Apa saja yang menjadi ketakutan entrepreneur dan para pengusaha dalam menjalankan bisnis mereka? Temukan berbagai ketakutan itu sebagai salah satu pelajaran dan gunakan setiap ketakutan serta kelemahan kita menjadi sebuah pendorong dan motivasi serta kekuatan dalam meraih keberhasilan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Dunia Entrepreneur

Dalam menjalankan sebuah usaha, pasti akan mengalami berbagai tantangan dan risiko yang harus diambil. Tak jarang setiap pengalaman dari para pengusaha terdahulu yang gulung tikar dan kurang beruntung dalam menjalankan usahanya tetap eksis malahan membuat suatu awan ketakutan dalam pikiran kita sehingga dapat membentuk rasa pesimis dalam melanjutkan usaha.

Apa saja yang menjadi ketakutan para pengusaha dalam menjalankan usaha mereka? Mari simak dan pelajari melalui rubrik kali ini dan jadikan setiap kelemahan dan ketakutan kita menjadi suatu kekuatan untuk menuju kesuksesan yang sebenarnya sudah tersedia bagi kita asalkan kita tetap optimis dalam melakukan setiap tanggung jawab dari setiap kesempatan serta peluang usaha yang ada di depan mata kita.

Ketakutan Entrepreneur! Jadikanlah Ketakutan Menjadi Kekuatan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien Dalam Bisnis Anda]

 

Ketakutan Entrepreneur

Apa saja ketakutan entrepreneur? Berikut Finansialku akan membahasnya untuk Anda.

 

#1 Kurang Percaya Diri

Bagi para pengusaha awal atau startup yang sedang merencanakan usaha, ketakutan yang satu ini seringkali menghantui. Terlalu banyak input yang harus disaring dari setiap kenalan dan orang-orang di sekitar yang memberikan berbagai arahan dan pengalaman usaha mereka. Namun terkadang, setiap orang menghadapi pengalaman dan kesulitan masing-masing. Mulai usaha Anda dengan setiap pencapaian dan target kecil yang akan Anda raih. Setiap kemenangan kecil akan menambah rasa kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan-tantangan besar di kemudian hari. Jadikan sebuah kegagalan menjadi satu cambukan agar Anda mempersiapkan setiap solusi dari segala kemungkinan yang terjadi.

 

#2 Segala Sesuatu Harus Sempurna

Berusaha mencapai kesempurnaan itu ada baiknya, artinya kita akan mempersiapkan sebaik mungkin dan meminimalkan setiap kegagalan. Namun, ketika kita menjadi pribadi yang perfeksionis, sebetulnya hal itu akan mempersulit kita sendiri dan juga orang lain yang bekerja sama dengan kita. Anda sendiri lama kelamaan akan mengalami kepenatan ketika menuntut diri sendiri untuk tampil sempurna dan mengharapkan segala sesuatu dikerjakan oleh orang lain dengan sempurna.

 

#3 Tidak Punya Modal Usaha

Alasan ini merupakan alasan yang sudah klasik dan banyak orang mengalaminya saat memulai suatu usaha. Banyak pengusaha sukses di luar sana yang mengawali usahanya melalui utang positif yaitu pinjaman yang didapatkan untuk memulai usaha dan mengembangkannya. Mereka membangun bisnis tersebut dengan semangat, kerja keras melalui perasan keringat dan tekad yang bulat bahwa mereka akan berhasil.

Lakukan 3 Langkah Ini Untuk Membangun Usaha Startup Yang Sukses! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 3 Langkah Ini Untuk Membangun Usaha Startup Yang Sukses!]

 

Atasi kekurangan modal dengan berusaha keras, membangun jaringan yang akan membantu bisnis Anda, dan menjadi super kreatif untuk mengalahkan pesaing yang mungkin mempunyai modal lebih besar. Cobalah berpikir di luar zona nyaman Anda!

 

#4  Kurangnya Pengalaman dan Tidak Lulus Sarjana

Sebenarnya hal ini adalah ketakutan yang merupakan mitos belaka. Banyak pengusaha sukses yang berjalan langkah demi langkah melalui setiap keyakinan dan kepercayaan diri bahwa mereka pasti akan berhasil asalkan tetap tekun, optimis, kerja keras, berjejaring dengan positif dan memiliki karakter sebagai pengusaha yang mantap. Setiap pengalaman pasti akan didapatkan melalui setiap keberhasilan dan tak jarang melalui setiap kegagalan yang dialami. Hargai setiap proses yang terjadi dalam setiap usaha kita.

Sudah tahukah Anda tentang Pendiri Microsoft dan juga Pendiri Facebook? Mereka adalah contoh dari orang-orang sukses yang tidak menyelesaikan jenjang sarjana mereka. Bukan berarti jenjang sarjana tidak diperlukan. Apabila Anda memiliki kesempatan untuk belajar hingga jenjang tertinggi dan dapat menyelesaikannya, kenapa tidak? Itu kesempatan dan anugerah tersendiri untuk Anda! Lakukan yang terbaik dari bagian Anda, maka hasil yang baik, niscaya akan Anda tuai di kemudian hari.

 

#5 Takut dengan Penilaian Orang

Jadilah diri Anda sendiri. Setiap orang memiliki keunikan dan proses hidup masing-masing. Tidak semua orang dapat dinilai sama rata dalam melakukan usahanya. Fokus pada apa yang kita kerjakan tanpa menghiraukan penilaian yang orang lain berikan pada kita. Bukan masalah ketika kita memiliki usaha menjadi pengrajin dari barang bekas atau usaha yang dinilai orang kurang berguna.

Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Rahasia Sukses dalam Membangun Bisnis Startup]

 

Siapa bilang barang bekas tidak ada artinya? Banyak pengusaha dari barang bekas yang menjadi orang sukses. Banyak hasil karya seni dengan harga jutaan rupiah yang terbuat dari barang-barang bekas yang dibuang orang dan dianggap sampah.

 

#6 Takut dengan Risiko

Tidak ada suatu usaha pun yang tidak memiliki risiko. Setiap tantangan dalam berbisnis pasti memiliki risiko masing-masing. Ketika kita tidak mengambil keputusan, sebetulnya kita akan menuai risiko dari apa yang kita putuskan sebelumnya. Tidak ada orang sukses yang tidak mengambil risiko. Tidak ada bisnis yang berjalan tanpa adanya risiko. Atur setiap risiko dengan bijak dan tentu saja membutuhkan pengaturan yang baik. Minimalkan risiko dengan perencanaan yang lebih matang. Bacalah setiap artikel dari para pengusaha sukses yang telah mengecap setiap pengalaman dalam dunia bisnis. Temukan bahwa mereka selalu menghadapi tantangan dan menjadikan setiap masalah dan risiko sebagai sahabat yang membawa mereka kepada keberhasilan.

Kenali Modal Ventura Sebelum Memulai Usaha Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Modal Ventura Sebelum Memulai Usaha Startup]

 

#7 Takut Mengambil Keputusan yang Salah

Salah satu ketakutan terbesar yang menghalangi potensi dari banyak pengusaha adalah takut untuk membuat keputusan yang salah. Jika Anda merasa kesulitan dalam mengatasi rasa takut untuk mengambil keputusan, Anda harus merasa lebih percaya diri. Lakukan riset terhadap ide yang ingin Anda wujudkan, konsultasikan dengan orang lain yang sudah sukses dan lebih berpengalaman, uji produk yang akan Anda tawarkan pada beberapa kelompok masyarakat, dan buatlah perencanaan bisnis untuk membuat Anda lebih percaya diri dan tentu saja membuat Anda lebih dekat dengan keberhasilan Anda.

 

Atasi Rasa Takut

Bukan rahasia lagi ketika menjalankan bisnis memiliki risiko dan tantangan yang besar. Di sisi lain, tidak ada usaha yang benar-benar tanpa risiko. Banyak bisnis besar juga memiliki tingkat pergantian pegawai yang tinggi, beberapa pekerjaan korporat dengan gaji besar tidak lagi memberikan stabilitas dan keamanan yang sebelumnya mereka tawarkan. Bila Anda memiliki jiwa dan kemampuan wirausaha, jangan biarkan rasa takut menghambat Anda dalam mendirikan bisnis impian.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam memulai bisnis Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. USA: Phoenix
  • Admin. Ingin Jadi Entrepreneur? Hindari 5 Ketakutan Berikut Ini! Studentpreneur.com – https://goo.gl/xXaFza
  • Admin. 4 Mei 2017. Beberapa Ketakutan Terbesar para Pendiri Startup. Jurnal.id – https://goo.gl/ZMC8fZ
  • Walter Pinem. 22 Juni 2015. 5 Ketakutan Ini Harus Diatasi Untuk Menjadi Entrepreneur Sukses. Boxbux.com – https://goo.gl/5CRQiV

 

Sumber Gambar:

  • Asian Entrepreneur – https://goo.gl/9Yvohd dan https://goo.gl/VSfBCJ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana