Tony Blair adalah mantan Perdana Menteri Inggris dengan masa periode jabatan terlama. Apa saja yang menjadi pandangan dan nilai-nilai kehidupan yang dapat kita teladani dari seorang Tony Blair? Mari simak ulasan mengenai pelajaran berharga dan kata-kata motivasi dari beliau, melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Anthony Charles Lynton Blair – Perdana Menteri Inggris Terlama

Bernama lengkap Anthony Charles Lynton Blair, beliau adalah mantan Perdana Menteri Britania Raya (Great Britain) dengan masa jabatan terlama, yakni sejak tanggal 2 Mei 1997 hingga 27 Juni 2007. Sebelum terjun ke dalam dunia politik, ayah dari Euan, Nicholas, Kathryn dan Leo ini adalah seorang ayah yang berprofesi sebagai seorang pengacara lulusan dari Oxford University. Tony Blair dikenal sebagai sosok yang berwawasan luas dan terbuka terhadap siapapun. Hal ini menjadi salah satu sikap positif yang membawanya kepada jenjang karier politik sebagai Perdana Menteri pada tahun 1997 dan menurut berita, ia terpilih sebagai Perdana Menteri Inggris termuda yang pernah terpilih pada saat itu.  

Mengambil Pelajaran dan Kata-kata Motivasi dari Perdana Menteri Inggris, Tony Blair 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Sandiaga Uno pemilik Saratoga, Adaro, Recapital Securities]

 

Selama 10 tahun, ia menjabat sebagai Perdana Menteri dan mencatat sejarah sebagai pejabat Perdana Menteri terlama di Inggris. Selain itu, beliau pun juga pernah dipercaya untuk menjabat sebagai First Lord of Treasury, Menteri Pelayanan Sipil Britania Raya dan Anggota Parlemen Britania Raya untuk daerah pemilihan Sedgefield di North East England. Tony Blair dipercaya sebagai pemimpin Partai Buruh pada tahun 1994 hingga tahun 2007 sejak kematian John Smith, dimana ia dikabarkan meninggal secara mendadak. Tony Blair menamai partainya tersebut dengan sebutan New Labour Party atau partai Buruh Baru dengan maksud sebagai suatu pendekatan publik untuk menarik massa lebih banyak lagi.  

Suami dari Cherie Booth yang dilahirkan di Edinburg pada tanggal 6 Mei 1953 ini, pernah membawa Partai yang ia pimpin, yakni Partai Buruh ke posisi pimpinan setelah 18 tahun berturut-turut pemerintah dikuasai oleh Partai Konservatif. Pada saat Pemilihan Umum tanggal 5 Mei 2005, Partai yang ia usung berhasil memenangkan suara mayoritas, dimana sebelumnya ia sempat mengumumkan sebuah janji kepada rakyat untuk tidak menaikkan pajak pendapatan rakyat. Pada saat mengumumkan janjinya tersebut, ia benar-benar tidak main-main dan menepati janjinya kepada rakyat untuk tidak menaikkan pajak pendapat rakyat ketika setelah terpuluh dan memenangkan banyak suara. Dalam masa jabatan kepemimpinannya sebagai Perdana Menteri, ia dikenal tidak hanya sebagai sosok pemimpin yang menepati setiap janjinya tetapi juga terbuka terhadap setiap perbedaan pendapat dan juga memiliki wawasan yang mampu menarik banyak simpatisan masyarakat untuk mendukung kepemimpinannya bahkan selama tiga periode berturut-turut dalam Pemilihan Umum, yakni pada tahun 1997, tahun 2001 dan tahun 2005, ia dipercaya untuk tetap memimpin Inggris.

Mengambil Pelajaran dan Kata-kata Motivasi dari Perdana Menteri Inggris, Tony Blair 03

[Baca Juga: Kisah Sukses Liliane Bettencourt, Pendiri L’Oreal]

 

Pada masa kepemimpinannya sebagai Perdana Menteri dalam empat tahun pertama, rakyat merasakan gaya kepemimpinan Tony Blair yang tegas dan juga cerdas. Penilaian ini didasarkan pada kontribusi Tony Blair dalam usahanya bernegosiasi untuk penyelesaian konflik Jumat Agung, dimana konflik itu telah berlangsung selama 30 tahun berturut-turut, yang kala itu terjadi di daerah Irlandia Utara.

Menurut sumber berita, konflik yang saat itu juga diikuti dengan peristiwa pengeboman dalam mobil atau biasa dikenal dengan Omagh Bombing, terjadi di antara kaum Katolik Minoritas dengan Kaum Protestan. Dalam melakukan negosiasi dengan pihak Anggota Real Irish Republican Army atau biasa disebut sebagai RIRA, terjadi suatu negosiasi yang cukup alot karena pihak RIRA menolak untuk mengadakan perdamaian. Namun oleh karena kegigihan Tony Blair dalam melakukan negosiasi dan perundingan untuk menyelesaikan pertikaian tersebut, akhirnya pihak RIRA mau menyatakan kesediaan untuk berdamai pada Bulan April 1998.

Hasil perundingan tersebut menetapkan bahwa wilayah utara akan diserahan kepada pihak Irlandia Utara, sedangkan pihak Republika Irlandia mendapatkan wilayah di bagian selatan. Tercatat bahwa dalam insiden pengeboman tersebut, terdapat setidaknya 29 orang yang tewas dan ratusan orang mengalami luka-luka. Alhasil dari keberhasilan Tony Blair dalam usaha negosiasinya untuk mengatasi konflik selama tiga dekade tersebut mengakibatkan nama dan reputasi Tony Blair semakin memuncak.

Tidak hanya itu saja, begitu banyak keberhasilan dan pencapaian yang ia alami sehingga membuat namanya semakin naik daun serta menciptakan suatu karisma yang mampu menarik banyak simpatisan untuk memilihnya kembali dalam pemilu-pemilu berikutnya. Berbagai pencapaian dan keberhasilan tersebut diantaranya terbukti dalam “hasil rapor” yang menunjukkan bahwa ia berhasil mendirikan badan perwakilan terpilih di Skotlandia dan Wales, mendirikan kerja sama secara politis dengan partai Demokrat Liberal dan usahanya dalam mengurangi jumlah pengangguran di Inggris.

Mengambil Pelajaran dan Kata-kata Motivasi dari Perdana Menteri Inggris, Tony Blair 04

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Sejarah mencatat bahwa pada Pemilu tahun 2005, untuk ketiga kalinya Tony Blair kembali meyakinkan rakyat Inggris untuk memilihnya lagi menjadi Perdana Menteri. Namun, kejayaannya menjadi seorang Perdana Menteri setelah periode masa jabatannya yang ketiga kali ini mulai mengalami penurunan saat Tony Blair menyatakan dukungannya kepada Amerika Serikat untuk menginvasi Afghanistan pada tahun 2001 dan juga Irak pada tahun 2003.

Banyak rakyat Inggris mengecam tindakan Tony Blair tersebut. Namanya yang tersohor semakin tercoreng dan popularitasnya sebagai pemimpin mulai merosot ketika tindakannya tersebut dinamakan sebagai kejahatan perang oleh Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad. Timbul berbagai polemik dan kontroversi kala itu dimana akibat tindakannya tersebut, setidaknya sebanyak 139 anggota parlemen menolak dengan sikap dukungan yang ditunjukkan Tony Blair terhadap Amerika Serikat tersebut.

Kredibilitas dan kepercayaan dari masyarakat mulai menurun terhadap Tony Blair akibat tindakannya yang dinilai kontroversial dan membunuh rakyat Afghanistan serta Irak. Dengan kemerosotan popularitasnya tersebut, alhasil pada pemilu berikutnya yang diadakan 2 tahun setelah itu di tahun 2007, Tony Blair tidak mendapatkan kepercayaan lagi dari masyarakat untuk memimpin Inggris sebagai Perdana Menteri. Tony Blair mengalami kekalahan atas Gordon Brown dengan perolehan suara yang tidak sebanyak pemilu-pemilu sebelumnya. Saat itu Gordon Brown yang menjabat sebagai Menteri Keuangan mendapatkan kepopuleran dan mendapatkan hati masyarakat melalui pencapaiannya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Inggris.

 

Masa-masa Jabatan Terakhir Tony Blair

Tony Blair mengakhiri masa jabatannya sebagai Perdana Menteri pada tanggal 27 Juni 2007. Kekalahannya dalam pemilu pada tahun 2007 yang membuat Gordon Brown menggantikannya sebagai pemimpin atas Inggris, lantas tidak membuatnya menjadi pribadi yang patah semangat.

Tony Blair pada Bulan Mei di tahun berikutnya, yakni di tahun 2008 mendirikan Tony Blair Faith Foundation. Di tahun berikutnya lagi, yakni di tahun 2009, Tony Blair – mantan Perdana Menteri Inggris dengan masa periode jabatan terlama ini – mendirikan Faith and Globalisation Initiative yang bekerja sama dengan Yale University, Durham University dan National University of Singapore.

Mengambil Pelajaran dan Kata-kata Motivasi dari Perdana Menteri Inggris, Tony Blair 05

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

 

Pencapaian dan Kesuksesan Tony Blair

  1. Memperkenalkan Standar Upah Minimum Nasional dan meningkatkannya sebesar £52
  2. Meningkatkan jumlah anggota polisi di Inggris dan Wales sebanyak lebih dari 14.000 personil.
  3. Adanya program pembangunan rumah sakit dan sekolah terbesar sejak berdirinya Yayasan Kesejahteraan Negara.
  4. Kembalinya 1.500 anak yang putus sekolah.
  5. Dimulainya Akademi Revolusi. Tercatat pada pertengahan tahun 2007, Inggris mendidik 400 sarjana.
  6. Daftar pasien rawat inap menurun sebanyak lebih dari setengah juta pasien sejak tahun 1997.
  7. Angka kriminalitas menurun sebanyak 32%.
  8. Meningkatkan dana pembiayaan pendidikan siswa Inggris.
  9. Menjamin keamanan kegiatan Olympic tahun 2012 dan Paralympic Games untuk London.
  10. Menghapus rezim brutal di Afganistan dan Irak.
  11. Memberikan dukungan berupa intervensi terhadap masalah hak kemanusiaan dan regulasi hukum di Bosnia, Kosovo, Timor Timur dan Sierra Leone.
  12. Jumlah pekerja dengan level tertinggi sepanjang masa.
  13. Meningkatkan jumlah pelayanan medis seperti perawat sebanyak lebih dari 85.000 dan para dokter sebanyak lebih dari 32.000.
  14. Meningkatkan kekuasaan Parlemen Skotlandia dan Welsh.
  15. Bantuan dana amal terkumpul sebesar £828 juta,
  16. Tercatat banyak siswa yang bersekolah dengan jenjang lebih tinggi.
  17. Memperkenalkan Komisi Kesetaraan dan Hak Asasi Manusia.
  18. Suku bunga KPR rendah.
  19. Cuti melahirkan meningkat menjadi 9 bulan bagi wanita yang bekerja.
  20. Pembayaran bahan bakar pada musim dingin kepada para pensiunan sebesar £200 & sampai £300 untuk usia di atas 80 tahun.
  21. Lebih dari 36.000 guru di Inggris dan 274.000 staf pendukung serta asisten pengajar.
  22. Memberi pekerja penuh waktu hak untuk 24 hari libur.
  23. Sebanyak satu juta pensiunan terangkat dari kemiskinan.
  24. Sebanyak 600.000 anak-anak terangkat dari kemiskinan.
  25. Membawa lebih dari 1 juta rumah sosial kepada standar yang lebih baik.
  26. Sungai, pantai, air minum dan udara terbersih sejak sebelum revolusi industri.
  27. Lisensi TV gratis untuk usia di atas 75 tahun.
  28. Screening kanker payudara gratis untuk semua wanita berusia 50-70 tahun.
  29. Membantu lebih dari 1,8 juta orang bekerja.
  30. Lebih dari 3 juta dana perwalian anak dimulai.
  31. Lebih dari dua kali lipat jumlah magang.
  32. Tiket gratis masuk ke museum dan galeri nasional.
  33. Anggaran bantuan luar negeri meningkat dua kali lipat.
  34. Kematian karena penyakit jantung turun sebesar 150.000 dan kematian akibat kanker turun sebesar 50.000.
  35. Potong pengangguran pemuda jangka panjang sebesar 75%.
  36. Tempat perawatan dan penitipan gratis untuk anak berusia tiga dan empat tahun.

 

Mengambil Pelajaran dan Kata-kata Motivasi dari Perdana Menteri Inggris, Tony Blair 06

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

Kata Bijak dan Motivasi Tony Blair

#1 “Whatever the dangers of the action we take, the dangers of inaction are far, far greater.”

Apapun bahaya dari tindakan yang kita ambil, bahaya dari tidak mengambil tindakan akan jauh, jauh lebih besar.

 

#2 “Sometimes it is better to lose and do the right thing than to win and do the wrong thing.”

Terkadang lebih baik kehilangan dan melakukan hal yang benar daripada menang dan melakukan hal yang salah.

 

#3 “The art of leadership is saying no, not saying yes. It is very easy to say yes.”

Seni kepemimpinan mengatakan tidak, tidak mengatakan iya. Sangat mudah untuk mengatakan ya.

 

#4 “Mine is the first generation able to contemplate the possibility that we may live our entire lives without going to war or sending our children to war.”

Tambang adalah generasi pertama yang bisa merenungkan kemungkinan bahwa kita bisa menjalani seluruh hidup kita tanpa harus berperang atau mengirim anak-anak kita ke medan perang.

 

#5 “I didn’t come into politics to change the Labour Party. I came into politics to change the country.”

Saya tidak masuk ke politik untuk mengubah Partai Buruh. Saya masuk politik untuk mengubah negara ini.

 

#6 “And just as the terrorist seeks to divide humanity in hate, so we have to unify it around an idea. And that idea is liberty.”

Dan sama seperti teroris berusaha membagi manusia dalam kebencian, jadi kita harus menyatukannya di sekitar sebuah gagasan. Dan gagasan itu adalah kebebasan.

 

#7 “Education is the best economic policy there is.”

“Pendidikan adalah kebijakan ekonomi terbaik yang ada.”

 

#8 “Human progress has never been shaped by commentators, complainers or cynics.”

Kemajuan manusia tidak pernah dibentuk oleh para komentator, complainers atau sinis.

 

#9 “You know, one of the things I’ve learnt since coming out of office is how much easier it is to give the advice than take the decision. I mean, you know, it’s tough.”

Anda tahu, salah satu hal yang telah saya pelajari sejak keluar dari kantor adalah betapa mudahnya memberi nasihat daripada mengambil keputusan. Maksudku, kau tahu, itu sulit.

 

#10 “Be a doer and not a critic.”

Jadilah pelaku dan bukan kritikus.

 

#11 “Power without principle is barren, but principle without power is futile. This is a party of government and I will lead it as party of government.”

Kekuasaan tanpa prinsip adalah tandus, tapi prinsip tanpa kekuatan itu sia-sia. Ini adalah pesta pemerintahan dan saya akan memimpinnya sebagai partai pemerintahan.

 

#12 “You only require two things in life: your sanity and your wife.”

Anda hanya memerlukan dua hal dalam hidup: kewarasan dan istrimu.

 

#13 “The spread of freedom is the best security for the free.”

Penyebaran kebebasan adalah keamanan terbaik untuk kebebasan.

 

#14 “Extend the hand of friendship.”

Perluas tangan persahabatan.

 

#15 “Our new world rests on order. The danger is disorder. And in today’s world, it can now spread like contagion.”

Dunia baru kita bertumpu pada ketertiban. Bahayanya adalah kekacauan. Dan di dunia sekarang ini, sekarang bisa menyebar seperti penyakit menular.

 

Temukan berbagai motivasi dan inspirasi melalui setiap cerita serta kisah atau biografi dari orang-orang sukses dunia dalam setiap artikel Finansialku yang disajikan bagi Anda. Berikan tanggapan atau komentar Anda melalui kolom yang terdapat di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Biography. Tonyblairoffice.org – https://goo.gl/Z9Yv9V
  • Admin. 12 Maret 2015. 41 Powerful Quotes by Tony Blair. Quotesigma.com – https://goo.gl/3RGPrb
  • Tom Gallagher. Tony Blair – Prime Minister of United Kingdom. Britannica.com – https://goo.gl/jt13p7
  • Admin. Tony Blair Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/dMwgDi

 

Sumber Gambar:

  • Tony Blair – https://goo.gl/ql5WJr
  • Tony Blair Texted Rebekah Brooks –  https://goo.gl/cG9Np5
  • Men Anthony Charles Lynton Blair Face Glance Black – https://goo.gl/fVyMSB
  • Tony Blair – https://goo.gl/xUgzCy
  • Serious Tony Blair – https://goo.gl/iRGJ0C
  • Blair – https://goo.gl/FbN3WX

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana