Dengan membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), pemerintah berupaya untuk mempercepat pembangunan secara merata di negeri ini.

Apa itu Kawasan Ekonomi Khusus? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Itu Kawasan Ekonomi Khusus?

KEK merupakan kawasan dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Kawasan KEK tidak sembarangan dipilih. Kawasan tersebut harus memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategis. Ditambah lagi, harus berpotensi untuk berkembang melalui penanaman modal intensif.

Pengembangannya memaksimalkan kinerja industri dalam perdagangan dan pariwisata. Selain itu, KEK diharapkan dapat menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain.

Tentu saja, harus memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional supaya mengundang lebih banyak investor.

 

Peta Sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia

Tahun 2020 ini, sudah ada 15 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia seperti yang tercantum dalam peta di bawah ini:

Di Mana Saja Peta Sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia 02 - Finansialku

Peta Sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia

 

Wilayah-wilayah tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

Hal ini berdasarkan 7 zona Kawasan Ekonomi Khusus yang terdiri dari zona pengolahan ekspor, zona logistik, zona pengembangan ekonomi, zona industri, zona pariwisata, zona energi, dan zona ekonomi lainnya.

 

#1 KEK Arun Lhokseumawe, Aceh

KEK Arun Lhokseumawe berpotensi menjadi salah satu ekosistem perairan yang kaya dan produktif dan memungkinkan menjadi basis pengembangan industri perikanan tangkap.

Dengan potensi yang dimiliki, KEK ini juga akan menjadi kawasan basis industri pertanian dengan dukungan komoditas unggulan seperti sawit, kopi, kakao, karet, kelapa, minyak atsiri, dan lain-lain.

 

#2 KEK Sei Mengkei, Sumatera Utara

KEK Sei Mangkei memiliki bisnis utama berupa industri kelapa sawit dan karet. Industri ini difokuskan untuk menjadi pusat pengembangan industri kelapa sawit dan karet hilir berskala besar dan berkualitas internasional. 

Di Mana Saja Peta Sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 Dalam Paparan Covid-19]

 

#3 KEK Galang Batang, Kepulauan Riau

KEK Galang Batang dikembangkan sebagai sentra industri pengolahan mineral hasil tambang (bauksit) dan produk turunannya baik dari refinery maupun dari proses smelter.

 

#4 KEK Tanjung Api-Api, Palembang

KEK Tanjung Api-Api memiliki keunggulan geoekonomi yaitu berada di wilayah penghasil karet dan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Selain itu, potensi sumber daya alam gas bumi dan batu bara pun melimpah.

 

#5 KEK Tanjung Kelayang, Belitung

KEK Tanjung Kelayang termasuk ke dalam 10 destinasi pariwisata prioritas memiliki objek wisata bahari dengan pantai berpasir putih dan panorama yang eksotis.

Pantai yang dihiasi batuan granit raksasa merupakan ciri khas dari pantai di kawasan ini. Kawasan ini berdekatan dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya yang juga memiliki pesonanya tersendiri.

 

#6 KEK Tanjung Lesung, Banten

KEK Tanjung Lesung memiliki potensi pariwisata yang beragam, antara lain keindahan alam pantai, keragaman flora dan fauna, serta kekayaan budaya yang eksotis.

Di Mana Saja Peta Sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kekayaan Indonesia di Zona Ekonomi Eksklusif Kepulauan Natuna]

 

#7 KEK Singhasari, Malang, Jawa Timur

Keunggulan geostrategis wilayah yang dimiliki Singosari yaitu sektor pariwisata dengan tema heritage and historical tourism.

Tema tersebut didukung oleh kawasan sekitar yang mempunyai nilai situs sejarah kerajaan di Indonesia. Selain itu, kawasan ini akan menjadi pusat wisatawan di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. 

 

#8 KEK Kendal, Jawa Tengah

Keunggulan geostrategis wilayah yang dimiliki Kendal yaitu sektor industri berorientasi ekspor, substitusi impor, produk berteknologi tinggi dan logistik yang berbasis Industri 4.0.

 

#9 KEK Mandalika

KEK Mandalika merupakan destinasi wisata bahari dan wisata budaya dengan panorama yang eksotis dan berdekatan dengan Pulau Dewata. Konsep yang diusung adalah pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan.

 

#10 KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan, Kutai Timur

Kawasan ini kaya akan sumber daya alam terutama kelapa sawit dan kayu. Wilayah ini didukung dengan posisi geostrategis yaitu terletak pada lintasan laut perdagangan internasional yang menghubungkan Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

 

#11 KEK Palu

KEK Palu memiliki beberapa bisnis utama, yaitu nikel, bijih besi, kakao, rumput laut serta rotan. Selain itu, KEK Palu juga memberikan peluang bagi pengembangan industri pengolahan karet, kelapa, manufaktur, dan logistik. 

 

#12 KEK Bitung, Sulawesi Utara

Sebagai salah satu penghasil ikan terbesar di Indonesia, KEK Bitung fokus pada industri pengolahan perikanan untuk menghasilkan komoditi ekspor berkualitas internasional. 

Di Mana Saja Peta Sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tantangan Ekonomi 2020 Selain Resesi dan Perang Dunia 3]

 

#13 KEK Likupang, Sulawesi Utara

KEK Likupang fokus pada sektor pariwisata dengan tema resor (resort) dan wisata budaya (cultural tourism). Tema tersebut didukung oleh kawasan sekitar yang memiliki pantai dan dekat dengan Wallace Conservation Center

 

#14 KEK Morotai, Halmahera

Pulau Morotai dahulu merupakan salah satu basis militer pada Perang Dunia II yang kini kaya akan barang peninggalan bersejarah.

Selain menjadi wisata sejarah, KEK Morotai juga memiliki keunggulan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang mempesona.

Hamparan pasir putih halus, air laut yang jernih serta terumbu karang yang indah merupakan daya tariknya.

 

#15 KEK Sorong, Papua Barat

KEK Sorong berpotensi di sektor perikanan dan perhubungan laut. Lokasi tersebut juga sangat strategis untuk pengembangan industri logistik, agro industri serta pertambangan. 

 

Dukung Pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus

Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mendukung pembangunan KEK. Dukungan yang dapat kita lakukan bisa dalam bentuk investasi atau mengunjungi wilayah pariwisata KEK.

Bagaimanapun juga, Indonesia kaya akan potensi alamnya yang tiada tara.

Namun, dengan merebaknya virus pandemik Corona di Indonesia membuat perekonomian Indonesia kini melemah. Simak video berikut mengenai dampak Corona bagi perekonomian Indonesia.

 

Itulah peta sebaran Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bagikan informasi ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Februari 2020. Peta Sebaran KEK. Kek.go.id – https://bit.ly/3edZuJU
  • Admin. 12 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia. Goodnewsfromindonesia.com – https://bit.ly/3b2fpck

 

Sumber Gambar:

  • Kek 1 – https://bit.ly/2JWJ7nc
  • Kek 2 – https://bit.ly/3edZuJU
  • Kek 3 – https://bit.ly/2wti7Zs
  • Kek 4 – https://bit.ly/2W0XZGL