Menyampaikan kata-kata perpisahan kerja bisa menjadi pemberian terakhir yang mengesankan sera menunjukkan apresiasi terhadap rekan atau atasan. 

Nah, untuk mengetahui rangkaian kata yang berkesan, silakan simak ulasan artikel berikut sampai habis!

 

Summary:

  • Kata-kata perpisahan kerja merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap sesama rekan serta dapat menjaga hubungan baik. 
  • Selain menyiapkan kata-kata, kamu juga bisa memilih cara menyampaikannya baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Peduli dengan Rekan Kerja

Tiap orang tidak akan selamanya bekerja di sebuah kantor. Mereka bisa saja harus berhenti bekerja atau dipindah tugaskan. 

Perpisahan kerja bisa menjadi momen mengharukan dengan teman satu divisi. Terlebih jika mereka berhenti karena pensiun.

Sebagai pemberian terakhir, kamu bisa menyampaikan ungkapan perpisahan pada atasan atau rekan kerja. Mereka pasti akan senang dengan kepedulianmu.

Kali ini, Finansialku akan memberikan rekomendasi kata-kata perpisahan kerja yang berkesan untuk atasan dan rekan kerja. Yuk, simak sama-sama!

 

Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan & Menyentuh Hati

Menyampaikan ungkapan perpisahan pada rekan atau atasan yang berhenti dari pekerjaannya, akan membuat mereka tetap kuat dan termotivasi untuk mencapai hal-hal baru di luar sana.

Nah, berikut adalah rekomendasi kata-kata perpisahan kerja untuk beberapa kondisi:

 

#1 Kata-kata Perpisahan dengan Rekan Kerja

Yuk, simak kata-kata perpisahan kerja untuk rekan kerja berikut ini:

  1. Anda telah menjalankan banyak hal besar di sini. Saya bangga pernah menjadi rekan satu tim Anda. Semoga Anda mencapai hal-hal baru di masa mendatang—meski bukan di sini.
  1. Saya merasakan dua perasaan berbeda ketika mendengar Anda akan resign. Di satu sisi, saya sedih melepas Anda. Di sisi lain, saya senang Anda menemukan kesempatan baru yang mendukung Anda selangkah lebih maju.
  1. Sampai jumpa! Semoga nanti ketika kita bertemu, kita sudah sama-sama berada di titik terbaik dalam hidup kita.
  1. Saya berharap pertemanan kita bertahan sampai kapanpun walaupun akan jarang bertemu. Saya senang menjadi teman Anda.
  1. Saya merasa, Anda adalah salah satu rekan kerja yang suportif. Terima kasih telah memberi saya dorongan, mengajarkan menghargai diri, dan memacu agar tetap tumbuh.
  1. Terima kasih sudah menjadi rekan yang hebat. Meskipun pada akhirnya saya harus melepas Anda, saya tetap bahagia karena Anda menemukan jalan yang besar. Jangan ragu hubungi saya ketika butuh bantuan nanti!
  1. Semoga Anda sukses di tempat kerja baru. walaupun intensitas mengobrol akan berkurang, tetap jaga komunikasi, ya!
  1. Terima kasih telah menjadi teman yang menyenangkan. Sekarang, saatnya Anda mengejar hal baru di luar sana. Semoga ada kesempatan untuk kita bertemu dan bercerita seperti kemarin.
  1. Kamu mengajarkan banyak hal. Semoga Tuhan selalu memberkati langkahmu dengan bunga-bunga.
  1. Kamu membawa suasana kerja yang hangat di kantor ini. senang bisa mengenalmu. Semoga kita masih punya kesempatan untuk bertemu di masa mendatang.
  1. Perpisahan memang selalu pahit. Tapi saya berharap semoga semua kondisi berubah menjadi manis nantinya. Selamat jalan dan semoga sukses, Bro’s!
  1. Semoga Anda makin bersinar di tempat kerja baru. Saya akan mendukungmu dari sini.
  1. Aku akan merindukanmu. Meja kerjamu juga mungkin akan merindukanmu setelah ditinggalkan. Jangan ragu untuk menghubungiku lagi. Aku temanmu sampai kapan pun.
  1. Anda telah bekerja keras untuk tim selama ini. saya berharap, Anda mendapat jenjang karir yang bagus di tempat yang baru. Semoga Anda selalu berhasil dengan segala hal yang Anda inginkan.
  1. Terima kasih telah menjadi rekan kerja yang baik. Kamu tidak akan dilupakan siapapun, bahkan oleh kucing kantor ini.

[Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Natal Untuk Orang-orang Tercinta]

 

#2 Kata-kata Perpisahan Kerja untuk Atasan

Berikut adalah kata-kata perpisahan kerja untuk atasan:

  1. Anda memberi saya perspektif baru sebagai pekerja profesional. Saya tidak akan lupa dengan dedikasi Anda di tim ini. Semoga Anda sukses di luar sana.
  1. Anda adalah tipe atasan yang sulit dilupakan. Semua yang Anda lakukan di sini akan membekas di hati karyawan.
  1. Anda memiliki ruang lebih di hidup kami. Bukan hanya sebagai atasan, melainkan mentor yang selalu membimbing kami. Semoga Anda selalu bersuka cita di masa mendatang dengan orang-orang yang Anda bawahi nanti.
  1. Selamat jalan, Pak/Bu (nama atasan). Saya berharap dipertemukan lagi dengan Anda. semoga semua harapan Anda diwujudkan Tuhan.
  1. Anda membuat semua karyawan nyaman. Tapi, sayangnya kini Anda harus pergi. Kami senang Anda menemukan kesempatan yang lebih baik. Semoga Anda menemukan hal-hal luar biasa di tempat kerja baru.
  1. Anda memimpin tim dengan brilian. Besok-besok, mungkin saya akan mendengar prestasi Anda di perusahaan baru. Sukses selalu, Bos!
  1. Saya menjadi lebih tekun sejak gabung dalam tim Anda. Terima kasih telah membantu saya menemukan ritme kerja yang menyenangkan.
  1. Anda memang bos untuk saya. Tapi, saya sadar, ketika Anda pergi, saya juga kehilangan teman. Selamat jalan, Bapak/Ibu (nama atasan). Semoga sukses.
  1. Bekerja dengan Anda membuat saya aman dan bahagia. Anda selalu membuka komunikasi dua arah sehingga semua proyek selesai dengan benar. Semoga kita bertemu lagi di kesempatan kerja yang baru, pak/Bu (nama atasan).
  1. Anda adalah salah satu atasan paling berkesan untuk saya. Alih-alih memerintah, Anda merangkul semua anggota tim agar tetap kompak dan produktif. Semoga impian Anda terwujud. Aamiin.

[Baca Juga: 40+ Ucapan Graduation Lengkap dengan Bahasa Inggrisnya]

 

#3 Kata-kata Perpisahan Kerja Menyentuh Hati

Berikut adalah ungkapan bentuk perpisahan yang menyentuh hati:

  1. Kamu selalu menjadi teman yang baik, pembangun semangat, dan rekan yang bisa diandalkan. Semoga kita bisa tetap berhubungan baik sampai kapan  pun.
  1. Kamu menyelesaikan tiap tugas dengan benar. Sekarang, kamu menjemput tugas baru di luar sana dengan jutaan mimpi. Semoga satu per satu mimpi itu tercapai tepat waktu.
  1. Kamu sangat percaya diri. Dan itulah yang membawamu ke kesempatan sekarang. Semoga selalu bahagia, (panggilan akrab)!
  1. Tetaplah melangkah. Kamu tidak akan kalah oleh kerikil. Buktikan bahwa kamu sekuat yang aku kira. Semangat!
  1. Kamu selalu membawa hal-hal baik selama ini. jangan ragu untuk mengirim pesan jika ingin bertemu.
  1. Selamat untuk pekerjaan barumu. Saya berharap kita akan bertemu lagi. Siapa tahu nanti kita jadi tetangga—atau besan.
  1. Saya merasa bangga bisa bekerja sama dengan Anda. tidak hanya cerdas, tapi juga tekun saat mengerjakan proyek. Semoga hubungan kita tetap seperti biasa.
  1. Kami akan merindukanku, ruangan ini akan merindukanmu. Jaga baik-baik dirimu di luar sana. Semoga hari-harimu nanti sama berwarnanya seperti saat di sini.
  1. Semoga kamu mendapat berkah Tuhan di mana pun. Semoga, di mana pun kamu bertugas, kamu akan dipertemukan dengan orang-orang baik.
  1. Kamu telah mendapat kesempatan barik. Dan pilihanmu juga tepat karena menerimanya. Kamu melakukan banyak hal berguna selama ini. semoga bertahan selamanya, ya!
  1. Terima kasih telah menjadi teman yang  baik dan mendukung semua prinsipku. Kamu hebat dalam hal kemanusiaan dan pekerjaan. Bravo!
  1. Kamu akan menemukan kembali hal-hal hebat di luar sana. Hari ini kamu membuktikan bahwa dinding kantor tidak membatasi peluangmu di tempat lain.
  1. Kamu selalu membawa suasana yang menyenangkan di sini. Saya senang kenal, dekat, dan berada satu tim dengan kamu. Semoga kamu bertahan semua sifat positif itu.
  1. Setelah ini, kamu bukan lagi teman satu timku. Tapi, bukan berarti kamu bukan tema di hidupku. Semoga kamu sukses dengan kesempatan baru yang didapat!
  1. Anda adalah pimpinan yang baik dan membuat saya salut. Saya selalu berusaha agar menjadi orang sebaik Anda. Sayangnya, hari ini Anda pindah. Semoga Anda bisa mencapai hal baru di luar sana.

 

Cara Menyampaikan Perpisahan Kerja

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menyampaikan kata-kata perpisahan kerja, antara lain:

 

#1 Kartu Ucapan

Selain menyampaikan ungkapan perpisahan secara langsung, kamu juga bisa menuliskannya lewat kartu ucapan. 

Kamu tidak harus membuat kartu ucapan ke semua karyawan yang mengundurkan diri. Cukup buat kartu ini untuk teman kerja yang dekat saja.

Supaya makin berkesan kamu bisa menyertainya dengan bingkisan kecil yang tahan lama sebagai bentuk kenang-kenangan. Misalnya jam tangan, dasi, atau earphone wireless.

Tapi sebaiknya kamu sesuaikan kembali dengan kondisi keuangan jika berencana untuk membeli bingkisan atau gift tersebut. Jangan sampai kamu memaksakan keadaan yang membuat keuangan jadi berantakan.

 

#2 Email

Email merupakan cara termudah untuk menyampaikan ungkapan perpisahan. Kamu bisa menyampaikan email ini ke tiap teman yang resignCara ini juga bisa mempertahankan komunikasi.

[Baca Juga: Cara Menulis Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar]

 

#3 Menyampaikan Secara Langsung

Jika kamu sangat dekat dengan teman kerja, kamu bisa menyampaikan ungkapan perpisahan kerja secara langsung.

Agar tidak terlalu sedih, silakan ajak mereka keliling kota sejenak atau makan di tempat favorit untuk mengungkapkannya. Cara ini sangat cocok untuk rekan kerja yang dekat dengan kamu.

 

#4 Pesta Perpisahan

Jika sudah bekerja cukup lama, biasanya teman kantor akan mengadakan pesta kecil untuk rekan yang pindah atau mundur. 

Di sini, setiap anggota tim bisa menyampaikan kata-kata perpisahan kerja. Di akhir acara, kalian bisa foto bersama sebagai kenang-kenangan.

 

Tetap Menjaga Hubungan Baik

Kata-kata perpisahan kerja cukup penting kita sampaikan kepada rekan atau atasan yang pindah tugas atau berhenti kerja. Mereka akan merasa dihargai jika kamu menyiapkannya.

Selain menjaga hubungan baik dengan mantan teman kerja, hal penting lainnya yang  juga harus kamu lakukan adalah memastikan kondisi keuanganmu agar tetap sehat.

Caranya, kamu bisa lakukan Financial Check Up terlebih dahulu di melalui website Finansialku. Nantinya, akan muncul skor yang menunjukan sejauhmana kesehatan keuanganmu saat ini. 

Jika ternyata hasilnya tidak baik-baik saja, kamu bisa langsung konsultasikan bersama Perencana Keuangan Finansialku. Untuk mendapat solusi dan strategi terbaik dalam menyelesaikan permasalahan keuanganmu. Selamat mencoba…

Banner Iklan FCU - PC

 

Itulah kata-kata perpisahan kerja yang dapat kamu gunakan. Jangan lupa bagikan aritkel ini kepada keluarga dan teman-teman lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ari A. Santosa 

Sumber Referensi: 

  • Billy Aditya. 10 Juli 2021. 30 Kata-Ka ta tentang Perpisa han Rekan Kerja dan Atasan, Bikin Hati Tersentuh. Merdeka.com -https://bit.ly/3Y2CxR2
  • Hendi Abdurahman. 07 Oktober 2022. 40 Kata Kata Perpisahan Kerja Yang Menyentuh Hati, Bikin Haru Dan Menitikkan Air Mata. Berita.99.co – https://bit.ly/3P4oMxf
  • Maria Tri Handayani. 29 September 2022. Tips Menyampaikan Kata-ka ta Per pisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya. Ekrut.com – https://bit.ly/3XYdSx7