Bagaimana mencapai finansial freedom melalui properti? Berikut ini pemaparan dari Finansialku.com yang akan membuka wawasan Anda dalam mengambil setiap langkah dalam investasi properti. Berikut pemaparannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Usaha yang Sia-sia Belaka

Setiap orang pasti pernah bermimpi untuk memiliki hidup yang lebih sejahtera dari waktu ke waktu. Setelah menyelesaikan bangku sekolah atau perkuliahan, ingin memiliki pekerjaan pada sebuah perusahaan dengan posisi yang dapat menunjang kehidupan pribadi maupun keluarga. Tidak hanya itu, banyak juga berpikir setelah bekerja pada suatu pekerjaan, mereka merasakan yang namanya kejenuhan karena ingin memiliki income dari suatu bisnis yang dirilis sendiri sehingga mulai mengumpulkan modal agar dapat mencapai keinginan mereka dalam membuat suatu bisnis pribadi atau berwirausaha.

Ketika seseorang sudah mencapai masa jenuh bahwa hidup adalah mencari suatu kenyamanan dan kesejahteraan dari mendapatkan uang, orang mulai berpikir bagaimana uang itu sendiri bekerja untuk dirinya sehingga ia tidak perlu untuk berlelah-lelah bekerja membanting tulang dari pagi hingga menjelang pagi kembali hanya untuk mencari keuntungan yang besar yang pada akhirnya malahan membuat badan menjadi rontok alias terlalu lelah bekerja disamping tidak menjaga kondisi kesehatan karena terlalu sibuk dengan setiap jadwal pekerjaan yang harus dikerjakan setiap harinya.

Bagaimana Mencapai Finansial Freedom Dari Investasi Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Penyebabnya Banyak Orang Sulit Mencapai Financial Freedom]

 

Anda pasti tidak mau kan merasakan hal yang demikian? Setelah Anda bekerja membanting tulang setiap hari namun yang didapatkan adalah berbagai penyakit karena tidak menjaga kesehatan, walaupun tujuan Anda untuk mencapai keuntungan dari bisnis/pekerjaan Anda tercapai. Namun agaknya usaha seperti itu sia-sia belaka karena pada akhirnya kita tidak dapat merasakan kenikmatan dari uang yang kita usahakan.

Pernahkah Anda berpikir agar uang yang Anda hasilkan dapat bekerja untuk Anda? Pernahkah Anda mengetahui tentang Financial Freedom?

Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mendapatkan Financial Freedom saat Pensiun bagi Karyawan]

 

Apa itu Finansial Freedom?

Finansial Freedom adalah kebebasan finansial atau keuangan. Kondisi seperti ini dirasakan oleh seseorang yang memiliki kebebasan dalam menentukan apa yang akan ia kerjakan atau bahkan ia tidak bekerja sama sekali, tanpa perlu kuatir mengenai pemasukan secara finansial dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan sumber penghasilannya terus bekerja untuk kehidupannya, dapat diartikan bahwa uang bekerja untuk orang itu, bukan orang itu bekerja untuk mencari uang. Siapa yang tidak mau memiliki kondisi keuangan seperti itu? Bukanlah suatu yang mustahil apabila Anda melakukan beberapa tips yang dipaparkan oleh Finansialku.com melalui artikel ini.

Apa usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai finansial freedom? Salah satu usaha yang dilakukan adalah melakukan investasi dalam bidang properti. Investasi yang tidak pernah mengalami penurunan nilai/harga adalah properti. Bahkan seiring dengan bertambahnya waktu, investasi dalam bidang yang satu ini cenderung naik tergantung dari progress pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum di daerah tersebut yang memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas ekonominya sehari-hari. Apabila Anda memiliki cukup dana untuk berinvestasi, properti seharusnya menjadi salah satu pilihan bahwa apabila memungkinkan, jadikan properti menjadi pilihan pertama dalam usaha Anda untuk mencapai finansial freedom Anda.

 

Investasi Properti yang Sangat Menjanjikan

Dalam berinvestasi properti, modal yang besar memang sangat diperlukan. Modal yang besar dalam berinvestasi pada jenis investasi property, sebanding dengan besarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan, selain sebagai passive income yang dapat peroleh. Ketika Anda masih bekerja pada perusahaan orang lain atau melakukan bisnis/wirausaha sendiri, Anda dapat mengumpulkan cukup dana untuk membeli rumah sederhana di daerah strategis yang kelak dapat Anda sewakan sebagai strategi untuk menghasilkan passive income Anda.

Ini 8 Jenis Investasi Properti yang Dapat Anda Gunakan #Part 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 8 Jenis Investasi Properti yang Dapat Anda Gunakan]

 

Tidak perlu membeli rumah dengan harga diatas Rp1 miliar. Tetapi apabila memang Anda dapat membelinya, kenapa tidak? Namun ketika dana yang Anda miliki cukup terbatas, sebagai informasi tambahan, Anda dapat membeli rumah sederhana di tempat strategis yang memiliki potensi untuk berkembang dengan harga mulai Rp450 juta. Ingat selalu bahwa rumah yang Anda beli akan bertambah nilainya seiring dengan bergulirnya waktu, menimbang lokasi yang strategis dan potensi untuk berkembang dengan peningkatan harga sekitar 15-22% setiap tahunnya. Harga sewa rumah tersebut pun biasanya berkisar antara 4-10% per tahunnya.

Misalnya, apabila Anda membeli rumah seharga Rp400 juta di Bandung dan Anda menyewakannya kepada keluarga yang baru menikah dengan harga sewa sebesar Rp15 juta per tahun, Anda dapat memperoleh keuntungan passive income melalui aset rumah tersebut sebesar Rp15 juta per tahunnya.

Selain passive income, seiring dengan pertambahan waktu, harga rumah tersebut akan berangsur naik. Apabila kita simulasikan peningkatan harga rumah tersebut sebesar 15% setiap tahunnya, artinya dalam 10 tahun harga rumah tersebut akan mencapai Rp1,6 miliar.

Apabila Anda memiliki rumah lain, disampang rumah pribadi, yang berlokasi di daerah dekat universitas. Biasanya kamar kos menjadi suatu kebutuhan utama yang akan dicari oleh para mahasiswa yang berkuliah pada universitas tersebut, terutama mereka yang berasal dari luar kota. Ada baiknya bila rumah Anda dapat direnovasi untuk menjadi beberapa kamar yang dapat disewakan kepada para mahasiswa tersebut. Tentu saja gunakan harga yang bersaing dan sesuai dengan biaya yang perlu Anda keluarkan untuk pemeliharaan rumah kos tersebut.

9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: 9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda]

 

Apabila Anda tidak memiliki dana yang cukup saat ini, pengajuan KPR kepada pihak bank dapat menjadi salah satu alternatif lain sambil Anda dapat menyewakannya secara langsung untuk menolong proses pembayaran cicilan KPR tersebut. Bank memiliki fasilitas KPR yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu langkah menuju target memiliki finansial freedom.

 

Finansial Freedom adalah Mimpi yang Dapat Menjadi Kenyataan

Tidak perlu ragu lagi, jadikan suatu prioritas ketika Anda ingin mencapai finansial freedom, investasi propertilah yang menjanjikan kepastian keuntungan yang besar, disamping modal yang besar yang perlu Anda keluarkan. Mimpi yang menjadi kenyataan ini sebetulnya menjadi suatu peribahasa yang sudah biasa kita dengar. “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.” Demikianlah sepertinya gambaran memiliki finansial freedom dari investasi properti. Selamat mencoba!

 

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam merencanakan, menghitung, mengkalkulasi uang yang akan Anda investasikan dalam bidang properti, Konsultan kami dari Finansialku.com hadir untuk membantu Anda mengatasi berbagai kesulitan tersebut. Setiap eprtanyaan dan tanggapan yang Anda ingin sampaikan dapat Anda tulis melalui kolom yang tersedia di bawah ini! Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan melalui artikel-artikel Finansialku.com yang menambah wawasan Anda! Terima kasih.  

 

Sumber Referensi:

  • Walter Pinem. 21 Februari 2017. 3 Jenis Investasi Menguntungkan yang Layak Dicoba. Koinworks.com – https://goo.gl/yIAs6q
  • Guide to Invest in Property.

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Properti – https://goo.gl/g2K24k dan https://goo.gl/YfwLq0

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang