Kata-kata mutiara tentang mengelola keuangan membahas 10 nasehat dalam mengelola keuangan. Praktekkan nasehat-nasehatnya dan hidup lebih sejahtera. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Mengelola Keuangan Keluarga dan Individu

Mengelola keuangan keluarga dan individu bukalah pekerjaan yang mudah. Kami di Finansialku.com meyakini dalam mengelola keuangan terdapat unsur seni (art), logika (logic) dan ilmu keuangan (personal finance). Banyak orang mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan, bukan karena mereka tidak mau tetapi merek tidak tahu caranya.

Kata Kata Mutiara tentang Mengelola Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?

 

Berikut ini 10 kata kata mutiara tentang mengelola keuangan, yang diberikan oleh para ahli keuangan dunia. Silahkan pelajari, pahami dan praktekkan. Semoga Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih baik dan hidup lebih sejahtera

 

10 Kata Kata Mutiara tentang Mengelola Keuangan

Berikut ini 10 kata-kata mutiara tentang mengelola keuangan:

 

Mengelola Arus Kas

Orang yang dapat mengendalikan arus kas (cash flow), adalah orang yang memiliki kekuatan.

Mark W Boyer

 

Pesan: Mark W Boyer menyarankan agar kita, selalu memiliki kendali atas keuangan kita. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar kita dapat memegang kendali adalah dengan membuat anggaran keuangan dan catatan keuangan harian.

 [Baca Juga: Infografis: 5 Langkah Mengelola Arus Kas Keuangan Anda]

 

Hati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil dapat menenggelamkan kapal besar.

Benjamin Franklin

 

Pesan: Benjamin Franklin mengingatkan kita agar senantiasa memperhatikan pengeluaran-pengeluaran kecil, contoh: pengeluaran untuk parkir, minum kopi dan bersosialisasi, pengeluaran untuk belanja online dan lainnya. Masih ingat pribahasa yang mengatakan: sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

 

 

Mengelola Utang

Jika Anda belum memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan (money management), gunakan kartu debit terlebih dahulu, agar Anda tidak boros dan menumpuk utang dengan kartu kredit.

T. Harv Eker

 

Pesan: Kartu kredit boleh diibaratkan seperti pisau bermata dua, artinya kartu kredit dapat membantu Anda (diskon, mempermudah pembayaran, penawaran spesial dan lainnya) dan juga dapat membunuh Anda (utang kartu kredit yang menumpuk). Kebanyakan orang tidak bisa memanfaatkan kartu kredit dengan benar, sehingga mereka terjerat dalam utang kartu kredit.

[Baca Juga: TTS: Cara Benar Mengelola Keuangan Pribadi]

 

Tidak ada jalan pintas, jika Anda ingin keluar dari utang.

Dave Ramsey

 

Pesan: Seseorang memerlukan waktu, proses, kesabaran dan strategi untuk dapat keluar dari jeratan utang. Gunakan utang untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif. Utang konsumtif dapat menjadi racun dan menimbulkan masalah keuangan. Sebelum memutuskan untuk berutang, pastikan Anda mengetahui cara membayar utang tersebut. 

 

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai manfaat mengatur keuangan. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Merencanakan Keuangan

Perencanaan keuangan yang benar, seperti membuat anggaran, menabung untuk dana darurat, berinvestasi, menyiapkan biaya untuk masa pensiun dapat membantu Anda hidup lebih sejahtera, meskipun ada badai keuangan.

Ben Bernanke

Infographic Tujuan Perencanaan Keuangan - Black - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Fungsi dan Manfaat Merencanakan Keuangan]

 

Pesan: perencanaan keuangan berfungsi untuk memandu Anda, dalam melangkah dan mewujudkan tujuan-tujuan keuangan di masa yang akan datang. Tanpa adanya perencanaan keuangan, seseorang akan kesulitan dan tidak memiliki arah dalam mengelola keuangannya. Perencanaan keuangan memungkinkan Anda dapat mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini, mengetahui target atau tujuan Anda di masa yang akan datang, serta strategi-strategi untuk dapat mewujudkannya. 

Sudahkah Anda memiliki rencana keuangan? Jangan lewatkan kesempatan yang sekarang Anda miliki, segeralah membuat rencana keuangan.

 

Menabung dan Berinvestasi

Sebelum Anda membayar orang lain (belanja, biaya sewa rumah, cicilan dan lain sebagainya), pastikan Anda membayar diri Anda terlebih dahulu.

Green Stickman

 

Pesan: Green Stickman, menyarankan agar kita harus bersikap egois. Sebelum membayar orang lain, bayar diri sendiri terlebih dahulu. Biasakan untuk selalu menabung dan berinvestasi, setelah Anda menerima gaji. Jadi sebelum gaji Anda habis untuk belanja, gunakan terlebih dahulu untuk menabung dan berinvestasi.

[Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Online

 

Bunga ber bunga adalah keajaiban dunia yang kedelapan. Siapa saja yang memahami akan mendapatkannya. Siapa saja yang tidak memahami, akan membayarnya.

Albert Einstein

 

Pesan: Bunga ( interest rate) adalah senjata yang sangat ampuh. Kekuatan ber bunga dalam investasi dapat membuat seseorang menjadi lebih kaya. Sebaliknya orang yang berutang dan terkena bunga ber bunga dapat menjadi bangkrut. Manfaatkan kekuatan bunga berbunga untuk dapat memaksimalkan kesejahteraan Anda. 

[Baca Slide: Mengenal Reksadana untuk Pemula]

 

Semakin banyak uang yang bekerja untuk Anda, semakin sedikit waktu yang Anda keluarkan untuk bekerja mendapatkan uang.

Idowu Koyenikan

 

Pesan: Investasi membuat uang Anda dapat bekerja untuk Anda. Suatu saat setelah investasi Anda bekerja, maka Anda tidak perlu lagi bekerja untuk mendapatkan pemasukan. Mulailah berinvestasi dengan berinvestasi pada pendidikan keuangan. Ingat investasi tidak melulu pada produknya, tetapi juga harus memahami strateginya. 

 

Literasi Keuangan

Ketika berbicara mengenai uang, acuh bukanlah sikap yang baik. Apa yang Anda tidak ketahui dapat menyakitkan Anda.

Sandra S. Simmons

 

Pesan: Banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari terkait dengan keuangan. Salah satu contoh, banyak kasus orang-orang kaya yang mendadak bangkrut, karena sakit dan tidak memiliki asuransi. Banyak kasus orang – orang masih bekerja pada saat pensiun, karena tidak memiliki uang untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu tingkatkan pengetahuan Anda di bidang keuangan.

[Baca Juga: Pendidikan Keuangan sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal]

 

Jangan sia-saiakan kesalahan. Dapatkan pelajaran dan pengalaman dari kesalahan tersebut.

Robert Kiyosaki

 

Pesan: Dalam mengelola keuangan, seringkali kita melakukan kesalahan. Salah dalam menentukan strategi investasi, salah dalam mengelola keuangan dan kartu kredit, salah dalam membeli produk ausransi dan lain sebagainya. Cari hikmah dan pelajari dari kesalahan-kesalahan tersebut, karena Anda akan menjadi orang yang lebih berpengalaman.

 

Hidup Lebih Sejahtera

Selamat, Anda telah berhasil mengetahui 10 kata kata mutiara dalam mengelola keuangan. Setelah Anda mengetahui resepnya, tidak ada jaminan Anda lebih sejahtera. Langkah selanjutnya adalah mulai praktekkan ke sepuluh nasehat tersebut. Semoga Anda dapat hidup lebih sejahtera dan lebih bersyukur.

 

Semoga kata kata mutiara di atas, dapat memberikan inspirasi dan cara untuk hidup lebih sejahtera.

 

Sumber Gambar:

  • Household Budgeting – http://goo.gl/ywC9wL

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang