Kisah Sukses Najwa Shihab: Siapa yang tidak kenal dengan presenter cerdas Najwa Shihab?

Acaranya “Mata Najwa” berhasil membuka mata masyarakat Indonesia akan pola pikir Najwa yang begitu berbeda.

Yuk simak bagaimana kisah sukses seorang Najwa Shihab hingga menjadi pembawa acara berita populer seperti sekarang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Pernahkah Anda Menonton Mata Najwa?

Para pembaca, pernahkah Anda menonton sebuah acara di stasiun televisi berjudul Mata Najwa?

Mata Najwa dipandu oleh Najwa Shihab yang dikenal kritis dan tajam dalam mengupas fenomena yang tengah jadi perbincangan publik.

Seperti tampak dalam judul acaranya, acara ini mengusung wawancara Nana dengan tokoh terkenal sehingga memungkinkan penonton untuk melihat kisahnya dari “mata Najwa” sang pembawa acara.

Hingga saat ini, acara talk show Mata Najwa menjadi salah satu acara bincang-bincang yang paling dinanti pemirsa televisi.

Program andalan tersebut meraih penghargaan dari ajang Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Awards. Mata Najwa diganjar dengan penghargaan sebagai Program Talkshow Terbaik di tahun 2013 dan 2014.

Mata Najwa juga menyabet penghargaan Program Televisi Talkshow Berita Terbaik dari KPI Awards pada tahun 2018.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015]

 

Pertanyaan-pertanyaan tajam yang dilontarkan Najwa Shihab ke narasumber menjadi kunci menariknya acara bincang-bincang ini.

Apalagi bintang tamu yang dihadirkan bukan orang sembarangan. Hampir sebagian besarnya adalah para elite politik, tokoh di bidangnya masing-masing. Bahkan Presiden dan Wakil Presiden pun bersedia hadir di acara Najwa Shihab.

Melihat suksesnya acara Mata Najwa tentu tak terlepas dari peran Najwa Shihab selaku pembawa acaranya.

Najwa Shihab memang terkenal sebagai seorang pembawa acara yang bukan hanya berparas cantik, namun cerdas dan sangat kritis dalam membawakan acaranya.

Bagi Anda para penggemar acara Mata Najwa, yuk simak bagaimana kisah sukses seorang Najwa Shihab dalam ulasan Finansialku berikut ini.

 

Berprestasi Sejak Kecil

Mungkin sudah tidak aneh jika mendengar bahwa Najwa Shihab sudah banyak berprestasi sejak masa kecil. Dirinya memang tampak sangat cerdas dan tekun dalam menjalani segala hal.

Najwa Shihab merupakan puteri dari tokoh cendikiawan muslim Indonesia, Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf.

Terlahir dari orang tua yang sangat memprioritaskan pendidikan, sejak kecil Nana selalu mengikuti berbagai kompetisi dan lomba.

Ibunda pun aktif di sekolah dengan bergabung di Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) agar selalu dekat dengan kegiatan belajar mengajar Nana.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Ketika duduk di bangku sekolah menengah atas Nana terpilih mengikuti program AFS yang merupakan program pertukaran antar pelajar selama satu tahun di Amerika Serikat.

Tamat dari bangku SMA, Najwa melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah dan masuk sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Kendati lulus sebagai Sarjana Hukum, Najwa Shihab lebih memilih terjun di dunia jurnalistik ketimbang seorang pengacara.

Bagaimana perjalanan Nana dalam berkarier setelah lulus dari pendidikan tingginya?

 

Sukses Sebagai Jurnalis

Wanita yang lahir pada 16 September 1977 ini dikenal masyarakat luas melalui kiprahnya sebagai jurnalis. Nana sudah malang melintang di dunia jurnalistik sejak 2001.

Selama 18 tahun berkarier sebagai jurnalis, Nana selalu berupaya memberikan informasi teraktual kepada pemirsa di seluruh Indonesia.

Dirinya dikenal sebagai jurnalis yang lugas dan kritis, sehingga pertanyaannya kerap membuat para tokoh besar pun kaget. Dirinya pun tidak pernah tanggung-tanggung dalam melakukan sebuah tugas jurnalistik.

Hal ini tercermin saat Nana ditugaskan untuk meliput perihal gempa Aceh yang terjadi pada tahun 2004. Kendati dalam kondisi luluh lantak, Nana memutuskan untuk langsung pergi ke lapangan.

Dalam perjalanan menuju pusat kota, dia akhirnya melihat betapa hancurnya Banda Aceh. Tumpukan korban gempa bergelimangan di jalan-jalan.

Seperti dikutip dari buku Jurnalis Berkisah, Najwa mengatakan:

“Melihat ke atas, saya melihat ada jenazah tersangkut di pohon.”

 

Liputan Nana selama lima hari itu mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Pada 2 Februari 2005, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya memberi penghargaan PWI Jaya Award.

Menurut Sekretaris PWI Jaya Akhmad Kusaeni, liputan Najwa telah membuat Indonesia menangis.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Tidak berhenti sampai disitu, pada Hari Pers Nasional (HPN) 2005, Najwa meraih penghargaan HPN Award. PWI pusat menilai, perempuan 40 tahun ini adalah wartawan pertama yang memberi informasi tragedi tsunami secara intensif.

Pada tahun 2006, bersama sejumlah wartawan dari banyak negara, Najwa Shihab terpilih menjadi salah seorang peserta Senior Journalist Seminar yang diadakan di sejumlah kota di AS, serta menjadi seorang pembicara di Konvensi Asian American Journalist Association.

Ia juga meraih anugerah sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV di tahun 2006.

 

Terus Berprestasi dan Menginspirasi hingga Kini

Prestasi Najwa sejak saat itu terus muncul, dirinya tidak berhenti dan terlarut dalam kesuksesan begitu saja. Najwa memulai acaranya sendiri “mata Najwa” yang pertama kali tayang pada 25 November 2009 di Metro TV. 

Lewat program Mata Najwa, istri dari Ibrahim Sjarief Assegaf ini berhasil memukau penonton dengan pertanyaan-pertanyaan kritis, tajam, serta kecerdasannya dalam mengupas isu-isu terkini. 

Program sukses ini melahirkan banyak penghargaan untuk Nana.

Sejak tahun 2006, Najwa telah masuk nominasi kategori pembaca berita terfavorit dalam ajang Panasonic Gobel Awards. Tetapi barulah pada tahun 2015, Najwa berhasil meraih piala tersebut.

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Pada tahun 2011, ibu satu anak ini dianugerahi Young Global Leader oleh the World Economic Forum.

Masih pada tahun yang sama, Najwa juga meraih Highly Commended dalam kategori Best Current Affairs Presenter pada ajang Asian TV Awards.

Adapun oleh Elle Magazine, perempuan cantik ini diberi penghargaan sebagai The Influential Woman of The Year pada tahun 2016.

Sementara, tahun 2015, Forbes Magazine mengumumkan sosoknya sebagai Most Progressive Figure.

Dari program ini, lahirlah buku “Catatan Najwa” pada tahun 2016. Buku ini merupakan refleksi Nana atas berbagai isu yang dibahas di program Mata Najwa. 

Meski demikian, Nana memutuskan untuk mundur dari Metro TV pada Agustus 2017.

“Menjadi reporter Metro TV pada bulan Agustus 2000, perjalanan saya bersama Metro TV juga akan berakhir pada bulan yang sama. Ini adalah Agustus penghabisan.”

 

Nana menjelaskan bahwa dirinya keluar dari zona nyaman untuk mencari tantangan baru.

YouTube dipilih sebagai media baru untuk menyalurkan passionnya. Alasannya karena dirinya harus bisa mengikuti perkembangan teknologi untuk menyuguhkan konten-konten positif dan berkualitas.

Dalam perjalanan kariernya selama hampir 20 tahun, Najwa Shihab tak berhenti menginspirasi jurnalis dan para wanita di Indonesia. Dianggap menginspirasi banyak wanita di Indonesia, Najwa Shihab hanya tersenyum dan berkata semua wanita itu menginspirasi. 

“Wanita kini semakin tangguh dan kuat serta dapat menyeimbangkan antara karier dan keluarga, mereka tidak melupakan kodratnya sebagai wanita serat bisa memosisikan sebagai ibu, istri dan anak.”

 

Kerendahan hatinya ini membuatnya semakin menginspirasi para wanita, terutama yang masih ragu dalam berkarier jurnalistik.

Sosok yang sederhana dan rendah hati, namun berani dan cerdas dalam apapun yang dilakukannya. Luar biasa bukan?

 

Anda Juga Bisa Sukses!

Bagaimana? Apakah kisah sukses Najwa Shihab berhasil menginspirasi Anda? Percayalah, dengan ketekunan dan kerja keras Anda juga bisa meraih kesuksesan seperti beliau.

Kita semua bisa sukses, selama kita tekun dan cerdas dalam menjalaninya. Jadi, penting untuk membekali diri Anda selalu dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi minat Anda.

Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online dari Aplikasi Finansialku. Jadi, disini Anda akan memperoleh kursus online, artinya Anda dapat mengakses pelatihan manajemen keuangan Finansialku melalui smartphone dan langsung dapat dipraktikkan.

Pelatihan ini menggabungkan antara konsep dan cara praktis dalam penerapannya.

Adapun tujuan dari kursus online ini adalah sebagai berikut:

  1. Anda dapat mengetahui dan mempratikkan cara mengurus keuangan yang benar.
  2. Anda dapat mulai merencanakan keuangan untuk tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.
  3. Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan

 

Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja kursus online-nya gampang sekali kok, yaitu sebagai berikut:

  1. Selesaikan Video: Tonton seluruh video (34 video, 2 jam 38 menit) pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan.
  2. Selesaikan Tugas: Selesaikan setiap tugas yang terdapat di masing-masing materi sub bab. 
  3. Dapatkan Sertifikat: Dapatkan sertifikat digital setelah Anda menyelesaikan pelatihan tersebut.

 

Kisah Sukses Najwa Shihab, Pembawa Acara Berita Populer 06 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia.

Anda juga akan memperoleh membership aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Dan seperti yang banyak ditanyakan orang, bagi Anda yang sudah memiliki membership di Aplikasi Finansialku, maka membership Anda akan di-upgrade dan/atau diperpanjang masa aktifnya.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja lho! Dijamin worth it deh dengan semua benefit yang bisa Anda dapatkan. Yuk langsung ikuti kursus online-nya dengan mengklik tautan berikut ini:

Oia, pakai saja kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000. Jadi Anda tinggal membayar Rp300.000 saja untuk mengaksesnya selama 1 tahun.

Dengan harga Rp300.000, Anda bisa mendapatkan aplikasi Finansialku premium sekaligus Anda bisa menonton kursus online lho! Menguntungkan ya…

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Pipin Tri Anjani. 15 Agustus 2018. Mata Najwa Sudah 9 Tahun Tayang, Najwa Shihab Ungkap Belum Berhasil Hadirkan Tokoh Satu Ini, Siapa? Tribunnews.com – https://bit.ly/2Z6dwWj
  • Admin. 24 September 2018. Perjalanan Najwa Shihab Meniti Karier dan Pesannya untuk Perempuan. Idntimes.com – https://bit.ly/2SzYRAb
  • Vina A Muliana. 09 Agustus 2017. Cantik dan Pintar, Ini Perjalanan Karier Najwa Shihab. Liputan6.com – https://bit.ly/30YPH3l

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Najwa Shihab 01 – https://bit.ly/2M5d075
  • Kisah Sukses Najwa Shihab 02 – https://bit.ly/2JVSKCg
  • Kisah Sukses Najwa Shihab 03 – https://bit.ly/2Mfz9Qv
  • Kisah Sukses Najwa Shihab 04 – https://bit.ly/2SxE1BC
  • Kisah Sukses Najwa Shihab 05 – https://bit.ly/2OatFJ7
  • Kisah Sukses Najwa Shihab 06 – https://bit.ly/32Mvkbe