Baru buka bisnis, simak artikel ini hingga tuntas yuk, untuk tahu semua tentang biaya operasional perusahaan. Supaya bisnis kita makin baik.

Selamat membaca, dan semoga bermanfaat.

 

Apa Itu Biaya Operasional Perusahaan?

Ketika menjalankan sebuah usaha, tidak peduli skala usahanya, kita tentu dihadapkan pada keharusan untuk mengeluarkan sejumlah biaya agar kegiatan usaha bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Mulai dari biaya untuk bahan baku, biaya karyawan, biaya sewa, hingga biaya penggunaan listrik sekalipun, harus disiapkan.

Biaya-biaya ini yang kemudian lebih sering disebut dengan biaya operasional. Ada beberapa pengertian yang didefinisikan oleh para ahli tentang definisinya, seperti Mulyadi, yang mendefinisikan:

“Biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Secara garis besar, biaya produksi ini dibagi menjadi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead.”

Sementara itu, Harnanto, mendefinisikan sebagai:

“Biaya-biaya yang dianggap melekat pada produk, meliputi biaya, baik langsung maupun tidak langsung dapat diidentifikasikan dengan kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk jadi.”

Nah, dari dua pengertian di atas, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa biaya operasional adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menunjang kelancaran bisnis perusahaan.

Adapun, jenis-jenis biaya yang termasuk ke dalam biaya operasional sendiri di antaranya adalah biaya sewa, perlengkapan kantor, gaji karyawan, biaya pembelian dan pembuatan produk atau jasa, biaya utilitas, dan biaya bank.

Sementara itu, biaya-biaya yang tidak termasuk ke dalamnya, adalah biaya kerugian, penjualan, sumbangan, biaya pajak penghasilan, biaya kerugian bencana alam, dan biaya kerugian selisih kurs harga.

Biaya ini bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha atau akuntan untuk membantu mengukur jumlah biaya perusahaan, apakah dirasa sudah ideal atau belum.

Terdapat sebuah rumus yang bisa memberikan gambaran kepada Sobat Finansialku tentang rasio ideal dari biaya operasional tersebut.

Adalah Operating Expense Ratio (OER) yang memungkinkan kita mendapatkan perbandingan langsung antara pengeluaran dan pendapatan perusahaan.

Dengan menggunakan rumus ini, Sobat Finansialku bisa mendapatkan jawaban apakah jumlah biaya tersebut sudah ideal atau belum.

Rumusnya adalah: Biaya Operasi : Pendapatan

Sobat Finansialku, audiobook berikut akan sangat membantu Anda dalam mengatur keuangan bisnis. Dengarkan yuk, tidak akan rugi bila Anda mendengar dan melakukan isi dari audiobook berikut.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Komponen Biaya Operasional

Setiap perusahaan memang memiliki cara masing-masing untuk mengelompokkan dan memperhitungkan biaya operasionalnya.

Tapi secara umum, berikut ini adalah komponennya:

 

Biaya Tetap

Komponen pertama adalah biaya tetap, atau biaya yang secara rutin harus dan terus dikeluarkan untuk menunjang operasional perusahaan.

Contoh dari biaya tetap ini adalah gaji karyawan, sewa kantor, sewa gudang, biaya asuransi, dan biaya maintenance.

Seperti namanya, jumlah yang harus dikeluarkan untuk hal-hal yang termasuk ke dalam biaya tetap ini tidak berubah meskipun ada peningkatan atau penurunan perusahaan.

 

Biaya Variabel

Komponen yang kedua adalah biaya variabel, yang sifatnya lebih tergantung pada kegiatan produksi perusahaan.

Berbanding terbalik dengan biaya tetap, besaran biaya variabel ini sifatnya tidak tetap dan bisa berubah-ubah, yang biasanya terpengaruh dari peningkatan jumlah produksi.

Sebelum lanjut, Anda bisa baca juga artikel lain Finansialku yang masih terkait mengenai isi artikel ini ya Sobat Finansialku, ini dia, Kas atau Laba, Mana yang Lebih Penting?

 

Biaya Bunga

Sebagaimana namanya, biaya bunga adalah biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan terhadap bunga utang yang pembayarannya rutin, seperti bunga kartu kredit atau saldo.

Terdapat perbedaan pendapat tentang bunga ini, karena beberapa orang menganggap kalau biaya bunga juga termasuk ke dalam biaya tetap, mengingat besarannya cenderung sama setiap bulannya.

 

Biaya Penyusutan

Komponen terakhir adalah biaya penyusutan, yang merupakan nilai akan barang yang terus berkurang atau hilang di setiap bulannya karena digunakan secara rutin, misalnya mesin produksi, kendaraan, atau alat kantor.

 

Cara Menghitung Biaya Operasional

Meski setiap perusahaan punya kategori yang berbeda, tapi hanya ada satu rumus yang bisa digunakan untuk menghitung biaya operasional, yaitu:

Biaya Produksi (Biaya Penjualan) – Pengeluaran Operasional

Untuk mengetahui biaya produksi, perusahaan bisa mengambil referensi yang tercantum pada laporan laba rugi perusahaan.

Dalam biaya produksi, di dalamnya termasuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead perusahaan.

Pun dengan biaya pengeluaran operasional, bisa pula diambil dari laporan laba rugi perusahaan.

 

Cara Mengurangi Biaya Operasional

Meski sudah tercantum jumlah biaya operasional, terkadang, pada praktiknya tidak jarang perusahaan mendapati kalau biaya operasional mereka terlalu tinggi.

Pada saat-saat seperti ini, memang akan lebih bijak kalau perusahaan segera mengkaji ulang dan mencari cara untuk mampu mengurangi jumlah biaya tersebut agar lebih efisien.

Ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya operasional. Finansialku sudah menyiapkan secara terpisah di artikel ini, yang bisa segera dipraktikkan oleh Sobat Finansialku.

 

Apakah Sobat Finansialku punya pertanyaan terkait informasi ini? Kalau ada, silakan tuliskan pertanyaan tersebut di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan juga informasi ini kepada teman-teman pengusaha lainnya. Terima kasih!

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Desember 2021. Biaya Operasional: Pengertian, Jenis, Manfaat & Perhitungan Rasionya. Accurate.id – https://bit.ly/31TPvsd
  • Admin. 16 Desember 2021. Biaya Operasional Adalah: Pengertian, Komponen, dan Cara Menghitungnya. Accurate.id – https://bit.ly/3DTWNck
  • S Nuraini Safitri. 16 Desember 2021. Biaya Operasional: Jenis, Manfaat, dan Cara Menghitungnya!. Mas-software.com – https://bit.ly/3q0yvIF

Sumber Gambar: 

  • Cover – https://bit.ly/3mrp1oO