Sudahkah Anda memiliki 7 keterampilan yang wajib dimiliki seorang pebisnis? Penasaran nih, apa sih 7 keterampilan yang dimaksud?

Yuk cari tahu jawabannya disini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Menilik Isi Kepala Pebisnis Sukses

Setiap orang berbisnis dengan satu tujuan: menjadi SUKSES.

Namun tentunya Anda sering mendengar banyak pebisnis yang mengalami kegagalan. Namun seorang pebisnis bukanlah mereka yang menyerah begitu saja.

Pebisnis sejati selalu bangkit kembali dan memetik buah dari kegagalannya. Dari sinilah dirinya akan memperoleh keterampilan bisnis yang tidak dimiliki pebisnis lainnya.

Apakah Anda Pebisnis 7 Keterampilan Bisnis yang Wajib Anda Miliki 02 Bisnis 2 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Apakah Anda juga berniat untuk memulai bisnis dan penasaran dengan keterampilan bisnis yang wajib dimiliki sebagai kunci sukses berbisnis?

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan 7 keterampilan bisnis yang wajib Anda miliki saat berbisnis.

Yuk buktikan efektivitasnya sekarang juga!

Jika berhasil, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga mengalami kesulitan dalam berbisnis. Dengan demikian, Anda sudah turut membantu teman-teman Anda untuk menjadi pebisnis yang lebih sukses.

Share artikel ini via Whatsapp atau media sosial lainnya.

 

7 Keterampilan Bisnis yang Wajib Anda Miliki

Apa sih keterampilan bisnis yang wajib dimiliki saat ingin terjun ke dunia ini?

Tentunya keterampilan ini berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang menilai passion adalah yang utama, ada pula yang menganggap kerja keras adalah kunci kesuksesan.

Apapun keterampilannya, dalam berbisnis intinya adalah membuat perubahan ke arah yang lebih baik ditambah dengan 7 keterampilan bisnis berikut ini:

 

#1 Berpikir Beda

Berbisnis merupakan sebuah upaya kreatif untuk memproduksi atau memperjualbelikan sesuatu. Pebisnis sukses tahu betul akan hal ini, dan selalu mengutamakan perbedaan (dalam arti yang baik).

Apakah Anda Pebisnis 7 Keterampilan Bisnis yang Wajib Anda Miliki 03 Bisnis 3 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi : Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?

 

Salah satu kunci dari kesuksesan dalam berbisnis adalah pemikiran kreatif dan problem-solving.

Inilah kedua aspek dari bagaimana sebuah produk atau jasa dikembangkan dan diperbaiki dengan sebuah strategi pemasaran yang baru dan unik.

Dengan berpikir kreatif, pebisnis dapat menemukan peluang bisnisnya sendiri saat pebisnis lainnya putus harapan.

Sederhananya, mereka memulai bisnisnya di tempat orang-orang menyerah. Ini adalah cara pikir pebisnis yang sukses, dimana dirinya bisa menghasilkan sebuah peluang dari nol.

 

#2 Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Plato mengatakan:

“Wise men speak because they have something to say; Fools because they have to say something.”

 

Pepatah ini sangatlah tepat menggambarkan seorang pebisnis yang bijak dalam berkomunikasi. Dalam berbisnis, memang selalu dibutuhkan komunikasi dan interaksi. Oleh karena itulah hal ini pun penting.

Bagaimana Anda bisa menyampaikan pendapat dengan baik menentukan kesuksesan Anda dalam berbisnis. Namun perlu diingat juga bahwa kemampuan berkomunikasi bukan hanya satu arah, namun juga dua arah.

Dengan demikian, kemampuan mendengar yang baik juga menjadi salah satu aspek penting dalam berbisnis.

Semakin Anda mampu mendengarkan orang lain dengan baik, kemungkinan komunikasi dua arah yang terjalin baik pun akan lebih besar.

Saat komunikasi dua arah terjalin dengan baik, maka akan muncul pertukaran ide yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Pertukaran ide inilah yang umumnya akan memberi Anda masukan dalam berbisnis, masukan yang berharga dan terkadang tidak dapat dibeli dengan uang.

 

#3 Pantang Menyerah

Kenalkah Anda dengan Walt Disney?

The Walt Disney Company kini merupakan sebuah perusahaan multinasional yang distimasikan senilai US$45.429 miliar atau setara dengan Rp640.094 triliun (kurs dolar Rp14.090).

Perusahaan ini juga merupakan salah satu perusahaan paling dikenal sepanjang sejarah.

Dengan visinya untuk selalu membentuk masa kanak-kanak dan budaya pop di dunia, perusahaan ini dimulai dari mimpi seorang Walter Elias Disney atau lebih dikenal dengan Walt Disney.

Salah satu karya Walt Disney yang masih menjadi legenda hingga kini adalah Mary Poppins.

Mary Poppins merupakan sebuah film terbaik pada masanya, dan membutuhkan 16 tahun untuk memperoleh hak ciptanya.

Walt Disney juga mengalami 302 penolakan dalam pencarian sponsor taman bermain Disneyland hingga akhirnya mendapatkan persetujuan dari sebuah studio TV.

Tetapi kerap kali yang membedakan orang yang sukses dan gagal adalah sifatnya yang pantang menyerah.

Seseorang yang langsung menyerah saat menghadapi kegagalan kecil tidak akan pernah sukses, dan berlaku pula sebaliknya.

Percayalah bahwa kerja keras selalu terbayarkan.

Saat ditanya apa yang menjadi kunci kesuksesannya, Walt mengungkapkan bahwa:

“I dream, I test my dreams against my beliefs, I dare to take risks, and I execute my vision to make those dreams come true.

 

Kunci sukses itu tetap berlaku hingga kini. Lalu, jika Walt yang tidak memiliki keluarga dan latar belakang yang baik bisa melakukannya, mengapa Anda tidak?

 

#4 Kepemimpinan itu Penting

Satu lagi contoh dari Walt Disney. Kunci kepemimpinan dari Walt Disney merupakan kemampuannya dalam menyampaikan cerita.

Dengan kemampuan inilah, Walt tidak pernah memerintah karyawannya sekalipun, namun ia selalu membujuk mereka dengan inspirasi.

Dengan cara inilah, Walt meyakinkan pekerjanya bahwa mereka adalah bagian penting dalam sebuah proyek dan hasilnya adalah pekerjanya memberikan yang terbaik bagi Walt.

Walt menekankan bahwa penting untuk selalu jelas dalam visualisasi dan ekspektasi, serta bahwa kepemimpinan itu akan menjadi inspirasi dan inovasi serta fokus untuk mencapai kesuksesan.

Jadi, ingatlah bahwa berbisnis bukan melulu soal membuat profit.  Anda juga harus bisa memimpin perusahaan Anda dan mengembangkan sumber daya manusianya sehingga menghasilkan yang maksimal darinya.

Anda juga harus bisa memberikan contoh yang baik, sehingga Anda bukan hanya memerintah, namun MEMBIMBING.

 

#5 Memiliki Keterampilan Manajemen Keuangan

Anda pasti sering mendengar bisnis yang gagal dan jatuh pailit akibat kesalahan dalam manajemen keuangannya bukan? Ini merupakan hal yang sudah sangat umum terjadi dalam masyarakat kita.

Sayangnya, para pebisnis pemula masih saja mengulangi kesalahan yang sama. Berdasarkan studi terbaru, 20% startup gagal karena kehabisan uang.

Padahal, mendengar banyaknya kasus kegagalan manajemen keuangan ini bisa menjadi contoh yang sangat baik dalam memulai bisnis.

Anda harus menghindari kesalahan yang sudah dilakukan pebisnis sebelumnya agar tidak jatuh ke lubang yang sama.

Apakah Anda Pebisnis 7 Keterampilan Bisnis yang Wajib Anda Miliki 04 Bisnis 4 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Anda perlu tahu berapa, dimana, kapan, dan mengapa uang keluar. Memantau keuangan secara akurat dan teliti adalah keterampilan bisnis yang utama.

Namun bukan berarti Anda tidak akan menghadapi masalah saat berupaya melakukan manajemen keuangan. Setiap orang memiliki situasi finansial yang berbeda-beda.

Anda tidak bisa memaksakan diri menyamakan situasi dengan orang lain. Ingatlah bahwa masalah yang berbeda membutuhkan solusi yang berbeda juga.

Kabar baiknya adalah, apapun masalah keuangannya kami punya solusinya.

Perencana keuangan Finansialku siap membantu Anda mengatasi berbagai masalah dan situasi finansial.

Dengan fakta-fakta keuangan, perencana keuangan bersertifikat CFP kami akan memberikan solusi yang sesuai dengan masalah Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Segera konsultasikan masalah keuangan Anda dengan download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini, lalu gunakan fitur Tanya Jawab.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#6 Kemampuan Mengambil Risiko yang Terkalkulasi

Salah satu perbedaan antara pebisnis dan pekerja adalah kemampuan pebisnis untuk mengambil risiko. Namun risiko disini bukan sembarang risiko loh!

Pebisnis seyogyanya memiliki kemampuan mengkalkulasi risiko sehingga bisa mengambil tindakan yang tepat.

Pebisnis tahu bahwa mengambil risiko adalah bagian dari menjadi seorang pebisnis, namun mereka juga tahu mana risiko yang pantas diambil dan mana yang tidak.

Untuk melihat contohnya, mari kembali mendengar kisah Walt Disney.

Walt merupakan seorang risk taker. Terbukti dengan kondisi The Walt Disney Company yang beberapa kali berada di ujung tanduk antara bukit kesuksesan dan lembah kegagalan.

Namun Walt selalu mempertimbangkan matang-matang dan mengambil risiko yang siap dipertanggungjawabkannya.

Apa yang semula tampak mustahil menjadi kenyataan karena kerja kerasnya, dan sikapnya yang selalu menimbang keputusannya. Kini, seluruh kalkulasi risiko Walt terbayarkan dengan penghasilan The Walt Disney Company setiap harinya.

 

#7 Percaya pada Diri Sendiri

Sebuah keunikan dalam kerja sama Walt dan Roy, saudara lelaki sekaligus rekan kerjanya yaitu Walt selalu menyampaikan ide gilanya dan Roy akan berusaha menghentikannya.

Namun dengan kegigihan Walt, akhirnya Roy terpaksa mendanai ide gila tersebut.

Hal ini terus terjadi berulang-ulang hingga Walt akhirnya mencapai kesuksesan.

Meski selalu dibilang ide gila yang mustahil dan tidak mungkin terjadi, Walt selalu memilih untuk percaya pada dirinya sendiri ketimbang orang lain. Dengan sikap inilah kini taman bermain Disneyland sudah tersebar di seluruh dunia

Menurut Walt, kemustahilan hanya ada di pikiran orang dengan pola pikir sempit. Agar bisa sukses, Anda harus percaya pada diri sendiri sepenuhnya dan tidak mudah tergoyahkan oleh apa kata orang di luar.

 

Anda pun Bisa Menjadi Pebisnis!

Singkatnya, pebisnis sukses yang ada sekarang ini bisa dipastikan memiliki masa lalu yang tidak mudah. Banyak kegagalan yang pasti mereka temui untuk bisa jadi sukses di bidangnya seperti sekarang ini.

Namun kegagalan tersebut bukanlah akhir dari segalanya, namun sebaiknya dijadikan sebuah ajang pembelajaran untuk bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Apakah artikel ini bermanfaat? Kami berharap artikel ini membantu Anda dalam mempelajari 7 keterampilan bisnis yang wajib dimiliki saat memulai bisnis.

Richard Branson, founder of Virgin Group pernah berujar:

No two successful entrepreneurs are the same.”

 

Jadi, masa depan Anda dan pebisnis lainnya belum tentu sama.

Anda perlu mencari jalan Anda sendiri untuk sukses, namun semoga 7 keterampilan di atas bisa Anda manfaatkan sebagai dasar untuk melangkah maju menuju kesuksesan.

Apakah Anda sudah sukses secara finansial? Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30an di bawah ini agar tujuan keuangan Anda bisa tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 7 keterampilan bisnis yang wajib Anda miliki lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Angela White. 11 Oktober 2018. 7 Skills That Will Make You a Successful Entrepreneur. Addicted2success.com – https://goo.gl/nECzQm
  • Pinka Wima. 6 Pemikiran Out of The Box Pebisnis Sukses yang Harus Kamu Miliki. Idntimes.com – https://goo.gl/URpHJN

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis – https://goo.gl/9bEumT
  • Bisnis 2 – https://goo.gl/HLJziA
  • Bisnis 3 – https://goo.gl/LuogiS
  • Bisnis 4 – https://goo.gl/NY5iJG