Hari gini belum tahu untungnya investasi tanah kavling? Investasi properti tidak melulu bicara soal rumah atau apartemen.

Investasi juga dapat berupa tanah kavling yang pastinya tidak kalah menarik. Tidak percaya?

Simak ulasannya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Kelebihan Investasi Tanah Kavling

Baru-baru ini paman saya, sebut saja Bapak A (50 tahun) berkisah soal investasinya yang berupa tanah kavling. Matanya berbinar-binar saat menyatakan bahwa nilai tanahnya sudah naik banyak dalam 5 tahun terakhir ini.

Saya jelas sangat tertarik dengan penjelasan beliau dan mengorek lebih dalam soal kelebihan investasi yang satu ini. Paman saya pun bercerita panjang lebar soal kelebihan dari investasinya ini. Berikut ini rangkumannya.

 

#1 Peningkatan Capital Gain Tinggi

Menurut beliau, investasi tanah merupakan salah satu yang peningkatan capital gain-nya paling tinggi. Pasalnya, persentasenya mencapai 20-25%.

Namun kembali lagi bergantung pada posisi tanah berada, tanah yang berada di daerah berkembang dan strategis bisa mengalami kenaikan berlipat ganda hingga 100% bahkan 200%. Sedangkan tanah yang berada di lokasi kurang berkembang mungkin peningkatannya bisa di bawah 20%.

 

#2 Punya Nilai Tambah

Paman juga bercerita bahwa sebuah tanah memiliki nilai tambah. Misalnya saja saat kita memiliki tanah luas kemudian membangun cluster di atasnya, maka nilai investasinya akan bertambah.

Harga tanah akan naik dan Anda bisa memperoleh keuntungan dari penjualan rumah. Luar biasa bukan?

 

#3 Dapat Dimanfaatkan untuk Tujuan Lain

Salah satu kelebihan investasi tanah kavling adalah peruntukannya yang dapat dipindahkan. Sebagai contoh, saat Anda memiliki tanah dekat sekolah atau universitas maka Anda bisa menyewakannya sebagai tempat parkir.

Atau Anda juga bisa menjadikannya tanah untuk bercocok tanam sambil menunggu kenaikan capital gain.

 

#4 Biaya Perawatannya Rendah

Jika dibandingkan dengan investasi rumah, investasi tanah jelas memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Jadi, berinvestasi tanah cocok bagi Anda yang sibuk dan baru memulai berinvestasi sehingga tidak memakan waktu dan modal.

 

#5 Tidak Bisa Hilang dan Rusak

Berbeda dengan jenis investasi lain, investasi tanah tergolong aman karena bentuk fisiknya lebih minim risiko.

Misalnya saja saat dibandingkan dengan emas yang dapat hilang dicuri atau rusak, tanah memiliki risiko jauh lebih kecil. Tanah tidak akan hilang dan kemungkinan rusaknya sangat kecil.

Ini Lho Keuntungan Punya Investasi Tanah Kavling! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Punya Sisa Uang Jajan Rp 100.000 Mending Investasi Reksa Dana atau Jajan]

 

Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Setelah mendengar cerita paman soal investasi tanah kavlingnya, tentu kita semua jadi tertarik berinvestasi di dalamnya. Namun jangan lupa bahwa investasi ini juga memiliki beberapa kelemahan sebagai berikut.

 

#1 Membutuhkan Modal Besar

Tentunya dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk berinvestasi tanah, mengingat nilainya yang terus naik dari waktu ke waktu akibat adanya kelangkaan.

 

#2 Ada Peluang Kekosongan

Risiko yang perlu diperhatikan saat berinvestasi tanah kavling adalah kemungkinan adanya kekosongan pada jangka waktu yang tidak dapat ditentukan.

Terlebih saat Anda membelinya secara kredit, kerugian keduanya adalah tidak adanya penghasilan pasif selama Anda memiliki tanah tersebut, jadi bisa dibilang tanah saat itu bukanlah aset melainkan hanya liabilitas (karena Anda terus membayar angsuran namun tidak ada pemasukan pasif, sehingga arus kas negatif).

 

#3 Sifatnya yang Kurang Likuid

Likuiditas artinya kemudahan Anda mengakses uang dari instrument investasi yang dipilih. Dengan kata lain, semakin likuid sebuah investasi, semakin mudah pula dijual atau ditukar dengan uang.

Kekurangan dari investasi tanah adalah umumnya kurang likuid apabila dibandingkan dengan instrumen lainnya (misalnya: emas atau reksa dana). Sehingga banyak investor yang harus memikirkan dampak jangka panjangnya yaitu uang yang mengendap.

 

#4 Daya Jualnya Bergantung pada Lokasi

Salah satu yang sering dilupakan orang saat berinvestasi tanah adalah lokasinya. Mereka bingung mengapa investasi tanahnya tidak menguntungkan, saat banyak orang mengatakan investasi tanah itu menguntungkan.

Ini Lho Keuntungan Punya Investasi Tanah Kavling! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Nah, saat berinvestasi ingatlah bahwa lokasi itu penting. Jadi berinvestasilah dengan teliti agar bisa memperoleh tanah yang memang berlokasi strategis, aman, berpotensi untuk dikembangkan.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Berinvestasi Tanah Kavling dengan Finansialku Yuk!

Saya sempat berbincang-bincang dengan seorang perencana keuangan Finansialku menyangkut hal ini. Untuk investasi, saya tidak ingin main-main. Oleh karena itulah saya memilih untuk mengkonsultasikannya langsung dengan perencana keuangan.

Salah seorang perencana keuangan Finansialku menjelaskan kepada saya, bahwa menggunakan aset tanah sebagai sarana untuk mempersiapkan pensiun bukan hal yang salah.

Selain karena imbal hasilnya yang cukup tinggi, tanah pun tergolong jauh lebih aman karena tahan akan pengaruh ekonomi seperti inflasi dan sebagainya.

Mereka menjelaskan bahwa mempersiapkan masa pensiun dengan aset tanah itu baik. Hal ini didasarkan akan prinsip kelangkaan, dimana kebutuhan orang akan tanah dan perumahan selalu meningkat sementara ketersediaan lahan terbatas. Jadi sudah sepantasnya harga tanah akan selalu naik.

Tetapi mereka juga menjelaskan mengenai kekurangannya, yakni sifatnya yang kurang likuid. Artinya Anda memerlukan waktu untuk bisa mencairkannya. Jadi adalah tidak mungkin bagi Anda untuk mengharapkan dana yang cepat dari penjualan properti ini.

Saya mempercayakan keuangan saya kepada perencana keuangan Finansialku, karena mereka adalah perencana keuangan bersertifikat CFP yang tentunya bisa dipercaya dan diandalkan. Bagaimana dengan Anda?

Jangan ragu untuk memperoleh solusi keuangan dari perencana keuangan Finansialku, hubungi mereka sekarang juga!

playstore icon
appstore icon

 

Ternyata tanah merupakan salah satu instrumen investasi terbaik lho!

Yuk simak bahasannya di video ini.

 

Siap untuk berinvestasi tanah setelah mengetahui kekurangan dan kelebihannya? Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Mukhammad Iqbal. 18 Februari 2020. Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah. 99.co – https://bit.ly/3f4WPlD
  • Eko Endarto. 29 Agu 2016. Persiapkan Uang Pensiun, Mending Deposito Atau Beli Tanah? Finance.detik.com – https://bit.ly/2Uom22i

 

Sumber Gambar:

  • Tanah 01 – https://bit.ly/2XI7IUs
  • Tanah 02 – https://bit.ly/2ATIhGt
  • Tanah 03 – https://bit.ly/2APQhZm