Kebebasan finansial bukanlah angan-angan semata saat Anda melakukan kebiasaan-kebiasaan ini.

Simak artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

12 Kebiasaan Untuk Kebebasan Finansial

Mencapai kebebasan finansial adalah impian bagi banyak orang.

Kebebasan finansial pada umumnya berarti memiliki cukup tabungan, investasi, dan uang tunai untuk memenuhi gaya hidup yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan keluarga.

Banyak dari kita gagal untuk mencapai kebebasan finansial karena timbulnya masalah seperti meningkatnya utang, keadaan darurat keuangan, pengeluaran yang sangat besar, dan masalah lainnya.

Keadaan ini biasa terjadi pada semua orang, tetapi dua belas kebiasaan ini dapat membuat Anda mencapai kebebasan finansial.

 

Kebiasaan Kebebasan Finansial #1 Tetapkan Tujuan Keuangan

Keinginan untuk “kebebasan finansial” adalah keinginan yang terlalu umum. Apa arti kebebasan finansial bagi anda?

Tuliskan berapa banyak yang harus Anda miliki di rekening bank Anda, apa yang ingin Anda miliki dan pada usia berapa ini harus dicapai.

Contohnya adalah memiliki rumah di usia 30 tahun.

Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Menuju Kebebasan Finansial, Di Posisi Manakah Anda?]

 

Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya. Kemudian, hitung mundur ke usia Anda saat ini dan tentukan milisi keuangan secara berkala.

Tulis semuanya dengan rapi, dan letakkan lembar tujuan di bagian paling awal buku pencatatan keuangan Anda.

 

Kebiasaan Kebebasan Finansial #2 Buat Anggaran

Membuat anggaran rumah tangga bulanan adalah cara terbaik untuk menjamin semua tagihan dibayar dan tabungan berada di jalurnya.

Hal ini merupakan rutinitas bulanan yang memperkuat tujuan Anda dalam mencapai kebebasan finansial dan dapat melawan godaan untuk berbelanja secara royal.

Menghitung besaran uang yang harus Anda kumpulkan dalam mencapai tujuan keuangan  dan membuat anggaran kini dapat dilakukan dalam satu aplikasi.

Ya! Aplikasi Finansialku, sebuah aplikasi perencana keuangan yang terpasang di ponsel pintar Anda dapat membantu mempermudah pengelolaan keuangan.

Dengan beragam fitur yang fungsional, seperti pencatatan keuangan, anggaran keuangan, kalkulator rencana keuangan, cek kesehatan keuangan, berbagai bentuk edukasi keuangan, kelas-kelas online, hingga konsultasi dengan perencana keuangan, aplikasi Finansialku menjadi satu-satunya aplikasi perencana keuangan di Indonesia dan terdaftar di OJK.

Aplikasi pintar ini dapat Anda peroleh dengan ketuk ikon berikut ini.

playstore icon
appstore icon

 

Kebiasaan Kebebasan Finansial #3 Bayar Kartu Kredit secara Penuh

Kartu kredit dan pinjaman konsumen berbunga tinggi dan sejenisnya adalah racun bagi pembangunan kekayaan. Buat titik untuk melunasi saldo penuh setiap bulan.

Pinjaman pelajar, hipotik, dan pinjaman serupa biasanya memiliki tingkat bunga yang jauh lebih rendah, sehingga membuat lebih sedikit keadaan darurat untuk dilunasi.

 

#4 Buat Tabungan Otomatis

Memiliki tabungan otomatis merupakan langkah yang bijaksana dalam menyimpan dana yang dapat digunakan untuk pengeluaran tak terduga dan kontribusi otomatis ke akun broker atau akun serupa.

Idealnya, uang itu harus ditarik pada hari yang sama saat Anda menerima gaji, sehingga dana tidak pernah menyentuh tangan Anda dan menghindari godaan sepenuhnya untuk digunakan.

Namun, perlu diingat bahwa jumlah yang disarankan untuk disimpan perlu diperhitungkan

 

Kebiasaan Kebebasan Keuangan #5 Mulai Investasi Sekarang

Tidak ada cara yang lebih baik atau dicoba dan benar untuk menumbuhkan uang Anda selain melalui investasi.

Keajaiban bunga majemuk akan membantu uang Anda tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu, tetapi Anda perlu banyak waktu untuk mencapai pertumbuhan yang berarti.

Buka akun pialang online yang memudahkan Anda mempelajari cara berinvestasi, membuat portofolio yang dapat dikelola, dan memberikan kontribusi mingguan atau bulanan secara otomatis.

Jika Anda adalah pemula dalam investasi, Anda bisa baca e-book gratis berinvestasi dari Finansialku berikut ini.

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Kebiasaan Kebebasan Keuangan #6 Awasi Kredit Anda

Nilai kredit seseorang menentukan tingkat yang ditawarkan ketika membeli mobil baru atau refinancing rumah.

Hal ini berdampak pada hal-hal yang tampaknya tidak terkait, seperti asuransi mobil dan premi asuransi jiwa.

Alasannya adalah seseorang dengan kebiasaan keuangan yang ceroboh juga cenderung ceroboh dalam aspek kehidupan lainnya seperti mengemudi.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan laporan kredit secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda hitam yang salah yang merusak nama baik Anda.

 

#7 Bernegosiasi

Banyak orang Amerika ragu-ragu untuk bernegosiasi untuk barang dan jasa karena khawatir membuat mereka tampak murah.

Atasi cacat budaya ini dan Anda bisa menghemat ribuan setiap tahun.

Bisnis kecil khususnya, cenderung terbuka untuk negosiasi, di mana membeli dalam jumlah besar atau bisnis berulang dapat membuka pintu untuk diskon yang baik.

 

#8 Pendidikan Berkelanjutan

Tinjau semua perubahan yang berlaku dalam undang-undang perpajakan setiap tahun untuk memastikan semua penyesuaian dan pengurangan dimaksimalkan.

Ikuti perkembangan berita keuangan dan perkembangan di pasar saham, dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi Anda.

Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik terhadap mereka yang memangsa investor yang tidak canggih dalam menghasilkan uang dengan cepat.

Di zaman ini, Anda dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan keuangan dari internet. Salah satunya adalah dengan mengikuti webinar maupun ikut dalam komunitas.

Anda bisa menambah pengetahuan dalam berinvestasi dengan mengikuti webinar dan tergabung salam komunitas Finansialku berikut ini, sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Untuk bergabung, yuk klik tombol di bawah ini!

komunitas reksa dana

Join Sekarang

komunitas saham

Join Sekarang

komunitas properti

Join Sekarang

 

#9 Perawatan yang Tepat

Merawat properti dengan baik dapat memperpanjang usia penggunaan lebih lama. Karena biaya pemeliharaan lebih kecil dari biaya penggantian. Hal ini merupakan bagian investasi yang tidak boleh dilewatkan.

 

#10 Hidup di Bawah Kemampuan Finansial Anda

Menguasai gaya hidup hemat dengan memiliki pola pikir menjalani hidup semaksimal mungkin tidaklah sulit.

Bahkan, banyak orang kaya mengembangkan kebiasaan hidup di bawah kemampuan mereka sebelum meningkat menjadi makmur.

Biasakan memenuhi kebutuhan hidup anda berdasarkan hal-hal yang anda butuhkan bukan hal-hal yang anda inginkan merupakan kebiasaan yang bermanfaat secara finansial dan sehat untuk dipraktikkan.

 

#11 Dapatkan Penasihat Keuangan

Dalam mencapai kebebasan finansial, penasihat keuangan yang membantu Anda membuat keputusan sangat disarankan setelah mencapai titik di mana Anda dapat melihat apakah Anda telah mengumpulkan jumlah kekayaan yang layak baik itu investasi cair atau aset yang berwujud tetapi tidak tersedia untuk dikonversi menjadi uang tunai.

Dapatkan perencana keuangan pribadi Anda melalui fitur Konsultasi Keuangan aplikasi Finansialku.

Hambatan-Utama-Dalam-Kebebasan-Keuangan-1-Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda]

 

Cukup dengan berlangganan premium aplikasi Finansialku seharga Rp 350 ribu untuk 365 hari (satu tahun), Anda bisa terhubung langsung dengan Perencana Keuangan Finansialku kapan pun Anda membutuhkannya.

Di mana lagi Anda bisa punya Perencana Keuangan Pribadi yang tersedia untuk Anda selama 365 hari dengan biaya kurang dari seribu rupiah per harinya?

Ditambah lagi, khusus untuk Anda pembaca setia Finansialku, dapatkan tambahan potongan Rp 50 ribu untuk upgrade aplikasi premium Finansialku dengan menggunakan kode CUAN50!

 

#12 Jaga Kesehatan Anda

Prinsip pemeliharaan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Obesitas dan penyakit membuat premi asuransi meroket, dan kesehatan yang buruk dapat memaksa pensiun dini dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah.

Oleh sebab itu pentingnya menjaga kesehatan dalam mencapai keinginan kebebasan finansial

 

Itulah 12 kebiasaan yang dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan bermanfaat yang dapat membawa Anda menuju kebebasan finansial.

Bagaimana pendapat Anda? Utarakan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan juga artikel ini pada rekan-rekan Anda!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Anita Robiyatul Adawiyah. Seorang mahasiswa jurusan Apoteker, UIN Jakarta, yang tertarik pada bidang bisnis.

 

Sumber Referensi:

  • Matt Danielsson, 15 Oktober 2015. These 12 Habits Will Help You Reach Financial Freedom. Investopedia.com – http://bit.ly/2sKvJOa

 

Sumber Gambar:

  • Kebebasan Keuangan – http://bit.ly/2MV2Llt