Pilihan untuk menjadi single parent adalah hal yang sulit dan terkadang menakutkan. Akan tetapi, selalu ada hal positif yang dapat diambil dari pelajaran hidup, seperti keuntungan single parent yang dapat dipetik.

Finansialku akan memberikan beberapa keuntungan menjadi single parent sehingga Anda tidak lagi takut menghadapi perubahan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Keuntungan Menjadi Single Parent

Single parent adalah kondisi di mana orang tua (ayah atau ibu) mengasuh anak mereka sendiri tanpa pasangan. Alasan di balik single parent ini beragam, ada yang karena perceraian, pekerjaan atau pasangan mereka telah meninggal dunia.

Single parent sering disambungkan dengan konotasi negatif. Memang tidak dipungkiri, menjadi single parent adalah hal yang cukup sulit.

Tidak semua orang siap dengan tanggung jawab dan perubahan status yang drastis seperti itu. Anda harus melakukan 2 peran sekaligus, mengurusi anak-anak serta mencukupi kebutuhan keluarga.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 02 Single Parent 2 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan dan Kelebihan Menjadi Single Parents]

 

Tetapi, sebenarnya menjadi single parent akan lebih baik untuk Anda dan anak dibandingkan harus bertahan di kehidupan pernikahan yang buruk.

Bahkan dari status sebagai single parent, Anda dapat merasakan keuntungan yang tidak didapatkan oleh orang tua lainnya. Berikut adalah beberapa keuntungan menjadi single parent.

 

#1 Tidak Ada Lagi Pertengkaran

Kehidupan rumah tangga mana yang tidak pernah mengalami argumen dan pertengkaran atas hal-hal sepele.

Tidak hanya menghabiskan waktu, pertengkaran ini pun menghabiskan energi Anda, secara fisik dan emosional. Jika Anda adalah single parent, maka Anda akan lebih tenang.

 

Memang pekerjaan yang harus dilakukan oleh single parent berarti 2 kali lipat lebih banyak. Tetapi, Anda dapat menghemat energi yang dikeluarkan untuk berargumen mengenai pembagian tugas atau bahkan kebiasaan buruk yang selalu dilakukan pasangan Anda.

Konflik yang terjadi di dalam rumah tangga pun dapat menciptakan stres untuk anak Anda. Bahkan ada anak-anak yang menyalahkan diri mereka atas pertengkaran orang tuanya.

Dengan konflik yang berkurang, anak akan merasa lebih aman di lingkungan tempat tinggalnya.

 

#2 Tidak Ada yang Mengecilkan Otoritas Anda

Sering di dalam rumah tangga, seorang ibu akan menjadi ‘iblis’ dan ayah menjadi ‘malaikat’ atau kebalikannya. Pendapat yang bertentangan dengan Anda akan membuat anak Anda bingung dan bahkan memberontak. Anda pun akan merasa kehilangan suara dan otoritas di dalam rumah tangga.

Tentu memiliki pendapat lain akan membantu Anda dalam mengambil keputusan, akan tetapi, ketika menjadi single parent, Anda akan mengerti bahwa Anda memiliki tanggung jawab lebih pada keputusan yang akan Anda ambil.

Anda pun tidak perlu ragu dengan perintah atau pilihan yang Anda berikan untuk diri Anda dan anak Anda karena tidak ada ‘suara kedua’ yang menentangnya.

 

#3 Anda Memiliki Kebebasan

Menjadi single parent memberikan Anda kebebasan yang tidak didapatkan oleh pasangan yang berumah tangga. Anda dapat melakukan kebiasaan yang Anda senangi tanpa perlu menunggu persetujuan orang lain.

Anda tidak perlu berkompromi masalah jam tidur, Anda dapat menyusun pakaian di lemari sesuai dengan keinginan Anda dan masih banyak lagi. Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan, kapanpun Anda menginginkannya.

Kebebasan ini adalah salah satu keuntungan yang didapatkan oleh single parent.

Kebebasan ini juga berlaku untuk kondisi finansial. Anda dapat memegang kontrol penuh atas keuangan keluarga.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan di kondisi single parent, Anda dapat merencanakan keuangan lebih tepat dengan bantuan aplikasi Finansialku yang tersedia di Play store, atau Anda dapat membaca ebook dibawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pada beberapa kasus, jika hak asuh jatuh pada tangan Anda, maka Anda berhak mendapatkan bantuan finansial dari pasangan Anda.

Dengan memiliki kontrol penuh terhadap ekonomi keluarga, maka Anda akan lebih leluasa menyusun anggaran dan membelanjakan uang Anda. Anak-anak pun akan belajar untuk lebih bertanggung jawab pada uang mereka.

 

#4 Anak-anak akan Menjadi Lebih Mandiri

Menjadi single parent tidak selamanya buruk untuk anak. Apakah anak lebih baik mendengarkan teriakan orang tuanya kepada satu sama lain atau melihat orang tuanya hidup rukun tanpa tinggal di atap yang sama?

Kebiasaan buruk seperti saling berteriak atau selalu bertengkar akan menciptakan emosi anak yang tidak stabil. Dengan komunikasi yang benar dan memberikan pemahaman yang terbuka mengenai alasan orang tua bercerai akan menghindari beban emosional anak.

Selain itu, menjadi single parent juga menguntungkan karena anak akan memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, ayah atau ibunya dan rumah mereka. Tidak mungkin seorang single parent melakukan seluruhnya sendiri, apalagi jika mereka tidak menggunakan bantuan asisten rumah tangga.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 03 Single Parent 3 - Finansialku

 [Baca Juga: Bagaimana Dana Darurat Single Parents? Apakah Perlu?]

 

Single parent akan cenderung melibatkan anak untuk membantu mereka melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci piring, membersihkan meja dan hal-hal kecil lain yang mampu mereka lakukan sendiri.

Dengan cara ini, mereka akan terdidik untuk lebih baik, berempati dan pengertian. Mereka menjadi lebih mandiri karena tahu bahwa menjadi single parent tidak mudah dan Anda telah berhasil melakukannya.

Mungkin mereka tidak mendapatkan kemewahan yang mana segalanya dibantu oleh orang tua mereka, tetapi andil mereka dalam membantu ibu atau ayahnya pasti akan lebih dihargai oleh masyarakat luar.

 

#5 Anda akan Memiliki Waktu untuk Diri Anda Sendiri

Siapa yang tidak membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri? Pasti setiap orang membutuhkan waktu untuk memanjakan diri, dan melepas seluruh beban untuk sementara.

Hal ini dapat dinikmati oleh single parent karena hak asuh mereka yang terbagi. Ketika anak pergi menghabiskan waktu dengan pasangan Anda. Anda dapat menikmati seluruh waktu tersebut untuk Anda sendiri.

Anda pun dapat menggunakan waktu untuk mencoba hubungan baru atau refleksi diri akan kesalahan yang Anda lakukan di masa lalu.

Takut Jadi Single parent Ketahui Sekarang 5 Keuntungan Single parent 04 Single Parent 4 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Memiliki Kehidupan Keluarga Bahagia untuk Single Parent]

 

Selain keuntungan di atas, terdapat beberapa tips yang memudahkan peran Anda sebagai single parent, seperti:

  • Menyusun rutinitas untuk adaptasi yang lebih cepat,
  • Membuat peraturan rumah tangga sehingga anak Anda mengetahui batasan dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya,
  • Berhenti menyalahkan diri sendiri,
  • Cobalah untuk menyusun finansial yang lebih stabil,
  • Terbuka dan jujur ketika berkomunikasi dengan anak,
  • Jangan ragu meminta bantuan ketika Anda membutuhkannya, dari teman atau keluarga,
  • Jadilah contoh yang baik untuk anak Anda.

 

Fokus pada Perubahan Positif

Dalam perceraian, orang tua sering terlalu fokus pada apa yang hilang dalam hidup seorang anak ketika orang tua mereka bercerai.

Padahal, seharusnya Anda fokus pada hal positif, yang sebenarnya sangat banyak, yang dapat Anda berikan untuk anak walaupun Anda single parent.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda memiliki pengalaman atau mengetahui cerita seorang single parent yang berhasil mengasuh anak mereka dengan baik? Bagikan cerita inspirasional tersebut di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Mary Mohler. Benefits to Being a Single Parent. Parents.com – https://goo.gl/JaEMBX

 

Sumber Gambar:

  • Single Parent – https://goo.gl/ovZ12f
  • Single Parent 2 – https://goo.gl/zca94H
  • Single Parent 3 – https://goo.gl/v7Re3x
  • Single Parent 4 – https://goo.gl/b9fUU8