Bagaimana sih cara mengajukan asuransi perjalanan? Asuransi perjalanan sangatlah dibutuhkan jika Anda menginginkan perjalanan yang nyaman dan aman.

Mari kita simak bagaimana cara mengajukan asuransi perjalanan sebelum berlibur tahun 2019 ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pentingnya Asuransi Perjalanan

Berlibur atau travelling tentunya ditujukan untuk menghilangkan rasa penat akibat rutinitas sehari-hari. Mengingat tujuannya adalah untuk refreshing, Anda tentu menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bepergian, Anda dapat membeli asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi perjalanan adalah asuransi jangka pendek yang hanya berlaku selama masa perjalanan atau biasanya melindungi risiko perjalanan dengan jangka waktu beberapa hari atau sampai dengan enam bulan.

Selama perjalanan, kapanpun dan dimanapun di seluruh dunia, pasti ada kemungkinan hal tidak terduga dapat terjadi. Adapun beberapa hal yang dapat Anda atasi dengan adanya asuransi perjalanan adalah sebagai berikut:

 

#1 Keterlambatan Penerbangan

Asuransi perjalanan biasanya memberikan kompensasi jika terdapat keterlambatan penerbangan.

Keterlambatan penerbangan sangatlah merugikan bagi penumpang mengingat jadwal yang telah disusun sedemikian rupa menjadi berantakan dan waktu Anda akan terbuang percuma di bandara.

Asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi yang cukup pantas untuk mengganti kerugian Anda akibat keterlambatan penerbangan.

 

#2 Sakit Saat Perjalanan

Sakit adalah kejadian yang tidak dapat diprediksi dan tidak peduli berapa banyak vitamin yang telah Anda konsumsi sebelum perjalanan, terdapat kemungkinan Anda sakit dalam perjalanan Anda.

Asuransi perjalanan akan meng-cover kebutuhan pengobatan Anda, kecuali perjalanan Anda ditujukan untuk berobat atau jika Anda melakukan perjalanan yang bertentangan dengan anjuran kesehatan Anda.

Hal ini yang menyebabkan biasanya biaya asuransi perjalanan untuk penumpang lanjut usia lebih mahal, karena perusahaan asuransi berasumsi bahwa risiko mereka mengajukan klaim lebih tinggi daripada penumpang yang lebih muda usianya.

 

#3 Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Risiko barang hilang di pesawat memang terkadang tak bisa dihindari. Kabar baiknya, apabila Anda memiliki jaminan perjalanan paling tidak Anda akan menerima ganti rugi jika mengalami kejadian seperti ini.

Itulah salah satu manfaat memiliki asuransi perjalanan ke luar negeri. Walaupun kesal karena barang rusak atau hilang, Anda bisa jadi tenang setelahnya karena bisa mendapatkan ganti rugi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Kecelakaan

Kecelakaan dalam perjalanan juga menjadi salah satu risiko yang bisa datang kapan saja. Memang tak ada seorang pun yang menginginkan hal buruk terjadi selama dalam perjalanan.

Namun, setidaknya kita perlu melakukan tindakan antisipasi untuk mengatasi segala risiko, yaitu dengan memiliki asuransi perjalanan.

Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan 02 Asuransi Perjalanan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Perlindungan kecelakaan selama dalam perjalanan ini biasanya meliputi beberapa hal berikut:

  • Penggantian biaya pengobatan,
  • Kecacatan, lumpuh,
  • Kematian.

 

Namun, lagi-lagi ada juga kecelakaan yang tidak bisa ditanggung, yaitu misalnya kecelakaan diakibatkan oleh pengaruh obat-obatan terlarang atau akibat pengaruh alkohol serta kecelakaan yang disengaja.

 

#5 Kehilangan Dokumen Perjalanan

Risiko kehilangan dokumen perjalanan bisa saja terjadi, malah hal ini justru sangat umum terjadi. Baik itu dokumen berupa paspor, tiket pesawat, atau yang lainnya.

Nah, jika Anda sudah memiliki asuransi perjalanan, risiko ini bisa ditanggung. Anda akan mendapatkan jaminan berupa biaya untuk menerbitkan paspor dan penggantian tiket pesawat.

Namun, tidak semua alasan kehilangan ini bisa diterima. Alasan yang akan diterima adalah kehilangan akibat pencurian, perampokan, atau bencana alam seperti angin topan, gempa bumi, kebakaran, dan lain sebagainya.

 

#6 Harta Benda Hilang Selama Ditinggal Bepergian

Ketika melakukan perjalanan, kita harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Jika terjadi sesuatu yang menyebabkan kehilangan akibat pencurian atau kerusakan harta benda dalam rumah akibat kebakaran, hal itu tentu berada di luar kendali kita.

Jika hal tersebut memang terjadi, kerugian akibat kejadian tersebut akan ditanggung juga oleh beberapa asuransi perjalanan selama pemilik rumah bepergian.

 

#7 Perjalanan yang Tidak Memuaskan

Saat Anda melakukan perjalanan atau berlibur, sebaiknya Anda membayar asuransi perjalanan setidaknya asuransi yang paling standar sekalipun.

Karena ada beberapa asuransi yang bersedia mengembalikan uang Anda secara penuh jika perjalanan Anda tidak memuaskan baik dalam produk maupun jasa.

Namun tidak semua asuransi perjalanan menawarkan fitur tersebut, sehingga sebaiknya Anda mengecek kembali lingkup klaim yang akan diterima dan diproses oleh penyedia asuransi perjalanan Anda.

Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan 03 Asuransi Perjalanan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan 5 Kartu Kredit untuk Menikmati Fasilitas Airport Lounge]

 

Takut mahal? Tenang, premi asuransi perjalanan tidaklah mahal.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Julian Noor mengatakan, premi yang dikeluarkan untuk asuransi travel cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan. Kepada KompasTravel, Julian mengatakan:

“Buat mereka yang traveling, itu preminya hanya sepersekian persen. Tidak sampai satu persen dari biaya perjalanan mereka.”

 

Nah, apabila Anda juga ingin berlibur dengan tenang, yuk segera ajukan asuransi perjalanannya. Bagaimana cara mengajukannya? Finansialku sudah merangkumnya sebagai berikut:

 

Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan

Dalam mengajukan asuransi perjalanan, umumnya Anda harus melewati beberapa tahapan berikut ini:

 

#1 Memilih Jenis Asuransi

Terdapat beberapa jenis asuransi perjalanan yang sebenarnya dapat Anda pilih. Secara umum, asuransi perjalanan terbagi menjadi 2 yaitu:

  • Perjalanan tunggal

Asuransi untuk perjalanan tunggal akan memberikan perlindungan selama pemegang polis melakukan satu kali perjalanan. Jenis ini cocok bagi yang hanya ingin berlibur atau melakukan perjalanan bisnis dalam satu waktu.

  • Perjalanan tahunan

Sedangkan untuk jenis perjalanan tahunan merupakan asuransi yang berlaku dalam jangka waktu satu tahun. Jenis ini cocok bagi yang sudah merencanakan melakukan perjalanan beberapa kali untuk satu tahun ke depan.

 

Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan 04 Asuransi Perjalanan 4 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Anggap Remeh 6 Kesalahan saat Memilih Asuransi Perjalanan]

 

Sedangkan dari segi penyedianya, umumnya Anda bisa memilih antara membeli asuransi perjalanan dari travel agent atau secara online.

Asuransi perjalanan dari travel agent umumnya dipilih saat Anda berlibur dengan membeli paket dari travel agent, dimana Anda bisa membeli asuransi perjalanan langsung dari travel agent tersebut sehingga mudah dan praktis.

Kelemahannya adalah biaya yang ditawarkan oleh travel agent biasanya mahal. Lalu bagaimana solusinya?

Dengan teknologi informasi yang semakin berkembang, kini Anda dapat mencari alternatif yang lebih terjangkau. Misalnya saja membeli asuransi perjalanan melalui agen asuransi atau secara online dengan mudah.

Meski Anda akan mengeluarkan tenaga lebih untuk mencari sendiri paket asuransi perjalanan, namun biasanya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah daripada membeli dari travel agent.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Siapkan Syarat Pengajuannya

Setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki kebijakan dan syarat pengajuan yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk mengajukan, ada baiknya Anda mempersiapkan syarat pengajuannya dengan seksama terlebih dahulu.

Meski persyaratan setiap perusahaan asuransi berbeda, secara umum ada beberapa syarat wajib yang harus diajukan ketika hendak membeli asuransi perjalanan. Adapun beberapa syarat umum tersebut adalah sebagai berikut:

  • Peserta pemegang polis setidaknya telah memasuki usia minimal 17 tahun dan maksimal 80 tahun.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan paspor yang masih berlaku.
  • Memiliki Kartu Keluarga (KK) jika peserta klaim lebih dari satu orang.
  • Mengisi formulir yang disediakan pihak penyedia asuransi sesuai dengan kondisi sebenarnya.

 

#3 Mengajukan Asuransi

Langkah selanjutnya yakni mengajukan asuransi sesuai dengan perusahaan asuransi yang telah Anda pilih:

  • Apabila Anda memilih untuk membeli via travel agent, maka langsung hubungi travel agent terkait dan berikan semua syarat dan ketentuan yang diminta. Pihak travel agent kemudian akan membantu Anda mengurus pengajuan hingga pembayaran asuransi perjalanan tersebut.
  • Apabila Anda memilih untuk membeli via perusahaan asuransi, maka Anda perlu datang ke kantor asuransi untuk mendaftar travel insurance. Perusahaan asuransi kemudian akan membimbing Anda untuk mengisi seluruh dokumen yang dibutuhkan. Anda kemudian akan diminta untuk membayar premi asuransi disana.
  • Apabila Anda memilih untuk membeli via online, Anda tak perlu datang ke kantor asuransi hanya untuk mendaftar travel insurance. Beberapa perusahaan seperti ACA, AIG, AXA dan ACE melayani pendaftaran asuransi perjalanan via online. Caranya mudah, Anda tinggal masuk ke situs asuransi perjalanan tersebut, mengisi data diri, negara tujuan dan lamanya perjalanan. Anda bisa memilih asuransi jenis apa yang akan diambil. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran premi asuransi. 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Klaim Asuransi (Jika Perlu)

Asuransi perjalanan tentunya bermanfaat bagi Anda yang mengalami ketidaknyamanan atau kecelakaan dalam perjalanan.

Bagi Anda yang mengalaminya, Anda bisa melakukan klaim selama 3 x 24 jam setelah kejadian tersebut terjadi. Jangan lupa sertakan bukti klaim yang mencakup beberapa hal, yaitu beberapa poin berikut ini:

Sebelum Liburan, Ketahui Dulu Cara Mengajukan Asuransi Perjalanan 05 Asuransi Perjalanan 5 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Eropa? Ketahui Dahulu Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen]

 

  • Mengisi dokumen yang sudah disediakan saat ingin klaim asuransi yang meliputi: kronologis kejadian sesuai keterangan pemegang polis, surat kuasa dari pemegang polis ke orang yang ditunjuk, salinan kartu identitas yang masih berlaku, formulir atau blangko klaim dari pihak asuransi serta salinan dari pemegang polis asuransi itu sendiri.
  • Adapun dokumen tambahan yang juga diperlukan saat klaim Asuransi Perjalanan Luar Negeri adalah: kwitansi asli yang berasal dari deposit yang sudah dibayarkan oleh pemegang polis, tiket pesawat yang asli, surat keterangan yang diberikan oleh pihak maskapai penerbangan.
  • Jika ingin mengajukan Asuransi Perjalanan Luar Negeri, saat mengalami kehilangan barang berharga dan bagasi, dokumen yang harus anda persiapkan antara lain: surat keterangan dari pihak kepolisian, serta surat keterangan yang diberikan oleh pihak maskapai penerbangan.
  • Jika ingin Anda melakukan klaim akibat kecelakaan yang membuat pemegang polis meninggal dunia atau cacat tetap, dokumen yang harus Anda persiapkan antara lain: surat keterangan yang dikeluarkan oleh pihak maskapai penerbangan, surat keterangan yang dikeluarkan oleh rumah sakit, serta surat berupa akta kelahiran atau keterangan kematian.

 

Berlibur Aman dan Nyaman berkat Asuransi Perjalanan

Entah sudah berapa banyak perjalanan yang meninggalkan kenangan buruk akibat kehilangan barang, sakit saat perjalanan, atau bahkan keterlambatan penerbangan.

Asuransi perjalanan akan berguna di saat-saat seperti ini. Mungkin memang asuransi perjalanan sering kali tidak bermanfaat, namun pada saat-saat terburuk, Anda akan merasa bersyukur telah membeli asuransi perjalanan.

Oh iya, agar keuangan Anda tetap stabil setelah liburan, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mengajukan asuransi perjalanan? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Liburan Aman dengan Asuransi Perjalanan ke Luar Negeri. Pikniek.com – http://bit.ly/2UNixVI
  • Admin. 13 Desember 2016. Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Luar Negeri. Travellin.co.id – http://bit.ly/2KSuu7R
  • Sri Anindiati Nursastri. 25 Juli 2016. 6 Hal yang Wajib Anda Tahu soal Asuransi Perjalanan. Travel.kompas.com – http://bit.ly/2KXy6FE
  • Admin. 5 Oktober 2016. How to Get the Best (And Cheapest) Travel Insurance. Thisismoney.co.uk – http://bit.ly/2veg4Em

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Perjalanan 1 – http://bit.ly/2XxJhWS
  • Asuransi Perjalanan 2 – http://bit.ly/2ITtY79
  • Asuransi Perjalanan 3 – http://bit.ly/2ZrhXLK
  • Asuransi Perjalanan 4 – http://bit.ly/2IzzjB4
  • Asuransi Perjalanan 5 – http://bit.ly/2UxknoC