Jangan salah langkah, pertimbangkan dengan matang tentang kekurangan asuransi pendidikan sebelum menentukan pilihan!

Anda ingin menjamin masa depan pendidikan buah hati melalui asuransi? Sudah tau apa saja kekurangannya? Temukan jawaban selengkapnya melalui artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Memahami Peran Asuransi Pendidikan Secara Real

Asuransi secara umum dikembangkan untuk membantu jaminan segala kebutuhan hidup setiap lapisan masyarakat.

Begitu pun dengan adanya asuransi pendidikan, yang bertujuan untuk menjamin kebutuhan pendidikan bangsa secara menyeluruh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa asuransi tidak selalu berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jaminan tersebut tidak datang begitu saja jika Anda tidak menjalani berbagai prosedur penggunaan layanan jasa asuransi secara tepat, justru bukan keuntungan yang akan Anda dapatkan, melainkan kerugian.

Peran asuransi pendidikan juga hampir mirip dengan tabungan dan asuransi jiwa yang memiliki jangka waktu tertentu.

Selain Kelebihan, Yuk Cek Juga 5 Kekurangan Asuransi Pendidikan 02 Asuransi Pendidikan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Dana asuransi tersebut akan diberikan kepada anak yang bersangkutan jika sedang mengalami musibah atau kematian selama masa pendidikan aktif.

Sistemnya yang seperti tabungan, yakni Anda harus menyetorkan uang kepada perusahaan asuransi selama masa pendidikan si anak berlangsung.

 

Miliki Tabungan Pribadi Untuk Menjamin Pendidikan Anak Selain Lewat Asuransi

Tidak jarang orang tua yang berhenti untuk menggunakan jasa asuransi pendidikan di tengah jalan selama masa pendidikan anak masih aktif.

Hal itu disebabkan kurangnya pemahaman orang tua mengenai sistem dan prosedur jasa layanan asuransi pendidikan.

Sebelum Anda (orang tua) merasa dirugikan oleh pihak asuransi pendidikan sebaiknya persiapkan langkah tersebut dengan matang.

Bila perlu Anda telah memiliki tabungan secara pribadi untuk mempersiapkan kebutuhan pendidikan si anak.

Tabungan tersebut tentu sangat membantu dan tidak akan membuat khawatir jika Anda mengalami kerugian saat terlanjur menggunakan jasa asuransi pendidikan.

Langkah menabung sebaiknya dimulai sejak si anak belum disekolahkan, jumlah dana yang ditabung tentu bisa menyesuaikan dengan kapasitas finansial Anda.

Serta bisa dilakukan dengan jasa penyimpanan bank atau sistem menabung secara tradisional sesuai kriteria Anda.

Jika Anda menabung secara rutin tentu jumlah uang yang bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan pendidikan si anak suatu saat bisa terpenuhi dengan baik.

Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu jika memiliki pilihan untuk menggunakan jasa asuransi pendidikan atau tidak, karena keduanya tidak akan memberikan dampak negatif berlebihan pada kondisi finansial keluarga Anda, terutama di bidang pendidikan.

Jangan khawatir, Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengatur Dana Pendidikan anak Anda. Semua dapat dianggarkan dengan jelas melalui Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kelebihan Asuransi yang Umum Diunggulkan Oleh Para Orang Tua

Setiap orang tua tentu memiliki banyak alasan, mengapa asuransi pendidikan menjadi pilihan terbaik bagi keberlanjutan masa depan si anak.

Alasan tersebut tentu berdasarkan pengalaman nyata yang telah dialami oleh para orang tua yang bermasalah sebelum menggunakan asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan memang memiliki banyak kelebihan yang secara umum diunggulkan oleh para orang tua.

Berikut tiga kelebihan jasa asuransi pendidikan yang membuat orang tua bergantung pada jasa tersebut.

 

Kelebihan 1: Biaya Pendidikan Terjamin

Menggunakan jasa asuransi akan menjamin segala kebutuhan sekolah anak selama masa pendidikan sedang berlangsung.

Namun, dana ini tidak bisa dicairkan begitu saja, tetapi pada jangka waktu tertentu, yakni saat anak yang bersangkutan memulai tahun ajaran baru.

 

Kelebihan 2: Mengurangi Beban Tanggungan Pendidikan

Saat memiliki anak tentu setiap orang tua memiliki beban dan tanggungan untuk memenuhi kebutuhan anak terhadap pendidikan. Hal tersebut sangat penting bagi si anak sehingga mau tidak mau orang tua harus menyekolahkannya.

Namun, jika biaya menjadi masalah utama tentu menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi masa depan anak.

Oleh karena itu, asuransi pendidikan ditawarkan kepada para orang tua, untuk menjamin biaya pendidikan tanpa menambah beban dan tanggungan finansial yang berlebihan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kelebihan 3: Sistem Pembayaran Premi Mudah

Penerapan sistem pembayaran yang terdapat pada asuransi pendidikan sedikit berbeda dengan sistem pembayaran asuransi pada umumnya.

Karena biaya iuran per periode bisa dibilang cukup fleksibel, yakni selama 6 bulan sekali atau setahun sekali. Dana premi yang dibayarkan pun cukup fleksibel sesuai kapasitas atau kemampuan finansial Anda.

Namun, hati-hati saat berada pada tahap pembayaran premi, karena banyak orang tua yang salah pilih sistem pembayarannya sehingga justru merugikan mereka.

Perusahaan akan memberi pilihan tentang jangka waktu dan kategori pembayaran premi perencanaan pendidikan yang disesuaikan dengan kapasitas Anda, seperti plan A, plan B, plan C, dan seterusnya.

Pelajari terlebih dahulu tiap kategorinya agar Anda benar-benar mampu menunjang pendidikan si anak dengan asuransi pendidikan.

 

5 Kekurangan Asuransi Pendidikan yang Perlu Dipertimbangkan

Kelebihan dari jasa asuransi memang cukup membantu kebutuhan finansial keluarga, khususnya di bidang pendidikan anak.

Namun, sebelum menentukan pilihan untuk menggunakan jasa layanan ini sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan kelima kekurangan asuransi pendidikan seperti pada poin di bawah ini.

 

Kekurangan 1: Kecilnya Nilai Hasil Investasi

Investasi dana pendidikan melalui jasa asuransi memiliki nilai yang kecil karena sistem pada pelayanan tidak stabil.

Nilai tersebut tidak selalu turun, bisa juga naik namun tidak dapat diprediksi, untuk itu Anda tetap harus memiliki cadangan keuangan saat nilai investasi sedang turun.

 

Kekurangan 2: Pencairan Dana yang Tidak Bisa Sewaktu-waktu

Waktu dan pembayaran dana asuransi memang bersifat fleksibel, namun kekurangannya dana yang dicairkan tidak bisa diprediksi, baik jumlah maupun waktunya.

Terkadang pencairan tersebut melewati batas waktu yang dijanjikan oleh pihak asuransi sehingga jika Anda terlalu bergantung pada asuransi pendidikan, Anda akan kebingungan saat pendidikan si anak sudah menginjak masa tahun ajaran baru.

 

Kekurangan 3: Penentuan Sistem Pembayaran yang Terlalu Lama

Memang menjadi salah satu kemudahan jika jangka waktu pembayaran terlalu lama, namun banyak akibat yang merugikan bisa saja Anda dapatkan.

Selain itu, jangka waktu penentuan sistem pembayaran premi secara berkelanjutan minimal bisa dilakukan selama 5 tahun.

Selain Kelebihan, Yuk Cek Juga 5 Kekurangan Asuransi Pendidikan 03 Asuransi Pendidikan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Menyiapkan Dana Pendidikan untuk Anak Anda? Simak Cara Rahasia Berikut Ini!]

 

Kekurangan 4: Kelalaian dalam Pencairan Dana

Pihak asuransi biasanya akan memberikan ketentuan terkait pencairan dana asuransi pendidikan, Anda akan mengetahui hal tersebut di awal perencanaan sistem asuransi.

Namun, ketentuan tentang pencairan dana seringkali tidak sesuai, pihak asuransi sering melakukan keterlambatan saat mencairkan dana asuransi tersebut. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menanyakan jawaban secara jelas terlebih dahulu kepada pihak pemasaran perusahaan asuransi sebelum menggunakan jasanya.

 

Kekurangan 5: Harapan Orang Tua Untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Anak Tidak Sepenuhnya Bisa Direalisasikan

Promosi hebat di awal penawaran pelayanan jasa asuransi memang sangat menggiurkan.

Namun, pada nyatanya perputaran dana yang rumit dilakukan untuk pengelolaan investasi perusahaan, memberikan hasil yang kurang maksimal sehingga Anda tidak bisa mendapatkan dana pendidikan sesuai dengan harapan dan prediksi Anda.

 

Nilai Kekurangan dan Kelebihan Asuransi Pendidikan, Tetapkan Pilihan Untuk Masa Depan Anak

Banyak orang tua yang menggunakan jasa asuransi pendidikan, namun di tengah jalan tidak ingin meneruskan pelayanan tersebut. Hal itu disebabkan adanya lima kekurangan di atas.

Maka dari itu, sebaiknya informasi tentang kekurangan asuransi pendidikan juga perlu diperhatikan di samping mengetahui kelebihannya.

Tentunya Anda ingin menyekolahkan anak dari TK sampai Sarjana tanpa utang bukan?

Anda bisa membaca ebook di bawah ini secara GRATIS agar Anda mengetahui kesalahan fatal yang dapat mengancam anak tidak dapat sekolah hingga kuliah dan solusi yang dapat Anda lakukan.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Jika berbagai kekurangan dan kelebihan dari jasa asuransi pendidikan sudah Anda ketahui, sebaiknya bagilah informasi penting ini kepada sesama rekan Anda.

Karena berbagi informasi sangat berpengaruh terhadap keberlanjutan relasi sosial dan bisnis keluarga Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rifzan. 03 Mei 2017. 9 Keuntungan dan Kerugian Asuransi Pendidikan Anak. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/E2KeTf
  • Admin. 09 November 2018. Kekurangan dan Kelebihan Asuransi Pendidikan Anak. Mazariegos.org – https://goo.gl/Knez6G

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Pendidikan 1 – https://goo.gl/jrhhTW
  • Asuransi Pendidikan 2 – https://goo.gl/images/ZVGCxh
  • Asuransi Pendidikan 3 – https://goo.gl/images/vFnkLt