Simak 5 hal penting dari kebiasaan orang Jerman yang bisa jadi pembelajaran bagi kita untuk berkaca agar lebih baik.

Setiap budaya tentu punya ciri khas dan sisi positifnya masing-masing. ada banyak sisi edukatif yang bisa kita petik dari setiap budaya di dunia ini yang biasanya kental dengan ajaran nenek moyang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kebiasaan Orang Jerman

#1 Tepat Waktu

Di Jerman ada pepatah yang mengatakan: “lima menit terlalu dini untuk tepat waktu; tepat waktu adalah terlambat; dan terlambat tidak dapat diterima.”

Dengan menghargai waktu, ini sama halnya menghargai orang lain. Orang Jerman berusaha untuk datang bahkan sebelum waktunya.

Jika dirasa akan datang terlambat, orang Jerman memiliki kebiasaan untuk memberi tahu lewat telepon atau pesan singkat yang dikirimkan sehari sebelum atau beberapa jam sebelum jadwal pertemuan yang telah disepakati.

Hal ini dilakukan agar tidak membuang-buang waktu orang yang menunggu.

Budaya ketepatan waktu memang harus dilestarikan tidak hanya dalam lingkup formal profesional tetapi juga dalam lingkup kehidupan sehari-hari karena ini mengenai menghargai waktu orang lain.

 

#2 Kerja Adalah Kerja

Dalam hubungan pekerjaan, kebiasaan orang Jerman adalah tidak membahas hal-hal yang bersifat pribadi atau personal. Kerja ya kerja, mereka tidak menyangkutpautkan hal-hal pribadi ke dalam pekerjaan.

Satu sisi, mereka begitu profesional, namun secara personal, mereka tidak punya kedekatan personal antar karyawan atau atasan dengan bawahan. Meskipun demikian, menurut mereka ini adalah pendekatan yang sehat di untuk urusan pekerjaan.

Kepo tentang urusan orang lain apalagi soal urusan pribadi memang sepertinya tidak menjadi kebiasaan orang Jerman. Sisi positifnya, gosip dan kabar miring bisa lebih minim di sana. 

Yuk, Belajar 5 Hal Penting dari Kebiasaan Orang Jerman! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar dari 7+ Etos Kerja Orang Jerman, Gini Rahasia Mereka!]

 

#3 Semua Perlu Berkas Kertas

Jerman terkenal dengan budaya daur ulang yang cermat, namun ternyata penggunaan kertas di negara ini cukup besar.

Dilansir dari laman dw.com, data di tahun 2018 setiap orang Jerman menurut statistik menggunakan rata-rata 241,7 kilogram kertas, menjadikan negara ini salah satu konsumen kertas terbesar dunia, dan terbesar di antara negara-negara G20.

Jerman memiliki kebiasaan untuk menulis semuanya di atas kertas. Hampir segala kepentingan dan urusan pasti melibatkan urusan tulisan tangan di atas kertas.

Di lingkungan perkantoran juga demikian, mereka akan mencetak kembali dokumen yang mereka kirim secara online seperti PDF sebagai tanda bukti telah diterima.

Membuat dan menyimpan salinan merupakan pekerjaan yang penting di Jerman.

 

#4 Sendawa & Kentut

Hampir sama dengan budaya di hampir di sebagian besar negara di dunia ini, kebiasaan sendawa dan juga kentut di area publik atau di depan umum memang tidak diperkenankan.

Jika akan sendawa ketika merasa kenyang saat makan bersama, mereka cenderung menahan sendawa mereka agar tidak terdengar oleh orang di sekitarnya.

Demikian juga dengan buang angin, mereka punya kebiasaan untuk tidak melakukannya di depan umum demi menghargai orang lain.

 

#5 Menghargai Hari Minggu

Pada hari Minggu, tidak seperti hari-hari biasanya, jalanan di Jerman akan tampak lebih sepi dan lengang. Dilansir dari laman dw.com, semua berjalan lebih lambat termasuk kota-kota sibuk seperti Berlin.

Hampir semua toko tutup di hari Minggu, angkutan umum pun juga sangat terbatas, meskipun ada beberapa kafe dan restoran yang tetap membuka tempat mereka dan melayani pelanggan yang datang.

Orang Jerman menanggap bahwa hari Minggu adalah hari istirahat dalam satu minggu. Satu sisi mereka menghargai hal para pekerja di Jerman.

Jadi jika Anda berlibur ke Jerman dan melewati hari Minggu, jangan kaget dengan suasana yang lebih sepi dari hari-hari biasanya.

 

#6 Peduli Terhadap Lingkungan

Meski dengan orang-orang yang baru kenal mereka terkenal cuek, ternyata orang Jerman dikenal peduli dengan lingkungan, dari tanaman, hutan dan juga hewan.

Kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup yang berdampak pada kestabilan kehidupan sangat tinggi.

Dari hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengelompokkan jenis sampah sudah menjadi sebuah kebiasaan sehat, bersih dan menjaga kesehatan lingkungan

Yuk, Belajar 5 Hal Penting dari Kebiasaan Orang Jerman! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Hanya Gedung Tertinggi, Ini Fakta Unik Dubai yang Belum Diketahui!]

 

#7 Tidak Ada Batasan Kecepatan Mobil di Jalan Bebas Hambatan

Di Jerman tidak ada batas kecepatan yang berlaku secara umum di jalan bebas hambatan atau yang biasa disebut dengan istilah Autobahn seperti yang dilansir dari laman dw.com.

Bagi siapa pun yang berniat menerapkan pembatasan kecepatan akan segera menghadapi kritik lantang.

Memang menurut statistik, 60% dari semua kecelakaan yang berakibat kematian, tidak terjadi di Autobahn, tetapi justru di jalan-jalan biasa yang punya batas kecepatan.

 

#8 Buang Ingus

Meski sendawa dan kentut menjadi sebuah hal yang tabu dan sebaiknya tidak dilakukan di depan umum, tidak demikian dengan buang ingus.

Bagi orang Jerman, sangat biasa dan bukan hal yang dilarang untuk buang ingus di depan umum dengan tisu hingga terdengar suara yang cukup keras.

Mungkin bagi orang-orang tertentu, buang ingus di depan umum apalagi saat di tempat makan misalnya, hal itu dianggap jorok, tapi tidak demikian di Jerman.

Tapi, bukan berarti buang ingus sembarangan ya, mereka tetap menutupnya dengan tisu dan membuangnya ke tempat sampah, tidak sembarangan di jalan.

Yuk, Belajar 5 Hal Penting dari Kebiasaan Orang Jerman! 03- Finansialku

[Baca Juga: On Time! Yuk Belajar Mengatur Waktu Ala Orang Jepang]

 

Itu dia 8 kebiasaan orang Jerman yang mungkin di antaranya bisa jadi inspirasi untuk kita. Tidak ada gading yang tak retak, tidak hal yang sempurna di dunia ini, namun kita bisa belajar dan mendapatkan hikmah dari semuanya itu bagi kehidupan kita.

Kita bisa belajar mulai dari hal kecil seperti mengatur keuangan pribadi agar masa depan kita tidak ketar-ketir karena keuangan yang tidak teratur.

Untuk membantu Anda memudahkan dalam mengatur dan merencanakan keuangan, gunakanlah aplikasi Finansialku dengan berbagai fitur yang disediakan dan dapat diakses dengan mudah.

Aplikasi ini sudah tercatat dan diawasi oleh OJK, sehingga terjaga keamanannya. Yuk, download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda pernah ke Jerman atau mempunyai kenaan Orang Jerman? Kebiasaan seperti apakah yang dapat Anda pelajari dari kehidupan mereka?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Manfaatkan konsultasi gratis dengan Perencana Keuangan Finansialku dan dapatkan solusi jitu keluar dari masalah keuangan Anda!

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Tribun News. 13 Desember 2019. 5 Kebiasaan Orang Jerman yang Sulit Dipahami. Tribunnews.com – https://bit.ly/3i8I5E2
  • Admin. 5 Kebiasaan Orang Jerman yang Sulit Dipahami. Dw.com – https://bit.ly/324FmWI
  • Girindra Wiratni Puspa.26 April 2017. 8 Kebiasaan di Jerman yang bertolak belakang dari kebiasaan orang Indonesia. Denkspa.com – https://bit.ly/3byneHU
  • Sidney Norton. Februari 2020. 12 Kebiasaan Budaya Hanya Orang Jerman Akan Mengerti. Idyourtripagent.com – https://bit.ly/3bBwrPW

 

Sumber Gambar:

  • Jerman 1 – https://bit.ly/3hfaw28
  • Jerman 2 – https://bit.ly/33cYIIM
  • Jerman 3 – https://bit.ly/2DLbYeM