Ada beberapa kebiasaan yang harus dilakukan apabila Anda ingin meraih kebebasan keuangan. Ulasan mengenai berbagai kebiasaan itu akan dipaparkan oleh Tim Finansialku bagi Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Masa Pensiun Lebih Lama, Kabar Baik atau Kabar Buruk?

Tahukah Anda bahwa ada kemungkinan 50% di antara pasangan yang sudah menikah, setidaknya satu pasangan akan hidup sampai usia 92 tahun dan 25% kemungkinan seseorang akan hidup hingga usia 97 tahun. Dapat Anda bayangkan bahwa kita sudah cukup mendekati harapan hidup 100 tahun dan dengan hidup lebih lama, kita berharap tahun-tahun yang lebih lama lagi untuk pensiun kita. Lima puluh tahun yang lalu, pensiun rata-rata adalah 12 tahun. Apabila seseorang pensiun hari ini di usia 65 tahun, maka diperkirakan dia hidup hingga usia 85 tahun atau lebih. Hal itu merupakan masa pensiun yang melebihi 20 tahun. Banyak yang akan hidup lebih lama dan memiliki masa pensiun 30 tahun. Maukah mengalami masa pensiun 30 tahun? Ditambah lagi, semua terobosan yang kita lihat dalam teknologi medis dapat menambahkan tahun-tahun hidup kita. Dari teknologi Stem Cell hingga pencetakan organ 3-D untuk regenerasi sel. Berbagai teknologi hadir menuju Anda.

Mulai Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini Demi Meraih Kebebasan Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mencapai Kebebasan Finansial Menurut Anthony Robbins]

 

Sebuah jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh Mass Mutual meminta generasi Baby Boomer (kelahiran tahun 1946-1964) untuk menyebutkan ketakutan utama mereka dan didapati bahwa urutan pertama yang menjadi ketakutan terbesar mereka adalah ketakutan akan kehidupan yang lebih lama daripada tabungan mereka. Melihat dan menimbang gambaran dari masa pensiun yang diperkirakan lebih lama, sangat jelas bahwa pendapatan pensiun kita harus diperpanjang dibandingkan sebelumnya.

Mari bayangkan apabila dalam masa pensiun kita, sebuah gaji untuk seumur hidup tanpa harus bekerja lagi. Bukankah sesuatu yang menyenangkan ketika kita membuka email pada akhir bulan dan saldo rekening Anda tidak berkurang sama sekali bahkan Anda malahan mendapatkan sebuah cek atau penambahan saldo yang tertera di dalamnya. Bayangkan apabila hal ini terjadi setiap bulannya. Dapat dikatakan bahwa hal itu adalah pendapatan seumur hidup dan kabar baiknya adalah ADA CARA UNTUK MENDAPATKANNYA.

Tony Robbins dalam bukunya menyebutkan bahwa dengan strategi sederhana, Anda dapat membuat aliran pendapatan yang terjamin dan memungkinkan Anda untuk membangun, mengelola dan menikmati pensiun Anda sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan Anda mampu mendapatkan penghasilan Anda saat Anda tertidur.

Bagaimana Mencapai Finansial Freedom Dari Investasi Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mencapai Finansial Freedom Dari Investasi Properti]

 

Perbaiki Mindset Sebelum Melangkah

Sebelum masuk dalam pembahasan mengenai beberapa kebiasaan menuju finansial freedom, alangkah baiknya kita memperbaiki mindset kita perihal menjadi kaya dan makmur yang identik dengan kehidupan finansial freedom.

Kaya biasanya didefinisikan memiliki aset atau harta yang relatif lebih banyak daripada orang kebanyakan. Misalnya orang yang mampu mempunyai rumah yang harganya ratusan juta rupiah atau bahkan bernilai miliaran rupiah dapat disebut kaya. Seharusnya, yang lebih bijak mendefinisikan kaya itu sebagai gambaran dari aset bersih yang dimiliki seseorang. Maksudnya, harta yang dimiliki itu harus dikurangi dengan utangnya. Sementara saat ini, sebuah zaman yang marak dengan kartu kredit, banyak orang yang kelihatan kaya, sebenarnya mungkin tidak kaya, jika aset bersihnya relatif minim dan sebagian besar asetnya dibiayai dengan utang.

Lantas, apakah kaya ini merupakan jaminan kita akan financial freedom (kebebasan keuangan). Bagi yang berwawasan luas, pasti langsung membayangkan gambaran kaya bukan hanya memiliki aset dan harta semata, melainkan lebih dari itu. Inilah kemudian yang akhirnya mengartikan bahwa poin utama financial freedom, adalah terletak bukan pada kaya (rich) itu sendiri melainkan pada makmur (wealthy).

5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal Ini Buat Karyawan Cemas mengenai Keuangan, serta Solusi dari Finansialku]

 

Mengenai definisi makmur, menurut Robert Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadrant (1998), adalah lamanya seseorang dapat mempertahankan standar hidupnya tanpa dia atau anggota keluarga lain harus bekerja. Kemakmuran merupakan kemampuan aliran kas dari aset produktif atau penghasilan pasif seseorang yang memenuhi standar kehidupan normalnya. Jika satuan kekayaan adalah rupiah, satuan kemakmuran adalah waktu (bulan).

 

Langkah Meraih Kebebasan Keuangan

Mari lakukan beberapa kebiasaan demi menuju finansial freedom dan memenuhi impian Anda saat masa pensiun kelak.

 

#1 Biasakan untuk Mengucap Syukur

Bersyukur memang awalnya berat, namun bagaimanapun juga kita harus mulai mensyukuri kehidupan, mensyukuri berkat, kesehatan, keluarga, sahabat dan semua hal yang kita dapatkan. Hingga pada akhirnya kita akan bisa bersyukur pada kesusahan dan situasi buruk yang menimpa kita. Dengan selalu mengucap syukur, pikiran kitapun akan menjadi tenang.

 

#2 Biasakan untuk Berpikir Positif

Pada dasarnya, hidup kita itu terbentuk oleh apa yang kita pikirkan. Berpikir positif selalu mengarahkan pada kebenaran, kebaikan, kasih sayang, harapan dan sukacita. Jika kita mulai masuk dalam pikiran negatif, kendalikan pikiran kita dan segera arahkan kepada hal-hal positif. Jadikan berpikir positif sebagai kebiasaan dan kita akan melihat hal-hal positif yang akan kita alami.

5-cara-mencapai-kebebasan-keuangan-unuk-para-perempuan-indonesia-finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan untuk Para Perempuan Indonesia]

 

#3 Biasakan untuk Mampu Berempati

Kebanyakan orang sukses memiliki kelebihan dan kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dan salah satu unsur penting di dalamnya adalah empati, suatu kemampuan atau kepekaan kita untuk memandang dari sudut orang lain. Jika kita bisa memiliki rasa empati, maka kita bisa mengerti perasaan orang lain. Sikap empati ini berlawanan dengan sikap egois, sikap egois merupakan sikap yang menuntut diperhatikan orang lain untuk selalu memperhatikan kita. Salah satu cara agar empati kita selalu terasah, adalah dengan mencoba menjadi pendengar yang baik.

 

#4 Biasakan untuk Mendahulukan yang Penting

Mulailah memilah hal-hal yang penting dan tidak penting untuk dilakukan. Kebiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup lebih efektif dan produktif serta dapat meningkatkan citra diri kita secara signifikan.

Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama Anggota Keluarga - Finansialku

[Baca Juga: Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama dan Kebersamaan Anggota Keluarga]

 

#5 Biasakan Hidup Dalam Kejujuran

Tanpa kejujuran, kita tidak bisa menjadi pribadi yang utuh, bahkan bisa merusak harga diri dan masa depan kita sendiri. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur, tidak saja kepada diri sendiri tapi juga terhadap orang lain. Mulailah mengatakan kebenaran, meskipun mengandung risiko. Bila berbohong, kendalikanlah kebohongan itu sedikit demi sedikit.

 

Pencapaian Utama Financial Freedom

Pada intinya, kunci meraih kebebasan keuangan adalah mampu mengendalikan diri dan dapat memisahkan keinginan dari kebutuhan. Uang tidak akan pernah menyelesaikan masalah jika selalu terobsesi untuk memenuhi semua keinginan, sedangkan kebebasan keuangan adalah hasil proses mental dalam memandang dan memahami uang. Membuat uang ‘bekerja’ itulah yang harus dicapai sehingga mejadikan bebas keuangan.

 

Berikan tanggapan Anda mengenai berbagai kesulitan yang Anda alami perihal mengubah mindset untuk meraih financial freedom. Jangan lupa untuk membagikan setiap informasi penting berkenaan dengan kesuksesan kehidupan keuangan dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. USA: Phoenix
  • Andre. 1 November 2009. Finansial Freedom. https://goo.gl/tyf0SO
  • 12 Juni 2015. 7 Kebiasaan untuk “Financial Freedom” https://goo.gl/WuKsGz

 

Sumber Gambar:

  • Finansial Freedom – https://goo.gl/1spnOz dan https://goo.gl/jtmRF5

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang