Kesejahteraan karyawan adalah salah satu komponen dari kemajuan perusahaan.

Lalu, bagaimana cara mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan karyawan agar perusahaan makin maju?

Cari tahu langkah-langkahnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan pasti memiliki banyak karyawan, karena dalam sebuah perusahaan terbagi menjadi beberapa bagian dan bidang atau divisi.

 Untuk itu, biasanya perusahaan tersebut selalu menyediakan fasilitas untuk menunjang kesejahteraan karyawan sebagai bentuk penghargaan.

Karyawan merupakan sebuah aset bagi perusahaan yang harus dipelihara dengan baik, terutama jika karyawan tersebut loyal dan berprestasi.

Sedikit apapun karyawan pada suatu perusahaan, tetap saja  perusahaan harus menghargai asset yang mereka punya, agar perusahaan tersebut bisa berkembang dengan baik. Namun, seberapa pentingkah perusahaan ini memberikan kesejahteraan para karyawan tersebut harus disadari perusahaan itu sendiri.

 

Kesejahteraan Karyawan dan Hubungannya dengan Perusahaan

Untuk mengetahui seberapa pentingnya menyediakan kesejahteraan karyawan bagi perusahaan, maka Anda bisa melihat manfaat dan keuntungan bagi perusahaan berikut ini.

 

#1 Meningkatkan Kualitas Perusahaan

Sebuah perusahaan terutama sebuah perusahaan yang masih dikatakan kecil atau perusahaan-perusahaan start up bisa meningkatkan kualitas sebuah perusahaan melalui karyawan-karyawan loyal tersebut.

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan Bagi Perusahaan 02

[Baca Juga: Kepemimpinan Adalah Seni Membuat Orang Lain Untuk Melakukan Sesuatu]

 

Baik dari segi kinerja perusahaan maupun kualitas produksinya. Besarnya sebuah perusahaan merupakan hasil dari karyawannya yang berkualitas dan disiplin.

 

#2 Meningkatkan Hasil Produksi

Dalam mempertahankan sebuah perusahaan agar makin meningkatkan produktivitas para karyawan, sehingga produksi yang dihasilkan perusahaan tersebut juga makin meningkat.

Dengan meningkatnya hasil produksi, maka makin meningkat juga pendapatan untuk perusahaan tersebut yang membuat semua kru di dalam perusahaan tersebut makin makmur dan sejahtera.

 

#3 Menaikkan Citra Perusahaan

Setelah kualitas perusahaan makin meningkat dan hasil produksi juga berkembang dan makin meningkat, maka secara otomatis juga akan menaikkan citra perusahaan tersebut sebagai branding dan makin membuat nama perusahaan makin dikenal.

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan Bagi Perusahaan 03

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Sangat penting untuk menciptakan sebuah branding dari perusahaan dan membuat nama menjadi melambung jika masih kategori perusahaan kecil, atau makin mengembangkan sayap dan mempertahankan nama baik jika sudah mempunyai nama besar.

 

#4 Mempertahankan Karyawan Berpotensi

Dengan memberi fasilitas kesejahteraan karyawan sebagai aset perusahaan. Maka Anda bisa mempertahankan karyawan-karyawan berpotensi dan berprestasi bisa tetap menjadi aset perusahaan Anda agar tidak direbut perusahaan lain.

 

#5 Reward untuk Karyawan Berprestasi

Sebuah prestasi lebih mudah untuk diraih daripada dipertahankan. Maka jangan menyia-nyiakan sebuah prestasi yang sudah didapat dengan memiliki karyawan yang kompeten.

 

#6 Memotivasi Cara Bekerja Karyawan

Memberikan kesejahteraan karyawan, maka kita mendukung para karyawan tersebut dan memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi dan mempertahankan kinerja yang sudah sangat baik. Agar para karyawan juga tidak merasa disia-siakan dalam mengabdi pada perusahaan.

 

#7 Memberikan Sebuah Jaminan Kesehatan

Menyejahterakan karyawan juga termasuk memberikan sebuah jaminan kesehatan pada karyawan tersebut. Jika para pekerja terjamin kesehatannya, dengan sendirinya mereka bisa bekerja dengan baik dan benar tanpa harus kurang suatu apapun.

Pentingnya Kesejahteraan Karyawan Bagi Perusahaan 04

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Mudah dan Cepat Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru? Simak Jawabannya!]

 

Karena jika ada karyawan yang sakit, otomatis semua kegiatan perusahaan menjadi terhambat yang membuat kerugian pada perusahaan.

 

#8 Meningkatkan Kualitas Hidup Karyawan Beserta Keluarga

Perusahaan yang bisa menghargai karyawannya berarti juga membuat peningkatan kualitas hidup serta kesehatan karyawan tersebut beserta keluarganya masing-masing.

Artinya perusahaan juga telah menyejahterakan keluarga karyawan, dan juga menciptakan bibit baru sebagai penerus bangsa.

 

Tingkatkan Kesejahteraan Karyawan untuk Kemajuan Perusahaan

Saling ketergantungan antara sebuah perusahaan dengan karyawannya menciptakan sebuah hubungan saling menguntungkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan menyediakan kesejahteraan bagi karyawannya.

 Agar para pekerja tersebut juga tidak berpikir panjang untuk melakukan sesuatu yang bisa menguntungkan perusahaan.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku di Play Store dan App Store untuk dapat menggunakan fitur keuangan.

 

Setelah membaca artikel di atas, maka pastikan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan agar perusahaan Anda bisa maju. Karena sangat bermanfaat, maka bagikan artikel ini pada rekan sesama pengusaha, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nur Lella Junaedi. 25 Januari 2020. Pentingnya Kesejahteraan Karyawan bagi Peningkatan Kualitas Pekerja. Erkut.com – https://bit.ly/2TbINoQ

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan 01 – https://bit.ly/32m8EhX
  • Karyawan 02 – https://bit.ly/2w0TFhi
  • Karyawan 03 – https://bit.ly/37OJiL2
  • Karyawan 04 – https://bit.ly/37TjblU