Kemendikbud bakal kasih subsidi kuota internet gratis buat para siswa, mahasiswa, sampai guru! Kapan cairnya?

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kemendikbud Bakal Kasih Subsidi Pulsa dan Kuota Internet Gratis Buat Pelajar, Mahasiswa, dan Guru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan bakal ada bantuan berupa subsidi pulsa kuota internet gratis untuk menunjang kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah kami dapat dukungan dari menteri-menteri untuk anggaran pulsa untuk peserta didik kita di masa PJJ ini, jadi dengan senang hati saya mengumumkan hari ini. Kami dapat persetujuan anggaran Rp 9 triliun untuk tahun ini.” Ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dalam rapat kerja dikutip laman nasional.kompas.com, Kamis (27/08).

Adapun, melansir laman tekno.kompas.com, anggaran dana yang disiapkan untuk stimulus ini adalah Rp 8,9 triliun, di mana Rp 7,2 triliun akan digunakan untuk memberikan subsidi pulsa kuota gratis buat siswa, guru, mahasiswa, dan dosen.

Nadiem Makarim Luncurkan Aplikasi Corona Buat Relawan COVID-19 01

[Baca Juga: Kabar Baik! Pemerintah Akan Beri Bantuan Modal Kerja Untuk UMKM]

 

Sementara sisanya, Rp 1,7 triliun, akan dialokasikan untuk para penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, dosen, serta guru besar.

Anggaran ini, dikatakan Nadiem, berasal dari optimalisasi anggaran Kemendikbud dan dukungan anggaran Bagian Anggaran dan Bendahara Umum Negara (BA BUN) 2020.

Dari laman yang sama, sumber dana untuk subsidi kuota guru berasal dari dana realokasi anggaran Program Organisasi Penggerak yang waktu penyelenggaraannya ditunda hingga 2021.

Selain itu, Kemendikbud juga mendapatkan sokongan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja, yang mana bantuannya dikhususkan untuk 56,115 sekolah negeri dan swasta yang paling membutuhkan.

“Rp 3,2 triliun dialokasikan untuk dana BOS Afirmasi dan Kinerja yang akan disalurkan ke 31.416 desa/kelurahan yang berada di daerah khusus.” Tutur Nadiem, dikutip laman tekno.kompas.com, Jumat (28/08).

Kriteria daerah yang bakal mendapatkan bantuan BOS Afirmasi dan Kinerja, diatur dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2020, dan Kepmendikbud Nomor 580 dan 581 tahun 2020, di antaranya:

  • (desa) Terpencil atau terbelakang
  • Kondisi masyarakat adat yang terpencil
  • Perbatasan dengan negara lain
  • Terkena bencana Covid-19, bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain.

Adapun kriteria sekolah yang bakal mendapatkan bantuan BOS Afirmasi dan Kinerja tertulis dalam Permendikbud Nomor 24 tahun 2020 dan Kepmendikbud Nomor 746/P/2020, yang di antaranya adalah:

  • Sekolah dengan proporsi siswa dari keluarga miskin yang lebih besar
  • Sekolah yang menerima dana BOS Reguler lebih rendah
  • Sekolah yang memiliki proporsi guru tidak tetap yang lebih besar.

Sementara itu, subsidi pulsa kuota akan diberikan secepatnya, agar pada pelajar serta pengajar bisa langsung memanfaatkan stimulus ini.

“Ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dosen selama tiga empat bulan ke depan. Ini kami akselerasi secepat mungkin biar bisa cair.” Lanjutnya.

Adapun besaran yang diberikan berbeda-beda. Untuk siswa akan diberikan subsidi pulsa kuota sebesar 35 GB per bulan, untuk guru sebesar 42 GB, sementara untuk mahasiswa dan dosen akan diberikan subsidi pulsa kuota sebesar 50 GB per bulan.

Dikatakan oleh Evy Mulyani selaku Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud secara terpisah, subsidi pulsa kuota gratis ini bakal diberikan selama empat bulan berturut-turut.

“Rencananya, akan diberikan subsidi kuota internet selama empat bulan, terhitung dari bulan September-Desember 2020.” Katanya, dikutip laman nasional.kompas.com, Jumat (28/08).

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku atas ‘terkabul’-nya keinginan Nadiem Makarim untuk memberikan pulsa kuota gratis ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada kawan-kawan siswa, mahasiswa, guru, dan dosen lainnya lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Irfan Kamil. 28 Agustus 2020. Bantuan Kuota Internet: Siswa Dapat 35 GB, Guru 42 GB, Mahasiswa dan Dosen 50 GB. Nasional.kompas.com – https://bit.ly/2QAABhi
  • Rahel Narda Chaterine. 27 Agustus 2020. Nadiem Janjikan Kuota 35 GB untuk Siswa-50 GB untuk Mahasiswa Per Bulan. News.detik.com – https://bit.ly/3b8AvXG
  • Kevin Rizky Pratama. 28 Agustus 2020. Mulai September, Siswa Dapat Internet Gratis 35 GB dan Guru 42 GB Per Bulan. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/31FEl7v
  • Haryanti Puspa Sari. 28 Agustus 2020. Siswa dan Guru Akan Dapat Kuota Internet Gratis, Berikut Faktanya…. Nasional.kompas.com – https://bit.ly/2QG6rsF
  • Admin. 27 Agustus 2020. Subsidi Kuota INternet: Siswa Dapat 35 GB dan Mahasiswa 50 GB per Bulan. Nasional.tempo.co – https://bit.ly/2YKlEOa