Meraih kesuksesan bukanlah sesuatu yang instan, seperti kisah sukses Manny Pacquiao seorang petinju berbadan mungil asli Filipina yang namanya mendunia, pasti tau kan?

Seperti apa kisahnya? Silahkan simak! 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Manny Pacquiao Bangun Rumah Untuk Si Miskin

Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, ya ini lah perjalanan hidup yang dialami oleh Petinju kelas dunia Manny Pacquiao.

Namanya harum karena keganasannya didalam ring berukuran tujuh meter persegi ini.

Tak hanya terkenal dengan serangan hook dan uppercut yang mematikan lawan, Pacquiao juga merupakan salah satu Petinju dengan bayaran tertinggi di dunia, ia juga seorang Senator Filipina.

Jiwa sosial Manny Pacquiao sangat kuat, ia selalu mencoba untuk membantu masyarakat Filipina yang kurang beruntung.

Maka pada tahun 2016, Pacquiao membayarkan ribuan rumah yang akan dibangun untuk orang miskin di kampung halamannya. Ia menuliskan di Facebook:

“Saya sangat senang memberikan rumah-rumah ini secara gratis kepada konstituen saya di Provinsi Sarangani dari kantong saya sendiri – lebih dari seribu keluarga menerima manfaatnya.”

Kisah Sukses Manny Pacquiao, Petinju Asal Filipina 02 Manny Pacquiao 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hotman Paris Hutapea, Pengacara Kawakan Indonesia]

 

Pacquiao juga banyak mendukung Departemen Sosial Kesejahteraan dan Pengembangan pelaksanaan program anti-kemiskinan.

Pada Mei 2018, dilaporkan bahwa setelah mengobrol dengan penjual es krim di Filipina bernama Mang Marciano, Pacquiao mengetahui bahwa Marciano baru-baru ini menderita stroke.

Kedermawanannya kembali muncul, Pacquiao memberi pria itu uang, dan kemudian memberinya pekerjaan dan rumah.

Manny Pacquiao baik hati kepada orang yang kurang mampu, karena ia tahu bagaimana rasanya hidup dibawah garis kemiskinan.

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Hidup Dibawah Garis Kemiskinan

Kekayaan yang dimiliki Manny Pacquiao tidak didapatkannya dengan mudah, butuh kerja keras dan usaha yang maksimal untuk meraih kesuksesan.

Manny Pacquiao bukanlah seorang atlit yang terlahir dari keluarga kaya raya.

Ia lahir dari keluarga miskin, saking miskinnya saat masih muda Pacquiao tidur di kotak kardus dan sering melupakan sekolah demi bekerja membantu ibunya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tekadnya sangat kuat, ia berjuang keras untuk keluar dari kemiskinan. Sesuai dengan kehidupannya yang keras, ia memilih olahraga tinju kemudian terbukti mengantarkannya ke puncak kesuksesan.

Meski sudah memegang titel petinju dengan bayaran termahal, tapi Pacquiao tak pernah melupakan asal-usulnya.

Pacquiao dan saudaranya sangat menghargai hidup, saat kecil mereka merasakan bagaimana hidup serba kekurangan, terlebih mereka dibesarkan hanya oleh seorang ibu.

Pacquiao terpaksa berhenti sekolah karena ibunya tidak mampu membayar biaya sekolah.

Pada usia 14, dengan modal nekat Manny meninggalkan rumahnya dan pergi ke Manila untuk membantu ekonomi keluarga.

Kisah Sukses Manny Pacquiao, Petinju Asal Filipina 03 Manny Pacquaio 3 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Marie Tussaud, Pendiri Madame Tussaud]

 

Alih-alih mencari pekerjaan, ia malah bertemu dengan tinju jalanan dan ia terpilih menjadi tim tinju Amatir Nasional. Dia diberikan makanan dan asrama yang membantunya berkonsentrasi hanya pada peningkatan keterampilan tinju.

Pelatihnya terkesan dengan prestasi Manny yang mencapai rekor 60-4 dalam total 64 pertarungan amatir.

Kerja kerasnya berbuah hasil, di tahun 2012 saja ia bisa menghasilkan uang dengan total pendapatan US$62 juta.

Dia memiliki perbedaan unik menjadi satu-satunya petinju yang menjadi juara dunia di delapan divisi berat berbeda. Ia juga menjadi petinju pertama yang memenangkan kejuaraan linear di empat kelas berat berbeda.

Sehingga ia dinobatkan sebagai ‘Pejuang Dekade’ oleh Dewan Tinju Dunia (WBC) dan Organisasi Tinju Dunia (WBO) selama dekade yang berlangsung dari 2001-2010.

Dia telah memenangkan Best Fighter ESPY Award pada tahun 2009 dan 2011. Selama lebih dari 7 tahun Manny Pacquiao dinobatkan sebagai petinju pound-for-pound terbaik di dunia.

Sama halnya seperti Manny, semua orang di dunia pasti ingin sukses dengan versinya masing-masing. Hindari hal-hal ini jika kamu ingin meraih kesuksesan dengan mudah.

728x90 hitung sekarang Catat Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Catat Keuangan

 

5 Hal Yang Harus Dihindari Jika Ingin Sukses

Cepat atau lambat, kesuksesan seseorang tidak ada yang tahu. Tapi tak ada salahnya untuk terus berjuang meraih kesuksesan dengan versinya sendiri. Lalu apa saja yang harus dihindari ketika ingin sukses? Mari kita bahas!

 

#1 Iri dengan Kelebihan Orang Lain

Melihat kebaikan orang lain memang bisa menjadi motivasi untuk terus maju. Tapi jika kamu terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain, bisa jadi kamu lupa dengan kelebihan yang kamu punya.

Terlalu fokus pada kelebihan orang lain akan membuatmu seperti menjalani hidup orang lain, dan tidak menjadi diri sendiri.

Nantinya kamu akan iri dengan pencapaian orang lain, cemburu dengan kehidupan orang lain, dan lain sebagainya.

Fokus pada kehidupan orang lain hanya akan membuatmu kehilangan banyak waktu, padahal seharusnya kamu bisa memanfaatkan untuk mengembangkan diri sendiri.

 

#2 Bergantung Kepada Orang Tua

Mau sampai kapan jadi anak mamih? Selalu mengandalkan harta dan kekuasaan orang tua akan membuatmu sulit menjadi dewasa.

Kejar kesuksesanmu sendiri meskipun orang tua kamu saat ini memiliki harta kekayaan yang tak terhingga nilainya.

Banyak uang dengan hasil kerja keras sendiri akan lebih nikmat. Kamu bebas menggunakan uang kamu untuk apapun.

Tapi ingat ya, ketika kamu dalam keadaan berkecukupan, pakailah uangmu sebaik mungkin karena tidak semua orang seberuntung kamu.

Kamu bisa merencanakan keuangan secara mudah dengan bantuan Aplikasi Finansialku. Aplikasi Finansialku bisa kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Jangan Terlalu Memanjakan Diri Sendiri

Terlalu memanjakan diri hanya akan membuatmu menjadi pribadi yang lemah. Jika saat ini kamu merupakan pemalas, segera rubah kebiasaan buruk itu.

Karena tidak ada satupun orang yang meraih kesuksesannya hanya dengan bermalas-malasan.

Memang sih, setiap orang memang memiliki kekurangannya masing-masing. Tapi jika kamu terlalu memanjakan dirimu, dunia ini berputar sangat cepat dan meninggalkan orang-orang malas.

 

#4 Sulit Menghilangkan Rasa Malas

Hambatan berikutnya yang akan menghalangi kamu dari kesuksesan adalah rasa malas. Banyak orang gagal karena hal ini. Dan jika kamu termasuk salah satu orang yang memiliki rasa malas, sebaiknya kamu rubah kebiasaan ini.

Berada di zona nyaman memang menyenangkan. Namun terlalu lama berada dalam zona nyaman akan membuat kamu semakin malas.

Jika kamu memberikan ruang, kemalasan ini akan terus berlanjut, maka tidak ada hal baik yang datang dari rasa malas.

 

#5 Bertahan dalam Penderitaan

Setiap orang pasti pernah memiliki sesuatu yang toxic dalam hidupnya. Entah itu pekerjaan, pasangan, atau teman yang toxic.

Jika kamu terjebak dalam hubungan atau lingkungan yang toxic, tidak ada salahnya kamu pergi dari hubungan atau lingkungan tersebut.

Bahkan hal ini sangat perlu kamu lakukan jika lingkungan atau hubungan yang toxic tersebut sudah mulai mempengaruhi kehidupanmu

Menghindari lingkungan yang toxic memang membutuhkan keberanian, tapi kamu juga memiliki hak untuk bebas dari pengaruh lingkungan yang buruk.

Selain itu, berada dalam suatu lingkungan yang toxic dalam waktu lama dapat merusak kepribadianmu.

Kisah Sukses Manny Pacquiao, Petinju Asal Filipina 04 Manny Pacquaio 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses: Intip Gudang Kekayaan Reino Barack]

 

Berada dalam lingkungan yang toxic dalam waktu lama bisa membuat kamu kehilangan semangat dan patah arah. Cepat atau lambat, kamu akan terjebak dalam lingkungan yang stagnan.

Jangan sampai ketika pada akhirnya kamu gagal meraih kesuksesan, kamu malah malah menyalahkan orang lain atas hal tersebut.

Padahal kegagalan tersebut adalah karena ketidakmampuan kamu untuk menjauh dari lingkungan toxic yang saat ini ada di sekitarmu.

Jadi, cobalah keluar dari sekarang. Karena masa depan kamu jauh lebih penting dan berharga dibandingkan dengan hal buruk yang kamu pertahankan hari ini.

728x90 hitung sekarang Anggaran Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Anggaran Keuangan

 

Kejar Kesuksesanmu, Jangan Biarkan Lolos Begitu Saja!

Setelah kamu tahu apa saja yang harus dihindari jika kamu ingin sukses, maka saat itu juga kamu harus merubah mindset dan mencari kesibukan atau pola hidup yang lebih baik.

Hilangkan rasa malas, jangan terlalu memanjakan diri, atur keuangan sebaik mungkin, dan jika kamu belum berolahraga, kamu bisa cari olahraga yang sesuai denganmu.

Ingat di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat! Dan ketika kamu kuat, kamu akan punya banyak tenaga untuk mewujudkan kesuksesan. Chayooo!

Jika Kamu ingin merencanakan keuangan dengan tepat, kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Oh ya, menurutmu apalagi hal buruk yang harus ditinggalkan untuk meraih kesuksesan?

Tinggalkan pendapatmu di kolom komentar dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat terdekat ya. Semoga Bermanfaat!

Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tyrone Sole. 7 November 2009. Manny Pacquiao Success StoryMillionaireacts.com – https://goo.gl/7yf26n
  • Redaksi. Manny Pacquiao Success Story. Successstory.com – https://goo.gl/udGXoB
  • Mon. 2 Juni 2018. Tak Lupa Asal-usulnya, Manny Pacquiao Buatkan Ribuan Rumah untuk Warga Miskin. Tribunnews.com – https://goo.gl/DVZZS6

 

Sumber Gambar:

  • Manny Pacquiao 1 – https://goo.gl/wbaEVK
  • Manny Pacquiao 2 – https://goo.gl/fyCNJu
  • Manny Pacquiao 3 – https://goo.gl/wC3ZwL
  • Manny Pacquiao 4 – https://goo.gl/sT4RbY