Bagaimana cara mengukur kebahagiaan karyawan? Siapa sangka, ada beberapa hal yang harus dipahami pebisnis, lho!

Mau tahu apa saja? Ikuti artikel Finansialku ini sampai akhir.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengapa Pebisnis Perlu Mengukur Kebahagiaan Karyawan?

Sebagai pebisnis tentu saja Anda sempat menginginkan adanya kebahagiaan karyawan, bukan? Hampir semua pebisnis pasti menginginkan orang-orang yang bekerja padanya merasa puas dan senang-senang saja bekerja untuknya.

Apakah Anda juga salah satunya?

 

Pertanyaan Untuk Ditanyakan Pada Karyawan

Ada hal sangat sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memastikan apakah mereka yang bekerja pada Anda bahagia atau tidak.

Hal tersebut adalah untuk melontarkan beberapa pertanyaan. Dari jawaban yang mereka berikan Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah mereka bahagia atau tidak.

Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk memudahkan pebisnis mengetahui sejauh mana kebahagiaan karyawannya.

 

#1 Apakah Anda Paham Tentang Visi dan Misi Perusahaan?

Salah satu ciri karyawan yang bahagia bekerja dalam perusahaan adalah pengetahuan atau wawasan akan perusahaannya sendiri.

Jika mereka mengerti apa visi dan misi perusahaan, bisa disimpulkan bahwa mereka cukup bahagia kerja di sana.

Pebisnis, Ini Lho Cara Mengukur Kebahagiaan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

 

#2 Apakah Di Sini Anda Bisa Melihat kesempatan Berkarir?

Harapan karyawan untuk perusahaan bisa terbukti melalui jawaban dari pertanyaan ini. karyawan yang bahagia tentu saja menilai bahwa ia akan memiliki kesempatan untuk berkarier di perusahaan tersebut.

Juga untuk mereka yang memiliki keraguan dalam menjawab pertanyaan ini, apalagi mereka yang secara gamblang mengatakan tidak ada kesempatan berkarier, semua itu bisa dievaluasi untuk selanjutnya jika Anda ingin mempertahankan mereka.

 

#3 Mampukah Anda Menyeimbangkan Kehidupan Pribadi dan Karir?

Bisa juga ditanyakan bagaimana yang ia rasakan tentang profesionalitas, bisakah ia menyeimbangkan dua kehidupan yang berbeda. Mengapa demikian? Karena tanpa keseimbangan, kebahagiaan dalam bekerja pun akan kian sirna.

 

#4 Apakah Menurut Anda Transparansi Perusahaan Cukup?

Selanjutnya bisa ditanyakan tentang transparansi perusahaan. Dengan menanyakan hal ini Anda bisa tahu keinginan karyawan terhadap perusahaan. Bisa juga jawabannya Anda jadikan pelajaran.

 

 

#5 Apakah Anda Memiliki Hubungan yang Baik Dengan Karyawan Lain?

Hal lain yang mempengaruhi kebahagiaan dari seorang karyawan adalah hubungannya dengan orang lain.

Harapan karyawan untuk perusahaan sudah pasti bukan soal perusahaan saja, melainkan juga hubungan sosial pribadinya. Anda bisa tahu sejauh mana ia beradaptasi dengan lingkungan dengan menanyakan hal ini.

 

#6 Menurut Perspektif Anda, Bagaimana Budaya yang Ada di Perusahaan?

Mengetahui salah satu perspektif karyawan akan memberikan kesempatan karyawan menilai bagaimana sosial perusahaan yang seharusnya ada.

Tanyakan saja akan hal ini dan simak apa yang dikatakannya. Siapa tahu, perspektifnya bisa menambah pendapat yang ingin Anda pertimbangkan untuk perusahaan.

 

#7 Apakah Menurut Anda Gaji yang Diberikan Perusahaan Cukup

Pertanyaan terakhir yang sangat bisa membuat Anda mengerti kebahagiaan dari karyawan, yaitu menanyakan soal gaji.

Bertanya apakah gaji yang diberikan sudah cukup akan membuat karyawan memiliki kesempatan untuk mengatakan yang mungkin sebenarnya mereka ingin katakan.

Perihal gaji bisa menjadi kesulitan yang dimiliki karyawan. Bisa saja ia merasa kurang namun tidak mengerti bagaimana menyampaikannya.

Namun juga bisa saja selama ini mereka bahagia dengan gaji yang diberikan. Untuk mengetahuinya, tanyakan saja pertanyaan ini.

Pebisnis, Ini Lho Cara Mengukur Kebahagiaan Karyawan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Waktu Untuk Mencoba

Pertanyaan-pertanyaan di atas tujuannya untuk membuat Anda paham apakah mereka cukup bahagia bekerja di perusahaan atau tidak. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk menanyakan hal-hal di atas?

Sebaiknya tidak untuk ditanyakan ketika mereka sedang bekerja. Waktu yang paling baik adalah waktu di luar jam kerja atau waktu non formal ketika Anda bersama mereka.

Sebab di kesempatan tersebut, mereka lebih berani berbicara secara jujur dibanding hanya mengedepankan formalitas saja.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa membagikan pengalaman serta tips bekerja nyaman di kantor dan cara Anda mengelola keuangan.

Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu anda merencanakan dan mengelola keuangan Anda sebelum Anda ceritakan pengalaman Anda pada karyawan Anda.

Pebisnis, Ini Lho Cara Mengukur Kebahagiaan Karyawan Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Penyebab Demotivasi Karyawan yang Jarang Disadari!]

 

Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK. Terdapat banyak fitur seperti Konsultasi Keuangan, Catatan Keuangan, Financial Check Up, dan fitur perencanaan keuangan lainnya.

Download aplikasinya dan manfaatkan promonya karena ada potongan Rp 50 ribu hanya dengan memasukkan kode promo: CUAN50 untuk jadi member PREMIUM dan memanfaatkan semua fasilitas Aplikasi Finansialku dengan leluasa.

playstore icon
appstore icon

 

Bagaimana, siap untuk memahami kebahagiaan sebagai pion perusahaan? Ayo berbagi artikel penting ini sebagai life hacks bagi para pebisnis, terima kasih.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Gilang Kharisma. 3 Juni 2002. [Update] 16 Pertanyaan Penting untuk Mengukur Kebahagiaan Karyawan. techinasia.com – https://bit.ly/2C45maE

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan 1 – https://bit.ly/39ZOG0E
  • Karyawan 2 – https://bit.ly/3fvbSVz
  • Karyawan 3 – https://bit.ly/31lrVAb