Sosok ketua BEM UI Manik Marganamahendra menjadi sorotan publik karena keberaniannya dalam menyampaikan aspirasinya di depan anggota DPR. Seperti apa kehidupan pribadi Manik Marganamahendra?

Daripada penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perjalanan Hidup Ketua BEM UI, Manik Marganamahendra

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) merupakan organisasi mahasiswa intra kampus Universitas Indonesia yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat universitas.

Lembaga ini merupakan hasil metamorphosis dari lembaga yang sebelumnya bernama Dema UI (Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia) dan SMUI (Senat Mahasiswa Universitas Indonesia).

BEM UI berdiri sejak 1999 dan telah memiliki banyak pengurus demi menjalankan program-programnya. Kepengurusan BEM UI ini telah mengalami pergantian kepengurusan sebanyak belasan kali.

Saat ini, siapa sih yang tidak mengenal ketua BEM UI yang satu ini. Manik Marganamahendra tengah menjadi sorotan publik berkat aksi demo tolak RUU KUHP pada 24 September 2019 lalu.

Sebelumnya para mahasiswa melakukan aksi demonstrasi menolak revisi Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), pengesahan revisi UU KPK dan lainnya oleh DPR RI.

Aksi mahasiswa ini sempat membuahkan hasil saat para pimpinan pihak mahasiswa berdialog dalam audiensi dengan anggota DPR di dalam gedung pada Senin, (23/9). Audiensi itu pun viral di media sosial.

Beberapa mahasiswa yang berunjuk rasa kemudian diterima DPR RI untuk melakukan audiensi. Manik Marganamahendra jadi salah satu diantaranya.

‘Hidden Secret’ Dari Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, Bikin Kagum 02 - Finansialku

[Baca Juga: Curi Perhatian! Sosok Ketua BEM ITB Royyan A Dzakiy yang Dikenal Sholeh]

 

Dalam audiensi itu juga Manik Marganamahendra BEM UI melontarkan beberapa kritikan di depan anggota DPR RI yang terekam dalam video itu viral setelah diunggah oleh akun Twitter @starmisty dan diunggah oleh akun lainnya.

Ketua BEM UI ini berani menentang anggota DPR di depan awak media bahkan di depan para DPR. Ia melayangkan mosi tidak percaya di hadapan anggota DPR yang ditemuinya bersama ketua BEM Universitas lainnya.

Tak hanya itu, Manik Marganamahendra berani menyebut DPR dengan sebutan Dewan Pengkhianat Rakyat. Manik Marganamahendra di depan para anggota DPR mengatakan:

“Hari ini kami nyatakan mosi tidak percaya kepada Dewan Pengkhianat Rakyat.”

 

Karena keberaniannya inilah video Manik Marganamahendra menjadi viral dan sedang jadi pusat perhatian dan jadi bahan perbincangan masyarakat, terutama anak-anak muda yang mendadak mengagumi keberanian laki-laki ini.

 

6 ‘Hidden Secret’ Manik Marganamahendra

Melihat Aksinya di Demo Tolak RUU KUHP dan RUU KPK, pasti kamu penasaran kan seperti apa sosok ketua BEM UI ini.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Manik Marganamahendra. Berikut adalah ‘hidden secret’ dari BEM UI Manik Marganamahendra:

 

#1 Ketua BEM UI

Manik Marganamahendra merupakan ketua BEM UI yang telah menjabat sejak Desember 2018. Manik sendiri merupakan mahasiswa jurusan S1 Kesehatan Masyarakat FKM UI angkatan 2015.

‘Hidden Secret’ Dari Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, Bikin Kagum 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pesona Atiatul Muqtadir Ketua BEM UGM yang Melelehkan Hati Wanita]

 

Sebelum menjadi Ketua BEM UI, Manik Marganamahendra telah lebih dulu menjabat sebagai Ketua BEM FKM UI pada tahun 2017.

Melalui akunnya di Instagram bernama @marganamahendra, dia membagikan dokumentasi aktivitasnya saat menggelar aksi demonstrasi.

Ia melakukan aksi demonstrasi bersama mahasiswa lainnya mengenai isu-isu pelemahan KPK, RUU KUHP dan isu kekerasan di Papua.

 

#2 Mahasiswa Kesehatan yang Peduli Akan Isu Sosial, Kesehatan dan Politik

Meskipun Manik Marganamahendra kuliah di jurusan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, ia masih sangat peduli dengan isu-isu sosial dan politik yang terjadi di Indonesia.

Sebagai mahasiswa yang mempelajari ilmu medis, ia fokus menyuarakan isu bahaya tembakau, ia juga menolak RUU Pertembakauan yang dianggap menguntungkan industri tembakau Indonesia.

Dalam unggahan Instagramnya, Manik Marganamahendra menginginkan masyarakat Indonesia bisa terbebas dari rokok. Manik Marganamahendra menuliskan:

“Katanya RU KUHP hadir untuk membela para buruh dan petani. Tapi, nyatanya mulai dari tata niaga sampai dengan bagi hasil cukai justru fokus pada pendapatan industri, industri ROKOK.”

 

#3 Berasal Dari Bogor

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) Manik Marganamahendra tumbuh besar di Bogor, Jawa Barat.

Tercatat ia pernah bersekolah di SD Negeri Semeru 1 Bogor, SMP Negeri 4 Bogor dan SMA Negeri 1 Bogor. Ia juga pernah melakukan audiensi dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Di sana ia berdiskusi soal media sosial yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan anak muda Indonesia.

‘Hidden Secret’ Dari Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, Bikin Kagum 04 - Finansialku

[Baca Juga: Heboh! Demonstran Diguyur Water Cannon Dan Gas Air Mata]

 

#4 Anggota Paskibra

Pada saat masih duduk di bangku sekolah, Manik Marganamahendra juga pernah menjadi anggota Paskibra. Manik sempat menjabat sebagai Pengurus Purna Paskibra Bogor.

Manik Marganamahendra menjabat sebagai Pengurus Purna Paskibra Bogor pada tahun 2013 lalu.

 

#5 Aktif Berorganisasi Sejak Kecil

Laki-laki yang berusia 23 tahun ini merupakan sosok organisatoris sejak kecil. Sejak SD, Manik Marganamahendra sudah tertarik dalam aktivitas Pramuka, English club, dan dokter kecil.

Kemudian saat ia menginjak bangku SMP, ia mengikuti kegiatan Pramuka, rim olimpiade biologi, dan OSIS.

Dan pada saat di bangku SMA, aktivitas dan keorganisasian Manik Marganamahendra semakin bertambah. Bahkan Manik pernah menjadi anggota Paskibra Kota Bogor.

Selain itu, ia kembali aktif di Pramuka, pengurus angkatan SMA, Pusat Informasi dan Konseling Remaja, hingga tim debat.

 

#6 Bergabung dengan Sejumlah Organisasi di Kampus

Pada saat kuliah kesibukan dan keorganisasiannya semakin bertambah, Manik Marganamahendra disebut bergabung dengan sejumlah organisasi di perguruan tinggi.

Manik Marganamahendra tergabung dalam Model United Nations Club, Departemen Kajian dan Aksi Strategis BEM FKUI, tim debat FKM UI untuk OIM UI 2015.

Selain itu, ia juga bergabung di Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) dan Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI).

 

Memiliki Pemikiran yang Kritis

Dalam setiap unggahannya di akun Instagram pribadinya, Manik Marganamahendra selalu menulis caption yang memiliki makna yang dalam dan memberikan edukasi pada setiap pembacanya.

Sebagai mahasiswa FKM UI, ia memiliki visi besar menuju masyarakat Indonesia yang sehat. Karenanya, melihat kondisi dan keadaan kesehatan masyarakat di Indonesia saat ini.

Meskipun ia terpilih sebagai Ketua, ia tetap tidak melupakan teman-temannya seperti yang ditulis di akun Instagramnya:

“Tapi saya tidak bisa sendiri, kita tidak bisa sendiri-sendiri. Bila pada akhirnya visi besar itu ingin kita capai, maka kita butuh untuk saling bahu-membahu berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.”

 

Selain itu Manik Marganamahendra pun menuliskan beberapa kalimat lagi di unggahan fotonya di Instagram seperti:

Bila warna dan makara menjadi penghalang untuk bersatu dengan kawan kita maka bercerminlah pada 20 tahun reformasi yang selalu diagungkan.

Bila identitas yang menjadi benteng dalam bersaudara, maka wajarlah jika tagar perlahan mengoyak persatuan bangsa kita.

Jangan mati karena tagar!

Jangan berpencar karena identitas!

Mari (Me)Reformasi kembali Reformasi!

 

Sudah miliki buku ‘Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True’? Yuk miliki bukunya melalui link di bawah ini:

MAKE A PLAN!

 

Itu dia beberapa fakta mengenai Manik Marganamahendra BEM UI yang saat ini sedang viral. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabatmu. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Apriantiara Rahmawati Susma. 26 September 2019. BERITA POPULER 6 Fakta Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, Layangkan Mosi Tidak Percaya Pada DPR RI. Tribunnews.com – https://bit.ly/2nC2Bpf
  • Admin. 24 September 2019. 5 Fakta Ketua BEM UI yang Sebut DPR sebagai ‘Dewan Pengkhianat Rakyat’. Kumparan.com – https://bit.ly/2nGtrNc

 

Sumber Gambar:

  • Manik Marganamahendra 1 – http://bit.ly/2mee9Pi
  • Manik Marganamahendra 2 – http://bit.ly/2m1U0fn
  • Manik Marganamahendra 3 – http://bit.ly/2mh36ES
  • Manik Marganamahendra 4 – http://bit.ly/2mfgBoK