Bimbang dalam memilih asuransi? Sudah kenalkah Anda dengan asuransi syariah? Yuk ketahui beragam keuntungan asuransi syariah yang dapat Anda peroleh jika Anda memiliki asuransi ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Pilih Asuransi Syariah?

Saat saya sedang mengobrol dengan teman saya mengenai asuransi, salah seorang dari teman saya bertanya mengenai pentingnya memiliki asuransi. Saya pun menjawab bahwa asuransi dapat meminimalkan risiko dalam hidup.

Lalu teman saya pun bertanya, kenapa sih sekarang ada asuransi syariah, memang apa bedanya dengan asuransi konvensional?

Saya jawab, asuransi syariah hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, yang mayoritas muslim, atas produk asuransi yang sesuai dengan hukum syariat Islam.

Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah 2 Finansialku

[Baca Juga: Apa Persamaan dan Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional?]

 

Kehadiran asuransi syariah ini tentu membawa angin yang segar bagi para pengguna asuransi dan yang sudah tahu bahwa asuransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan, terutama dalam meminimalkan risiko.

Asuransi syariah modelnya seperti memasukkan uang beramai-ramai ke dalam celengan.

Dan bilamana terjadi musibah, maka uang yang ada di dalam celengan akan digunakan untuk membantu yang mendapatkan musibah.

Prinsip dalam asuransi syariah adalah tolong menolong, di mana saat salah satu peserta asuransi yang mengalami musibah, maka peserta lainnya seolah-olah membayar iuran kewajiban yang disebut Tabarru’.

Sistem ini tidak menerima sebuah pengalihan risiko di mana para peserta saling menanggung kemudian akad yang digunakan dalam perjanjian asuransi harus selaras dengan hukum Islam.

Dengan memiliki atau tidak memiliki asuransi baik yang syariah maupun yang konvensional, musibah akan tetap datang dengan tidak terduga dan tidak dapat terelakkan.

Menurut ketua umum Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), Taufik Marjuniadi, asuransi syariah pada dasarnya terbuka untuk siapa pun, bahkan tak sedikit kalangan non muslim yang lebih memilih asuransi jenis ini ketimbang asuransi konvensional.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Keuntungan Menggunakan Asuransi Syariah

Kemudian, apa saja keuntungan dari menggunakan asuransi syariah? Selain, tentu saja sesuai dengan syariat Islam, asuransi syariah juga memiliki kelebihan yang dianggap menarik oleh masyarakat umum. Berikut adalah keuntungan dari menggunakan asuransi syariah:

 

#1 Berada di Bawah Pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Dalam menjalankan bisnisnya, asuransi syariah ini diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Jadi, perusahaan asuransi syariah tidak bisa menjalankan bisnis dengan peraturan perusahaan itu sendiri.

DPS lah yang memastikan semua prinsip syariah ditaati oleh perusahaan, termasuk soal kehalalan dari proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan syariah.

DPS juga mengawasi seluruh pengelolaan hingga transaksi dan menjamin semua proses yang dilakukan oleh perusahaan asuransi syariah berlangsung sesuai syariat Islam.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana jika perusahaan asuransi syariah melanggar aturan dari dewan pengawas syariah?

Jika ditemukan pelanggaran, maka perusahaan asuransi yang melanggar tersebut bisa dikenakan sanksi bahkan bisa dicabut izin beroperasi.

DPS sendiri terdiri dari pakar-pakar agama Islam dan ulama yang telah memiliki pengetahuan yang jauh lebih dalam mengenai keuangan dan asuransi syariah.

 

#2 Asuransi Syariah Lebih Transparan

Pengelolaan dana dalam asuransi umum syariah menggunakan konsep pembagian yang jelas, sejak perjanjian dimulai. Contohnya, berapa porsi untuk pengelolaan dana, berapa porsi untuk risiko dibagi berapa pemegang polis.

Misalkan, presentasi untuk Tabarru’ adalah 70%, sedangkan untuk Ujroh 30%.

Perjanjian yang jelas di awal ini berbeda dengan asuransi konvensional, di mana dalam asuransi konvensional, 100% uang dari peserta asuransi milik perusahaan.

Alokasi kebijakan dalam asuransi konvensional pun sesuai dengan perusahaan masing-masing, bukan dari sebuah dewan pengawas, meskipun tujuannya sama supaya masyarakat terjamin dan terlindungi.

 

#3 Asuransi Syariah Memiliki Prinsip Gotong Royong

Asuransi syariah juga memiliki prinsip gotong royong, di mana antara satu nasabah dengan nasabah lain membantu saat sedang terjadi musibah dengan asuransi syariah sebagai perantaranya.

Dengan sistem gotong royong tersebut, secara otomatis, nasabah asuransi syariah dapat membantu sesama. Dana nasabah tertentu bisa digunakan terlebih dahulu untuk membantu klaim nasabah lain.

Pada akhirnya, nasabah yang telah membantu, bisa mendapatkan bantuan bila terjadi musibah dari nasabah lain.

Jadi, tidak usah bingung bagaimana asuransi syariah bisa menjalankan bisnisnya, karena prinsipnya adalah gotong royong.

 

#4 Tidak Adanya Premi yang Hangus

Keuntungan menggunakan asuransi syariah yang membedakan dari asuransi konvensional adalah asuransi syariah ini bisa mendapatkan kembali dananya, meski sebelum jatuh tempo.

Jika Anda memerlukan dana yang telah Anda setorkan ke asuransi syariah karena ada kepentingan yang tidak bisa dihindari, Anda dapat mencairkannya dan perusahaan asuransi syariah bisa mengabulkannya.

Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah 3 Finansialku

[Baca Juga: Daftar Asuransi Syariah di Indonesia (Asuransi Jiwa dan Kesehatan) yang Dapat Menjadi Pertimbangan Anda]

 

Bila Anda terlambat bayar, dana atau premi yang sudah Anda setorkan sebelumnya tidak akan hangus. Karena konsep asuransi syariah adalah titipan, maka uang kita akan tetap utuh selama tidak diklaim.

Tetapi, jika Anda akan mengajukan klaim, kemudian Anda lupa membayar tagihan asuransi bulan itu, maka pihak tertanggung akan dibebankan biaya administrasi sesuai kesepakatan dengan perusahaan asuransi.

 

#5 Asuransi Syariah bisa “Double Claim

Keuntungan asuransi syariah yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional adalah asuransi syariah bisa melakukan double claim.

Contoh double claim ini adalah peserta bisa memanfaatkan biaya rawat inap di rumah sakit untuk semua anggota keluarga.

Jika asuransi syariah yang digunakan, menggunakan kartu atau biasa kita sebut cashless, maka satu polis bisa digunakan untuk satu keluarga bukan hanya satu orang saja.

Dengan bisa diajukan double claim, maka premi dari asuransi syariah tersebut bisa dikatakan lebih murah.

Bila kita membandingkan dengan polis asuransi yang hanya bisa digunakan untuk satu orang, polis asuransi syariah lebih murah.

Selain dari sisi murah, dengan bisa mengajukan double claim, maka orang yang memiliki asuransi syariah tidak perlu membuat orang tersebut kerepotan untuk membayar asuransi keluarganya masing-masing.

Cukup satu asuransi syariah untuk melindungi semua keluarganya. Jika Anda menggunakan asuransi konvensional, Anda pasti harus menambah premi atau bahkan menambah polis yang baru.

 

#5 Asuransi Syariah Bersifat Universal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi syariah memiliki peminat baik dari kalangan muslim maupun non muslim.

Asuransi syariah bisa diakses oleh siapapun, yang penting mau menaati syarat dan ketentuan yang telah ada.

Memang banyak istilah yang asing terdengar di telinga. Tetapi jangan khawatir, para agen asuransi syariah pasti akan senang membantu Anda dalam menjelaskan setiap istilah, sampai Anda mengerti asuransi syariah yang akan Anda ambil.

Semuanya tinggal bagaimana nasabah tersebut akan menanggapinya. Bila Anda sebagai nasabah mau mempelajari dan belajar mengenai asuransi syariah, maka Anda akan merasakan sendiri keuntungan asuransi syariah ketimbang asuransi konvensional.

 

Lindungi Diri Anda Dari Risiko

Mungkin masih ada yang belum mengetahui keuntungan menggunakan asuransi atau belum tahu bahwa asuransi dapat meminimalkan risiko dalam hidup kita.

Jika Anda yakin bahwa Anda membutuhkan sebuah produk yang dapat membantu Anda meminimalkan risiko, maka asuransi syariah menjadi jawaban kebutuhan Anda.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah keuntungan menggunakan asuransi syariah.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui keuntungan menggunakan asuransi syariah. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 26 Maret 2017. 6 Keuntungan Yang Hanya Dimiliki Oleh Asuransi. Kompas.com – https://goo.gl/PSao2g
  • Hardian. 2 Maret 2018. Ini 6 Keunggulan Asuransi Syariah, Cocok Juga Buat Non-Muslim. Moneysmart.id – https://goo.gl/kzrafY
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 21 Oktober 2017. 5 Keuntungan Memiliki Asuransi Syariah. Liputan6.com – https://goo.gl/CSyRGV
  • Siti Hadijah. 16 Oktober 2017. Ini Dia Keuntungan-Keuntungan Dari Asuransi Syariah – https://goo.gl/M9ApCr
  • Zhabibie. 17 April 2018. 4 Manfaat Asuransi Syariah yang Jarang Disadari Masyarakat. Sharinvest.com – https://goo.gl/HkbFRu

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Syariah – https://goo.gl/fj3Pfa
  • Asuransi Syariah 2 – https://goo.gl/nyfKcV
Summary
Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi? Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah
Article Name
Sudah Yakin Tidak Mau Ikut Asuransi? Ini Dia Keuntungan Asuransi Syariah
Description
Bimbang dalam memilih asuransi? Sudah kenalkah Anda dengan asuransi syariah? Yuk ketahui beragam keuntungan asuransi syariah!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo