Bagaimana sih cara mengatur waktu yang baik? Yuk, coba ikuti strategi manajemen waktu ala orang Jepang dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Skill Mengatur Waktu yang Wajib Dipelajari

Belajar mengatur waktu adalah pembelajaran non formal yang mungkin tidak didapatkan dari orang lain atau institusi pendidikan. Karenanya, siapapun yang ingin mempelajarinya harus belajar secara otodidak.

Tidak hanya belajar secara otodidak saja, melainkan juga menjadikan kebiasaan. Karena jika sudah menjadi kebiasaan, tidak akan sulit lagi untuk melakukan pengaturan ini.

 

Tips Belajar Mengatur Waktu Semaksimal Mungkin

Untuk bisa belajar memanajemen waktu yang diberikan, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Beberapa hal yang akan disebutkan ini juga dilakukan oleh mayoritas orang Jepang.

 

#1 Membagi Waktu Istirahat

Jika diberi waktu untuk istirahat, maka orang Jepang tidak sepenuhnya menggunakannya untuk satu aktivitas saja.

Katakanlah seorang karyawan diberi satu jam untuk makan siang, maka durasi waktu selama 1 jam ini tidak digunakan sepenuhnya untuk makan saja.

Mereka akan membagi waktu yang diberikan ini misalnya setengah jam untuk makan dan setengah jam untuk beristirahat.

Manfaat mengatur waktu ini untuk mendapatkan waktu dengan produktif yang semaksimal mungkin. Tetap bisa makan, badan pun bisa kembali segar karena telah beristirahat.

On Time! Yuk Belajar Mengatur Waktu Ala Orang Jepang 01 - Finansialku

[Baca Juga: 12 Alasan Resign Kerja yang Sering Diucapkan Karyawan. Apakah Anda Pernah Melakukannya Juga?]

 

#2 Disiplin Untuk Setiap Hal

Strategi manajemen waktu yang selanjutnya adalah disiplin untuk setiap hal. Mungkin sebelumnya tidak Anda pahami bahwa disiplin adalah salah satu sikap untuk manajemen waktu. Padahal, keduanya merupakan dua hal yang berkesinambungan.

Jika Anda bisa disiplin, maka waktu lebih bisa dimaksimalkan. Inilah apa yang dilakukan oleh orang Jepang, contoh sederhananya mengerjakan tugas secara disiplin atau sesuai dengan waktu yang diberikan.

 

#3 Langsung Lakukan Tugas

Disiplin saja tidak cukup, strategi yang selanjutnya adalah untuk langsung melakukan atau menjalankan tugas yang diberikan. Dari pelajar hingga pekerja semuanya mendapatkan tugas.

Orang Jepang selalu mengerjakan langsung apa tugas yang diberikan kepada mereka. Memang menjadi salah satu contoh sikap disiplin, namun disiplin sendiri memiliki artian yang terlalu luas.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#4 Tahu Malu

Hampir semua orang Jepang tahu malu, dan hal ini diwujudkan dalam hal apapun dan kapanpun. Mereka merasa malu untuk mengambil apa yang bukan milik mereka.

Contoh paling sederhana adalah korupsi waktu. Jika seharusnya mereka belum boleh pulang kerja, maka mereka tidak akan pulang duluan.

 

#5 Bekerja Sesuai Waktu

Selain tahu malu, mereka juga akan bekerja sesuai dengan waktu yang diberikan.

Dalam artian lain mereka tidak akan mengakhiri pekerjaan sebelum waktu yang ditentukan atau mengakhiri pekerjaan jauh setelah waktu yang ditentukan.

Berapa durasi waktu yang diberikan, maka durasi waktu itulah mereka akan bekerja.

On Time! Yuk Belajar Mengatur Waktu Ala Orang Jepang 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Waspada Tentang 6 Hal ini Agar Tetap Semangat Kerja Di Perusahaan]

 

#6 Menggunakan Waktu Dengan Semestinya

Mereka juga akan menggunakan waktu dengan semestinya. Berapa cara belajar strategi waktu di atas selalu mengambil contoh ketika bekerja. Padahal, tak melulu soal bekerja saja untuk bisa mengatur waktu.

Misalnya, mereka diberi waktu untuk istirahat, maka mereka akan menggunakannya untuk benar-benar istirahat. Ketika diberikan waktu untuk fokus, maka mereka juga akan melakukannya.

 

#7 Fokus Pada Manajemen Waktu

Jika 6 hal di atas sudah Anda pahami maka cara yang selanjutnya adalah fokus pada manajemen waktu itu sendiri. Konsisten adalah kunci, selalu terapkan enam cara di atas supaya hal tersebut menjadi kebiasaan.

 

 

Terapkan Strategi Manajemen Waktu di Atas Sekarang Juga

Cara mengatur waktu agar produktif sebenarnya tidak sulit ketika disimak. Namun untuk mengaplikasikan atau mewujudkannya, benar-benar dibutuhkan niat dan konsistensi.

Mengaplikasikan cara-caranya hanya dalam durasi waktu tertentu saja akan kurang. Karena sebaiknya cara-cara di atas terus dilakukan supaya menjadi kebiasaan.

Selain menerapkan strategi manajemen waktu, Anda juga harus melakukan strategi manajemen keuangan. Mengatur keuangan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan oleh para pekerja agar gaji yang didapat bisa dimaksimalkan dengan baik.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membuat perencanaan keuangan dan konsultasi keuangan dengan ahli keuangan. Finansialku sudah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga dijamin keamanannya.

Download sekarang, ya.

playstore icon
appstore icon

 

Siap untuk mengubah keterlambatan dengan manajemen waktu yang lebih baik? Ayo ajak lebih banyak orang membaca artikel ini agar dapat semakin termotivasi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 30 April 2018. Anda Tau Negeri sakura? ini 4 Tips Disiplin Waktu Yang Bisa Anda Contoh. Bulelengkab.go.id – https://bit.ly/3fEQbmU

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Waktu 1 – https://bit.ly/3fJCIKk
  • Mengatur Waktu 2 – https://bit.ly/32ulfSn
  • Mengatur Waktu 3 – https://bit.ly/3jgVdrT