anda lakukan, maka Anda hanya sekadar bekerja.”

 

#36 “People need to feel very good about their achievements. They get pride from what they are doing.”

“Orang perlu merasa bangga tentang prestasi mereka. Mereka bangga dengan apa yang mereka lakukan.”

 

#37 “Think of an athlete. He may be very good in his own house, but not as good as his neighbors. You have to go beyond your home. You have to go worldwide.”

“Pikirkan seorang atlet. Dia mungkin sangat baik di rumahnya sendiri, namun belum tentu lebih baik daripada tetangganya sendiri. Anda harus lebih dari apa yang Anda miliki. Anda harus pergi melampaui dunia ini.”

 

#38 “I think entrepreneurs… can think long term and find solutions and go in the way for long term solutions and not short-term.”

“Saya pikir para pengusaha … dapat berpikir jangka panjang dan menemukan solusi serta menghalangi solusi jangka panjang dan bukan jangka pendek.”

 

#39 “The only way you finish with poverty is with jobs.”

“Satu-satunya cara Anda menyelesaikan kemiskinan adalah dengan pekerjaan.”

 

#40 “In this new wave of technology, you can’t do it all yourself, you have to form alliances.”

“Dalam gelombang teknologi baru ini, Anda tidak dapat melakukan semuanya sendiri, Anda harus membentuk aliansi.”

 

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 08 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran Dalam Bisnis dan Iklan]

 

#41 “One of the big errors people are making right now is thinking that old-style businesses will be obsolete, when actually they will be an important part of this new civilization. Some retail groups are introducing e-commerce and think that the bricks are no longer useful. But they will continue to be important.”

“Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang saat ini adalah berpikir bahwa bisnis bergaya lama akan menjadi usang, padahal sebenarnya mereka akan menjadi bagian penting dari peradaban baru ini. Beberapa kelompok ritel mengenalkan e-commerce dan berpikir bahwa batu bata tidak lagi berguna. Tapi mereka akan terus menjadi penting.”

 

#42 “Anything that has privileges have responsibility and all people that is clear about their responsibility has compromise.”

“Apa pun yang memiliki hak istimewa memiliki tanggung jawab dan semua orang yang mengerti mengenai tanggung jawab, mereka melakukan kompromi.”

 

#43 “The people inside the group need to have some conditions to follow. We have a philosophy of leadership, ideas, and concepts. They need to share that.”

“Orang-orang di dalam kelompok perlu memiliki beberapa syarat untuk dipatuhi bersama. Kami memiliki filosofi kepemimpinan, gagasan, dan konsep. Mereka perlu berbagi semua hal itu.”

 

#44 “The fruit of wealth is income.”

“Buah dari kekayaan adalah penghasilan.”

 

#45 “The key is the Internet. The United States is by far the most advanced country in this new digital culture, so we have to be there. The Internet is the heart of this new civilization, and telecommunications are the nervous system, or circulatory system.”

“Kuncinya adalah Internet. Amerika Serikat adalah negara yang paling maju dalam budaya digital saat ini, jadi kita harus berada di sana. Internet adalah jantung dari peradaban baru ini, dan telekomunikasi adalah sistem saraf, atau sistem peredaran darah.”

 

#46 “It’s very important for leaders in business to work to create human capital, a team that has the same sense of purpose and alignment.”

“Sangat penting bagi para pemimpin dalam bisnis untuk bekerja menciptakan sebuah modal sumber daya manusia, sebuah tim yang memiliki tujuan dan keselarasan yang sama.”

 

#47 “Focus on essentials and try not to get distracted and bogged down by things that don’t add value to the bottom line.”

“Fokus pada hal-hal penting dan cobalah untuk tidak terganggu dan tertahan oleh karena hal-hal yang tidak memberi nilai tambah.”

 

#48 “With good perspective of history we can have a better understanding of the past and present, and thus a clear vision of the future.”

“Dengan perspektif sejarah yang baik, kita dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu dan masa sekarang, sehingga Anda memiliki visi yang jelas tentang masa depan.”

 

#49 “The combination of non-profit organizations like the foundations and profit businesses can work together in some areas.”

“Kombinasi organisasi nirlaba seperti yayasan dan bisnis berorientasi keuntungan dapat bekerja sama di beberapa daerah.”

Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim 09 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mencapai Kesuksesan Hidup Melalui Kata-kata Bijak John F. Kennedy]

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Famous Entrepreneurs. Carlos Slim Helu. Entrepreneurs.com – https://goo.gl/X9QoCc
  • Forbes. Carlos Slim Helu & Family. Forbes.com – https://goo.gl/FRwpNx
  • The Guardian. Nina Lakhani. 6 Desember 2015. Carlos Slim: Biography of Mexico’s Richest Man Penetrates ‘Cloak of Silence’. Theguardian.com – https://goo.gl/Jt8EXu
  • The Famous People. Carlos Slim Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/1feKsx
  • Joel Brown. 29 Maret 2017. Powerful Carlos Slim Quotes to Motivate You. Addicted2success.com – https://goo.gl/kzztAQ

 

Sumber Gambar:

  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 01 – https://goo.gl/jXvcba
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 02 – https://goo.gl/2NZAJ6
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 03 – https://goo.gl/XQqZXE
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 04 – https://goo.gl/F5qAqd
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 05 – https://goo.gl/4qHJ6W
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 06 – https://goo.gl/7ye99w
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 07 – https://goo.gl/UyYjKJ
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 08 – https://goo.gl/egx5hr
  • Kata-kata Bijak Carlos Slim 09 – https://goo.gl/4k7oBx

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim
Article Name
Bersantai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Carlos Slim
Description
Ambil waktu santai Anda sambil terus mengisi diri dengan berbagai informasi melalui kata-kata bijak Carlos Slim.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment