Wisata Kawah Putih bisa menjadi destinasi yang tepat untuk menikmati quality time bersama keluarga atau kerabat dekat.

Namun, biasanya, akhir pekan bisa membuat dompet kita menipis. Karena itu, cek dulu apa saja yang bisa dilakukan di Kawah Putih dan besaran biaya yang diperlukan di artikel ini, yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pesona Keindahan Wisata Kawah Putih

Kawah Putih termasuk tempat wisata yang paling diminati wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Pasalnya, wisata Kawah Putih menyajikan pemandangan danau yang memiliki air berwarna putih. Belum lagi, kawah ini dikelilingi oleh hutan mati berupa pepohonan kering ditambah dengan kabut yang kerap kali menyelimutinya.

Hmm, seperti di dalam kisah dongeng, bukan?

Daya tarik wisata yang berada di jalur wisata Ciwidey – Patenggang ini tak lepas dari sejarahnya.

Seperti halnya tempat wisata alam lainnya, Kawah Putih pun memiliki kisah yang melatarbelakanginya. Walaupun bisa dijelaskan secara ilmiah, masyarakat setempat masih ada yang percaya tentang mitos atau legenda.

Kawah Putih merupakan bagian dari Gunung Patuha. Awalnya, tempat ini tidak diketahui masyarakat sekitar. Mereka beranggapan bahwa tempat ini angker, karena setiap burung yang terbang ke daerah tersebut pasti mati. Aura mistis pun sangat kuat.

Cek Destinasi Wisata Kawah Putih 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan]

 

Semuanya terjawab ketika seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn datang ke kawasan tersebut untuk melakukan penelitian.

Ketika sampai di puncak gunung, ia melihat kawah yang memiliki air berwarna putih kehijauan dengan semburan lava di atasnya dan bau belerang yang menyengat. Terungkaplah alasan mengapa burung yang melintasi daerah tersebut akan mati.

Sejak saat itu, kawah yang berada pada ketinggian 2090 meter di atas permukaan laut ini dikembangkan sebagai tempat wisata yang eksotis dan menarik seperti sekarang ini.

Ngomong-ngomong, dananya sudah ada belum untuk berkunjung ke tempat wisata Kawah Putih? Perlu dipersiapkan lho, apalagi kalau Anda membawa keluarga tercinta ke sana.

Jangan sampai liburan Anda dan keluarga terganggu karena tidak memiliki uang yang cukup.

Namun, tenang! Semuanya bisa diatasi! Aha! Aplikasi Finansialku hadir untuk Anda dalam membantu merencanakan dan menghitung kebutuhan dana liburan.

 

Hebatnya, Anda bisa bertanya kepada ahli keuangan melalui menu Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku. Jadi, ketika Anda mengalami permasalahan tentang keuangan, tidak hanya dana liburan saja, Anda akan mendapatkan jawaban dari permasalahan Anda.

Coba dan rasakan sendiri manfaatnya!

 

Oh ya, ebook ini juga cocok untuk Anda baca yaitu Perencanaan Keuangan Usia 30 Tahun. Ini akan bermanfaat sebagai pelengkap dalam merencanakan keuangan Anda!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

TO Do List Terbaik di Kawah Putih

Nah, saking menariknya wisata Kawah Putih, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketimbang hanya duduk-duduk saja:

 

#1 Mengabadikan Momen Dengan Berfoto

Abadikan momen Anda di Kawah Putih dengan sebuah foto. Indahnya pemandangan tidak boleh dilewatkan. Jangan lupa untuk mengabadikannya melalui jepretan kamera.

Suasana yang berkabut membuat hasil foto menjadi lebih dramatis.

Ditambah lagi, Anda akan memiliki kenangan dengan Kawah Putih dan orang-orang yang sedang bersama Anda di sana.

Cek Destinasi Wisata Kawah Putih 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Ajak Pasangan Kamu Liburan Ke Jepang Dengan Investasi Reksa Dana]

 

Seperti kata pepatah, A picture worth a thousand words. Foto yang Anda ambil bisa mengungkapkan ribuan kata yang tak terucap. Ini bisa lebih bermakna ketimbang ingatan manusia yang sering kali lupa.

 

#2 Berendam di Pemandian Air Panas

Menikmati waktu dengan berendam di pemandian air panas memang terbukti menghilangkan penat. Di sekitar kawasan wisata Kawah Putih, Anda bisa mengunjungi pemandian air panas Ciwalini atau Cimanggu.

Kedua pemandian air panas ini menyuguhkan pemandangan yang menyegarkan mata ketika Anda berendam.

Selain bisa membuat pikiran lebih fresh, pemandian air panas pun bisa membuat kulit Anda lebih sehat.

Pasalnya, kandungan sulfur dan belerang yang terkandung pada air dan panas bumi dari Gunung Patuha sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

 

#3 Berpetualang di Perkebunan Teh

Hamparan kebun teh menjadi pemandangan di sepanjang perjalanan menuju Kawah Putih. Hijau biasanya identik dengan suasana tenang.

Jika Anda tipe orang yang senang mencoba hal-hal baru, Anda bisa turun dari kendaraan Anda untuk menginjakkan kaki di perkebunan teh. Jangan lupa untuk menyapa para pemetik teh, ya.

Jika beruntung, Anda akan mendapat kesempatan belajar memetik daun teh, lho.

 

#4 Menikmati Kudapan Khas Negeri Priangan

Bumi Priangan terkenal akan kulinernya yang beragam, mulai dari jajanan sampai makanan berat.

Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat yang banyak tersedia di sekitar kawasan wisata Kawah Putih. Bandrek atau Bajigur, misalnya.

Menikmati minuman tersebut bisa menghangatkan tubuh Anda sambil bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Apalagi jika ditambah jagung bakar. Ya, kan?

 

#5 Menginap di Sekitar Kawasan Kawah Putih

Penginapan di sekitar kawasan Kawah Putih sangat banyak bertebaran. Anda bisa memilih penginapan yang menyajikan pemandangan alam. Ada baiknya, Anda bersantai di penginapan setelah seharian berwisata di Kawah Putih.

Tempat Wisata Jawa Barat 14 Gunung Pancar - Finansialku

[Baca Juga: Simak 10 Cara Booking Hotel Murah Ala Finansialku Ini]

 

Pilihan penginapannya banyak sekali. Selain hotel, Anda juga bisa mencoba bagaimana rasanya camping di Glamping Lakeside yang jaraknya tak jauh dari Kawah Putih.

Ini bisa memulihkan fisik Anda sebelum kembali ke rutinitas di hari Senin-nya.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Putih

Saking asyiknya merencanakan liburan ke kawasan wisata Kawah Putih, jangan sampai Anda lupa tentang budget. Jangan sampai uang habis begitu saja tanpa terasa, saking asyiknya berlibur.

Nah, supaya Anda tidak lantas ‘jatuh miskin’ setelah berlibur, akan lebih baik jika Anda bisa menuliskan budget dan pengeluaran selama di sana dengan aplikasi Finansialku. Ini bisa membantu Anda supaya tetap keep on track.

Aplikasi ini bisa di-download secara gratis di Google Play Store melalui link di bawah ini, ya.

Ngomong-ngomong soal budget, Anda pun perlu mengetahui besaran biaya tiket masuk ke tempat wisata Kawah Putih. Wisatawan domestik akan dikenakan biaya sebesar Rp20 ribu per orang. Sedangkan wisatawan asing dibanderol Rp75 ribu per orang.

Selain tiket, Anda pun perlu menentukan juga apakah Anda akan menginap atau tidak. Jika menginap, tentunya Anda perlu membuat budget untuk biaya penginapannya.

Untuk menuju ke tempat wisata Kawah Putih, Anda pun perlu menyiapkan dana transportasi.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus memperhitungkan berapa biaya bensin dan tiket parkir yang dibutuhkan. Atau bisa saja Anda mempertimbangkan Paket Wisata yang ditawarkan oleh agen tour and travel.

Tiket parkir di tempat wisata ini dibagi menjadi dua, yaitu parkir atas dan parkir bawah. Parkir atas untuk kendaraan roda 4. Letaknya tak jauh di samping kawah putih, sehingga Anda tak perlu naik ontang-anting untuk sampai ke atas. Tarifnya cukup lumayan besar, yaitu sebesar Rp150 ribu.

Sedangkan parkir bawah untuk kendaraan roda 2 yang dikenakan tarif Rp3 ribu, roda 4 dikenakan Rp6 ribu, dan roda 6 sebesar Rp25 ribu. Letaknya dekat pintu masuk. Anda harus menaiki ontang-anting untuk sampai ke atas.

Hal itu menambah biaya lagi karena dikenakan tarif Rp15 ribu per orang.

Cek Destinasi Wisata Kawah Putih 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Rekomendasi 10 Tempat Honeymoon Bandung yang Indah dan Romantis]

 

Jangan lupa pula bahwa di dalam tempat wisata Kawah Putih, ada sebuah jembatan yang bisa menjadi spot foto Instagramable. Jembatan Skywalk, namanya.

Anda yang berkunjung ke tempat ini mesti berfoto di jembatan ini. Namun, ada biaya yang dikenakan, yaitu sebesar Rp5 ribu per orang.

 

Rencanakan Liburan Anda dengan Finansialku

Ternyata, banyak juga ya biaya yang dikeluarkan untuk liburan di kawasan wisata ini. Walaupun begitu, jangan sampai Anda teledor dalam menggunakan uang saking terpesonanya dengan pemandangan di Kawah Putih.

Niatnya menenangkan pikiran, eh ternyata malah stres gara-gara uang. Karena itu, akan lebih baik jika Anda bisa mengatur keuangan selama liburan.

Buat Anda yang tidak terlalu pandai dalam mengatur keuangan, jangan khawatir. Fitur-fitur dalam Aplikasi Finansialku akan membantu Anda supaya bisa mewujudkan liburan yang tidak membuat Anda stres.

 

Anda sudah mengecek destinasi wisata Kawah di Ciwidey dan besaran biaya yang diperlukan. Ini bisa menjadi gambaran untuk anggaran yang perlu dipersiapkan untuk berlibur di tempat wisata ini.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda share artikel ini supaya rekan atau keluarga Anda yang berencana berlibur ke Kawah Putih bisa mengetahui informasinya juga.

 

Sumber Referensi:

  • Elsa Dewinta. Mengukir Pengalaman Tak Terlupakan dengan Mengunjungi Wisata Kawah Putih Bandung. Kepogaul.com – http://bit.ly/2qUHfFf
  • Widya Rengganis. 5 Juli 2019. Kawah Putih – Keindahan Wisata Alam Surgawi di Selatan Bandung. Alampriangan.com – http://bit.ly/36jkOKf
  • Admin. Kawah Putih, Kawah Unik Nan Romantis. Tabloidwisata.com – http://bit.ly/2N08qr0
  • Dian Mardiana. 7 Februari 2019. Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey Bandung Tahun 2019 Terbaru. Tempatwisatadibandung.info – http://bit.ly/2N4Dq9r

 

Sumber Gambar:

  • Kawah Ciwidey 01 – http://bit.ly/2WupJn9
  • Kawah Ciwidey 02 – http://bit.ly/36jkOKf
  • Kawah Ciwidey 03 – http://bit.ly/2qRRBWq
  • Kawah Ciwidey 04 – http://bit.ly/2qUHfFf