Milenial harus tahu, investasi tanah bisa jadi buntung! Jadi simak dulu kelebihan dan kekurangan investasi tanah berikut ini.

Jangan sampai terlewat…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Kelebihan & Kekurangan Investasi Tanah

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa investasi properti itu hanya berupa rumah, ruko, apartemen, hotel atau kondotel.

Terutama bagi para milenial pemula yang baru terjun di dunia investasi, mereka banyak yang beranggapan seperti itu. 

Tanah pun tergolong investasi properti. Bagi para investor kawakan, ini adalah salah satu instrument investasi yang bisa meraup keuntungan besar.

Eits, tapi jangan terburu nafsu dengan iming-iming keuntungan yang besar. Buat kamu para milenial, simak dulu kelebihan dan kekurangan dari investasi ini melalui pembahasan berikut.

 

Kelebihan Bisnis Investasi Tanah

Pasti ada kelebihan dari investasi ini, berikut daftar kelebihannya;

 

#1 Capital Gain Relatif Tinggi

Investasi properti tanah memang dikenal dengan keuntungan dari capital gain yang relatif tinggi dibanding instrument lainnya.

Setidaknya jika dinilai secara persentase, kenaikannya bisa mencapai 20 – 25% tergantung dari strategisnya lokasi tanah tersebut.

Lokasi yang strategis dengan prospek perkembangan yang positif, apalagi ditambah dengan fasilitas publik yang memadai akan menambah nilai capital gain dari tanah tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Terlindungi & Punya Jaminan Hari Tua? Ini Persyaratan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan!]

 

Tak bisa dipungkiri bahwa tanah tersebut bisa mencapai capital gain hingga 200% beberapa tahun berikutnya.

Namun, sebaliknya apabila tanah tersebut berada di wilayah yang kurang berkembang, tentu nilainya tidak akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Itulah sebabnya para investor yang ingin berinvestasi properti ini perlu mengetahui secara pasti, prospek pembangunan sebuah lahan, bila ingin mendapatkan capital gain yang semakin meroket.

 

#2 Adanya Nilai Tambah

Keuntungan berikutnya dari investasi tanah, yaitu mendapatkan nilai tambah. Apalagi jika tanah yang dimiliki cukup luas.

Investor dapat keuntungan berlipat ganda dengan membuat perumahan sistem cluster misalnya.

Namun, investor perlu memastikan untuk pembangunan infrastuktur, dan kembali lagi dengan prospek dari pembangunan di daerah tersebut.

 

#3 Bisnis Lainnya Menanti

Selain bisa untuk membangun rumah, atau perumahan, investor juga bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk berbagai bisnis lainnya.

Tentunya itu untuk mendapat pelipatgandaan keuntungan. Tanah tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai usaha.

Seperti pembukaan lokasi perkebunan atau tempat parkir umum. Jika lokasinya dekat dengan tempat-tempat publik yang menguntungkan.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

#4 Biaya Perawatan Tak Mahal

Karena masih dalam bentuk tanah, tentu investasi ini tidak perlu mengeluarkan kocek lebih untuk biaya perawatan. Tidak seperti properti lainnya, gedung, rumah, ruko, dan lain sebagainya.

 

#5 Investasi Yang Tidak Akan Hilang

Investasi tanah adalah salah satu jenis investasi yang tidak akan dapat hilang.

Selain itu, tidak ada kemungkinan terjadinya kerusakan atas tanah tersebut, meski sesekali mungkin terkena bencana yang tidak diinginkan.

 

Kekurangan Investasi Tanah

Selain lima kelebihan investasi tanah yang menggiurkan di atas. Para investor pemula, khususnya kaum milenial, perlu juga memahami berbagai kekurangan dari instrument investasi tanah ini.

Yaitu sebagai berikut:

 

#1 Perlu Siapkan Modal Besar

Karena keuntungannya yang besar, modal yang diperlukan untuk bisa berinvestasi tanah juga harus cukup besar.

Apalagi jika tanah tersebut berada di lokasi yang dekat pusat kota. Biaya yang besar memang menjadi salah satu faktor utama para investor pemula enggan untuk memilih jenis investasi ini.

Sebelum kita lanjut, Finansialku punya solusi lain untuk menangani masalah dari kekurangan investasi tanah bagi kaum milenial ini.

Yaitu dengan kamu, ‘kaum milenial‘ bergabung di komunitas muda, keren, punya properti dari Finansialku. 

Coba kamu bergabung di komunitas ini, untuk belajar banyak dari sesama kaum milenial mengenai properti. Mudah kok cara untuk bergabungnya, hanya dengan klik tautan berikut. 

komunitas properti

SAYA MAU JOIN

 

#2 Tanah Kosong Keuntungan Ompong

Investasi tanah bisa saja tidak menguntungkan jika tidak dikelola dengan baik. Apabila tanah tersebut sudah lama mangkrak dan tidak dimanfaatkan, tentu saja investasi tanah tersebut tidak memberi keuntungan sama sekali.

Untuk menambah nilainya, investor biasanya akan membangun kos-kosan, ruko atau menyewakan kepada calon penyewa agar tanah tersebut tetap menghasilkan keuntungan.

 

#3 Termasuk Investasi Yang Tidak Likuid

Investasi tanah, memang salah satu investasi yang tergolong tidak likuid. Artinya investasi ini tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu, karena harus menunggu waktu yang cukup lama untuk menjual tanah.

Setelah terjual, baru investor yang bersangkutan bisa menikmati dana segar dari hasil penjualan. Oleh sebab itu, sangat tidak disarankan untuk mengandalkan investasi tanah sebagai dana darurat.

 

#4 Biaya Pajak Yang Besar

Investasi tanah memiliki lika-likunya tersendiri. Jika tanah tersebut sudah lama menganggur, pajak yang harus dibayarkan pun tentu menguras kantong.

Selain itu ada biaya lain, seperti biaya penjagaan, agar patok dari batas tanah tidak diganggu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pahami Investasi Tanah Yang Mendatangkan Keuntungan dan Keberhasilan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho Keuntungan Punya Investasi Tanah Kavling!]

 

Investor tanah juga perlu memerhatikan ekstra tanah tersebut, apakah disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

 

#5 Daya Jual Tergantung Lokasi

Semakin dekat dengan pusat kota dan difasilitasi dengan infrastruktur yang memadai, tentu nilai tanah tersebut akan semakin tinggi.

Oleh sebab itu, para investor perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini jika ingin investasi properti tanahnya menguntungkan, yaitu:

  • Memilih lokasi yang prospektif
  • Memeriksa peruntukan tanah (apakah akan digunakan sebagai hunian atau perumahan)
  • Membandingkan harga
  • Memastikan legalitasnya
  • Mempelajari kenaikan harga dan tarif sewa


 

Milenial, Kamu Sudah Tahu?

Sekarang kamu, kaum milenial, sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah bukan? Untuk benar-benar mulai berinvestasi tanah, kamu harus bisa mengantisipasi kekurangannya. 

Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah yang dapat jadi pertimbangan kamu, sebelum mengalokasikan uang kamu untuk investasi yang satu ini.

Selain dari artikel ini, untuk kamu, Finansialku juga punya tips mengenai investasi tanah. Dari video berikut, silakan ditonton juga ya. Supaya kamu semakin lebih mantap mengambil keputusan. 

 

 

Kamu dapat membagikan artikel Finansialku ini kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!  Tuliskan juga saran, komentar dan tanggapan pada kolom yang telah disediakan di bawah ini! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mukhammad Iqbal. 18 Februari 2020. Ini Dia 10 Plus & Minus Melakukan Investasi Tanah. Wajib Tahu!. 99.co – https://bit.ly/38pHCJM